Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Agan-agan sekalian, ane minta pendapat mengenai pemakaian ganjal karet buat meninggikan ground clearence. Ane pakai Baleno 2002. Dari dulu ingin pakai SUV, sudah mengincar Santi, apa daya ketika sudah mantabs mau beli, ternyata kudu bangun rumah.
Beberapa bulan terakhir ane sering ke daerah Cibatok, Pamijahan, Bogor, dengan Baleno. Jalanan sebagian mulus untuk jalur Pamulang-Parung-Bogor. Memasuki Bogor ke arah Ciampea, jalanan mulai jerawatan.
Kalau melalui jalur Serpong-Ciseeng-Ciampea, jalan sepi, tapi ada 1 km yang ancur-ancuran dan 2 km yang bopeng. Akibatnya ban atau bodi sering nggasruk *opo iki yo* ke lobang atau gundukan.
Di milis mobil, ada yang menyarankan ganti per & shockbreaker yang lebih tinggi. Ini namanya duit, paling tidak 1,2 juta. Ada yang menyarankan valen sport damper, ini semacam ganjel buat ditengah per, agar per tidak mengerut maksimal. Ada yang menyarankan ganti ban gede + per + shockbreaker. Mending ganti mobil. Sementara Baleno ini bantingannya empuk, apalagi kalau lewat jalanan jelek. Lebih nyaman pakai Baleno ini dibandingkan Honda City yang lebih baru teman ane, atau Innova baru kakak ane.
Nah, ada yang menyarankan agar dudukan per & shockbreaker diganjal karet. Harga murah meriah. Biaya 150 ribu. Karetnya bekas ban mobil yang dibentuk sesuai dudukan per. Nggasruk lumayan berkurang. Tapi sejak rutin ke Bogor dengan jalan bopengnya, nggasruknya terasa lagi. Akhirnya minggu lalu pasang ganjal karet lagi, total jadi 2 karet + karet tengah shockbreaker. Lumayan habis 200 ribu. Ground clearence jadi tambah lagi.
Minggu depan akan dicoba lagi ke Bogor, apakah masih nggasruk di jalanan ancur atau tidak.
GImana menurut agan-agan semua, apakah langkah murah meriah itu cukup value for money?
Beberapa bulan terakhir ane sering ke daerah Cibatok, Pamijahan, Bogor, dengan Baleno. Jalanan sebagian mulus untuk jalur Pamulang-Parung-Bogor. Memasuki Bogor ke arah Ciampea, jalanan mulai jerawatan.
Kalau melalui jalur Serpong-Ciseeng-Ciampea, jalan sepi, tapi ada 1 km yang ancur-ancuran dan 2 km yang bopeng. Akibatnya ban atau bodi sering nggasruk *opo iki yo* ke lobang atau gundukan.
Di milis mobil, ada yang menyarankan ganti per & shockbreaker yang lebih tinggi. Ini namanya duit, paling tidak 1,2 juta. Ada yang menyarankan valen sport damper, ini semacam ganjel buat ditengah per, agar per tidak mengerut maksimal. Ada yang menyarankan ganti ban gede + per + shockbreaker. Mending ganti mobil. Sementara Baleno ini bantingannya empuk, apalagi kalau lewat jalanan jelek. Lebih nyaman pakai Baleno ini dibandingkan Honda City yang lebih baru teman ane, atau Innova baru kakak ane.
Nah, ada yang menyarankan agar dudukan per & shockbreaker diganjal karet. Harga murah meriah. Biaya 150 ribu. Karetnya bekas ban mobil yang dibentuk sesuai dudukan per. Nggasruk lumayan berkurang. Tapi sejak rutin ke Bogor dengan jalan bopengnya, nggasruknya terasa lagi. Akhirnya minggu lalu pasang ganjal karet lagi, total jadi 2 karet + karet tengah shockbreaker. Lumayan habis 200 ribu. Ground clearence jadi tambah lagi.
Minggu depan akan dicoba lagi ke Bogor, apakah masih nggasruk di jalanan ancur atau tidak.
GImana menurut agan-agan semua, apakah langkah murah meriah itu cukup value for money?
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Diliat dulu apa Camber-nya bisa disetel nggak um
atau kalau nggak bisa, cari dulu kit utk camber adjustment.
apa itu camber :
http://www.familycar.com/alignment.htm#Cas
atau kalau nggak bisa, cari dulu kit utk camber adjustment.
apa itu camber :
http://www.familycar.com/alignment.htm#Cas
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Makasih om Turboman. Nanti ane spooring-balancing juga, sudah 2 tahun sejak terakhir dilakukan
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
ditunggu komentar baleno user nih
setahu saya, yg cukup aktif id-nya doq ........bukan dog loh....

setahu saya, yg cukup aktif id-nya doq ........bukan dog loh....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
wah bro Imsus, malu nih ane kemarin Desember hampir ambil Santi di Hyundai TB SImatupang, tapi karena salah paham dengan salesnya, dia tidak sms, jadi ane tidak jadi lihat. Padahal ane sudah siap lihat bersama bro Kuruma
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
wah....klo soal ninggiin bodi mah gelap nih
sy justru pengennya nurunin
ngomong2 yg d maksud oom TS "nge-gasruk" ini, apakah body yg gasruk k aspal pd saat masuk2 lubang? ato bannya yg gasruk ke spakbor??


sy justru pengennya nurunin

ngomong2 yg d maksud oom TS "nge-gasruk" ini, apakah body yg gasruk k aspal pd saat masuk2 lubang? ato bannya yg gasruk ke spakbor??

