Throttle by wire / Driver By Wire ?

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by hehe001 »

Saya sedang dalam masa inrayen Grand Livina 1.5 XV/MT, sebelumnya udah bikin thread ttg inrayen.

Menurut forum-firum diskusi internet, ada yg mengatakan bhw Grand Livina itu agak berat (kehilangan power) dipakai nanjak, terutama untuk tanjakan curam. menurut yg saya baca di forum2 itu, penyebabnya antara lain :
- GL itu Front Wheel Drive
- GL itu menggunakan sistem throttle by wire, shg ada lag saat injek pedal gas dan tenaga dorong mobil itu sendiri.

Saya sih blm pernah test ke tanjakan, apalagi yg curam. saya hanya berandai-andai apakah yg dimaksud agak berat itu spt kalo nyetir mobil diesel apa gimana yah? kalo naik mobil diesel manual kan bejek gasnya ngga seresponsif mobil yg menggunakan bbm premium, mungkin rekan2 di sini ada yg mengalami?

yang dimaksud Throttle by wire (apa yg benar Driver By Wire) itu apa ya? setelah googling belum nemu jawaban yg pas, yg saya baca hanya berfungsi untuk menghemat konsumsi bbm.

apakah ada cara khusus dama berkendara mobil yang menggunakan Throttle by wire?

Mohon maaf jika ada kata2 yg salah :)
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by maskopat »

om hehe, tbw itu pengaturan throttle oleh potensio. seperti hambatan variable gitu deh.
kenapa ada lag, jadi pas si driver bejeg gas, komputer akan menghitung BBM yang diperlukan dengan gas yang dibejeg itu.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by hehe001 »

trims responnya, pak.
jadi bener kaya naik mobil diesel gitu kali yah ...
apakah ada trik khusus untuk naik mobil dengan tbw ini?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by maskopat »

nggak ngerti om.. ane sih kurang suka bawa mobil manual yang udah TBW.. kalo matik masih oke lah...
pegel ngatur kopling dan gas kalo manual.. :frm_bang_head:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by Turboman »

hehe001 wrote: yang dimaksud Throttle by wire (apa yg benar Driver By Wire) itu apa ya? setelah googling belum nemu jawaban yg pas, yg saya baca hanya berfungsi untuk menghemat konsumsi bbm.

apakah ada cara khusus dama berkendara mobil yang menggunakan Throttle by wire?
IMHO:
Ane lebih percaya kalo TBW itu diaplikasikan demi menyeragamkan komponen berbagai type mobil, dimana model2 tertentu dgn Stability Control mmg terintegrasi dgn TBW, sampe type2 yg ga pake Stab Control-pun ikutan dikasih TBW.

Kalo pabrik musti nyetok TB-W dan TB kawat, dibanding nyetok 1 jenis barang aja, tentu lebih ekonomis nyetok 1 jenis barang.

Ujung2 nya : efisiensi biaya produksi.

cara membuat TBW jadi lebih responsif : Ground Cables

Install Ground cables di :
- TB
- Cyl Head (kasih 2 titik)
- ECU
- A/T unit (jika mobilnya A/T)

Jikalau dirasa masih kurang bisa install Throttle Modul spt buatan i-Drive dll.

Tapi kalau mau membuat Torsi mesin lebih "nonjok" maka opsi di bawah ini bisa dipertimbangkan :
- Free flow air filter
- AIC
- Piggyback

Btw kalau nyusul harus ancang2 kayak mobil Diesel.........hehehehehe......ane yakin kalo udah pernah test drive mobil Diesel sekelas Captiva VCDi / Frontier Navara mah pasti komennya akan lain......heheheheheheeh
* Bukan ajakan Beli *
hehe001
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 170
Joined: Fri Jun 12, 2009 7:47

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by hehe001 »

penjelasan yg mantab pak. terima kasih banyak.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by uch »

TBW and DBW itu berbeda Om. Tapi emang sering disamarkan sebagian produsen/ATPM menyebut/mengganti kata TBW dengan DBW biar keliatan mobilnya lebih canggih... hi..hi.. :big_peace:

Jadi inget pertanyaan lucu waktu dengerin "ceramah" Mr T dari Kebon Kecepatan alias Garden Speed.

