Proton Exora - PART 01

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

asumsi yg banyak di pake sama pemilik masalah resale value saya rasa nggak relevan lagi untuk saat ini
misalnya mobil A fitur 3 harga 235jt setelah 3th 190jt brand image terkenal
mobil B fitur 4 harga 180jt setelah 3th jadi 100jt brand baru
mana yg lebih untung secara financial...?
nilai selisih 70jt menjadi th pertama 95% jadi 71,5jt ke 2 90% 63jt th ke 3 menjadi 85% 56jt asumsi dari penurunan nilai uang dengan depresiasi 5% 59jt
berarti nilai dari selisih uang di pembelian awal adalah tinggal 59jt di th ke 3
berarti nilai real mobil B setelah th ke 3 adalah 100jt + 59jt jadi masih di 159jt yg artinya depresiasi total mobil B adalah 180 - 159 = 21jt
depresiasi mobil A adalah 235 - 195 = 40jt
keuntungan tetap didapat di mobil B walaupun nilai jualnya kembali cukup jauh selisihnya
IMO kesimpulannya membeli exora adalah tidak bisa dibilang rugi
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

inuendo wrote:asumsi yg banyak di pake sama pemilik masalah resale value saya rasa nggak relevan lagi untuk saat ini
misalnya mobil A fitur 3 harga 235jt setelah 3th 190jt brand image terkenal
mobil B fitur 4 harga 180jt setelah 3th jadi 100jt brand baru
mana yg lebih untung secara financial...?
nilai selisih 70jt menjadi th pertama 95% jadi 71,5jt ke 2 90% 63jt th ke 3 menjadi 85% 56jt asumsi dari penurunan nilai uang dengan depresiasi 5% 59jt
berarti nilai dari selisih uang di pembelian awal adalah tinggal 59jt di th ke 3
berarti nilai real mobil B setelah th ke 3 adalah 100jt + 59jt jadi masih di 159jt yg artinya depresiasi total mobil B adalah 180 - 159 = 21jt
depresiasi mobil A adalah 235 - 195 = 40jt
keuntungan tetap didapat di mobil B walaupun nilai jualnya kembali cukup jauh selisihnya
IMO kesimpulannya membeli exora adalah tidak bisa dibilang rugi
bingung gue ga ada titik koma tulisannya dijadiin semua 1 kalimat.
selisih 70juta selisih dr mana kemana bro ?
kok sptnya ga berlaku di dunia nyata yah ?

mnrt saya, tidak mgkn 180jt brand baru setelah 3thn hrgnya masih bisa 159jt. masa sih cuma turun 21juta setelah 3thn.
ga tau saya bego ato gimana, rasanya kok ga sesuai sekali yah mnrt saya.

bisa ada yg bisa jelasin mengenai ini ?
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

sory bro ngutip dari milis sebelah, emang gak make titik koma hihihihi
159jt itu hasil dari harga jual setelah 3th, ditambah selisih kalo beli brand terkenal (70jt), di depresiasi uangnya jadi 59jt, jadi andai harganya setelah 3th 100jt tinggal tambah selisih untung beli yg dari 70jt jadi 59jt, gitu kira2 bro
70jt = 235 brand terkenal - 180 jt brand baru
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

inuendo wrote:sory bro ngutip dari milis sebelah, emang gak make titik koma hihihihi
159jt itu hasil dari harga jual setelah 3th, ditambah selisih kalo beli brand terkenal (70jt), di depresiasi uangnya jadi 59jt, jadi andai harganya setelah 3th 100jt tinggal tambah selisih untung beli yg dari 70jt jadi 59jt, gitu kira2 bro
70jt = 235 brand terkenal - 180 jt brand baru
asli msh bingung gua.......hahhahahah bego nih otak gua ga nyampe........

235 jt - 180jt bukannya = 55jt bro ?
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

hahaha iya bro gw juga pas baca ikutan bingung ternyata harusnya bukan 70 tapi 55jt wah mesti komplain ke milis sebelah nih....
ternyata dia salah itung hehehe jadi kalo 55jt selisih awalnya berarti bukan 59jt tuh selisih + depresiasinya, tapi 46,75jt
berarti total jadi 146,75jt berarti depresiasi aslinya 180-146,75= 33jt untuk mobil B
buat mobil A ruginya 40jt. :e-think:
berarti tinggal hitungan abstrak, apakah selisih 7 juta buat brand terkenal itu pantas..?
kembali ke pribadi masing2 :ungg:
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

kalo menurut saya, 7 juta pantas buat 'memberi' ke merk yang sudah terkenal (baca: terbukti kualitasnya) DENGAN SYARAT fitur2 lainnya (teknologi, hiburan, keamanan, dll.) mirip.

oh iya, teknologi bukan sekadar spesifikasi mesin atau sejenisnya. ketahanan (durability) dan kehandalan (reliability) juga termasuk teknologi yang menurut saya sama atau bahkan lebih penting dari pada spesifikasi mesin.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

kalo pandangan saya selama kita masih ada dana untuk membeli dengan harga lebih tinggi sih nggak masalah, kenyamanan hati sih lebih tepatnya yg jadi nilai lebih, terutama setelah lewat masa kritis di 3th biasanya mobil mulai butuh perawatan yg agak lebih, dengan brand terkenal bawa mobil lebih PD kalo brand baru mulai ada was2 (pengalaman pribadi) walau sebenernya selama kita rawat pasti nggak papa juga tapi tetep aja, bawa merek terkenal sama baru jauh lebih pd yg terkenal :big_peace:
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

kurang pede yah bro inuendo.....huahauhauhauha
suruh psikiater hipnotis dulu bro.....huahauhauha

memnag bener org indo tuh kalo beli mobil 90% cari gengsi dulu, barulah 10% org lainnya beli bener2 sesuai kebutuhan.
makanya merk baru sangat sulit utk beranjak naek pamornya. Pdhl ga sdikit juga produk toyota, honda yg direcall. contohnya inova aja di taiwan direcall besar2an. tp disini tidak, aneh kan ? mnrt saya standarisasi indo dan negara lain sehingga bisa di recall.

Bukti lainnya, avanza, xenia, apa ajalah produk toyota yg laris manis disini dgn hrg jual tinggi...apakah ada test crash nya ? keselamatan penumpangnya apa dipikirin ? toh laris kyk kacang goreng.

IMO percuma ada kenyamanan hati tapi feature safetynya ga ada. Bisa kah nyaman hati anda kalo terjadi kecelakaan duluan ? bukan anda yg nabrak, tp sialnya...malah ditabrak.....apakah anda bisa berkata ooo saya ga ngebut, saya ga ugal2an....jd ga mgkn kecelakaan....

jd intinya saya kalo ada proton exora yg sesuai budget saya , PASTI SAYA BELI .....saya lg tunggu pameran mobil nanti di tengah thn baru beli exora
saya jg mau kalo bisa, menekankan org2 yg mao beli mobil di range 150-200jt utk ambil exora dibanding mobil xenia avanza terios....apalagi yah ? ada yg bisa tambahin ?
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

yup namanya celaka sih apapun mobilnya tetep tuhan yg nentuin lah... pernah denger grandis pecah ban di cipularang 3 orang tewas, ada juga pake carry terguling2 di cipularang gak ada yg tewas.
jadi usaha sih perlu tapi tuhan juga yg menentukan, gak bisa di hitung secara eksak lah keamanan mobil terhadap keselamatan penumpang.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

inuendo wrote:yup namanya celaka sih apapun mobilnya tetep tuhan yg nentuin lah... pernah denger grandis pecah ban di cipularang 3 orang tewas, ada juga pake carry terguling2 di cipularang gak ada yg tewas.
jadi usaha sih perlu tapi tuhan juga yg menentukan, gak bisa di hitung secara eksak lah keamanan mobil terhadap keselamatan penumpang.
masing2 mobil lari dikecepatan brp bro ?
grandis lari diatas 150km tuh ampe ban pecah mah...cengli aje mati org didlmnya

tp yah , kalo bisa diusahakan cari safety first, darpd nyesel kemudian cuma gara2 beli merk terkenal doang
pilihan yah tetep di hati pembeli sih
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

