[TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Segala mobil tipe MPV. (Odyssey, Stream, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

speed88
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 190
Joined: Fri Aug 29, 2008 4:51

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by speed88 »

gw jg baru ambil Inova diesel A/T dan gw pasang TT di Toyota, kena 1 jt.
Tapi setelah gw baca2 manualnya sebetulnya ga pasang juga ga apa2, menurut manual kalau berkendara dalkot bisa langsung dimatiin, berkendara kec rata2 80 km/jam dibiarkan idle 20 detik baru dimatikan, kec lebih tinggi idlenya 40 dtk kalo ga salah.
@Turboman :
Seumpama mobil kita ada TT dan diset 2 menit, kita matiin mobil dan ga sampai 2 menit kita mo jalan, tinggalmasukkan kunci kontak saja dan putar di posisi on kah?
Gimana ya kalo mo isi solar, padahal mesin masih nyala krn timer on?Apa mesti tunggu timer mati baru diisi solarnya.
Yks ya sebelum nya
jamesbond007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Aug 06, 2008 5:35
Location: Jakarta

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by jamesbond007 »

Turboman wrote:
jamesbond007 wrote:lgsg ke mobil set ke 9 menit(waktu maximum di TT toyota),tinggalin aja... Tar ud mo jalan,ga usa nunggu mesin ampe panas dan idle(mesin diesel panasnya lama bgt),tinggal jalan aja.
Sebetulnya warming up tdk perlu sampai sebegitu lama bru, 2-3 menit cukup en lgs jalan aja pelan2 sampe Temp naik ke 20%

Idle kelamaan akan bikin tumpukan karbon di ruang bakar & juga knalpot.

Just my 2 cents :big_peace:
Gtu ya bro turboman... Habisnya sebelon ganti innova kan saya pake kijang kapsul,tiap tahun minta ganti aki,cape d... panasinnya bentar doank 2-3menit seperti nasihat dr tmn juga... asal mesin da naik,naik dikit temperaturenya,saya lgsg jalan d... tapi kok bsa ya ampe aki tekor tiap tahun,mentoknya 1,5tahun... sebelum matiin mesin,saya ngegas trz... Kalo sekarang sich ga ngegas lg waktu matiin mesin,kasian ma turbonya innova... hehehe... Nah,omongan om turboman jg ada benernya,tumpukan karbon di ruang bakar & knalpot klo manasin mesin lama2... Gmn baiknya ya... Dilema bener ni... Milih antara aki awet ato ruang mesin dan knalpot ga numpuk karbon... >.<







__________________________________________________ ________
Check this out:
-Plasma Magic Ball
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51784
-DC 12volt to AC 220volt Power Inverter
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51678
-Disco Lamp
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=55512
jamesbond007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Aug 06, 2008 5:35
Location: Jakarta

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by jamesbond007 »

speed88 wrote:gw jg baru ambil Inova diesel A/T dan gw pasang TT di Toyota, kena 1 jt.
Tapi setelah gw baca2 manualnya sebetulnya ga pasang juga ga apa2, menurut manual kalau berkendara dalkot bisa langsung dimatiin, berkendara kec rata2 80 km/jam dibiarkan idle 20 detik baru dimatikan, kec lebih tinggi idlenya 40 dtk kalo ga salah.
@Turboman :
Seumpama mobil kita ada TT dan diset 2 menit, kita matiin mobil dan ga sampai 2 menit kita mo jalan, tinggalmasukkan kunci kontak saja dan putar di posisi on kah?
Gimana ya kalo mo isi solar, padahal mesin masih nyala krn timer on?Apa mesti tunggu timer mati baru diisi solarnya.
Yks ya sebelum nya
Biasanya sich kalo mo jalan lagi tinggal masukin kunci kontak dlm posisi on,sudah perna saya test,mesinnya ga mati dan semua sistem berjalan normal...
Waktu mo ngisi solar sebaiknya jalannya pelan2 aja klo da deket ke pom bensin,jadi turbonya ga terlalu cepat spoolingnya,and aman buat matiin timernya...
Biasa sich saya nerapinnya bgtu...
Om turboman,kalo ada yg salah ditambahin ya... Btw,milis IC tercinta kita sepi bener ya om turboman... Hehehe....








