Cefiro th 89-94 itu kode bodinya A31, secara teknis hampir sama dengan Skyline R32 dan Laurel C33.
Bedanya sama Skyline R32 cuma di kaki depan aja, Cefiro pake punya Silvia S13.
Kalo panel luar bodi A31, R32 dan C33 dibuka maka kelihatan deh kesamaan rangka unibodynya, makanya panel body diantara mereka bisa saling tuker pasang & mobilnya jadi Celine (Cefiro Skyline) ato Laufiro (Laurel Cefiro).
Cefiro A31 memang mobil yang tercanggih untuk kelasnya dizamannya. Secara teknis Nissan pake formulanya BMW ato MB buat bikin A31, kelihatan di layoutnya FR dengan mesin 6 silinder dan kaki2 independen. Makanya naik Cefiro rasanya mirip naik BMW.
Untuk spek standar kalo sehat bisa lari 190 km/jam (kebukti di punya gw), mentoknya karena ada speed limiternya dimana speed bakal turun sendiri ke 180 km/jam walaupun gas tetap dipolin gak dikurangin. Pengalaman Cefiro owner lain yang speed limiternya dah mati, 200 km/jam masih naik terus dia. Karakter tenaganya mulai di 3000 rpm keatas, jadi kalo dalkot sih rada boyo, cuma kalo di luar kota ato tol, mantap deh.
Suspensi standar cukup empuk dan stabil, gak usah takut nikung rada kencang, kerasa karakter rwd kok. Kalo ketemu lobang juga enak bantingannya. Rem standar udah 4 cakram, jadi cukup pakem.
Interior standar, desain kursinya nyaman banget, duduk dikursinya gak bakal capek deh, hampir semua temen gw yang nebeng A31 gw kalo gak ngobrol pasti ketiduran jadinya. Terus buat driver itu ergonomisnya pas banget, setir adjustable naik turun maju mundur, posisi shifter, posisi pedal2, kursi semua enak.
Konsumsi BBM kalo macet total 1l:6-7km, kalo lancar 1l:7-8km, luar kota tol kecepatan stabil bisa 1l:9-10km.
Soal perawatan gak mahal2 amat kalo dibandingin mobil yang sekelasnya, jangan dibandingin mobil yang kelasnya yang dibawahnya. Dan gak usah maksa make parts canggihnya kayak idupin lagi sensor sonarnya, sokbreker adjustablenya, speed sensing power steeringnya, dsb. Cukup pake spek biasa yang setara kayak mobil kebanyakan aja juga dah enak banget. Ini gambaran harga sparepartnya :
Kopling Set terdiri dari plat kopling, matahari, dek laher Rp 1,1 jt (Merk Genuine ato OEM kayak Stun, Paraut)
Engine Overhaul Kit isi semua seal n gasket di mesin RB20E Rp 700 rb (Merk Fuji Jepang)
Oil Filter Rp 30 rb (Merk Mumoji Jepang)
Kampas Rem 4 biji Rp 500 rb (Merk Mergent UK)
Yang jelas semua spare part Cefiro itu cuma ada Genuine, OEM Jepang (Stun, Paraut, Koyo, Mumoji, Fuji), ato Parts dari Eropa/Aussie (Mergent, Bendix) yang kualitasnya bagus2 jadi pada awet semua, istilahnya KWnya kualitasnya nyaris sama kayak Genuinenya. Sparepartnya masih banyak di toko sparepart Nissan di sentra sparepart kayak Atrium Senen, Kemayoran, Sawah Besar, Cipete, dsb.
Satu kelebihan Cefiro yang jarang dimiliki mobil lain di Indonesia adalah potensi upgrade performanya, karena platform dia yang hampir sama dengan Skyline R32 dan sedikit Silvia S13, yang keduanya termasuk mobil Jepang paling populer di dunia buat di modif. Gampangnya beli hafcut Skyline R32 ato Silvia S13, masukin mesinnya (Bisa pilih mesin RB20DET, RB25DET, RB26DETT, SR20DET ato bahkan Toyota 1JZ-GTE & 2JZ-GTE), girboksnya, gardannya, kaki2nya, dan remnya ke Cefiro, dah jadi mobil dengan performa mendekati Mitsu Lancer Evo Turbo, Subaru Impreza WRX, & berbagai mobil sport Eropa lainnya. Kurang puas tinggal upgrade aja dengan sparepart modif buat Skyline ato Silvia, bisa ngelewatin mobil2 diatas tergantung seberapa kenceng duitnya.
Dan semua hal diatas bisa diperoleh dengan mobil berharga ekonomis.
That's why I love my Cefiro.
Review Cefiro A31
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Review Cefiro A31
om cefironya jd celine dong.
maklum dgr nama skyline kan org udah serem duluan.
kmrn wkt ke jkt liat da yg pake R35/Skyline GTR terbaru.
tp buat sy R34 msh paling serem.
maklum dgr nama skyline kan org udah serem duluan.
kmrn wkt ke jkt liat da yg pake R35/Skyline GTR terbaru.
tp buat sy R34 msh paling serem.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Review Cefiro A31
Apalagi R34 Nur spec..syereem
ada yang punya tuh orang indonesia satu2nya di indo pula..

ada yang punya tuh orang indonesia satu2nya di indo pula..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Review Cefiro A31
aldy wrote:Apalagi R34 Nur spec..syereem![]()
ada yang punya tuh orang indonesia satu2nya di indo pula..

mengenang R34
mobil rasa porsche dgn hrg 1/3nya

the next R34

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 491
- Joined: Fri Jun 29, 2007 10:23
Re: Review Cefiro A31
ohh mimpi yang belum tercapai...
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung