Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
@Hansen
iya bro, tapi masi bisa dibalikin barangnya sementara dapet yg asli (barang indennya dateng)
tapi tetep aja kudu keluar duit buat bayar isi ulang freon 200ribu (lagi)
@Dino
tampak fisiknya mirip banget kaya barang asli bro, cuma finishingnya yang beda...
denger2 yang aslinya sekitar 500ribu (asli toyota), tapi ada yg tau kode spare partnya?
bro.ganti motor blower nggak ada hubungannya dgn ganti freon. lain jalurnya.
guna motor ini cuma meniup kisi2 (evaporator)yang didalamnya dialiri freon sehingga dingin.
angin yang melewati kisi2 dingin itulah yg kita nikmati sebagai angin ac.
hmmm.. rasanya tetep harus bongkar sistem AC broo, jadi mau gk mau freon harus di buang dan diisi lgi.. memang blower itu cuman buat niup evaporator yang berubah menjadi dingin dan hembusan anginnya itu di alirkan ke kisi2 ac melalui air ducting ( kalo gk salah nama ) tapi tetep harus bongkar evaporator karena pasti evaporator harus turun karena letaknya menjadi 1 bagian alias 1 kotak ( kalo gk salah, soalnya tiap liat org bongkar gk terlalu perhatiin) tapi ane yakin lah harus turun evaporator dan buang freon dan di isi freon lgi dan mungkin kalo pun bisa tanpa buang freon mau gk mekanik AC ganti itu motor blower dengan tempat yang sempit di balik dasbord..
jadi mungkin bisa di anggap seperti bro mau ganti thermostat tapi gk mau buang air radiator. ya gk bisa broo...
peace ya broo.. jangan dianggap ane menantang broo nih.. ya ane sih cuman sekedar share yang ane tau aja. kalo ane ya salah mohon di maapin..
iya, penjelasan bro m4rio bener bro Dino, kipasnya nempel evaporator, dan posisinya sempit banget dibawah dasbor.
mau ngga mau terpaksa bongkar semua (yang tentunya buang freon juga)
kalo yg ane tahu , copot evap satu kotak bareng motor blower jauh lebih sulit.
biasanya bengkel mengatakan buang freon ,padahal sebenarnnya tidak. ini udah sering aku tanyakan ke beberapa bengkel.
kalau mereka menyopot evap , justru lebih aneh.kegunaannya apa. apa pengen membersihkan evap.?
bagi ane tetep nggak masuk akal. tapi entahlah.
motor blower terpisah dr evap. ada semacam kancingan untuk memisahkannya dari kotak evap. cukup dicungkil pake obeng udah terlepas, disamping beberapa mur.
kalo motor blower lokasinya terpisah dari evaporator. nah hembusan angin blower lewat mana ke evaporatornya??? kalo menurut ane tetep jadi 1.
oh ya. ini tergantung model blowernya kali ya..karena ada sebagian mobil yang blower ama evaporatornya tempatnya itu bener2 terpisah jadi motor blower ama blowernya ada di samping dashbord dan evaporatornya ada di tengah tapi tetep berada dalam 1 unit hanya lokasinya aja yang berjauhan. nah kalo di kijang itu dia modelnya itu motor blower ama evaporator itu bisa dibilang jadi 1, motor blower ama evaporator nempel. gk terpisah kyk model yang sebelomnya ane bilang. jadi kalo menurut ane kalo model kijang ini harus copot evaporator deh.
m4rio wrote:kalo motor blower lokasinya terpisah dari evaporator. nah hembusan angin blower lewat mana ke evaporatornya??? kalo menurut ane tetep jadi 1.
oh ya. ini tergantung model blowernya kali ya..karena ada sebagian mobil yang blower ama evaporatornya tempatnya itu bener2 terpisah jadi motor blower ama blowernya ada di samping dashbord dan evaporatornya ada di tengah tapi tetep berada dalam 1 unit hanya lokasinya aja yang berjauhan. nah kalo di kijang itu dia modelnya itu motor blower ama evaporator itu bisa dibilang jadi 1, motor blower ama evaporator nempel. gk terpisah kyk model yang sebelomnya ane bilang. jadi kalo menurut ane kalo model kijang ini harus copot evaporator deh.
gmn nih broo??
jgn marah ya broo...