__________________________________________________
Check this out:
-Plasma Magic Ball
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51784
-DC 12volt to AC 220volt Power Inverter
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51678
-Disco Lamp
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=55512
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

jamesbond007 wrote: 1. saya pake kijang kapsul,tiap tahun minta ganti aki,cape d... panasinnya bentar doank 2-3menit seperti nasihat dr tmn juga... asal mesin da naik,naik dikit temperaturenya,saya lgsg jalan d... tapi kok bsa ya ampe aki tekor tiap tahun,mentoknya 1,5tahun... sebelum matiin mesin,saya ngegas trz...

2. Nah,omongan om turboman jg ada benernya,tumpukan karbon di ruang bakar & knalpot klo manasin mesin lama2... Gmn baiknya ya... Dilema bener ni... Milih antara aki awet ato ruang mesin dan knalpot ga numpuk karbon... >.<
1. Kijang kapsul Diesel ? Kalo Kijang kapsul Diesel yg jadi masalah adalah charging systemnya yg kurang ramah thd aki, aki tidak bisa berumur panjang di mobil tsb. Beda dgn Panther.

2. Italian tune up
* Bukan ajakan Beli *
jamesbond007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Aug 06, 2008 5:35
Location: Jakarta

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by jamesbond007 »

Turboman wrote:
jamesbond007 wrote: 1. saya pake kijang kapsul,tiap tahun minta ganti aki,cape d... panasinnya bentar doank 2-3menit seperti nasihat dr tmn juga... asal mesin da naik,naik dikit temperaturenya,saya lgsg jalan d... tapi kok bsa ya ampe aki tekor tiap tahun,mentoknya 1,5tahun... sebelum matiin mesin,saya ngegas trz...

2. Nah,omongan om turboman jg ada benernya,tumpukan karbon di ruang bakar & knalpot klo manasin mesin lama2... Gmn baiknya ya... Dilema bener ni... Milih antara aki awet ato ruang mesin dan knalpot ga numpuk karbon... >.<
1. Kijang kapsul Diesel ? Kalo Kijang kapsul Diesel yg jadi masalah adalah charging systemnya yg kurang ramah thd aki, aki tidak bisa berumur panjang di mobil tsb. Beda dgn Panther.

2. Italian tune up
Nah,tiap hari saya jalan lewat tol,baiknya italian tune up di diesel di rpm brp om turboman? Klo di innova bensin sich biasanya saya bejek ampe deket2 redline kalo ga salah 6000rpm(kdg2 nyentuh redline),dan aki saya dari baru ampe sekarang ud 3 tahun belon ada tanda2 mw soak/tekor,hebat bener ya kalo dibandingin ma kapsul yg boros aki...
Kalo D4D mentok saya geber ampe 4000rpm,soalnya ud brisik bener kyg mw copot,apalg dulu zaman masi pake kapsul,ga brani lebih takut jebol(menurut info dr teman2 diesel ga bole digeber ampe titik maximumnya)tp ga tw jg alasan teknisnya...







__________________________________________________
Check this out:
-Plasma Magic Ball
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51784
-DC 12volt to AC 220volt Power Inverter
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51678
-Disco Lamp
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=55512
donaldbb
Visitor
Visitor
Posts: 1
Joined: Sun Oct 26, 2008 15:50

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by donaldbb »

Suhu Turboman

Boleh minta weyangan mengenai apa artinya "Turbo Direct Injection" untuk Toyota Innova Diesel? bukankah Turbo Direct Injection adalah buat system bahan bakar yang di injeksi ke ruang bakar secara langsung? kalau Ya, berarti Innova Diesel bukan mesin Supercharge Turbo atau Turbo

