zweifellos wrote:ngeri yang naik tanjakan itu. pake 4L centre differential lock itu om? suara mesinnya wah meraung bgt.
mengenai turun di turunan licin, baiknya gimana ya om, apa memang lebih baik di rem? apakah engine break dari mobil ga cukup nahan bobot mobil (supaya ga nyelonong ke bawah) karena tanjakannya terlalu curam dan/atau terlalu licin?
iya dunk om klw 4L pasti centrediffnya ngunci.... klw nanjak licin gtu yg utama momentum bro.... hehe
sebaiknya sih yg pertama tentu engine brake,
tapi klw ga pke locker d axle, malah percuma karena licin diff hanya nahan di roda yg teringan saja... tau kan sifat differential? jdi kadang2 klw g dibantu rem, roda yg sebelah nahan, sedangakn yg sebelah lgi malah berputar kerarah sebaliknya.
nah untuk itu di bantu rem. TAPI sebaiknya klw turun gini usahain jgn sampai ngunci bannya.... karena akan meluncur makin cepet dan g bisa dikendaliin. oleh karena itu di atas di tulis ABS d oprut akan berguna untuk beberapa kasus, dan akan menggangu di kasus lain... hehehe klw ABSnya nyala jd bisa dteken trus remnya dan bannya g akan ngunci enak bwat turun gini. tp di tempat datar yg licin ntah lumpur atw pasir, jarak pengereman bisa jadi jauh.
makanya idealnya ada tombol on-offnya sendiri ABS tu.. hehe
enaknya pke matic ban ngunci 4-4nya jg ga akan mati mesinnya tinggal atur rem aja, klw manual harus sambil ngatur gas dan ngopling juga biar g mati mesinnya...jd pinter2 aja yg nyetirnya hehe seru deh....
gtw klw ada HDC gmn kerjanya di tempat gini yah..... feeling ane sih tetep aja meluncur hehehe.... ada yg mw nyoba?
btw yg ini ngeluncurnya lebih seru hehehe....
YJ
thx