Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Apr 07, 2010 1:45
Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Ada saudara baru cari Mitsu Pajero DID th 2000an buat keperluan keluarga seperti perjalanan yg lumayan agak jauh, misal jkt-bandung, jkt-jogja, jkt-cilegon, dll......
masalahnya orangya cari manual yg banyak dijual metik semua....
Si orang ini biasa bawa sedan manual (civic genio), takut bawa mobil gede, diesel, matik lagi... apa gak berubah banget tuh dari yg enak tarikannya jadi lemot gak karuan... gimana menurut para Pakar semua...?? kalau beli mobil ini metik apa manual... seberapa besar sih keuntungan kerugiannya, baik perawatan, maupun penggunaan sehari2...?? thanks sebelumnya
masalahnya orangya cari manual yg banyak dijual metik semua....
Si orang ini biasa bawa sedan manual (civic genio), takut bawa mobil gede, diesel, matik lagi... apa gak berubah banget tuh dari yg enak tarikannya jadi lemot gak karuan... gimana menurut para Pakar semua...?? kalau beli mobil ini metik apa manual... seberapa besar sih keuntungan kerugiannya, baik perawatan, maupun penggunaan sehari2...?? thanks sebelumnya
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
imho, pajero did 2000 (pajero gen 3), jarang yang manual.. tapi dia sudah invecs.. jadi bisa manual mode.
kalo untuk lemot, kabarnya pajero ini bisa tembus 170kpj... tinggal nyali aja berani atau gak untuk bawa mobil gambot...
untuk lengkapnya bisa baca tret ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11437
kalo untuk lemot, kabarnya pajero ini bisa tembus 170kpj... tinggal nyali aja berani atau gak untuk bawa mobil gambot...
untuk lengkapnya bisa baca tret ini http://www.serayamotor.com/diskusi/view ... 12&t=11437
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1865
- Joined: Tue Jun 24, 2008 13:48
- Location: EternaGTi'91&Pajero'97
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Pajero walau matic tp ya ga lemot om, coba baca2 testi di link yg dikasih om kopat, kalo bisa coba test drive dulu. Ga semua matic lemot, coba deh cherokee.. Ntar kalo udah pake pajero matic jd pengen kebut2an terus
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
bro tuqij4n, jangan khawatir dengan transmisi matik. kalo menurut saya, untuk pemakaian normal, malah banyakan kelebihan matik dibanding manual, makanya harga mobil matik selalu lebih mahal dibanding varian manualnya.
siapa bilang mobil matik lemot nggak karuan? mobil matik juga bisa kenceng kok, tapi caranya beda dengan mobil manual. ada trik2nya. perawatan juga nggak usah khawatir, selama cara makenya bener, ganti & kuras oli matik teratur mestinya nggak ada masalah. CRV matik bapak saya udah jalan 400 ribu km tanpa ada masalah tuh. kalo mobil manual mungkin dah ganti kampas kopling berapa kali..
siapa bilang mobil matik lemot nggak karuan? mobil matik juga bisa kenceng kok, tapi caranya beda dengan mobil manual. ada trik2nya. perawatan juga nggak usah khawatir, selama cara makenya bener, ganti & kuras oli matik teratur mestinya nggak ada masalah. CRV matik bapak saya udah jalan 400 ribu km tanpa ada masalah tuh. kalo mobil manual mungkin dah ganti kampas kopling berapa kali..
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Apr 07, 2010 1:45
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Thanks infonya...flexiblebil wrote:bro tuqij4n, jangan khawatir dengan transmisi matik. kalo menurut saya, untuk pemakaian normal, malah banyakan kelebihan matik dibanding manual, makanya harga mobil matik selalu lebih mahal dibanding varian manualnya.
siapa bilang mobil matik lemot nggak karuan? mobil matik juga bisa kenceng kok, tapi caranya beda dengan mobil manual. ada trik2nya. perawatan juga nggak usah khawatir, selama cara makenya bener, ganti & kuras oli matik teratur mestinya nggak ada masalah. CRV matik bapak saya udah jalan 400 ribu km tanpa ada masalah tuh. kalo mobil manual mungkin dah ganti kampas kopling berapa kali..
