Ringannya sentuhan jemari lentik pada biola yang membangkitkan nada-nada rancak, apik, dan lepas. Dipeluk alunan saxophone yang lincah, mempesona dan juga bebas. Seperti itulah Ford Focus
Ford Motor Indonesia tepat mengemas acara itu dengan menampilkan kedua seniman itu untuk mengantarkan peluncuran mobil sedan paling laris di Eropa itu. Nada-nada biola membawa imaji ke suasana Eropa yang teratur, konservatif, rapi, tertata, dengan kebanggaan terhadap tradisi yang kuat. Kelincahan sang artis bermain nada seirama dengan keindahan disain Focus, kerapian craftsmanship, dan kehangatan suasana interiornya.
Kelicahan Doni memencet tombol-tombol sax menyiratkan kecanggihan teknologi Jerman yang diusung sedan ini. Kombinasi powertrain terbaik didunia, suspensi presisi dan disain ekterior yang sporti dan aerodinamis, menghadirkan karakter handling yang sangat dinamis.
Full line up
Generasi kedua Ford Focus memang memikat. Setidaknya bagi 138 peminat yang langsung jatuh hati saat melihatnya di booth Ford Motor Indonesia saat gelaran pameran mobil Gaikindo lalu. Nama besarnya yang dibangun lewat pembuktian demi pembuktian menjadi modal berharga untuk menempatkan dirinya di antara Honda Civic dan Toyota Corolla yang sudah kokoh di sini.
Bagi Ford Motor Indonesia, Focus sangat penting. Selain untuk meningkatkan penjualan, juga untuk membangun citra Ford di Indonesia sebagai full line up manufacturing-yang bermain di semua lini. Selama ini Ford hanya dikenal sebagai produsen pikap dan SUV saja, menyusul keberhasilan Ford Ranger dan Escape.
Mobil ini dirancang menggunakan rangka kokoh, suspensi belakang dengan teknologi control blade WRC yang canggih serta mesin Duratec 1.8 liter yang tangguh namun irit bensin. "Pengujian kami disini dan diverifikasi lewat test-drive yang dilakukan media, menunjukkan konsumsi bahan bakar Focus adalah 14km/liter di jalan antar kota dan 9km/liter didalam kota," tegas Bagus Susanto, GM Marketing Ford Motor Indonesia.
Interiornya ehmm
Yang menarik dari Focus adalah pengerjaan interiornya. Rapi, dengan material berkualitas. Disain panelnya kombinasi oval dan kotak, tegas dan fleksibel. Semuanya ditata ergonomis, dalam jangkauan, nyaman disentuh dan warna-warna yang menggugah. Kesan mobil memeluk/membungkus pengendara langsung terasa. Semuanya begitu dekat dan terjangkau, sekaligus lapang dan nyaman terutama untuk kaki dan kepala.
Yang membedakan dengan versi Eropa, Focus Asia Pasifik punya centre console yang dirancang khusus. Untuk penumpang depan ada dua cup holder yang tersimpan rapi dan mudah dibuka, serta armrest yang lebar. Disainnya juga dibuat sedemikian rupa agar aliran udara dingin dari AC bisa bebas ke penumpang belakang. Focus memberi perhatian lebih pada kenyamanan penumpang belakang karena tradisi di Asia Pasifik yang menempatkan orang-orang tercinta di kursi belakang dalam perjalanan.
Kenyaman berkendara memberi kontribusi terhadap keamanan. Hal itu disadari benar dalam pengembangan Ford Focus. Iluminasi panel indikator di rancang teliti, demikian pula tombol dan knob. Aliran udara AC bagi penumpang depan dan belakang diatur lewat Dual Electronic Automated Temperature Control Air Conditioning (D-EATC AC). Sistem AC dual zone ini memungkinkan penumpang depan dan belakang menikmati aliran udara dengan suhu berbeda. Di segmen sedan menengah di Indonesia, baru Focus yang menawarkannya. Sistem ini secara otomatis menyesuaikan diri berdasarkan masukan dari panas matahari, konfigurasi power-train, engine coolant temperature dan kecepatan mobil untuk memastikan suhu interior selalu sesuai dengan yang dinginkan. Focus juga dilengkapi dengan sistem audio AM-FM Radio/Compact disc player dengan 6-auto-charger.
Keselamatan penumpang di lindungi dengan kombinasi perlindungan aktif dan pasif. Termasuk didalamnya struktur body yang kokoh dengan crumple zone dimana-mana untuk menyerap energi benturan agar tidak masuk ke kompartemen penumpang. Juga ABS empat roda dengan electronic brake distribution -dan diameter rem cakram hingga 300mm. Sistem restrainnya dilengkapi dengan sensor benturan yang langsung bereaksi mengencangkan seatbelt bila mobil menabrak sesuatu dan secara simultan meletupkan dua airbag untuk penumpang depan.
Mesin Duratec HE, empat silinder dengan 16 katup memproduksi 130hp/6000rpm dan torsi 16.8kg-m/4000rpm. Berkat penggunaan teknologi Sequential Multi Point Electronic Fuel Injection dan drive by wire, Focus menghadirkan mesin yang irit dengan peforma tangguh, "dan dengan harga terjangkau," kata Rick Baker. Mesin ini dipasangkan dengan sistem transmisi 5-speed manual dan 4-speed matik sequential sport shift (matik yang bisa dinaik turunkan secara manual).
Ford Focus ditawarkan dalam dua tipe, Focus 1.8 Ghia M/T dengan harga Rp 259 juta dan Focus Ghia A/T dengan harga Rp 271 juta. Plus layanan Ford Platinum Care selama 3 tahun.



Ngeliat interiornya udah kebayang ini mobil nyaman, sentuhan eropanya kentel banget di interiornya, tapi kenapa mesinnya gak dikasih 2000cc yah