Setahu saya mesin turbo adalah mesin dimana intake air dikompressi dan disalurkan ke ruang bakar sehingga tekanan udara di ruang bakar lebih tinggi dari tekanan udara atmosfir dan kandungan Oksigen jadi lebih banyak, dengan lebih banyak oksigen, bahan bakar bisa di injeksi lebih banyak, sehingga Tenaga / panas yang dihasilkan bisa lebih besar / tinggi dan saya dengar mesin turbo bekerja pada saat kecepatan tinggi

Mungkin Toyota tidak memasang Turbo Timer sebagai suatu keharusan karena mesin nya bukan turbo, secara logika Toyota tidak akan mengambil resiko nama baiknya hanya untuk menghemat biaya Turbo Timer

Kalau benar "Turbo Direct Ijection" hanyalah istilah buat sistem bahan bakar berarti akal-akalan Toyota untuk memakai kata Turbo untuk membingungkan customernya dan untuk menyaingi Turbo mobil Panther

Saya baru beli Innova Diesel bulan lalu, dan tidak merasa perbedaan pada saat kecepatan tinggi

Pada saat service 1000 km, saya diberitahukan bahwa innova mesin Turbo dan saya ditawarkan untuk pasang Turbo Timer, walaupun tidak mengerti apa fungsinya saya setuju juga dengan harga sekitar Rp. 1.150.000

Setelah itu baru saya cari spesifikasi dan menemukan istilah "Turbo Direct Injection" dan menemukan forum dan suhu Turboman

Terima kasih
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Profith83 »

Akhirnya Gue pasang tuh Turbo Timer harganya 903.900

BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Kapasitas Olie nya 7 liter kalau ganti filter

Kalo bandingin dengan Panther jauh yah ...
Filter olie 30.000 an, filter solar 20.000 an
Kapasitas olie nya 5 liter kalau ganti filter

Filternya kok mahal banget yah ? dibandingkan filter Olie Grand Livina juga cuma 27.000 an

Bung TurboMan, apakah memang semahal itu yah ? dan apakah kualitasnya memang sebagus itu ?
jamesbond007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Aug 06, 2008 5:35
Location: Jakarta

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by jamesbond007 »

donaldbb wrote:Suhu Turboman

Boleh minta weyangan mengenai apa artinya "Turbo Direct Injection" untuk Toyota Innova Diesel? bukankah Turbo Direct Injection adalah buat system bahan bakar yang di injeksi ke ruang bakar secara langsung? kalau Ya, berarti Innova Diesel bukan mesin Supercharge Turbo atau Turbo

Setahu saya mesin turbo adalah mesin dimana intake air dikompressi dan disalurkan ke ruang bakar sehingga tekanan udara di ruang bakar lebih tinggi dari tekanan udara atmosfir dan kandungan Oksigen jadi lebih banyak, dengan lebih banyak oksigen, bahan bakar bisa di injeksi lebih banyak, sehingga Tenaga / panas yang dihasilkan bisa lebih besar / tinggi dan saya dengar mesin turbo bekerja pada saat kecepatan tinggi

Mungkin Toyota tidak memasang Turbo Timer sebagai suatu keharusan karena mesin nya bukan turbo, secara logika Toyota tidak akan mengambil resiko nama baiknya hanya untuk menghemat biaya Turbo Timer

Kalau benar "Turbo Direct Ijection" hanyalah istilah buat sistem bahan bakar berarti akal-akalan Toyota untuk memakai kata Turbo untuk membingungkan customernya dan untuk menyaingi Turbo mobil Panther

Saya baru beli Innova Diesel bulan lalu, dan tidak merasa perbedaan pada saat kecepatan tinggi

Pada saat service 1000 km, saya diberitahukan bahwa innova mesin Turbo dan saya ditawarkan untuk pasang Turbo Timer, walaupun tidak mengerti apa fungsinya saya setuju juga dengan harga sekitar Rp. 1.150.000

Setelah itu baru saya cari spesifikasi dan menemukan istilah "Turbo Direct Injection" dan menemukan forum dan suhu Turboman