Sempat baca di threat lain, ada Fortuner Diesel matik, katanya lemot dan tarikannya... kerepotan kalau mau nyalip mobil lain di jalur selatan jawa... takutnya akan bernasib sama...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
yang di atas, gak usah dibahas om... bisa perang nanti di tret ini...
fyi, fortie itu tenaganya "cuman" 102HP dan torsi masih di bawah 300NM...
nah, pajero DID ini, tenaga "bisa" 160-an HP dengan torsi di atas 350-an NM...
lagian, transmisi fortie matik gak ada manual mode seperti invecs di pajero..
tapi sebenernya, matik di fortie bisa "dipaksa" manual.
edit: fortie yang dibahas itu rasanya manual deh... cmiiw..
fyi, fortie itu tenaganya "cuman" 102HP dan torsi masih di bawah 300NM...
nah, pajero DID ini, tenaga "bisa" 160-an HP dengan torsi di atas 350-an NM...
lagian, transmisi fortie matik gak ada manual mode seperti invecs di pajero..
tapi sebenernya, matik di fortie bisa "dipaksa" manual.
edit: fortie yang dibahas itu rasanya manual deh... cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
bro maskopat, hehehe.. sori bukannya mau mancing perang, tapi memang faktanya begitu.
antara matik dan manual, sulit dibilang mana yang lebih baik, dua2nya sama2 baik tergantung kebutuhan dan keinginan yang beli mobil. tapi mobil matik pasti selalu lebih mahal kan.
bener banget, matik juga bisa 'dipaksa' manual, makanya di beberapa mobil matik ada pilihan D-3-2-1, dengan begitu kita bisa milih mau pake perseneling berapa. memang kinerja kopling viscousnya nggak sebagus dan seresponsif kopling mekanik di mobil manual.
antara matik dan manual, sulit dibilang mana yang lebih baik, dua2nya sama2 baik tergantung kebutuhan dan keinginan yang beli mobil. tapi mobil matik pasti selalu lebih mahal kan.
bener banget, matik juga bisa 'dipaksa' manual, makanya di beberapa mobil matik ada pilihan D-3-2-1, dengan begitu kita bisa milih mau pake perseneling berapa. memang kinerja kopling viscousnya nggak sebagus dan seresponsif kopling mekanik di mobil manual.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
kita kan bisa bilang fakta. tapi yang sensitif, bisa keluar jurus2 sakti...flexiblebil wrote:bro maskopat, hehehe.. sori bukannya mau mancing perang, tapi memang faktanya begitu.
antara matik dan manual, sulit dibilang mana yang lebih baik, dua2nya sama2 baik tergantung kebutuhan dan keinginan yang beli mobil. tapi mobil matik pasti selalu lebih mahal kan.
bener banget, matik juga bisa 'dipaksa' manual, makanya di beberapa mobil matik ada pilihan D-3-2-1, dengan begitu kita bisa milih mau pake perseneling berapa. memang kinerja kopling viscousnya nggak sebagus dan seresponsif kopling mekanik di mobil manual.
bener banget om, ada pilihan D-3-2-1 dan OD off.
tapi kelemahan matik seperti ini adalah kalo kita geser tuas ke 2, maka tetap aja gearbox nya akan ke 1 dulu baru kemudian 2 dan mentok di 2 sampe redline.
ane belum pernah coba fortie, tapi kalo di everest matik, pas lagi turunan dan ane pengen engine break ane geser tuas ke 2. butuh waktu 2-3 detik baru terasa engine break. dugaan ane gearbox baru terpasang ke gear 2 agak telat.
tapi kalo manual mode seperti invecs, sepertinya bisa instant.. cmiiw..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
kalo benar dah INVECS II, ga perlu khawatir om. manual mode INVECS II mah serupa (tapi tak sama) dengan manual. hampir ga da bedanya. paling 'repot' (kalo lom biasa) pas turun gigi aja. pas naik mah mirip bgt dengan manual, bisa digeber ampe rpm dekat2 redline (keknya jarang bgt orang bawa mobil luar kota dipaksa redline).
'repot' pas turun gigi karena posisi gigi bakal turun dengan otomatis kalo menyesuaikan kecepatan tapi tidak dengan pas kecepatan naik (kecuali memang sudah tinggi sekali rpmnya). praktisnya sih jadi kita ga perlu repot turun2 gigi, ntar nyesuaiin sendiri itu manual modenya.
pernyataan di atas berdasar pengalaman nyoba INVECS II di pajero sport (kan lebih rendah lagi spek torsi/power PS dibanding pajero DID?). enak bgt maenin manual modenya pas jalan lagi rame. pas jalan sepi, tinggal maenin matiknya. yg saya rasakan, pengendalian terhadap stir mobil yang saya rasakan saat kecepatan tinggi semakin baik (misal dah 100 kmh lebih) dibanding dengan pake manual karena ga perlu ganti2 gigi khususnya di kecepatan 80 km ke atas (khususnya dari gigi 4 ke gigi 5 di transmisi manual). jadi fleksibel bgt.
jadi menurut saya, kalo emang dah INVECS II, ga perlu khawatir. belum lagi tenaga ama torsinya termasuk baik. mestinya entenglah nyalip sana nyalip sini di luar kota. kecuali kalo mo nyalip sedan2 bagus kali ya, agak repot. kalo level2 bus, truk, innova, panther, fortuner, CRV, xtrail, dll (non-sedan) masih bisa lah dikejar.