semoga mendapat kepuasan dengan exoranya kelak bro, mobil bagus kok saya akui itu dari hampir segala sisi sejajar bahkan lebih dari mobil sekelas merek jepun, selama nggak ada sentimen negatif dan politis saya rasa pasti memuaskan kok, kebetulan saya juga pernah terpuaskan oleh daewoo espero, dan trajet yg notabene dulu saat saya beli adalah pabrikan baru di sini, cuma memang durability nya kok masih belum 100% setara dengan produk jepun, prediksi saya karena belum di sesuaikan secara penuh untuk kondisi kita yg cukup ekstrim, padahal secara teknologi dan kemampuan lebih ok di kelasnya, mudah2han semua merek memperbaiki diri, biar konsumen kita makin terpuaskan
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

wah setelah kata akhir bung inuendo, sptnya ga bakal ada yg posting lagi nih

ayu donk ,....masa ga ada yg beli exora lagi sih ?
mau tau donk review dr pembeli exora lainnya lagi
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

bro hasan saya dah cobain punya temen manual buat bandung jkt PP, kalo di banding dengan ipah sih dibawa jelas enakan exora, yg pasti karena saya ada trajet yg karakter mesinya saya katakan mirip, gak butuh waktu lama buat adaptasi sama karakter mesinya, cuma lebih berisik di suara gesekan ban, maklum tanpa lader frame, interior gak jelek kok masih imbang lah sama ipah, cuma yg berasa sih torsinya lebih enak di ipah terutama buat dalkot lebih berasa lincahan ipah, asumsi saya karena final gear ipah lebih besar, jadi selap selip lebih sigap tapi dibanding harganya saya yakin kalo bro hasan gak akan rugi belinya, dan yg gak terduga adalah walau lebih besar dari ipah tapi sedikit lebih lega ipah, mungkin karena ipah lebih tinggi, posisi duduk semua row masih sedikit lebih enak exora dari ipah, kalo proton 3 4th kedepan bisa mengejar hyundai saya rasa bisa bener2 jadi under dog deh buat produsen jepun.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

sip deh bro inuendo
memang saya ga cari lega ke atas, cari memang carinya lega ke samping...dan exora cocok utk saya. apalagi seat ke 2 dan ke 3 jika dilipat bisa rata, bs dijadikan kasur utk supir...(sory ya pir).......utk emergency lah. Juga bisa utk anak2 maen dibelakang, tinggal dikasih/tatakan kasur tipis yg bisa dilipat2. Anak cape jg bisa tiduran dibelakang.

Masalah engine, saya jg deh pikirin nih, saya mo suruh bengkel resminya naekin torsi saya. jadi saya ga butuh top speed, tp akselerasi aja yg saya kejar. Ga tau bisa ga yah.

Masalah suara, pasang lg perendamnya, tp kalo ada mslh apa2 di engine, pake peredam malah ga kedengeran....bingung dah.....hauhauhauhau

gimana soal irit bensinya bro ? apa di test juga saat ke bandung itu ? gimana gaya setirnya ? apakah ngebut mulu ato nyantai ?
User avatar
kelana
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Apr 29, 2010 5:01

Re: Proton Exora

Post by kelana »

Hallo semua, saya newbie di sini. Pingin ikut nimbrung aja karena baru aja memutuskan ambil Proton Exora A/T Medium (sudah bayar sebagian)

Saya sangat setuju dg pandangan estear bahwa ada ketimpangan dari industri otomotif di RI.
Dikarenakan pasar yang distortif, rakyat Indonesia harus membayar dg harga yg lebih mahal (bahkan dibandingkan dg rakyat negeri maju yang jauh lebih sejahtera). Kurangnya kompetisi dan dikuasainya industri otomotif tsb terutama oleh merek2 Jepun, menyebabkan mereka bisa menjual dg harga premium!
Dengan distribusi yang didominasi oleh dua ATPM raksasa di sini (yakni grup Astra Intl dan Indomobil), yang masing2 memegang sejumlah merek mapan, pada dasarnya pasar bisa diatur :-)
Dan semua distorsi ini juga dimungkinkan oleh kebijakan nasional yang tanpa arah & wawasan serta cara berpikir konsumen yang supportif terhadap ketimpangan ini.