Bro..nggak marah..wong cuma diskusi...sharing pengalaman.
tuh gambarnya simplenya seperti itu. kalau bongkar kondensor otomatis harus lepas nipple sambungan pipa in n to kondensor.
lebih rumit. Dan nipple itu bukan dibuat untuk sering dibongkar pasang.
biasanya kalau sering dibongkar rawan bocor.
Pembuatan ruang kondensor dan blower memang dibuat terpisah oleh pabrikan. itu sudah dipikirkan oleh pembuatnya.
walau terpisah tetapi tetap dalam satu ruangan yang tertutup.
sepintas emang berada dibawah dasbor dan ribet. padahal sebenarnya nggak.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
broo all...
setelah ane ganti kopling set panther ane ternyata keluhan perseneling susah masuk udah gk da lgi, alias udah hilang.skrg pindah giginya jadi smothh bgt dah.. tapi gk tau deh, bertahan lama gk ya?
pas ganti kopling di beres ane sekalian kuras minyak rem kopling dan power sterring..
broo. mau tanya donk harga buat bushing leaf spring berapaan ya??
yang diantara leaf spring juga, yang diantara anting2nya juga sekalian deh..
mobilnya panther kapsul nih..
bbrapa hari ni baru perhatiin gk sengaja kedengeran pas buka kaca kok kedengeran bunyi kreot, kreot gitu.. asalnya sih dari belakang tuh bunyi, tapi ane yakin bukan bunyi shock absorber.. jadi makin tambah tua aja deh mobil ane kalo gini.. hehehehehe..
Hansen wrote:Wah merk AC ane tuh.....koq jadi kopling...
nah tuh broo jalu gk taunya tau tuh merek kopling..
bagus gk tuh broo???
kalo boleh ane bilang sehh... ini bukanya bagus.... tapi luarrrr biasaa.... awet banget bro... ane pake di panther ane uda jalan 150 rebu km lebi masi tetep ngegigit... tapiii... ada tapi nya nehhh.... makin lama pedal kopling makin keras.... tapi emang karakter nya lebi keras neh kopling dari kopling yg std bawaan panther...
m4rio wrote:broo. mau tanya donk harga buat bushing leaf spring berapaan ya??
yang diantara leaf spring juga, yang diantara anting2nya juga sekalian deh..
mobilnya panther kapsul nih..
bbrapa hari ni baru perhatiin gk sengaja kedengeran pas buka kaca kok kedengeran bunyi kreot, kreot gitu.. asalnya sih dari belakang tuh bunyi, tapi ane yakin bukan bunyi shock absorber.. jadi makin tambah tua aja deh mobil ane kalo gini.. hehehehehe..
harga satuan nya 7500 mar... itu ane ganti nya di bengkel per di jembatan tiga... biasa tempat ini jg servis per buat truk... kalo yg di jepit di antara lembaran per (atau stempet bahasa montirnya) sehh itu gratis....
m4rio wrote:broo. mau tanya donk harga buat bushing leaf spring berapaan ya??
yang diantara leaf spring juga, yang diantara anting2nya juga sekalian deh..
mobilnya panther kapsul nih..
bbrapa hari ni baru perhatiin gk sengaja kedengeran pas buka kaca kok kedengeran bunyi kreot, kreot gitu.. asalnya sih dari belakang tuh bunyi, tapi ane yakin bukan bunyi shock absorber.. jadi makin tambah tua aja deh mobil ane kalo gini.. hehehehehe..
harga satuan nya 7500 mar... itu ane ganti nya di bengkel per di jembatan tiga... biasa tempat ini jg servis per buat truk... kalo yg di jepit di antara lembaran per (atau stempet bahasa montirnya) sehh itu gratis....
jembatan tiga yang deket lampu merah bukan tuh broo??
mo tanya donk... kalo ane mo ganti full set ac buat panther kena brapa duit yahh... kaya compressor, evaporator, condensor, selang2 nya, receiver, dryer...