Mr T : "Menurut kalian pedal gas yg nggak pake kabel itu peralatan/sistem canggih atau bukan ? Yg bilang canggih silakan angkat tangan.."
Sebagian besar peserta langsung angkat tangan.
Mr T : "Ok. yg bilang itu peralatan canggih, nanti sampe rumah coba pinjem mobil2an anak/ponakan yg pake remot. Kalo nggak punya juga silakan mampir di toko mainan. Yg made in China harganya paling Rp 50 ribuan. Silakan ditest remotenya, di gas2, terus belok kiri belok kanan. Liat roda depannya juga bergerak ke kiri kanan. Kira2 begitu lah "canggih"nya pedal gas yg nggak pake kabel lagi".
Peserta : Bengong.. (he..he..)

Gw setuju dengan Om Turbo, kalo TBW tok (tanpa DBW) itu hanya buat hemat2an biaya produksi. Bukan buat efisiensi2 bbm (bro maskopat.... maaf ye. Boleh dong kita beda pendapat.... he...he..pisss...piss..). Semua itung2an BBM itu dimulai dengan membaca posisi butterfly valve (sensor TPS). Dilanjut dengan membaca sensor2 lain. Mau valve nya dibuka pake kawat, kabel, nggak pake kabel, dipencet2 pake jempol misalnya saat tune up, itu ECU nggak peduli. IMHO.

Kalo DBW baru banyak gunanya. Terutama buat Keamanan dan kenyamanan. Mulai dari Cruise Control, Adaptive cruise control, ESP, Traction control, dll. Fitur2 yg butuh bukaan valve throttle DITENTUKAN SENDIRI oleh ECU dan LEPAS/TIDAK TERPENGARUH posisi pedal gas. Mo diteken sedalam apapun pedal gas kalo ECU bilang jangan, tetap aja valvenya nggak kebuka. Walaupun kejadian itu mungkin hanya sekian detik, tapi konon katanya bisa menyelamatkan kita dari kecelakaan yg lebih fatal.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by maskopat »

om uch, beda pendapat mah gak masalah....
ane masih bingung TBW dan DBW... bedanya di mana ya om?
agak bingung dengan 2 paragraf terakhir. bisa tolong dijelaskan lebih detail om... biar ane makin pinter gitu...

:thanks:


oh ya, tentang RC, yang biasa ane maenin dulu tidak ada potensio baik untuk maju/mundur atau belok. karena kayaknya cuman on/off doang. alhasil cuman bisa full throttle maju/mundur atau diem. untuk belok juga gitu. gak bisa ngatur belok yang pas, karena opsinya belok atau tidak..
gak kebayang kalo yang kayak gini ada di mobil beneran.. :big_slap:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by uch »

Idiiiih om Maskopat bisa aja deeh iih..

Ttg RC, terus terang terang terus nggak ada pertanyaan/pembahasan lanjutan kenapa Mr T ngasih contoh ke mobil2an... he..he.. Yg saya tangkap dari intonasi suara dan mimik wajak (bukan mimik cucu ya..), beliau cuman mo ngasih tau, kalo CUMAN "membuang" kabel gas dari mobil itu bukan teknologi canggih/mahal dan kalo cuman itu doang tidak ada manfaatnya buat user.
Bener Om, kalo RC yg murah cuman bisa diem atau "full trottle", tapi kalo rc yg mahalan dikit, bisa digantung2 koq gas nya... Beloknya juga bisa diatur, nggak langsung belok patah. duuuuh... koq jadi ngomongin RC ya... mangap...mangap penonton.

Sebenarnya tujuan ASLI membuang kabel/kawat gas itu agar dimobil tsb bisa DITANAMKAN fitur2 kenyamanan dan keamanan. Fitur2 yg mengharuskan agar bukaan trotle bisa dibuat independen/lepas dari posisi pedal gas. Kalo fitur2 tsb bekerja, bukaan trotle akan ditentukan sendiri oleh ECU. Bukan atas perintah/pengaruh posisi pedal gas. Tapi itu hanya saat fitur tsb bekerja. Aslinya, ini yg namakan Drive By Wire. IMHO CMIIW.