Saya selalu takjub bagaimana RI bisa mengawali industri otomotif sekitar 40 tahun yl dan hingga hari ini praktis masih sebatas menjadi ladang pemasaran merek2 luar saja....
jika ada yg namanya industri otomotif nasional, itu hanya sebatas komponen non-core saja dan arah perkembangannya masih disetir oleh prinsipal (Jepun teristimewa).
Lalu bandingkan dg Malaysia yang memulai industri mobnas belakangan namun hari ini sudah berkembang independen dan mampu memproduksi mobnas secara utuh. Saya angkat JEMPOL utk tekad mereka!!

Jika memang negara ini tidak memiliki kebijaksanaan membuat mobnas & hanya menjadi ladang penjualan merek2 luar ke depan seterusnya, kita sebagai konsumen tentunya menginginkan pasar mobil dg persaingan sempurna dg pilihan yg banyak & bervariasi asal & mereknya yg menguntungkan konsumen; bukannya pasar yg distortif yg bersembunyi di balik alasan bahwa PPnBM yang tinggi yg dipungut oleh pemerintah menyebabkan harga mobil di negara ini jauh lebih mahal drpd di negara2 lainnya.

Saya kembali takjub memahami bahwa ada merek dominan yang bisa terus2an mengatrol harga jualnya dari tahun ke tahun sehingga harga jual bekasnya tetap tinggi, dan parahnya itu yg menjadi selling point dari merek tsb :-D bukannya fitur & kelengkapan & teknologi mobil serta price/performance ratio yg terbaik!!
Dan konsumen Indonesia juga sangat supportif dg cara berpikir sedemikian rupa shg berpendapat gpp saya bayar premium toh kelak harga jualnya tetap tinggi... parah deh!

Bagiku selisih harga perolehan antara Exora matic vs Innova matic sangat signifikan, dan saya berharap bahwa harga bekasnya Exora sekian tahun ke depan tidak separah spt asumsi dalam kalkulasi dalam kutipan posting inuendo (3 thn kemudian harga jual hanya 100jt saja) karena memang kita semua belum tahu pasarannya (Exora baru muncul tahun 2009).
Saya juga berharap bahwa perjalanan waktu akan menjawab keyakinan bahwa mobil2 yg digarap serius seperti Proton Exora akan andal dan memberikan kepuasan yang tinggi kepada pemakainya tak kalah dg merek2 dominan!

Dominasi pasar yg disebabkan oleh persaingan tidak sempurna & distortif sungguh tidak sehat buat konsumen, dan dari itu saya juga sungguh berharap pasar otomotif Indonesia akan lebih baik lagi dari sisi kepentingan konsumen! Masak sih mesti menunggu otomotif2 buatan China menggedor pintu di sini dalam 2-3 tahun ke depan bilamana mereka all-out utk sungguh2 memasuki pasar di sini (dg pemain2 utama spt Geely yang baru saja membeli Volvo, SAIC, BAIC, BYD dsb), nga spt sekarang ini di mana mobil Chery nga berkembang karena dipegang oleh grup Indomobil?

Pada pendapatku, setiap merek dari luar yg ingin serius & sukses memasuki pasar RI harus membentuk jalur distribusi sendiri, tidak mengandalkan pada jaringan Astra maupun Indomobil yg sudah memegang sejumlah merek mapan!


Kelak saya harapkan saya bisa terus membagi pengalamanku akan Exora A/T tsb kepada teman2 di sini khususnya mereka yang lagi mempertimbangkan membeli mobil.

Sharing info spt dari estear & jeifung sungguh berharga sebagai bahan masukan karena sebagai merek yang relatif baru di sini tentu ada banyak keraguan & pertanyaan. Tidak terhindarkan bahwa unsur PERSEPSI & PSIKOLOGIS KONSUMEN di sini banyak bermain di dalam pemilihan merek, banyak yang akhirnya cuma cari aman saja memilih merek2 itu-itu saja walau harus membayar premium!!
Coba saja bayangkan Toyota berani menawarkan Avanza S 1500 Matic dg list 171 jt (apa model ini sudah punya side beam?); atau Innova seri J (dg single blower) dg list 181,4 jt :-D pede banget khan??? luarrrr biasaaaa