Terima kasih
Bro donaldbb,Turbo dan Direct injection tu hal yg berbeda... Satu di jalur saluran intake udara,satu lg di bagian sistem injeksi bahan bakar ke ruang bakar... Turbo bekerja pada rpm tinggi,pada innova standard/blm modif kita bsa merasakan tendangan/boost turbonya mulai 2000rpm... Turbo innova terletak di bagian kiri ketika anda buka kap mesin,perhatikan d,pasti ada... Sistem injeksi innova sudah common rail direct injection,bukan direct injection seperti panther atau kijang kapsul lg... Sistem injeksi bahan bakarnya sdh diatur oleh ECU/computer... Jadi sudah pasti mesin innova lebih canggih dibanding mesin panther yg masih direct injection konvensional... Gabung disini aja bro biar lbi jelas:
http://groups.yahoo.com/group/innovacommunity/







__________________________________________________
Check this out:
-Plasma Magic Ball
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51784
-DC 12volt to AC 220volt Power Inverter
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51678
-Disco Lamp
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=55512
jamesbond007
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 62
Joined: Wed Aug 06, 2008 5:35
Location: Jakarta

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by jamesbond007 »

Profith83 wrote:Akhirnya Gue pasang tuh Turbo Timer harganya 903.900

BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Kapasitas Olie nya 7 liter kalau ganti filter

Kalo bandingin dengan Panther jauh yah ...
Filter olie 30.000 an, filter solar 20.000 an
Kapasitas olie nya 5 liter kalau ganti filter

Filternya kok mahal banget yah ? dibandingkan filter Olie Grand Livina juga cuma 27.000 an

Bung TurboMan, apakah memang semahal itu yah ? dan apakah kualitasnya memang sebagus itu ?
Bro Profith83,pake yg aftermarket aja,merk sakura,itu jg ok kok... Ga beda jauh ama yg toyota punya,tapi harga beda jauh banget... Tinggal dmn bro?







__________________________________________________
Check this out:
-Plasma Magic Ball
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51784
-DC 12volt to AC 220volt Power Inverter
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51678
-Disco Lamp
http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=55512
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

Profith83 wrote: BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Kapasitas Olie nya 7 liter kalau ganti filter

Bung TurboMan, apakah memang semahal itu yah ? dan apakah kualitasnya memang sebagus itu ?
Itu harga di bengkel resmi atau toko spare parts ?

Filter solar utk D4 D ada juga yg Kw2 nya, kalo yg genuine di toko spare parts / bengkel non resmi sekitar 120 rebuan. Filter solarnya Ipah umurnya cukup panjang, ganti sekitar 15 - 20 rb. Km (tergantung kualitas BBM nya)

Filter oli pake FRAM aja, harga ga sampe 40 rebu.

Tapi dgn kurs U$D spt skg ini maka harga2 musti di cek kembali.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

jamesbond007 wrote: Turbo innova terletak di bagian kiri ketika anda buka kap mesin,perhatikan d,pasti ada...
Turbonya Innova sayangnya ga jelas kodenya CT berapa, hanya ada part number 17201-30030

Kalo 2L-T yg dulu Turbo-nya type CT 20

Kalo ada yg tahu spec detailnya spt A/R & Compressor Map-nya maka boleh di share :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by sjamsul »

Turboman wrote: Kijang kapsul Diesel ? Kalo Kijang kapsul Diesel yg jadi masalah adalah charging systemnya yg kurang ramah thd aki, aki tidak bisa berumur panjang di mobil tsb. Beda dgn Panther.
Klo aki mo awet coba deh baca tulisan ane nyang berjudul: " Perlakuan terhadap aki & embel2 nye".
Mudah2an bisa berguna. :e-whistle:
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Turboman »

sjamsul wrote: Klo aki mo awet coba deh baca tulisan ane nyang berjudul: " Perlakuan terhadap aki & embel2 nye".
Mudah2an bisa berguna. :e-whistle:
Mungkin sekalian di paste URL nya di sini um, supaya gampang bacanya.