Contoh paling umum Fitur cruise control. Biarpun pedal gas nggak disentuh, trottle tetap terbuka kan. Apalagi yg adaptive cruise control, biarpun kaki kanan nyender di atas dashboard tapi bukaan trotle bisa naik turun ngikuti kecepatan mobil di depannya. Gitu juga buat fitur2 safety kayak ESP misalnya. Salah satu cara kerjanya, kalo sensor membaca posisi mobil tidak stabil dan berbahaya kalo gas nya nggak diturunkan/dilepas, ECU akan memutus hubungan butterfly valve dengan posisi pedal gas dan menentukan sendiri bukaan trotle nya. Sering toh orang jadi panik kalo mobil kecepatan tinggi terus karna sesuau hal (misal menghindar) mobil jadi oleng dan berpotensi terguling/nabrak, karena panik malah nginjek gas dalam2. Bahaya kan..

Soal pendapat saya TBW nggak ngaruh ke cara ECU menentukan tekanan injektor (konsumsi BBM) silakan dibahas lagi. Gw Bisa salah bisa benar... he...he
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by maskopat »

uch wrote:Idiiiih om Maskopat bisa aja deeh iih..

Ttg RC, terus terang terang terus nggak ada pertanyaan/pembahasan lanjutan kenapa Mr T ngasih contoh ke mobil2an... he..he.. Yg saya tangkap dari intonasi suara dan mimik wajak (bukan mimik cucu ya..), beliau cuman mo ngasih tau, kalo CUMAN "membuang" kabel gas dari mobil itu bukan teknologi canggih/mahal dan kalo cuman itu doang tidak ada manfaatnya buat user.
Bener Om, kalo RC yg murah cuman bisa diem atau "full trottle", tapi kalo rc yg mahalan dikit, bisa digantung2 koq gas nya... Beloknya juga bisa diatur, nggak langsung belok patah. duuuuh... koq jadi ngomongin RC ya... mangap...mangap penonton.

Sebenarnya tujuan ASLI membuang kabel/kawat gas itu agar dimobil tsb bisa DITANAMKAN fitur2 kenyamanan dan keamanan. Fitur2 yg mengharuskan agar bukaan trotle bisa dibuat independen/lepas dari posisi pedal gas. Kalo fitur2 tsb bekerja, bukaan trotle akan ditentukan sendiri oleh ECU. Bukan atas perintah/pengaruh posisi pedal gas. Tapi itu hanya saat fitur tsb bekerja. Aslinya, ini yg namakan Drive By Wire. IMHO CMIIW.

Contoh paling umum Fitur cruise control. Biarpun pedal gas nggak disentuh, trottle tetap terbuka kan. Apalagi yg adaptive cruise control, biarpun kaki kanan nyender di atas dashboard tapi bukaan trotle bisa naik turun ngikuti kecepatan mobil di depannya. Gitu juga buat fitur2 safety kayak ESP misalnya. Salah satu cara kerjanya, kalo sensor membaca posisi mobil tidak stabil dan berbahaya kalo gas nya nggak diturunkan/dilepas, ECU akan memutus hubungan butterfly valve dengan posisi pedal gas dan menentukan sendiri bukaan trotle nya. Sering toh orang jadi panik kalo mobil kecepatan tinggi terus karna sesuau hal (misal menghindar) mobil jadi oleng dan berpotensi terguling/nabrak, karena panik malah nginjek gas dalam2. Bahaya kan..

Soal pendapat saya TBW nggak ngaruh ke cara ECU menentukan tekanan injektor (konsumsi BBM) silakan dibahas lagi. Gw Bisa salah bisa benar... he...he
om uch, tapi bener kan ya, bahwa TBW atau DBW, throttle bukan berdasarkan tarikan kabel gas, tapi berdasarkan potensio?

kalo dari cerita om uch, berarti ford TX5 tahun 90-an sudah DBW yah? karena ada cruise control yang bisa kita set mau di kecepatan berapa...