Utk diketahui, jika ada pembaca yg menantikan mobil Exora dg mesin yang lebih bertenaga, mungkin dalam tempo setahun akan dimunculkan Exora dg mesin baru, silahkan simak di sini: http://sharerz.blogspot.com/2010/03/pro ... otype.html; baca juga situs berikut: http://paultan.org/topics/proton-mpv-2009/
dan ini pula, klub pengguna Exora di negeri jiran kita :-) http://protonexora.com.my/

ps. apakah sudah ada klub pemakai Exora di sini?
Last edited by kelana on Fri Apr 30, 2010 6:58, edited 2 times in total.
“It is easy to hate and it is difficult to love. This is how the whole scheme of things works. All good things are difficult to achieve; and bad things are very easy to get.” - Confucius (551-479 BCE)
inuendo
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 143
Joined: Thu Feb 18, 2010 6:51

Re: Proton Exora

Post by inuendo »

gaya nyetir sih lumayan ganas tapi masih sopan :big_slap:
enaknya dibawa diatas 3000rpm tenaganya ngisi terus, bensin sih termasuk normal dibanding dimensi, dan peruntukanya, bukan kapasitan mesin ya bro, sekitar 1:9 isi tumpah ke tumpah, cuma sempet pas dalkot bandung isi ber 6 baru berasa bro harus agak ngotot bawanya, agak under power, kembali ke torsi kayaknya, tapi kalo dah jalan sih enak lagi, jadi di stop n go nya yg agak kurang kalo full muatan.
prediksi jangka panjang menurut saya, karena harus dengan rpm agak tinggi buat nyaman di jalan, otomatis friksi mesin juga jadi lebih berat, mempengaruhi life time mesin, cuma kemungkinan ruang bakar justru lebih bersih, kalo mau santai lebih cocok matic sepertinya, buat dalkot jadi gak perlu ngotot, apalagi bawa keluarga sebaiknya kan gak ngebut2.
cuma sebel aja dalkot diklaksonin APV yg tadi di tol ketinggalan jauh
User avatar
great_gig
Newbie
Newbie
Posts: 10
Joined: Tue Dec 01, 2009 8:10

Re: Proton Exora

Post by great_gig »

HasanFenny wrote:kurang pede yah bro inuendo.....huahauhauhauha
suruh psikiater hipnotis dulu bro.....huahauhauha

memnag bener org indo tuh kalo beli mobil 90% cari gengsi dulu, barulah 10% org lainnya beli bener2 sesuai kebutuhan.
makanya merk baru sangat sulit utk beranjak naek pamornya. Pdhl ga sdikit juga produk toyota, honda yg direcall. contohnya inova aja di taiwan direcall besar2an. tp disini tidak, aneh kan ? mnrt saya standarisasi indo dan negara lain sehingga bisa di recall.

Bukti lainnya, avanza, xenia, apa ajalah produk toyota yg laris manis disini dgn hrg jual tinggi...apakah ada test crash nya ? keselamatan penumpangnya apa dipikirin ? toh laris kyk kacang goreng.

IMO percuma ada kenyamanan hati tapi feature safetynya ga ada. Bisa kah nyaman hati anda kalo terjadi kecelakaan duluan ? bukan anda yg nabrak, tp sialnya...malah ditabrak.....apakah anda bisa berkata ooo saya ga ngebut, saya ga ugal2an....jd ga mgkn kecelakaan....

jd intinya saya kalo ada proton exora yg sesuai budget saya , PASTI SAYA BELI .....saya lg tunggu pameran mobil nanti di tengah thn baru beli exora
saya jg mau kalo bisa, menekankan org2 yg mao beli mobil di range 150-200jt utk ambil exora dibanding mobil xenia avanza terios....apalagi yah ? ada yg bisa tambahin ?
Bro, kalau pertimbangan nomer 1 safety, dengan kebutuhan pribadi yang mendekati Exora, saya rasa Exora salah satu pilihan bagus. Mungkin pemilik Avanza xenia punya pikiran lain. Dengan budget segitu yang jadi nomer 1 itu mungkin tangguh atau resale value. Kalau hanya dilihat dari segi fitur dengan harga segitu, bisa jadi mahal. Tapi kalau kita lihat bahwa yang dicari orang adalah tangguh maka menurut saya tidak kemahalan. Tangguh dan presisi tercipta dari research puluhan tahun. Knowledge dan keahlian itulah yang mahal bukan hanya sekedar materi atau teknologinya. Knowledge dan keahlian itulah yang dibeli orang lewat merk Toyota disamping ketersediaan spare parts dan after sales service yang baik. Dan memang brand Toyota masih punya posisi yang kuat di market sebagai produser mobil tangguh sekalipun dengan isu recall akhir2 ini:big_peace:
Boleh pinjem asal jangan langganan
User avatar
kelana
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Apr 29, 2010 5:01

