Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Salam hormat para suhu SMers..
Mo share aja nih..postingan sy sebelumnya mo hunting Panther LS AT,riwa-riwi di Kelapa Gading,WTC Mangdu (smp 2X),PMK,tiba2 MELESET..jadinya dapat Grand Royale 96/97 harga 67 juta..kondisi lumayan terawat,lgs gua ganti Kopling Set..
Sebelumnya habis jual Avanza 2008 item laku 130jt (kata temen2 sih harganya bagus..hehe)
Nah yg menguntungkan..dana sisa setengah..eh bini minta beli rumah type 21 Rp 58 jt buat invest..
Karena sy newbie bgt di bdg mesin Diesel..mohon pencerahannya biar penghuni baru garasi saya ini selalu fit..
Penggunaan oli yg bagus & interval penggantianya..skalian filter2nya brp km ?
Terima kasih para suhu & suhi..!!!
Mo share aja nih..postingan sy sebelumnya mo hunting Panther LS AT,riwa-riwi di Kelapa Gading,WTC Mangdu (smp 2X),PMK,tiba2 MELESET..jadinya dapat Grand Royale 96/97 harga 67 juta..kondisi lumayan terawat,lgs gua ganti Kopling Set..
Sebelumnya habis jual Avanza 2008 item laku 130jt (kata temen2 sih harganya bagus..hehe)
Nah yg menguntungkan..dana sisa setengah..eh bini minta beli rumah type 21 Rp 58 jt buat invest..
Karena sy newbie bgt di bdg mesin Diesel..mohon pencerahannya biar penghuni baru garasi saya ini selalu fit..
Penggunaan oli yg bagus & interval penggantianya..skalian filter2nya brp km ?
Terima kasih para suhu & suhi..!!!
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 569
- Joined: Wed Apr 27, 2005 9:47
- Location: jakarta
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
klo bener masih bagus mesin dieselnya, itu panther ngga bakal rewel koq..
dulu pengalaman saya pake panther pernah masalah di bidang radiator (bocor), power steering (selangnya putus), filter solar (macet, alhasil jd sendat2 n mogok akhirnya) n rem tangan(ngunci, ngga bisa lepas rem nya, karena terlalu lama idle kira2 seminggu gitu tuh mobil diparkiran)...
dr sektor mesin hampir ga ada keluhan tuh...
sering2 ganti oli n filter oli aja..
air radiator jg kudu dicek klo2 habis...
selain dari itu, gak usah susah mikir lagi... kan org yg pake panther kan dah dijamin pinter...

dulu pengalaman saya pake panther pernah masalah di bidang radiator (bocor), power steering (selangnya putus), filter solar (macet, alhasil jd sendat2 n mogok akhirnya) n rem tangan(ngunci, ngga bisa lepas rem nya, karena terlalu lama idle kira2 seminggu gitu tuh mobil diparkiran)...
dr sektor mesin hampir ga ada keluhan tuh...
sering2 ganti oli n filter oli aja..
air radiator jg kudu dicek klo2 habis...
selain dari itu, gak usah susah mikir lagi... kan org yg pake panther kan dah dijamin pinter...


Harta Cinta Tahta!!!
Choose yours
Choose yours
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
gilee... biar kata panther itu awet sehh... tapi kalo ampe setua itu ane sehh kaga recommend yahh... cuman karena barang uda terlanjur kebeli yah sudah.... plg penting sehh cek kompresi aja dulu... mudah2an masi ok... trus cek injector atau nosel... kalibrasi bila perlu... kaki2 depan panther jg rentan... dari tie rod & end, ball joint atas dan bawah, shock depan, bearing roda... dan jgn lupa system rem... ganti kampas rem depan harus ganti seal kit nya jg... radiator panther kotak jg rawan bermasalah... power steering sehh jg kadang dgn usia sgitu suka uda rembes, ga ada salahnya ganti seal kit nya, 300 rebu koq di atrium spare partnya... yg mahal sehh ongkos bongkar power steering nya....