'repot' pas turun gigi karena posisi gigi bakal turun dengan otomatis kalo menyesuaikan kecepatan tapi tidak dengan pas kecepatan naik (kecuali memang sudah tinggi sekali rpmnya). praktisnya sih jadi kita ga perlu repot turun2 gigi, ntar nyesuaiin sendiri itu manual modenya.
pernyataan di atas berdasar pengalaman nyoba INVECS II di pajero sport (kan lebih rendah lagi spek torsi/power PS dibanding pajero DID?). enak bgt maenin manual modenya pas jalan lagi rame. pas jalan sepi, tinggal maenin matiknya. yg saya rasakan, pengendalian terhadap stir mobil yang saya rasakan saat kecepatan tinggi semakin baik (misal dah 100 kmh lebih) dibanding dengan pake manual karena ga perlu ganti2 gigi khususnya di kecepatan 80 km ke atas (khususnya dari gigi 4 ke gigi 5 di transmisi manual). jadi fleksibel bgt.
jadi menurut saya, kalo emang dah INVECS II, ga perlu khawatir. belum lagi tenaga ama torsinya termasuk baik. mestinya entenglah nyalip sana nyalip sini di luar kota. kecuali kalo mo nyalip sedan2 bagus kali ya, agak repot. kalo level2 bus, truk, innova, panther, fortuner, CRV, xtrail, dll (non-sedan) masih bisa lah dikejar.
Last edited by zweifellos on Wed Apr 07, 2010 11:00, edited 2 times in total.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
saya setuju. saya memang ga pernah nyoba matic lain, tapi INVECS II nya mitsubishi serupa (tapi tak sama) menurut saya dengan transmisi manual di mobil lain dalam hal pengkondisian kecepatan vs rpm (memaksimalkan rpm). baik sekali menurut saya kualitas (dalam hal memaksimalkan rpm) manual modenya INVECS II (acuan dibandingkan transmisi manual biasa).maskopat wrote:tapi kalo manual mode seperti invecs, sepertinya bisa instant.. cmiiw..
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
setuju ajah...makanya supaya pikiran saya gak pusing...bagi saya pribadi memilih matic vs manual maka saya ibaratkan aja seperti memilih mesin bensin dan diesel......masing2 ada keunggulan dan kekurangan...flexiblebil wrote:bro maskopat, hehehe.. sori bukannya mau mancing perang, tapi memang faktanya begitu.
antara matik dan manual, sulit dibilang mana yang lebih baik, dua2nya sama2 baik tergantung kebutuhan dan keinginan yang beli mobil. tapi mobil matik pasti selalu lebih mahal kan.
bener banget, matik juga bisa 'dipaksa' manual, makanya di beberapa mobil matik ada pilihan D-3-2-1, dengan begitu kita bisa milih mau pake perseneling berapa. memang kinerja kopling viscousnya nggak sebagus dan seresponsif kopling mekanik di mobil manual.
saya pribadi pake matic yg ada mode manual (+/-) dan matic biasa....pada akhirnya untuk daily use ya lbh sering panteng di posisi "D" ajah...mode manual sendiri jarang kepake...
mungkin krn saya aja yg awam....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8765
- Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
- Location: +6261
- Daily Vehicle: just a bike
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Udah Wan, sama kayak grandis.....yg belom INVECS II itu maticnya triton...Âεђεђε Âεђεђε™Abu2 wrote:@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
ehmm2......nyindir nih sen.... ??Hansen wrote:Udah Wan, sama kayak grandis.....yg belom INVECS II itu maticnya triton...Âεђεђε Âεђεђε™Abu2 wrote:@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
(*saya punya triton matic jg nggak.... )
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Ehmm.....hydramatic....jalu wrote:ehmm2......nyindir nih sen.... ??Hansen wrote:Udah Wan, sama kayak grandis.....yg belom INVECS II itu maticnya triton...Âεђεђε Âεђεђε™Abu2 wrote:@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
(*saya punya triton matic jg nggak.... )
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
stirnya juga sama ya om?Hansen wrote:Udah Wan, sama kayak grandis.....yg belom INVECS II itu maticnya triton...Âεђεђε Âεђεђε™Abu2 wrote:@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
jadi oot.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
@hansen :
masih mendingan hydramatic...daripada kecapean pake manual trus kaki jadi rematic..eh rematik....
masih mendingan hydramatic...daripada kecapean pake manual trus kaki jadi rematic..eh rematik....
