Dear all
Dgn semakin besarnya peminat "Horsepower Gain", dimana user mencari peningkatan Power yang lebih besar dan lebih besar lagi, maka tentu akan berimplikasi thd EGT (Exhaust Gas Temprature / Suhu Gas Buang), scr AFR Diesel berbanding lurus dgn angka EGT
Maka itu bagi para Diesel speedlover perlu mempersiapkan "infrastruktur" sistem intake yg mampu mengalirkan udara lebih dingin, dalam rangka penerapan setting AFR yg lebih rich oleh Piggyback, guna menjaga EGT agar tidak terbang terlalu tinggi.
Apapun metodanya, baik air to air Intercooler / Water to air Intercooler / Freon Intercooling (AIC) bisa dipertimbangkan dan pastikan instalasi yang baik pada mobil anda, juga mulut saluran intake dimana sebaiknya memungkinkan masuknya lebih banyak udara segar / udara dingin.
Juga infrastruktur sistem exhaust, agar mempercepat "Heat Scavenging" aka pelepasan panas gas buang yang lebih cepat, agar panas tidak terakumulasi di sekitar mesin / Turbo.
Utk extreme speedgoers, direkomendasikan utk memasang EGT / Pyrometer agar bisa memonitor suhu gas buang dgn lebih akurat.
Selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/ - Pentingnya memperhatikan suhu EGT di era kompetisi BHP dgn Piggyback
Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 60
- Joined: Fri Jan 23, 2009 11:21
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
ini nih, ada teknik baru lg nih dr pakar diesel kita.
Hayo, sapa yg mo coba dulu,
Kalo uda masang, Jgn lupa review disini.
Hayo, sapa yg mo coba dulu,
Kalo uda masang, Jgn lupa review disini.

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27648
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
om turboman back in action... sayang ilmu nya banyakan utk diesel2 modern
ane yg diesel jadul kaga bisa ikutan 



numpang lewat aja....


-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
Pada prinsipnya sama saja, yg satu dikontrol ECU, yg satu dikontrol mekanisme mekanikal / governor, dll.DOHC wrote:om turboman back in action... sayang ilmu nya banyakan utk diesel2 modern![]()
ane yg diesel jadul kaga bisa ikutan
Utk Diesel mekanikal kalau kita maenin baut Load / baut supply BBM spy tenaga lebih besar sebaiknya juga kita monitor pakai EGT meter. maka itu baut load biasanya disegel dari pabriknya.
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Piggybac
Ikutan mantau yah........, lanjuuuuut....... 

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 87
- Joined: Thu Sep 28, 2006 0:37
- Location: on land
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Pigg
Pak turboman, saya punya hilux 3,0L vnt
udah saya tune dengan powerlab dms
kedepannya saya tambah lagi dengan powerlab fpc
apakah egtnya naik dengan penambahan piggyback itu?
apakah vnt itu boostnya bisa dinaikkan lagi?
mohon pencerahannya.
terima kasih.
udah saya tune dengan powerlab dms
kedepannya saya tambah lagi dengan powerlab fpc
apakah egtnya naik dengan penambahan piggyback itu?
apakah vnt itu boostnya bisa dinaikkan lagi?
mohon pencerahannya.
terima kasih.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Pigg
1. Penambahan supply BBM utk meningkatkan Power gimanapun ada membuat EGT naik lebih cepat, tapi itu semua bisa diantisipasi dgn perbaikan kelancaran exhaust & intakemsm wrote:Pak turboman, saya punya hilux 3,0L vnt
udah saya tune dengan powerlab dms
kedepannya saya tambah lagi dengan powerlab fpc
1. apakah egtnya naik dengan penambahan piggyback itu?
2. apakah vnt itu boostnya bisa dinaikkan lagi?
selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/
2. AFAIK, mesin2 yg menggunakan VNT / VGT biasanya boostnya sdh lebih tinggi drpd Turbo konvensional (umumnya).
Saya belum dapat report boostnya Turbo 1KD-FTV ini berapa & bagaimana teknik tuning Turbo VNT dgn electro motor, kalau sudah ada terobosan nanti sy update.
Kalo Turbo VGT sistem mekanikal / difragma vakum itu udah ada teknik tuningnya, mau improve akselerasi / RPM atas bisa.
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 62
- Joined: Sat Nov 07, 2009 16:19
- Location: DKI Jakarta, 13460
Re: Pentingnya suhu EGT Diesel di era kompetisi BHP dgn Pigg
Nice info Om TurboMan,,,
mohon bimbingannya untuk merawat innova G d4d A/T nubie ini agar tetap prima...
thanx om!

mohon bimbingannya untuk merawat innova G d4d A/T nubie ini agar tetap prima...
thanx om!
Excuses doesn't change the Outcome