Re: Proton Exora

Post by kelana »

Dan pembacanya kiranya mencermati pula bahwa sejumlah merek yang mapan sangat berani spending di dalam mengiklankan produknya.... saya mengamati sejumlah merek mapan di sini beriklan hampir setiap hari dalam tempo tertentu, di harian-harian utama, outdoor, bahkan tv sekalipun.

Pertanyaan, biaya promosi tsb siapa yang nanggung? Konsumen tentunya!! :-D
“It is easy to hate and it is difficult to love. This is how the whole scheme of things works. All good things are difficult to achieve; and bad things are very easy to get.” - Confucius (551-479 BCE)
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

[/quote]Bro, kalau pertimbangan nomer 1 safety, dengan kebutuhan pribadi yang mendekati Exora, saya rasa Exora salah satu pilihan bagus. Mungkin pemilik Avanza xenia punya pikiran lain. Dengan budget segitu yang jadi nomer 1 itu mungkin tangguh atau resale value. Kalau hanya dilihat dari segi fitur dengan harga segitu, bisa jadi mahal. Tapi kalau kita lihat bahwa yang dicari orang adalah tangguh maka menurut saya tidak kemahalan. Tangguh dan presisi tercipta dari research puluhan tahun. Knowledge dan keahlian itulah yang mahal bukan hanya sekedar materi atau teknologinya. Knowledge dan keahlian itulah yang dibeli orang lewat merk Toyota disamping ketersediaan spare parts dan after sales service yang baik. Dan memang brand Toyota masih punya posisi yang kuat di market sebagai produser mobil tangguh sekalipun dengan isu recall akhir2 ini:big_peace:[/quote]

saya rasa mereka beli avanza xenia bukan krn tangguh.
Alasan ke 1 krn murah, contohnya lobby utk dijadikan mobil company yg butuh byk mobil dan dipake oleh pegawai semua. Ga perlu fitur safety krn tuh mobil tujuannya emang utk dalkot, muat byk penumpang, muat brg tapi dgn design ga malu2in amat kayak panther bak terbuka.
Alasan ke 2 krn resale value yg spt dikatakan brp KELANA disengaja mobil barunya up price sehingga membuat hrg mobil second itu tinggi pula.
Alasan ke 3 krn org emang ga mikirin safety dan ga mikirin teknology airbag lah, abs lah. mereka cuma mikirnya mobil ginian murah dan bisa dijadikan mobil serba guna + resale yg tinggi

jd mnrt saya, tangguh bukan isu disini, krn semua mobil dibikin utk tangguh asal bener perawatannya.
Apakah research toyota begitu canggihnya hingga merk mobil lain ga bisa ikutin tangguhnya ?
Apakah dgn hrg segitu bisa dptin mobil tangguh sedangkan innova 184jt aja ga ada radiotape, velg kaleng ???
Apakah ada mobil diciptakan dgn bgitu byk feature safety tapi mobilnya tidak tangguh ?
Apakah anda tau bahwa exora ada body control module ?
Apakah anda tau exora R & D memakai LOTUS technology ? ttp aje org indo ngejek dan jelekin nama poroton, apalagi malaysia dituduh suka maling kebudayaan indo...makin komplit deh....pdhl ga ada sangkut pautnya dgn exora. Sedangkan indo cuma bisa bikin TIMOR.

Apakah anda tau bahwa exora hybrid sedang dibikin di R&D Inggris ?
Apakah anda tau bahwa ketebalan besi mobil xenia avanza jauuuuh lbh tipis dr exora ?