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Stir dari segi mananya nih om? apakah beratnya, bentuknya, diameter lingkar atau gimana om?zweifellos wrote:stirnya juga sama ya om?Hansen wrote:Udah Wan, sama kayak grandis.....yg belom INVECS II itu maticnya triton...Âεђεђε Âεђεђε™Abu2 wrote:@fellos : Pajero sport transmisinya dah INVECS II?
jadi oot.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
kata om kan sama stir PS ama grandis.Hansen wrote:Stir dari segi mananya nih om? apakah beratnya, bentuknya, diameter lingkar atau gimana om?
eh triton ada versi matic ya om? (sori oot)
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Kalo hydramatic yg menderu2 itu gimana jal?jalu wrote:@hansen :
masih mendingan hydramatic...daripada kecapean pake manual trus kaki jadi rematic..eh rematik....
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Itu sih stirnya lancer ex om.....zweifellos wrote:kata om kan sama stir PS ama grandis.Hansen wrote:Stir dari segi mananya nih om? apakah beratnya, bentuknya, diameter lingkar atau gimana om?
eh triton ada versi matic ya om? (sori oot)
Triton ada kok yg matic, tp hanya di tipe exceed
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
oh iya, lancer maksudnya. sori sori. kok bisa lupa ya.Hansen wrote:Itu sih stirnya lancer ex om.....zweifellos wrote:kata om kan sama stir PS ama grandis.Hansen wrote:Stir dari segi mananya nih om? apakah beratnya, bentuknya, diameter lingkar atau gimana om?
eh triton ada versi matic ya om? (sori oot)
Triton ada kok yg matic, tp hanya di tipe exceed
tipe exceed maksudnya gimana om?
trus maticnya gimana? ada berapa jenis sih matic di mitsubishi?
*sori lagi2 oot
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
Exceed itu juga merupakan kasta tertinggi di triton om...di atas tipe GLSzweifellos wrote: oh iya, lancer maksudnya. sori sori. kok bisa lupa ya.
tipe exceed maksudnya gimana om?
trus maticnya gimana? ada berapa jenis sih matic di mitsubishi?
*sori lagi2 oot
Maticnya ya matic 4speed biasa om, tanpa dibumbuhin teknologi INVECS II...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
yang jelas lebih dari 3.. untuk invecs, ada 3 macem...zweifellos wrote: oh iya, lancer maksudnya. sori sori. kok bisa lupa ya.
tipe exceed maksudnya gimana om?
trus maticnya gimana? ada berapa jenis sih matic di mitsubishi?
*sori lagi2 oot
tapi invecs I sudah gak dipake lagi sepertinya.
invecs II untuk kelas berat di SUV
kalo invecs III untuk sedan..
http://en.wikipedia.org/wiki/INVECS
satu lagi, yang paling advance ada di evo X. twin-clutch SST.
sedang di triton, itu matik konvensional. mungkin serupa dengan yang di fortie atau everest matic... cmiiw. tapi bedanya di fortie ada shift gate, sedangkan di triton dan everest, lempeng aja..
ane kagak ngarti shift gate ini gunanya apa, sepertinya sekedar ngasih feeling ke pengemudi posisi tuas aja. soalnya kalo lempeng kayak everest, harus lihat odometer untuk melihat posisi tuas...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Pajero DID 2000, Matik or Manual??
oo gitu om. ada juga toh matic di mitsubishi yg tanpa embel2 INVECS.Hansen wrote:[Exceed itu juga merupakan kasta tertinggi di triton om...di atas tipe GLS
Maticnya ya matic 4speed biasa om, tanpa dibumbuhin teknologi INVECS II...
keren dong ya PS pake INVECS II. hehehe
thanks infonya om.
mantap penjelasannya om kopat. thanks.maskopat wrote:yang jelas lebih dari 3.. untuk invecs, ada 3 macem...zweifellos wrote: oh iya, lancer maksudnya. sori sori. kok bisa lupa ya.
tipe exceed maksudnya gimana om?
trus maticnya gimana? ada berapa jenis sih matic di mitsubishi?
*sori lagi2 oot
tapi invecs I sudah gak dipake lagi sepertinya.
invecs II untuk kelas berat di SUV
kalo invecs III untuk sedan..
http://en.wikipedia.org/wiki/INVECS
satu lagi, yang paling advance ada di evo X. twin-clutch SST.
sedang di triton, itu matik konvensional. mungkin serupa dengan yang di fortie atau everest matic... cmiiw. tapi bedanya di fortie ada shift gate, sedangkan di triton dan everest, lempeng aja..
ane kagak ngarti shift gate ini gunanya apa, sepertinya sekedar ngasih feeling ke pengemudi posisi tuas aja. soalnya kalo lempeng kayak everest, harus lihat odometer untuk melihat posisi tuas...
cuman masih ga ngerti apa maksudnya shift gate dan lempeng.
di INVECS II nya PS kita juga ga taukan kita gigi berapa kecuali kita ngitungin dari awal atau liat ke odometer (ntar di situ tertulis lagi posisi gigi berapa)?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.