Kalo yg dari pengamatan & pengalaman pribadi :
Kalo aki basah lebih banyak cara ngaturnya, spt penambahan EDTA misalnya, dll. Nah banyak juga user yg pake aki kering spt Delkor, dll.

Terakhir ini sih Delkor di Kapsul 2L ane cukup awet krn Alternator mobil ogut average output voltage-nya agak lemah, walau pas saat2 terakhir (sejak libur lebaran kemaren) output voltage-nya sesekali suka ngaco (kalo di gas terkadang s/d 16 Volt) dan akhirnya 1,5 minggu yg lalu ane overhaul tuh alternator di Galery Alternator, voltage regulatornya juga ganti sekalian.


YG jadi pertanyaan & harapan ogut :
Bagaimana dengan kualitas alternator & voltage regulator Ipah D4 D ? Moga moga jgn sampe spt alternator-nya 2L......hihihihihi (amit2)

Just my 2 cents :big_peace:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by sjamsul »

@turboman:
Kebetulan ane pake 2L th 97 n ampe sekarang cuma 1 x serpis aja (alternatornya) ama diganti voltage regulatornye. Klo aki sih ampe sekarang dah diatas 2 th masih ok (OOT dikit neh). :mrgreen:
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Prive »

Profith83 wrote: BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Beli dimana Om filter olinya, saya beli filter oli original di Toda Motor utk ipah D4D cuma 30rb. Kalau filter solar khan jarang2 ganti, cukup ganti pada periode 15rb - 20rb km aja, dan cukup ganti elemen dalemnya aja jadi agak murahan palingan 100-150rb - cmiiw.
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Prive »

Profith83 wrote:Akhirnya Gue pasang tuh Turbo Timer harganya 903.900

BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Kapasitas Olie nya 7 liter kalau ganti filter

Kalo bandingin dengan Panther jauh yah ...
Filter olie 30.000 an, filter solar 20.000 an
Kapasitas olie nya 5 liter kalau ganti filter

Filternya kok mahal banget yah ? dibandingkan filter Olie Grand Livina juga cuma 27.000 an

Bung TurboMan, apakah memang semahal itu yah ? dan apakah kualitasnya memang sebagus itu ?
:off_bored:
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Prive »

Prive wrote:
Profith83 wrote:BTW, Innova ini harga partnya lumayan mahal juga yah ?
Filter Olie kalo gak salah 60.000 an, Filter Solar 200.000 an, apa mungkin kebalik harga Filter Olie vx Filter Solar
Kapasitas Olie nya 7 liter kalau ganti filter
Sorry salah pencet di postingan sebelumnya, maksudnya mau bilang : filter oli buat ipah D4D ane beli di Toda Motor 30 ribu itu original, kalo filter solar ganti elemennya aja palingan 100 - 150 ribuan ; cmiiw
Profith83
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4630
Joined: Mon Jul 14, 2008 2:54

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Profith83 »

Kalau memang barangnya sama murah tuh 30.000

Coba aku cek di Surabaya di daerah kedungdoro berapaan

Thanks,
Vincent
button
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 16
Joined: Mon Jul 30, 2007 2:55

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by button »

Prive wrote:
Prive wrote:
Profith83 wrote: Sorry salah pencet di postingan sebelumnya, maksudnya mau bilang : filter oli buat ipah D4D ane beli di Toda Motor 30 ribu itu original, kalo filter solar ganti elemennya aja palingan 100 - 150 ribuan ; cmiiw
Kalo Beli Elemen Filter Solar-nya aja dimana Boss??

kayanya kalo beli di Beres harus beli 1 set ya??

Thx
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Prive »

button wrote:
Kalo Beli Elemen Filter Solar-nya aja dimana Boss??

kayanya kalo beli di Beres harus beli 1 set ya??