kalo itu smua uda beres yahh tinggal perawatan rutin aja, ganti oli tiap 5000 km, lalu per 10 rebu km ganti filter oli, tiap 15 rebu km ganti filter solar beserta bongkar pompa mekanik nya utk bersihin lumpur solar, dan skalian jg ganti oli transmisi ama gardan.. filter udara ganti tiap 40 rebu km.. tapi tiap kali ganti oli yah dibersihkan dgn cara di semprot pake compressor angin... kalo kondisi panther nya sehat sehh, dijamin perawatan yg ane sebutin diatas ini uda lebi dari cukup utk bikin panther nya panjang umur...
oh iya klupaan... setaon sekali stel klep yah boleh lahh.. atau kalo mo 6 bulan skali jg boleh...
kalo itu smua uda beres yahh tinggal perawatan rutin aja, ganti oli tiap 5000 km, lalu per 10 rebu km ganti filter oli, tiap 15 rebu km ganti filter solar beserta bongkar pompa mekanik nya utk bersihin lumpur solar, dan skalian jg ganti oli transmisi ama gardan.. filter udara ganti tiap 40 rebu km.. tapi tiap kali ganti oli yah dibersihkan dgn cara di semprot pake compressor angin... kalo kondisi panther nya sehat sehh, dijamin perawatan yg ane sebutin diatas ini uda lebi dari cukup utk bikin panther nya panjang umur...




oh iya klupaan... setaon sekali stel klep yah boleh lahh.. atau kalo mo 6 bulan skali jg boleh...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 705
- Joined: Fri Dec 28, 2007 13:33
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Avanza 2008 bulan berapa bos?
punya saya Avanza G hitam M/t desember 2008 laku 140 Jt... Plat E tapi kilometer baru jalan 3rb sih he..he..
punya saya Avanza G hitam M/t desember 2008 laku 140 Jt... Plat E tapi kilometer baru jalan 3rb sih he..he..

Seeing is believing[*][/size]
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
grand royal termasuk yg paling bagus dikelasnya dijaman nya, saya kira ga ada masalah kok dengan umur mobil. rekan kantor saya di bali masih pake dan sampai saat ini masih oke2 saja, hanya kalah di body sudah mulai ada yg keropos, maklum daerah pantai. 
ada baiknya dicek keseluruhan, let say... full check up lah.. bisa di BeRes atau bengkel biasa. panther ga terlalu butuh perawatan, selama semua interval servis jangan sampai terlewat.

ada baiknya dicek keseluruhan, let say... full check up lah.. bisa di BeRes atau bengkel biasa. panther ga terlalu butuh perawatan, selama semua interval servis jangan sampai terlewat.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
DOHC wrote:gilee... biar kata panther itu awet sehh... tapi kalo ampe setua itu ane sehh kaga recommend yahh... cuman karena barang uda terlanjur kebeli yah sudah.... plg penting sehh cek kompresi aja dulu... mudah2an masi ok... trus cek injector atau nosel... kalibrasi bila perlu... kaki2 depan panther jg rentan... dari tie rod & end, ball joint atas dan bawah, shock depan, bearing roda... dan jgn lupa system rem... ganti kampas rem depan harus ganti seal kit nya jg... radiator panther kotak jg rawan bermasalah... power steering sehh jg kadang dgn usia sgitu suka uda rembes, ga ada salahnya ganti seal kit nya, 300 rebu koq di atrium spare partnya... yg mahal sehh ongkos bongkar power steering nya....
kalo itu smua uda beres yahh tinggal perawatan rutin aja, ganti oli tiap 5000 km, lalu per 10 rebu km ganti filter oli, tiap 15 rebu km ganti filter solar beserta bongkar pompa mekanik nya utk bersihin lumpur solar, dan skalian jg ganti oli transmisi ama gardan.. filter udara ganti tiap 40 rebu km.. tapi tiap kali ganti oli yah dibersihkan dgn cara di semprot pake compressor angin... kalo kondisi panther nya sehat sehh, dijamin perawatan yg ane sebutin diatas ini uda lebi dari cukup utk bikin panther nya panjang umur...![]()
![]()
![]()
![]()
oh iya klupaan... setaon sekali stel klep yah boleh lahh.. atau kalo mo 6 bulan skali jg boleh...
Kebetulan waktu ambil Panther GR,gw bawa kir master..trus dicek semua sm dia..setelah cek & ricek..yg harus diganti kopling set sm karet2 di kaki depan aja..setelah nginep di bengkel ketahuan shock depan bocor..skalian aja gw ganti baru..