DOHC wrote:mo tanya donk... kalo ane mo ganti full set ac buat panther kena brapa duit yahh... kaya compressor, evaporator, condensor, selang2 nya, receiver, dryer...
buset... bisa ganti semuanya gtu broooo..
tergantung sih broo.. kalo mau pake Denso ya pasti harganya tinggi bgt, perkiraan ane sih bisa ampe 8 jutaan kali ya.
atau kalo gk bisa pake yang Sanden broo, itu lebih murah biasanya..
setau ane kalo pasang merek Denso itu semuanya komponennya full Denso. lain kalo Sanden hanya kompressornya doank yg sanden, selebihnya merek lain punya. itu yang ane liat pas bokap masang AC sanden di Suzuki CARRY box. dan pasang AC Denso di kijang kapsul.
ini sih sepengetahuan ane broo.. kalo salah ya maap dah ya...
DOHC wrote:mo tanya donk... kalo ane mo ganti full set ac buat panther kena brapa duit yahh... kaya compressor, evaporator, condensor, selang2 nya, receiver, dryer...
buset... bisa ganti semuanya gtu broooo..
tergantung sih broo.. kalo mau pake Denso ya pasti harganya tinggi bgt, perkiraan ane sih bisa ampe 8 jutaan kali ya.
atau kalo gk bisa pake yang Sanden broo, itu lebih murah biasanya..
setau ane kalo pasang merek Denso itu semuanya komponennya full Denso. lain kalo Sanden hanya kompressornya doank yg sanden, selebihnya merek lain punya. itu yang ane liat pas bokap masang AC sanden di Suzuki CARRY box. dan pasang AC Denso di kijang kapsul.
ini sih sepengetahuan ane broo.. kalo salah ya maap dah ya...
maklum mar... mobil uda 10 taon... ntuh ac jarang banget disentuh... servis ac yg perna dilakuin cuman ganti receiver dryer, termostat, ama tambah freon doank.... skarang ac dah mulai kurang dingin, kompresor jg uda brisik...
DOHC wrote:mo tanya donk... kalo ane mo ganti full set ac buat panther kena brapa duit yahh... kaya compressor, evaporator, condensor, selang2 nya, receiver, dryer...
buset... bisa ganti semuanya gtu broooo..
tergantung sih broo.. kalo mau pake Denso ya pasti harganya tinggi bgt, perkiraan ane sih bisa ampe 8 jutaan kali ya.
atau kalo gk bisa pake yang Sanden broo, itu lebih murah biasanya..
setau ane kalo pasang merek Denso itu semuanya komponennya full Denso. lain kalo Sanden hanya kompressornya doank yg sanden, selebihnya merek lain punya. itu yang ane liat pas bokap masang AC sanden di Suzuki CARRY box. dan pasang AC Denso di kijang kapsul.
ini sih sepengetahuan ane broo.. kalo salah ya maap dah ya...
maklum mar... mobil uda 10 taon... ntuh ac jarang banget disentuh... servis ac yg perna dilakuin cuman ganti receiver dryer, termostat, ama tambah freon doank.... skarang ac dah mulai kurang dingin, kompresor jg uda brisik...
oooo... mank klo boleh tau panther ane tahun brapa broo???
hmm.. mksd bro mungkin thermoswitch kali ya broo bukan thermostat?? yang buat detek suhu di evaporator kan ya? klo dingin bakalan di cut, kalau suhu udah naik bakal di on lgi....
bener gk broo pendapat ane?
kalo salah maap ya broo..
maap broo, salah tulis mksd ane panther ente.. hehehehehehehehe..
sama donk broo. panther ane tahun ni juga pas 10 tahun nih... tapi pas udah yg kapsul...
ac gmn broo, jadi ganti?