Jadi kesimpulan ada ditangan anda.
maaf jika ada yg kurang pantas. Kita bersama sharing dsini saling beri pendapat

terimakasih
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Proton Exora

Post by zweifellos »

Bro Hasan, mau sekomplit apapun teknologinya serta sekeren apapun nama teknologinya, yg dibutuhkan konsumen secara kasarnya adalah bukti bukan janji. Bukti di sini adalah sepak terjang produk itu di Indonesia. Itulah ketangguhan itu (kehandalan dan ketahanan). Bukan saya setuju harga yg dibuat merk2 jepang tapi mesti diakui mereka menang di hal ini (reliability dan durability).

Ambil contoh Captiva. Secara teknologi ini mobil jauh dibanding merk jepang kaya Pajero Sport apalagi Fortuner. Belum lagi harganya. Memang keduanya beda kelas (satu CUV satu lagi SUV). Tapi di sini, menurut saya, faktor ketangguhan jadi faktor penting buat konsumen.

Perlu diluruskan, airbag serta teknologi2 yang lain yg ada di suatu produk tidak lantas mengatasnamakan ketangguhan produk tersebut. Mungkin ada korelasinya tapi tidak signifikan ataupun mutlak.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

zweifellos wrote:Bro Hasan, mau sekomplit apapun teknologinya serta sekeren apapun nama teknologinya, yg dibutuhkan konsumen secara kasarnya adalah bukti bukan janji. Bukti di sini adalah sepak terjang produk itu di Indonesia. Itulah ketangguhan itu (kehandalan dan ketahanan). Bukan saya setuju harga yg dibuat merk2 jepang tapi mesti diakui mereka menang di hal ini (reliability dan durability).

Ambil contoh Captiva. Secara teknologi ini mobil jauh dibanding merk jepang kaya Pajero Sport apalagi Fortuner. Belum lagi harganya. Memang keduanya beda kelas (satu CUV satu lagi SUV). Tapi di sini, menurut saya, faktor ketangguhan jadi faktor penting buat konsumen.

Perlu diluruskan, airbag serta teknologi2 yang lain yg ada di suatu produk tidak lantas mengatasnamakan ketangguhan produk tersebut. Mungkin ada korelasinya tapi tidak signifikan ataupun mutlak.
hm..... u have ur point brother
abenk80
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 148
Joined: Fri Dec 28, 2007 9:52

Re: Proton Exora

Post by abenk80 »

inuendo wrote:hahaha iya bro gw juga pas baca ikutan bingung ternyata harusnya bukan 70 tapi 55jt wah mesti komplain ke milis sebelah nih....
ternyata dia salah itung hehehe jadi kalo 55jt selisih awalnya berarti bukan 59jt tuh selisih + depresiasinya, tapi 46,75jt
berarti total jadi 146,75jt berarti depresiasi aslinya 180-146,75= 33jt untuk mobil B
buat mobil A ruginya 40jt. :e-think:
berarti tinggal hitungan abstrak, apakah selisih 7 juta buat brand terkenal itu pantas..?
kembali ke pribadi masing2 :ungg:
Wah kalo pake cara itung2an begini, mobil yang harga barunya lbh murah selalu yang menang donk.
contoh:
1. mobil A:
hrg baru=181,5 jt
hrg stlh 3 thn=100 jt (turun 81,5jt)
2. mobil B:
hrg baru=131,5 jt
hrg stlh 3 thn=31,5jt (anggap hrg bekasnya ni mbl ancur bgt, turun 100jt dlm 3thn)

selisih hrg baru kedua mbl=181,5-131,5= 50jt. Depresiasi uang, maka selisih menjadi hanya=42,5jt.
jadi:
harga bekas mobil B= 31,5+42,5= 74jt
harga bekas mobil A=100jt (tetap)

jadi depresiasi:
mobil B=131,5-74=57,5jt
mobil A=181,5-100=81,5jt

jadi mobil B donk yang depresiasinya lebih kecil...pdhal depresiasi aslinya lebih besar lho, yaitu 100jt. Sedangkan mobil A depresiasi aslinya cm 81,5jt.
Jadi kesimpulannya harga mobil baru yg lebih murah yang selalu menang....hitung2an itu nga valid nih bos... :e-naughty:
User avatar
kelana
Visitor
Visitor
Posts: 9
Joined: Thu Apr 29, 2010 5:01