Selama nginep ganti Oli Mesin & transmisi,Filter Solar & Oli,Kalibrasi,kuras & ganti minyak rem..kampas rem bentar lg ganti bro..
Kelar nginep,suara mesin jauh lebih halus..tarikan lebih spontan..(dibanding pertama kali coba)
Kesan 2 hari pake..tenaga oke,bantingan nyaman (dibanding Avanza..hehe)..kabin luas bgt..AC kisi2 aja yg udah letoy..trim interior konser melulu..hehe..tapi bisa ke detect sumbernya khan bro..?
Nah yg gw pgn tahu..temperatur suhu panther itu idealnya dimana ya..kok Panther gw naiknya lambat bgt..2 jam jalan paling diatas garis Cold dikit..ato mmg gitu bro..?
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
wahhh bagus dehh kalo panty nya sehat... jarang2 tuh panther taon tua gt sehat... kalo interior itu bagian mana dulu, kalo dashboard sehh ane sehh nyerahh dahh.... smua baut ane uda kencengin aja masi ada suara... kalo dari dalem door trim itu biasanya kawat2 buat buka pintu ama central lock nya... bisa diakalin dgn cara yah ntuh kawat2 smua nya dibungkus pake busa atau plat pintu bagian dalem nya dipakein peredam... kalo bunyi2 dari atep sehh biasa di pegangan ac double blower nya cuman ini jarang banget kasus nya....
temperatur panther normal nya di stengah, yah agak kebawah dikitt lahh... kalo cuman diatas garis cold dikit doank mahh itu bearti termostat nya uda dicabut... mending dipasang lagi bro, kalo ga ntar pagi ga enak nyalain mesin nya, gampang mati mesin kalo dingin...
temperatur panther normal nya di stengah, yah agak kebawah dikitt lahh... kalo cuman diatas garis cold dikit doank mahh itu bearti termostat nya uda dicabut... mending dipasang lagi bro, kalo ga ntar pagi ga enak nyalain mesin nya, gampang mati mesin kalo dingin...
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Avanza gw bulan Juni 2008 bro..model yg belom facelift..kilometer 53 ribuan..ditawar dealer Mobil88 120 jt..Sentra Mobkas Mangga Dua 125 jt..eh dapat pembeli temen bini gw sendiri..pas 130 jt..pajak juga dia yg bayar..heheDhanZ wrote:Avanza 2008 bulan berapa bos?
punya saya Avanza G hitam M/t desember 2008 laku 140 Jt... Plat E tapi kilometer baru jalan 3rb sih he..he..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
@bro DOHC
Termostat panther itu sebelah mana ya bro..ada kabelnya ya..???
Ato termostat memang terpasang tapi kabel2nya yg bermasalah..???
2 hari ini sih..klo pagi fine2 aja distartnya..!!
Klo trim yg konser mmg sekitar pintu deh..ntar tak coba cara jitu ala bro DOHC..hehe
Trus torsi max-nya berapa ya bro..??
Khan klo pindah gigi pas di torsi max khan bisa ngebantu irit solar..hehe..bener gak..!!
Masih newbie neeh..!!
Termostat panther itu sebelah mana ya bro..ada kabelnya ya..???
Ato termostat memang terpasang tapi kabel2nya yg bermasalah..???
2 hari ini sih..klo pagi fine2 aja distartnya..!!
Klo trim yg konser mmg sekitar pintu deh..ntar tak coba cara jitu ala bro DOHC..hehe
Trus torsi max-nya berapa ya bro..??
Khan klo pindah gigi pas di torsi max khan bisa ngebantu irit solar..hehe..bener gak..!!
Masih newbie neeh..!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Oiya..skalian pengen nanya..dulu waktu pake baleno..temen gw saranin pake racun yg dimasukan ke tangki bensin..macam Hot Pills ato Power & Clean Fuel Conditioner,dll.
Apakah mesin diesel jg ada produk2 racun kayak gitu ya ???
Mereknya apa aja ya..klo temen2 recomend boleh saya dikasih tahu..beserta cara pemakaiannya..!!
Terima kasih..!!!
Apakah mesin diesel jg ada produk2 racun kayak gitu ya ???
Mereknya apa aja ya..klo temen2 recomend boleh saya dikasih tahu..beserta cara pemakaiannya..!!
Terima kasih..!!!