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
camber di setel buat apa lgi?? mau dijadiin negatif ya biar agak masuk ke dalam?? jadi gk ngegesruk bibir fender gitu?
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
kayaknya bodi yang kena lobang. kalau bak kena bodi kayaknya tidak dehdoq wrote:wah....klo soal ninggiin bodi mah gelap nih![]()
![]()
sy justru pengennya nurunin![]()
ngomong2 yg d maksud oom TS "nge-gasruk" ini, apakah body yg gasruk k aspal pd saat masuk2 lubang? ato bannya yg gasruk ke spakbor??
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
ane baru pertama dengar istilah camber juga, gan. membaca link om Turboman, kayaknya memang dudukan yang dikasih tambahan bantalan karet memang bisa membuat miringm4rio wrote:camber di setel buat apa lgi?? mau dijadiin negatif ya biar agak masuk ke dalam?? jadi gk ngegesruk bibir fender gitu?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
kalo istilah camber sih ane sering denger bro.. itu penyetelan di kaki kaki mobil. biasanya buat memiringkan posisi ban ke arah dalam atau luar ( apabila dilihat dari depan kendaraan )
setau ane sih begitu....
setau ane sih begitu....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
woo....ok ok....klo gtu kta tunggu pakar2 perkakian nongol deh nih, biar yg lbh paham utk kasih advise
klo pemikiran sy sih, pastinya lobang2 yg d lalui oom TS ini guede2 sekali....sampe2 gesrot bodi. imho opsi2 yg d tawarkan berupa pemasangan damper justru bakal ngurangin kenyamanan kaki2 jauh sekali, dan klo ga salah fungsi utama itu utk mencegah ban gesrot ke bodi.....bukannya mencegah bodi gesrot ke aspal
sy malah kepikiran, mendingan pasang semacam "spacer" pada dudukan karet support shockbreaker..........mungkin bsa bikin d tukang bubut tuh..........tp ini cm pemikiran ngaco sy aja yah oom....
entah nanti bakal bsa ato ngga hehehehe 

klo pemikiran sy sih, pastinya lobang2 yg d lalui oom TS ini guede2 sekali....sampe2 gesrot bodi. imho opsi2 yg d tawarkan berupa pemasangan damper justru bakal ngurangin kenyamanan kaki2 jauh sekali, dan klo ga salah fungsi utama itu utk mencegah ban gesrot ke bodi.....bukannya mencegah bodi gesrot ke aspal

sy malah kepikiran, mendingan pasang semacam "spacer" pada dudukan karet support shockbreaker..........mungkin bsa bikin d tukang bubut tuh..........tp ini cm pemikiran ngaco sy aja yah oom....



-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 128
- Joined: Sat Sep 26, 2009 14:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Jalanan di Ciseeng emang lobangnya gede bener. Cuma karena menghidari macet Parung, maka terpaksa lewat situ, toh cuma 1 km.
Spacer itu maksudnya tambahan besi buat tengah karet itu ya?
Yang pasti, sudah 2x mobil ane keserempet angkot di Bogor. Setan bener. Belum sempat mau demput+cat.
Kalau usaha sudah jalan sih mau beli SX4.
Spacer itu maksudnya tambahan besi buat tengah karet itu ya?
Yang pasti, sudah 2x mobil ane keserempet angkot di Bogor. Setan bener. Belum sempat mau demput+cat.
Kalau usaha sudah jalan sih mau beli SX4.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 373
- Joined: Mon Jul 14, 2008 10:02
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
saya share pengalaman saya yah..
baleno saya juga pernah punya masalah sama, bodi mobil gesrot polisi tidur deket rumah terus..
akhirnya ane ganti velg+ban yang ukuran lebih gede.. pake punya swift ST.. velgnya 15", bannya 185/60/15..
sekarang udah ga pernah gesrot polisi tidur lagi dan bantingan tetep empuk sama seperti standar..
baleno saya juga pernah punya masalah sama, bodi mobil gesrot polisi tidur deket rumah terus..
akhirnya ane ganti velg+ban yang ukuran lebih gede.. pake punya swift ST.. velgnya 15", bannya 185/60/15..
sekarang udah ga pernah gesrot polisi tidur lagi dan bantingan tetep empuk sama seperti standar..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
ganjel karet memang solusi paling murmer, yang penting baut2 dudukannya selalu dicek...karena namanya karet ganjel bikinan lama2 bisa penyet...akibatnya baut dudukan pelan2 makin kendor...
setelah diganjel, jangan lupa ikut saran pak turbo untuk mengatur sudut2 rodanya supaya ban tetap menapak rata (tidak aus sebelah).
cmiiw ajah....
setelah diganjel, jangan lupa ikut saran pak turbo untuk mengatur sudut2 rodanya supaya ban tetap menapak rata (tidak aus sebelah).
cmiiw ajah....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
cara paling praktis sebenernya yah cm dengan ganti shock yg ukurannya lbh panjang.......memang btul hal ini berarti = duit extra, tp hasilnya pasti dan hati jg relatif tenang....tdk perlu muter2 akal lg bwat nemuin trik2 lain yg hasilnya blom tentu maksimal dan ga ketahuan efek negatifnya apa
dan klo dihitung ky nya masih lbh murah dr pada ganti velg dan ban........
susah sih yah nasib pakai sedan paling sengsara lewat jalan ancur....

dan klo dihitung ky nya masih lbh murah dr pada ganti velg dan ban........
susah sih yah nasib pakai sedan paling sengsara lewat jalan ancur....

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 418
- Joined: Wed Sep 04, 2013 3:28
Re: Meninggikan Ground Clearence Baleno 2002
Om afatcur,
terus bagaimana kelanjutannya nih ?? kira2 mana cara yang paling worth to money dan worry free ??
ane pengen ikutan nih..
terus bagaimana kelanjutannya nih ?? kira2 mana cara yang paling worth to money dan worry free ??

ane pengen ikutan nih..

Ceban Me if I'm Wrong..