Proton Exora - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit, Ryan Steele, sh00t

User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

FortunerMan wrote:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
Riff wrote:Review Exora setelah pakai 9 bln...(sebagian sdh disampaikan di thread exora)...

1. Bulan pertama AC rusak (tidak dingin)...dikutak kutik sampai nginap segala...mendingan...eee...bulan kedua tidak dingin lagi...kutak kutik sama dealer nya lagi... mendingan lg...bulan ketiga tidak dingin lagi ...akhirnya mau juga diganti spare part nya dan akhirnya dingin lagi...stlh itu tidak komplain lagi krn masih bisa ditoleransi dinginnya walaupun sdh mulai berkurang dinginnya...

2. Sebulan yg lalu salah baut dibagian kakinya (lupa namanya) hilang/jatuh shg mobil nginap lagi di bengkel (krn resiko jk dipakai)

3. Manuver di tanjakan berat...sebel banget kalo lg ke Puncak...dilewatin mobil lain mulu...
4. FC rata2 1:8 atau 1:9
5. Doortrim pintu2 sdh mulai ada getaran

Anak2 di kantor yg sdh pada nyobain...umumnya tdk merekomendasikan mobil ini...saat ini sedang dipertimbangkan untuk dijual...cuma resale value nya lumayan nganjlok jadi pikir2 lagi...

Masih dalam konteks isi thread ini (mobil seken MPV kisaran 150-200jt)...saya barusan minggu lalu beli Toyota Previa matic th 2001 (ex Menteri) 180jt...mungkin pekan depan saya coba kasih preview nya...
hmmm...bukannya Exora 1:16 (katanya) ya bensinnya?
jeifung wrote:Km saat ini pada mobil saya sudah 10.500. Di MID average konsumsi BBM : 9 km / liter (premium, dalam kota serpong).
Kalau di tol, pada kecepatan 80km / jam, di MID terlihat 5 liter / 100km, artinya, di tol apa exora bisa 20km / liter pada kecepatan konstan 80km ? Kalau tidak salah di brosur exora pada kecepatan 100km konstan bisa diperoleh : 1liter utk 15km.
Saya pernah coba ke luar kota bisa 1 : 13 km, jalan tol (kecepatan 60 - 100) 1: 16 km.
toh serupa kan. 1:8, 1:9 FC nya.

yang 1:16 ada syaratnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

FortunerMan wrote:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
Riff wrote:Review Exora setelah pakai 9 bln...(sebagian sdh disampaikan di thread exora)...

1. Bulan pertama AC rusak (tidak dingin)...dikutak kutik sampai nginap segala...mendingan...eee...bulan kedua tidak dingin lagi...kutak kutik sama dealer nya lagi... mendingan lg...bulan ketiga tidak dingin lagi ...akhirnya mau juga diganti spare part nya dan akhirnya dingin lagi...stlh itu tidak komplain lagi krn masih bisa ditoleransi dinginnya walaupun sdh mulai berkurang dinginnya...

2. Sebulan yg lalu salah baut dibagian kakinya (lupa namanya) hilang/jatuh shg mobil nginap lagi di bengkel (krn resiko jk dipakai)

3. Manuver di tanjakan berat...sebel banget kalo lg ke Puncak...dilewatin mobil lain mulu...
4. FC rata2 1:8 atau 1:9
5. Doortrim pintu2 sdh mulai ada getaran

Anak2 di kantor yg sdh pada nyobain...umumnya tdk merekomendasikan mobil ini...saat ini sedang dipertimbangkan untuk dijual...cuma resale value nya lumayan nganjlok jadi pikir2 lagi...

Masih dalam konteks isi thread ini (mobil seken MPV kisaran 150-200jt)...saya barusan minggu lalu beli Toyota Previa matic th 2001 (ex Menteri) 180jt...mungkin pekan depan saya coba kasih preview nya...
hmmm...bukannya Exora 1:16 (katanya) ya bensinnya?
Wah ga recommend ya jadinya.. :e-think:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27668
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

aldy wrote:
Wah ga recommend ya jadinya.. :e-think:
buat sembalap kaya nt mahh exora jelas ga di recommended sehh.... kcuali di pakein ratjoen2 dulu... yah yg basic2 dulu lah kaya piggyback, ama open air filter... atau tambahin "keong" di ruang mesin nya :e-whistle: :e-whistle:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