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
kalo ane ga salah, ntuh termostat ada di deket selang atas radiator bro.. yg masuk ke mesin itu... tolong dikoreksi oleh temen2 dsini yg tau kalo ane salah...
panther mahh torsi max nya uda ada di skitaran rpm bawah... 2000an jg uda dapet... makanya kalo kopling lg bagus dan mesin sehat, ntuh panther bisa dbikin burn out tuh walaupun di tanjakan...
oh iya, utk panther ane saranin jgn dipakein racun apa2, apalagi panther yg taon tua gt... kcuali dah yakin kalo injector uda bersih dan fuel rail jg uda bersih... oh satu lagi, seal2 injector jg masi bagus... nah kalo gt sehh silahken dahhh pake racun...
tapi sebenernya sehh solar yg skrg jg uda lebi dari cukup koq buat panther, lah panther cuman mintanya solar yg cetane nya cuman 45 koq...
panther mahh torsi max nya uda ada di skitaran rpm bawah... 2000an jg uda dapet... makanya kalo kopling lg bagus dan mesin sehat, ntuh panther bisa dbikin burn out tuh walaupun di tanjakan...



oh iya, utk panther ane saranin jgn dipakein racun apa2, apalagi panther yg taon tua gt... kcuali dah yakin kalo injector uda bersih dan fuel rail jg uda bersih... oh satu lagi, seal2 injector jg masi bagus... nah kalo gt sehh silahken dahhh pake racun...
tapi sebenernya sehh solar yg skrg jg uda lebi dari cukup koq buat panther, lah panther cuman mintanya solar yg cetane nya cuman 45 koq...
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3072
- Joined: Mon Apr 02, 2007 1:45
- Location: Indonesia
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
mahal banget perawatannya kalau mobil tua kaya begini mending ganti oli sendiri dari mesin transmisi sampe gardan juga boleh ,filter sendiri bongkar pompa injeksi nah kalau stel klep baru ke bengkelDOHC wrote:gilee... biar kata panther itu awet sehh... tapi kalo ampe setua itu ane sehh kaga recommend yahh... cuman karena barang uda terlanjur kebeli yah sudah.... plg penting sehh cek kompresi aja dulu... mudah2an masi ok... trus cek injector atau nosel... kalibrasi bila perlu... kaki2 depan panther jg rentan... dari tie rod & end, ball joint atas dan bawah, shock depan, bearing roda... dan jgn lupa system rem... ganti kampas rem depan harus ganti seal kit nya jg... radiator panther kotak jg rawan bermasalah... power steering sehh jg kadang dgn usia sgitu suka uda rembes, ga ada salahnya ganti seal kit nya, 300 rebu koq di atrium spare partnya... yg mahal sehh ongkos bongkar power steering nya....
kalo itu smua uda beres yahh tinggal perawatan rutin aja, ganti oli tiap 5000 km, lalu per 10 rebu km ganti filter oli, tiap 15 rebu km ganti filter solar beserta bongkar pompa mekanik nya utk bersihin lumpur solar, dan skalian jg ganti oli transmisi ama gardan.. filter udara ganti tiap 40 rebu km.. tapi tiap kali ganti oli yah dibersihkan dgn cara di semprot pake compressor angin... kalo kondisi panther nya sehat sehh, dijamin perawatan yg ane sebutin diatas ini uda lebi dari cukup utk bikin panther nya panjang umur...![]()
![]()
![]()
![]()
oh iya klupaan... setaon sekali stel klep yah boleh lahh.. atau kalo mo 6 bulan skali jg boleh...
Performa mesin berlipat ganda setiap 30 tahun
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
solar_kerosen wrote:mahal banget perawatannya kalau mobil tua kaya begini mending ganti oli sendiri dari mesin transmisi sampe gardan juga boleh ,filter sendiri bongkar pompa injeksi nah kalau stel klep baru ke bengkelDOHC wrote:gilee... biar kata panther itu awet sehh... tapi kalo ampe setua itu ane sehh kaga recommend yahh... cuman karena barang uda terlanjur kebeli yah sudah.... plg penting sehh cek kompresi aja dulu... mudah2an masi ok... trus cek injector atau nosel... kalibrasi bila perlu... kaki2 depan panther jg rentan... dari tie rod & end, ball joint atas dan bawah, shock depan, bearing roda... dan jgn lupa system rem... ganti kampas rem depan harus ganti seal kit nya jg... radiator panther kotak jg rawan bermasalah... power steering sehh jg kadang dgn usia sgitu suka uda rembes, ga ada salahnya ganti seal kit nya, 300 rebu koq di atrium spare partnya... yg mahal sehh ongkos bongkar power steering nya....
kalo itu smua uda beres yahh tinggal perawatan rutin aja, ganti oli tiap 5000 km, lalu per 10 rebu km ganti filter oli, tiap 15 rebu km ganti filter solar beserta bongkar pompa mekanik nya utk bersihin lumpur solar, dan skalian jg ganti oli transmisi ama gardan.. filter udara ganti tiap 40 rebu km.. tapi tiap kali ganti oli yah dibersihkan dgn cara di semprot pake compressor angin... kalo kondisi panther nya sehat sehh, dijamin perawatan yg ane sebutin diatas ini uda lebi dari cukup utk bikin panther nya panjang umur...![]()
![]()
![]()
![]()
oh iya klupaan... setaon sekali stel klep yah boleh lahh.. atau kalo mo 6 bulan skali jg boleh...
mahal ?? ga jg bro... perawatan panther mahh mo rawat sendiri atau bengkel rumahan jg ane itung ga beda jauh amat... apalagi kalo soal stel klep mahh setaon sekali jg gpp...
neh ambil contoh, oli panther itu 5 liter, misalnya ane pake shell rimula R3X (botol item) yg 5 liter, biasa ane beli di bengkel rumahan 180 rebu per galon nya... trus filter oli 40 rebu... kalo oli transmisi gardan biasa ane pake shell spirax yg isi 4 liter... itu harganya 150 rebu di bengkel rumahan... filter solar 30 rebu lalu ongkos bongkar pasang filter dan bersihin pompa mekanik nya 30 rebu... nahh kalo setaon misalnya cuman jalan 20 -30 rebu km mahh.. rawat panther kaga ampe 1 juta tuh...
numpang lewat aja....


-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Wah mantab nich penjelasan bro DOHC..sampe gw copy paste di note..!!!
Klo gak salah gw pernah disaranin temen,klo panther mending pake minyak rem yg DOT4..klo DOT3 cenderung pakem..bener gak tuh..padahal standar pabrik buat panther tahun 96 khan DOT3..di tutup pompa rem pun dgn jelas tertulis..hehe
Mohon pencerahan dr para suhu..!!!
Klo gak salah gw pernah disaranin temen,klo panther mending pake minyak rem yg DOT4..klo DOT3 cenderung pakem..bener gak tuh..padahal standar pabrik buat panther tahun 96 khan DOT3..di tutup pompa rem pun dgn jelas tertulis..hehe
Mohon pencerahan dr para suhu..!!!
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
bro. panther ane juga thermostatnya udah di cabut tuh, tapi temperaturenya naik juga kok ampe setengah, gk lama lagi naiknya.....
ane tau di cabut karena pas mau nguras radiator n buka selang atas airnya tetep muter terus sambil di isi air dari mulut radiator, padahal mesinnya mati..... kata org bengkelnya sih itu juga udah di cabut thermostatnya..
ane tau di cabut karena pas mau nguras radiator n buka selang atas airnya tetep muter terus sambil di isi air dari mulut radiator, padahal mesinnya mati..... kata org bengkelnya sih itu juga udah di cabut thermostatnya..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Wah mantab nich penjelasan bro DOHC..sampe gw copy paste di note..!!!
Klo gak salah gw pernah disaranin temen,klo panther mending pake minyak rem yg DOT4..klo DOT3 cenderung pakem..bener gak tuh..padahal standar pabrik buat panther tahun 96 khan DOT3..di tutup pompa rem pun dgn jelas tertulis..hehe
Mohon pencerahan dr para suhu..!!!