Thx
Cari di PMK (kemayoran) ada koq, tempat lain DTMF (fatmawati) ato atrium senen mungkin juga ada
GTR_19
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 23
Joined: Sun Jul 26, 2009 8:31

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by GTR_19 »

Di guide booknya innova blg klo kecepatan 80KM ke atas harus di biarkan selama 20detik atau lebih baru boleh di matikan..klo misal gw jalan 80Km di jalan tol trus bis itu keluar dari tol jln di kota nyetirnya kan udah bawah 80km(40-60km)..apakah mesin masih harus di biarin jg selama 20detik atau lebih baru boleh di matikan??
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by zweifellos »

Turboman wrote:Utk tambahan bacaan ttg bagaimana mencegah kerusakan Turbo udah ogut posting di Common Topics, nah jadi dari situ akan lebih jelas, bahwa utk memperpanjang usia Turbo bukan hanya soal Turbo Timer saja.
Link-nya dong om Turboman. Thanks before.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Debiyarto »

Pro: Bro Turboman
mau tanya dikit nih...
Dimana bengkel diesel yg bagus diwilayah JKT selatan atau Depok ??
Ada masukan ??

Secara Turbo Ipah gua koq ada oli rembes dibagian bawahnya.
Pas gua bawa ke A2K, Service advisornya langsung cerita horor bahwa packing turbonya perlu diganti.
Dan masalahnya mereka gak jual turbo kit. Mereka jual 1 set assy.... yaitu 1 set turbo baru.....:big_slap:

Dia bilang materialnya tembaga dan jarang rusak makanya gak dijual ketengan.... Huh..dasar Beres.... :off_bored:

Mohon bantuan pemikirannya utk topic ini...

Thanks in advance.
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by Prive »

GTR_19 wrote:Di guide booknya innova blg klo kecepatan 80KM ke atas harus di biarkan selama 20detik atau lebih baru boleh di matikan..klo misal gw jalan 80Km di jalan tol trus bis itu keluar dari tol jln di kota nyetirnya kan udah bawah 80km(40-60km)..apakah mesin masih harus di biarin jg selama 20detik atau lebih baru boleh di matikan??
ane pribadi kurang setuju sama patokan manual booknya ipah yg pake kecepatan, mestinya pake rpm secara kecepatan kitiran bilah turbo ditentukan oleh kecepatan udara yang keluar dari ruang bakar, so variable penentunya pastinya rpm bukan kecepatan gerak mobil, jadi bisa saja kecepatan rendah tapi kalau pakai gigi rendah (sedang di tanjakan, sedang bawa beban berat atau narik mobil/hauling) pasti rpmnya juga tinggi.

jadi yg ane terapin kalau habis jalan dgn rpm 3000 ke atas tunggu min setengah menit sblm matiin mesin, gak lama koq, apakah perlu turbo timer atau tidak, itu tergantung orangnya, sabar nunggu atau tidak krn waktu tunggunya palingan cuman 20-30 detik, kalo sering gak sabar langsung cabut kunci kontak (krn kebelet pipis :mrgreen: ) turbo timer perlu dipertimbangkan utk dipasang, tapi kalo sebelum turun dari ipah punya kebiasaan rapihin barang2 dulu misalnya (ambil hp, pasang reflektor buat kaca depan biar gak panas, dll) cukup koq utk nunggu sekedar 20-30 detik.

dan jangan lupa pastikan memakai oli yang kualitas bagus, sehingga masih cukup bisa melumasi turbo yg masih berputar melambat saat mesin sudah mati dan pompa oli juga sudah mati.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: [TANYA] Innova facelift diesel - apa perlu TURBO TIMER ?

Post by roadtrain99 »

gw baru liat thread ini.

spertinya mr speed88 beli turbo timer nya agak kemahalan utk dua thn lalu. seinget gw kalo turbo timer yg 500rb jg sudah bagus.

@prive
mungkin manual book nya pake acuan speed kmh biar lebih mudah dimengerti aja. tapi emang betul, lebih baik acuan ke rpm nya aja. tapi terkadang ada jga yg lari nya sudah kenceng misalnya 140kmh tp rpm masih 2500.
kalo gw, yg penting kalo luar kota biasanya 1-1,5min baru matiin, kalo dalem kota kasih 20-30detik lah

baiknya kalo mobil turbo, diesel/bensin, enaknya kasih turbo timer.