DOHC wrote:
aldy wrote:
Wah ga recommend ya jadinya.. :e-think:
buat sembalap kaya nt mahh exora jelas ga di recommended sehh.... kcuali di pakein ratjoen2 dulu... yah yg basic2 dulu lah kaya piggyback, ama open air filter... atau tambahin "keong" di ruang mesin nya :e-whistle: :e-whistle:
Keong itu yang ditunggu. Mustinya management Proton di Indonesia nyadar bahwa mereka musti jadiin itu sebagai standard.
Denger2 sih mereka sudah siapkan di Malaysia, tapi kayaknya masih belum ada di Indonesia... jangan2 malah harganya jadi selangit :P
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

FortunerMan wrote:http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 3&start=25
Riff wrote:Review Exora setelah pakai 9 bln...(sebagian sdh disampaikan di thread exora)...

1. Bulan pertama AC rusak (tidak dingin)...dikutak kutik sampai nginap segala...mendingan...eee...bulan kedua tidak dingin lagi...kutak kutik sama dealer nya lagi... mendingan lg...bulan ketiga tidak dingin lagi ...akhirnya mau juga diganti spare part nya dan akhirnya dingin lagi...stlh itu tidak komplain lagi krn masih bisa ditoleransi dinginnya walaupun sdh mulai berkurang dinginnya...

2. Sebulan yg lalu salah baut dibagian kakinya (lupa namanya) hilang/jatuh shg mobil nginap lagi di bengkel (krn resiko jk dipakai)

3. Manuver di tanjakan berat...sebel banget kalo lg ke Puncak...dilewatin mobil lain mulu...
4. FC rata2 1:8 atau 1:9
5. Doortrim pintu2 sdh mulai ada getaran

Anak2 di kantor yg sdh pada nyobain...umumnya tdk merekomendasikan mobil ini...saat ini sedang dipertimbangkan untuk dijual...cuma resale value nya lumayan nganjlok jadi pikir2 lagi...

Masih dalam konteks isi thread ini (mobil seken MPV kisaran 150-200jt)...saya barusan minggu lalu beli Toyota Previa matic th 2001 (ex Menteri) 180jt...mungkin pekan depan saya coba kasih preview nya...
hmmm...bukannya Exora 1:16 (katanya) ya bensinnya?
kondisi tertentu bisa bro, berdasarkan mid tapi yak... sama kayak uprit juga tuh pas test drive lari 60 jalan datar di mid nya 1:22.. cuma aktual rata2 sih tetep gak bisa lah, siapa yg tahan nahan gas segitu...
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27668
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Proton Exora

Post by DOHC »

Bursnet wrote:
DOHC wrote:
aldy wrote:
Wah ga recommend ya jadinya.. :e-think:
buat sembalap kaya nt mahh exora jelas ga di recommended sehh.... kcuali di pakein ratjoen2 dulu... yah yg basic2 dulu lah kaya piggyback, ama open air filter... atau tambahin "keong" di ruang mesin nya :e-whistle: :e-whistle:
Keong itu yang ditunggu. Mustinya management Proton di Indonesia nyadar bahwa mereka musti jadiin itu sebagai standard.
Denger2 sih mereka sudah siapkan di Malaysia, tapi kayaknya masih belum ada di Indonesia... jangan2 malah harganya jadi selangit :P
masalahnya ntuh "keong" sama kaya buat kalangan penikmat keong di masakan prancis.. alias nuntut uang lebih... kalo uda pake "keong" kan otomatis kaga bisa minum bensin rakyat jelata kaya premium lagi.... minimal pertaplus.... uda kaga masuk ke klas mpv rakyat lagi donk,,,,
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
Dino_lowrider
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 462
Joined: Tue Jul 28, 2009 23:57

Re: Proton Exora

Post by Dino_lowrider »

menurut salah satu majalah otomotif , harga jual kembali proton exora di ibukota , turun 40 persen dari baru.....

wah.......
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Wah ,.... itu majalah dapat data dari mana ?
Exora saya sudah ditawar 160jt, pakai 7 bulan, waktu beli 185jt, tapi saya masih sayang belum mau jual.
Kalau dari 185 jadi 160, turun berapa persen ?
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

itu majalahnya salah terbit om. mestinya terbit 25 tahun lagi udah diterbitin sekarang. makanya datanya gitu. :mrgreen:
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Proton Exora

Post by Abu2 »

walaah, ketinggalan 10 halaman ane, ternyata lagi ngerumpi disini......

ijin gabung yaaaaa :angel:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Menurut file "sales-kit" exora : volume Exora sama atau lebih besar dari pada Innova, gimana cara baca grafik yg benar ? Ada yg tahu cara ngukur volume kabin bagaimana ya ?
Ini ada data tsb, plus uji tabrak dan foto exora dari belakang.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

kayanya masih besar innova bos. itu yang ditampilin kurva ukuran vs harga. jadi bukan murni ukuran aja alias ada 2 variable yang menentukan. karena exora lebih murah (lumayan jauh bedanya), maka faktor ini jadi keunggulan exora (bikin posisi di kurva kanan-bawah). trus satu lagi yang mesti diperhatikan, perbedaan harga exora-innova di indonesia dan di malaysia karena katanya pajak di sana buat mobil non-buatan malaysia jauh lebih besar. so, kira2 76 banding 110 kalo ambil harga tertinggi (tinggal dibandingin ama perbandingan harga exora dan innova di indonesia). CMIIW
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

jeifung wrote:Menurut file "sales-kit" exora : volume Exora sama atau lebih besar dari pada Innova, gimana cara baca grafik yg benar ? Ada yg tahu cara ngukur volume kabin bagaimana ya ?
Ini ada data tsb, plus uji tabrak dan foto exora dari belakang.
Kalau saya bandingkan data di brosur Exora (dari Proton) dan brosur Innova (dari Toyota), maka memang volume Exora lebih besar.
Tapi perbedaannya tidak terlalu besar, jadi sebenarnya bisa diabaikan.
Bagi yang sudah membeli Exora, mungkin bisa dijadikan sedikit kebanggaan.
Tapi bagi yang sudah membeli Innova, tidak usah kecil hati karena selisihnya tidak jauh.

Yang perlu dibandingkan adalah fitur keamanan, harga beli, dukungan purna jual, performa mesin, dan resale value.
Fitur keamanan sangat penting, buat apa beli mobil kalau nantinya malah menjadi sarana menuju alam baka ;)
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

di majalah AUTOCAR edisi Juni 2010 ini, dibandingkan 14 mobil low-medium utk kenyamanan dan keamanan. Utk MPV, dibandingkan 5 mobil : Exora, Innova, Avanza, Freed, G.Livina, Luxio. Hasilnya yg mendapat 5 bintang (tertinggi) : Exora, Innova dan Freed, lainnya dapat 4,5 bintang.

Utk Exora (kalau tidak salah) unggul di : Legroom driver, volume kabin, Eurocap test crach
Kekurangan : belum BA (break Assist) compare to Freed, tenaga mesin dan suara ban belakang masuk ke kabin (utk suara ban belakang, pendapat saya pribadi tidak benar)

Kelebihan lain spt : blue-tooth, MID(multi information display), Audio Control dan Telp Control di Stir, BCM (Body Control Module) tidak dilaporkan di majalah tsb.

Salam,
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

jeifung wrote:di majalah AUTOCAR edisi Juni 2010 ini, dibandingkan 14 mobil low-medium utk kenyamanan dan keamanan. Utk MPV, dibandingkan 5 mobil : Exora, Innova, Avanza, Freed, G.Livina, Luxio. Hasilnya yg mendapat 5 bintang (tertinggi) : Exora, Innova dan Freed, lainnya dapat 4,5 bintang.

Utk Exora (kalau tidak salah) unggul di : Legroom driver, volume kabin, Eurocap test crach
Kekurangan : belum BA (break Assist) compare to Freed, tenaga mesin dan suara ban belakang masuk ke kabin (utk suara ban belakang, pendapat saya pribadi tidak benar)

Kelebihan lain spt : blue-tooth, MID(multi information display), Audio Control dan Telp Control di Stir, BCM (Body Control Module) tidak dilaporkan di majalah tsb.

Salam,
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

jeifung wrote:di majalah AUTOCAR edisi Juni 2010 ini, dibandingkan 14 mobil low-medium utk kenyamanan dan keamanan. Utk MPV, dibandingkan 5 mobil : Exora, Innova, Avanza, Freed, G.Livina, Luxio. Hasilnya yg mendapat 5 bintang (tertinggi) : Exora, Innova dan Freed, lainnya dapat 4,5 bintang.

Utk Exora (kalau tidak salah) unggul di : Legroom driver, volume kabin, Eurocap test crach
Kekurangan : belum BA (break Assist) compare to Freed, tenaga mesin dan suara ban belakang masuk ke kabin (utk suara ban belakang, pendapat saya pribadi tidak benar)

Kelebihan lain spt : blue-tooth, MID(multi information display), Audio Control dan Telp Control di Stir, BCM (Body Control Module) tidak dilaporkan di majalah tsb.

Salam,
wuih test crashnya pake standard euro yah ? hebat
murah pula......
ga sabar tungguin pameran nih

anehnya kok mobil2 yg beken di indo laris manis yg ga ada testcrashnya malah dianngap tahan banting, terpercaya.
amit2 dah gua sih.
Gue sering liat TV yg mati krn DITABRAK/kena tabrak byk sekali.
sory aje gue sih byr mahal tp ga jelas safetynya apalagi mahal cuma gara2 merknye terkenal doang. cuma ambil untung doang tujuannya

tp yah itu sih pendapat gue doang, terserah yg lain mo omong ape......
utk gue sih, safety always no 1. tentu dgn budget yg sesuai kantong hihihihi.......
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

HasanFenny wrote:
jeifung wrote:di majalah AUTOCAR edisi Juni 2010 ini, dibandingkan 14 mobil low-medium utk kenyamanan dan keamanan. Utk MPV, dibandingkan 5 mobil : Exora, Innova, Avanza, Freed, G.Livina, Luxio. Hasilnya yg mendapat 5 bintang (tertinggi) : Exora, Innova dan Freed, lainnya dapat 4,5 bintang.

Utk Exora (kalau tidak salah) unggul di : Legroom driver, volume kabin, Eurocap test crach
Kekurangan : belum BA (break Assist) compare to Freed, tenaga mesin dan suara ban belakang masuk ke kabin (utk suara ban belakang, pendapat saya pribadi tidak benar)

Kelebihan lain spt : blue-tooth, MID(multi information display), Audio Control dan Telp Control di Stir, BCM (Body Control Module) tidak dilaporkan di majalah tsb.

Salam,
wuih test crashnya pake standard euro yah ? hebat
murah pula......
ga sabar tungguin pameran nih

anehnya kok mobil2 yg beken di indo laris manis yg ga ada testcrashnya malah dianngap tahan banting, terpercaya.
amit2 dah gua sih.
Gue sering liat TV yg mati krn DITABRAK/kena tabrak byk sekali.
sory aje gue sih byr mahal tp ga jelas safetynya apalagi mahal cuma gara2 merknye terkenal doang. cuma ambil untung doang tujuannya

tp yah itu sih pendapat gue doang, terserah yg lain mo omong ape......
utk gue sih, safety always no 1. tentu dgn budget yg sesuai kantong hihihihi.......
Secara umum, mobil yang ada "hidung"nya, mustinya enggak masalah dengan tabrakan muka, kecuali kalau head-to-head dengan kendaraan berat.
Saya pikir bahwa yang critical adalah side impact beam dan ABS.
Denger2 sih, Avanza tidak ada side impact beam, tapi Innova jelas punya tuh, jadi mustinya Innova cukup aman.
Masalahnya, Innova tipe E tidak ada ABS, entahlah tipe G & V.
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Betul, betul, betul, fitur keamanan memang sangat penting sekarang.
Semiinggu lalu pas ke bengkel auto**** melihat Avanza tabrakan, sungguh mengerikan, kata montirnya driver dan penumpang meninggal di tempat. Ini fotonya.... mudah2an hal ini tdk terjadi lagi pada kita semua.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

jeifung wrote:Betul, betul, betul, fitur keamanan memang sangat penting sekarang.
Semiinggu lalu pas ke bengkel auto**** melihat Avanza tabrakan, sungguh mengerikan, kata montirnya driver dan penumpang meninggal di tempat. Ini fotonya.... mudah2an hal ini tdk terjadi lagi pada kita semua.
Itu lawannya siapa bro?
Kok sampe ringsek kayak gitu? Masa blok mesin kalah?
Kalo ngelawan tronton, ya apa boleh buat sih :e-naughty:
Apalagi kalo head to head :glodak:
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Proton Exora

Post by aldy »

Safety dari mobil bukan segala2nya tapi memang penting..Tapi ada yg lebih penting yaitu safety dari cara kita mengendarai mobil, waspada sama kondisi jalan disekitar kita..Dan yang tidak kalah penting berdoa kepada Tuhan YME sebelum mengendarai mobil..itu yg paling menentukan..

Soalnya kemarin ada berita porsche nabrak terus terbelah dua penumpang tewas semua..BMW gara2 driver super ngebut ada tikungan selip nabrak pohon kebakar penumpang mati semu..pkknya banyak pengalaman serem lainnya ama mobil2 mewah berkelas maupun tidak berkelas jadi ane nyimpulkan car safety it's not EVERYTHING (segalanya asal mobil safety tingkat tinggi pasti aman)..just my opinion no offense :big_peace:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
jeifung
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 68
Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
Location: tangerang

Re: Proton Exora

Post by jeifung »

Setuju dg pendapat bahwa mobil mahal/mewah tidak menjamin pasti selamat. Sebagai manusia, tentu kita hanya bisa berusaha semaksimal mungkin utk menghindari bencana, namun tetap alam dan Tuhan yg berkuasa.
Mengenai safety, harus tetap pada koridor dan ambang batas atau angka-angka batas alat safety tsb, karena itu pada test crash juga ada batasan kecepatan dan jenis tabrakan.

Fakta yg ada, di sekitar kita, yg pernah saya alami dan lihat beberapa kecelakaan, dimana pengendara mobil mengakui, kalau peralatan safety (e.g. airbag, abs, dll) mobil yg digunakan telah menyelamatkannya, atau mengurangi cedera lebih parah. Mengurangi cedera biasanya terlupakan dan tak terpikirkan. Banyak contoh/kejadian yg telah membuktikan bahwa peralatan safety itu sangat membantu keselamatan - yg cukup mendasar dan basic : pemakaian seat-belt.

Demikian opini saya.

@Bursnet : montir tidak menjelaskan itu tabrakan frontal dg kendaraan apa.
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

hehehe lihat apanja sampe begitu mah dah sering... faktornya mungkin bukan dari safety kendaraanya tapi safety di driving style nya... saya pernah merasakan saat saya lari 150km/j di tempel sama apanja... saya kasih jalan aja deh kok ada yg berani bawa sampe segitu, padahal saya pernah bawa lari 100 aja dah serem, apa lagi full 7 orang 80 aja dah serem ngeloyor kanan kiri, intinya kecelakaan fatal bisa kita hindarkan apa bila kita sadar kemampuan mobil yg kita kendarai sampai dimana, jangan di push over limit
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

aldy wrote:Safety dari mobil bukan segala2nya tapi memang penting..Tapi ada yg lebih penting yaitu safety dari cara kita mengendarai mobil, waspada sama kondisi jalan disekitar kita..Dan yang tidak kalah penting berdoa kepada Tuhan YME sebelum mengendarai mobil..itu yg paling menentukan..

Soalnya kemarin ada berita porsche nabrak terus terbelah dua penumpang tewas semua..BMW gara2 driver super ngebut ada tikungan selip nabrak pohon kebakar penumpang mati semu..pkknya banyak pengalaman serem lainnya ama mobil2 mewah berkelas maupun tidak berkelas jadi ane nyimpulkan car safety it's not EVERYTHING (segalanya asal mobil safety tingkat tinggi pasti aman)..just my opinion no offense :big_peace:
Kalo pengemudinya tukang kebut dan memang tidak patuh aturan keselamatan, ya pakai mobil apa pun akan tetap celaka, bahkan mungkin lebih baik kalau dia cepat "selesai" :big_peace:

Pada saat saya bicara tentang fitur keamanan, saya berasumsi bahwa pengemudinya adalah orang yang perduli dengan keselamatan - seperti anda dan saya - jadi tentunya tidak ngebut seenaknya, juga tidak selap-selip sana-sini.

Eh, jangan lalu bilang "bisa saja tetap kecelakaan"... kalau itu kan namanya sudah digariskan olehNya, kita enggak bisa berkelit lagi, yang penting "manusia berusaha, Tuhan yang menentukan"
Setuju?
Bursnet
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 41
Joined: Sun May 16, 2010 13:38

Re: Proton Exora

Post by Bursnet »

jeifung wrote:@Bursnet : montir tidak menjelaskan itu tabrakan frontal dg kendaraan apa.
Thanks untuk infonya.
Kalo liat gambar, kayaknya tabrakan head-to-head, emang biasanya fatal, apalagi kalo enggak pake seat belt