Klo gak salah gw pernah disaranin temen,klo panther mending pake minyak rem yg DOT4..klo DOT3 cenderung pakem..bener gak tuh..padahal standar pabrik buat panther tahun 96 khan DOT3..di tutup pompa rem pun dgn jelas tertulis..hehe
Mohon pencerahan dr para suhu..!!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 46
- Joined: Wed May 12, 2010 6:12
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Sori..yg DOT3 cenderung nggak pakem..hehe..ralat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Tue Jun 22, 2010 13:14
- Location: Depok City
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
masalah ini saya juga dapatkan di panther gr 96 saya. suhunya gak jauh2 dari huruf C, padahal dah bonus macet di jakarta berjam2. paling naik di atas huruf C, tapi dikit, gak nyampe setengah.Nah yg gw pgn tahu..temperatur suhu panther itu idealnya dimana ya..kok Panther gw naiknya lambat bgt..2 jam jalan paling diatas garis Cold dikit..ato mmg gitu bro..?
kalo termostat dicabut, kira2 apa yg akan terjadi yah? kiranya om DOHC bisa membantu...
matur thanks
I am dreaming of a Hino RK8 260 PS
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
jahh... ane cuman membagi informasi newbie aja bro...
btw, kalo berdasarkan pengetahuan awam ane sehh... termostat dicabut bikin temperatur mesin susah mencapai ideal yahh... kalo siang terik sehh ga terlalu berasa beda nya... tp kalo pagi hari tuh baru berasa... biarpun mobil uda dipanasin tapi kalo baru jalan mesin kaya mau mati mulu pas lepas gas... ini yg terjadi di panther ane tuh... dulu waktu kaga ada termostat, siang terik bisa naek ampe stengah kurang... tapi pas pagi hari, lama banget naek tuh jarum penunjuk nya....


btw, kalo berdasarkan pengetahuan awam ane sehh... termostat dicabut bikin temperatur mesin susah mencapai ideal yahh... kalo siang terik sehh ga terlalu berasa beda nya... tp kalo pagi hari tuh baru berasa... biarpun mobil uda dipanasin tapi kalo baru jalan mesin kaya mau mati mulu pas lepas gas... ini yg terjadi di panther ane tuh... dulu waktu kaga ada termostat, siang terik bisa naek ampe stengah kurang... tapi pas pagi hari, lama banget naek tuh jarum penunjuk nya....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
setuju sama yang punya 2 noken as,hehehe....
sebenernya orang2 pd nyabut termostat buat akal2an sebab dahulu pada awal2 mbl beredar disini spek sistem pendinginan nya masih sama dengan negara asalnya yg beriklim dingin..jadi sampe indonesia malah rawan overheat. Tapi skrg ini mobil yg beredar disini kan sistem pendinginannya sudah disesuaikan dengan iklim negara kita...jadi gak usah akal2an cabut thermostat lagi.
CMIIW
sebenernya orang2 pd nyabut termostat buat akal2an sebab dahulu pada awal2 mbl beredar disini spek sistem pendinginan nya masih sama dengan negara asalnya yg beriklim dingin..jadi sampe indonesia malah rawan overheat. Tapi skrg ini mobil yg beredar disini kan sistem pendinginannya sudah disesuaikan dengan iklim negara kita...jadi gak usah akal2an cabut thermostat lagi.
CMIIW
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
Kalo copot thermosthat FC jadi boros dan mesin ga bertenaga
..soalnya mesin ga bekerja pada rentang suhu yg ideal AFR selalu dalam kondisi "rich" terus..(ini sih berlaku mesin bensin ga tau kalo diesel apa sama he2
)
Kalo saran pabrikan pake DOT3 jangan diganti DOT4 bro riskan soalnya bisa aja kemampuan rem malah berkurang soalnya ga sesuai spesifikasi yg dipersyaratkan..


Kalo saran pabrikan pake DOT3 jangan diganti DOT4 bro riskan soalnya bisa aja kemampuan rem malah berkurang soalnya ga sesuai spesifikasi yg dipersyaratkan..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
yang masalah, termostat mobil klasik ane udah susah nyarinya.... 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
lha wong thermostat dr ralliart.....gmn gak susah nyarinya..............maskopat wrote:yang masalah, termostat mobil klasik ane udah susah nyarinya....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pilihan Meleset..tapi menguntungkan !!!
ternyata ralliart itu pake dari HKS kak.... dan HKS gak mau lagi bikin untuk mobil classic...jalu wrote:lha wong thermostat dr ralliart.....gmn gak susah nyarinya..............maskopat wrote:yang masalah, termostat mobil klasik ane udah susah nyarinya....

muter2, ketemu yang bikininan magneti marelli....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green