thanks om uch untuk pencerahannya... :thanks:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ak4ng »

sy mau bertanya mengenai tbw ini:
kalo di tanjakan tiba2 rpm turun apa akibat tbw??? gas udah diinjek full tp seolah tdk ada respon dr mesin,,,
mohon pencerahannya,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by DOHC »

pas nanjak, lupa turunin gigi, ilang momentum nya... torsi ga kuat... otomatis rpm jeblok mau diinjek sedalem apapun jg ga bakal naek tuh rpm...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by m4rio »

ato mesinnya mati kali tuh. heheheheh.
User avatar
henz155
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1588
Joined: Thu Nov 11, 2010 15:07
Location: medhan

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by henz155 »

Ane makin bingung setelah bacany. :frm_bang_head: .klo t31 termasuk yg mana y om???
Image
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ak4ng »

DOHC wrote:pas nanjak, lupa turunin gigi, ilang momentum nya... torsi ga kuat... otomatis rpm jeblok mau diinjek sedalem apapun jg ga bakal naek tuh rpm...
kalo lupa turunin gigi mesin pasti ngelitik klepp,,, tp ni ga, rpm nya turun aja, ga tau knp???? dah itu gasnya dikocok2 aja, baru bisa rpmnya naik,,,,
mohon pencerahannya terkait tbw ini,,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by VanzMatic »

Kalo abis dikocok2, pasti rpm naek, kang! Palagi ente masih muda...!





................................................................................................. :ngacir: :glodak:




:big_slap: :big_slap: :big_slap:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ak4ng »

bukan gitu VM,, tp naeknya tu rpm setelah dikocok berkali2,, dan ga cepet naiknya???? apa ada sensor2 yg kotor???? sensornya d mn??? ad brp??? ap aj????
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
VanzMatic
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11277
Joined: Sat Nov 27, 2010 1:07
Location: Yogya Is Timewa

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by VanzMatic »

Wah, ngga ngarti atw pura2 ngga ngerti nih...? :e-think:
" It is not the eyes that are blind, but the hearts "
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ZombiEE »

@henz: TBW aja...nothing new...;):Dhέhέhέ;);)hέhέhέ:D;)™ cuman wkt angkat gas deselerasi putaran mesin ikt naik sendiri memberikan efek engine break, apakah ini ada kaitan dgn sensor throttle atau transmisi ane kaga jelas:)
@VM: coba ak4ng nya dicek dl oom....napa kaga mau naik RPM nya.....‎​ªkªkªkªkª =)) ªkªkªkªkª™ ƙα̇̇̇̊α̇̇̇̊ßúúяяя•*˚*•
User avatar
aburaza
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 686
Joined: Fri Jan 01, 2010 4:04
Location: inside of a pretty black ST191

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by aburaza »

Emang apanja pake TBW ya?
Calon penghuni garasi:
MPV nyuaman utk bawa keluarga
Hatchback unyu2 buat istri
Sedan lawas mulus untuk mainan
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ak4ng »

untung apanja engga,,, tp yaris ortu sy kan pk tbw,,, nah ini yg bikin sy aga kagok,,,,,
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by doq »

@ak4ng: iya tuh, ada kemungkinan sensor2 kotor. Mengenai letaknya coba tanya sama beres aja, ato mungkin ada rekan2 yg tau?

btw, judul topik nya "agak" ngaco yahhh :e-think: :e-think: "Throttle by wire / Driver By Wire ?"
pada nyadar ga nih?? :mrgreen: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator
User avatar
ZombiEE
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 11521
Joined: Sat Mar 17, 2007 7:20

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ZombiEE »

Maklum oom dog....lagi ganyadar.com....xixixixixix
ak4ng
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10471
Joined: Sun Aug 15, 2010 7:20
Location: smi, bdg, jawa barat
Daily Vehicle: Unimog

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by ak4ng »

driver by wire: pengemudi dari kawat????????????,, kata om gugel
wkwkwkwkwkwkwkwkwk :big_weee: :big_weee: :big_weee:
REAR-WHEEL DRIVE TO KEEP YOU MOVING FORWARD

INFO KOPI KLIK: KOPI MALABAR
User avatar
doq
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9498
Joined: Sat May 10, 2008 12:09
Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely

Re: Throttle by wire / Driver By Wire ?

Post by doq »

:upss: :upss: :mrgreen: :upss: :upss: :mrgreen: :upss: :upss: :mrgreen:
Lets behave ourself
NO tolerance on SARA, Personal issue, Spam
WE are watching
Image

Click here to call Moderator