Re: Proton Exora

Post by kelana »

abenk80 wrote:
inuendo wrote:hahaha iya bro gw juga pas baca ikutan bingung ternyata harusnya bukan 70 tapi 55jt wah mesti komplain ke milis sebelah nih....
ternyata dia salah itung hehehe jadi kalo 55jt selisih awalnya berarti bukan 59jt tuh selisih + depresiasinya, tapi 46,75jt
berarti total jadi 146,75jt berarti depresiasi aslinya 180-146,75= 33jt untuk mobil B
buat mobil A ruginya 40jt. :e-think:
berarti tinggal hitungan abstrak, apakah selisih 7 juta buat brand terkenal itu pantas..?
kembali ke pribadi masing2 :ungg:
Wah kalo pake cara itung2an begini, mobil yang harga barunya lbh murah selalu yang menang donk.
contoh:
1. mobil A:
hrg baru=181,5 jt
hrg stlh 3 thn=100 jt (turun 81,5jt)
2. mobil B:
hrg baru=131,5 jt
hrg stlh 3 thn=31,5jt (anggap hrg bekasnya ni mbl ancur bgt, turun 100jt dlm 3thn)

selisih hrg baru kedua mbl=181,5-131,5= 50jt. Depresiasi uang, maka selisih menjadi hanya=42,5jt.
jadi:
harga bekas mobil B= 31,5+42,5= 74jt
harga bekas mobil A=100jt (tetap)

jadi depresiasi:
mobil B=131,5-74=57,5jt
mobil A=181,5-100=81,5jt

jadi mobil B donk yang depresiasinya lebih kecil...pdhal depresiasi aslinya lebih besar lho, yaitu 100jt. Sedangkan mobil A depresiasi aslinya cm 81,5jt.
Jadi kesimpulannya harga mobil baru yg lebih murah yang selalu menang....hitung2an itu nga valid nih bos... :e-naughty:
Menurut hematku sih nga demikian, bahwa harga mobil BARU yang LEBIH MURAH yang SELALU MENANG, itu semua harus dikembalikan pada besaran2 angka aktual, cuma di sini khan ada faktor ASUMSI yang bisa jadi kurang akurat, seperti harga jual kembali mobil 3 THN KEMUDIAN. Lalu apakah faktor FITUR & KELENGKAPAN & TEKNOLOGI & KENYAMANAN beserta KEANDALAN & DAYA TAHAN dimasukkan, tapi di sini faktor PERSEPSI & PSIKOLOGIS banyak pula bermain. Pendapat2 yg ada belum tentu didukung data riil, tapi hanya perkiraan2 saja (sekali lagi, faktor persepsi & psikologis), spt apa yg muncul duluan pasti akan selalu lebih baik ;-) itu mah ibarat ujaran: "Lahir duluan, makan duluan, jadinya makan lebih banyak shg lebih unggul"

Cerita ttg nilai uang, koq bisa jumlah uang 3 tahun kemudian mengecil krn faktor depresiasi???

Yang benar mestinya jumlah uang bertambah 3 tahun kemudian karena penambahan bunga berbunga secara majemuk (compounded interest) setiap bulannya :-)

jika mau diambil harga konstan, mending semua harga dikonversi ke harga logam mulia saja yang dianggap relatif konstan (nilai uang sih hampir nga ada yg konstan, ditelan inflasi!), butuh
berapa banyak LM utk membeli mobil sekarang & kelak jika dijual kembali dapat berapa byk LM :-D
“It is easy to hate and it is difficult to love. This is how the whole scheme of things works. All good things are difficult to achieve; and bad things are very easy to get.” - Confucius (551-479 BCE)
HasanFenny
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 228
Joined: Fri Jul 06, 2007 3:31

Re: Proton Exora

Post by HasanFenny »

aduh temen2, jgn omongin hrg jual lagi dah...mending omongin review soal proton exora aja
betul ???
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Proton Exora

Post by jalu »

HasanFenny wrote:aduh temen2, jgn omongin hrg jual lagi dah...mending omongin review soal proton exora aja
betul ???
like this.... :frm_tumbright:

user exora yg udah pake long term, ditunggu reviewnya...jgn lupa ya tulis angka odometernya..... :e-dance:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby