Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Segala mobil tipe minibus/station (Kijang, Kuda, Panther, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by maxx »

Bro dari link http://saft7.com/?p=274 gw dapat banyak pengetahuan tambahan tuh antara hubungan oktan bensin dan ratio kompresi, tertera jaleas (gw rangkum spt dibawah ini)

Premium - oktan 88 u/ mesin ratio kompresi 7:1 - 9:1
Pertamax - oktan 92 u/ mesin ratio kompresi 9:1 - 10:1
Pertamax plus - oktan 95 u/ mesin ratio kompresi 10:1 - 11: 1

Nissan Livina 1.5L ratio kompresi 10.5:1 --> harusnya isi bensin Pertamax Plus
Nissan Livina 1.8l ratio kompresi 9.9:1 --> harusnya isi bensin Pertamax

Katanya GL bisa pake Premium meskipun ratio kompresi 1.5L 10.5:1 dan yg 1.8L ratio kompresinya 9.9:1 ; krn dg adanya knocking sensor pd jadi mesin GL bisa menyesuaikan ignition timing sesuai dengan tingkat oktan bensin yg masuk.
Teorinya spt itu, Betulkah? kalo memang BENAR, Sebenarnya seberapa besar toleransi (+/-) oktan yg dapat di kontrol / di-absorb oleh knocking sensor yg katanya bisa menyesuaikan ingnition timing?

Yang bikin gw bingung Latio 1.8L ratio kompresi 9.1:1 dan katanya Mesin GL 1.8L sama dengan Latio 1.8L. .tapi kenapa ratio kompresinya berbeda yah??????

Yg Expert Clarify plss..
Last edited by maxx on Sat May 19, 2007 12:58, edited 1 time in total.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
User avatar
datsu
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2396
Joined: Thu Jun 17, 2004 3:00
Location: Jakarta and Bandung

Post by datsu »

Yap.. Vios gw juga kompresinya 10.5 dan selama ini pake Pertamax + .. Jadi selama ini bukan pake bensin mahal yang mubazir.. emang harusnya gitu...

Pernah ganti pake pertamax kadang2 ngelitik dikit.. ini nyoba turun pake premium lagi ternyata sekarang kalo salah gigi ngelitiknya hebat...

Entah emang knocking sensornya gak terlalu jago ato emang itu karakter mesin gw, yang jelas hanya dengan pertamax + lah mesin gw gak pernah ngelitik...

Yang pasti dari link yang bro kasih yang gw juga udah baca (curiga anak milis ditech juga ya?), lebih baik pake oktan yang seharusnya... knocking sensor itu alat yang punya kelemahan juga.. mungkin knock sensor saya udah mulai gak bisa terima premum karena umurnya udah 3 tahun lebih.. karena dulu pake premium kayanya gak separah sekarang ngelitiknya..

btw, yang penting bukan masalah knock sensor bagus apa ga, yang penting ngelitiknya.. kalo mesin sering ngelitik liatlah di link itu gimana jadinya lubang yang kebentuk di piston.. ngeri ah.. daripada musti ganti piston mending gw balik ke pertamax +.. hehehe..
==========
I'm flying with my Siti
Powered by L15Z1 N/A
Smatic
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 96
Joined: Wed Nov 30, 2005 11:44

Post by Smatic »

Tidak ada patokan khusus kompresi mesin thdp minimum oktan bensin yg direkomendasikan, yg ada makin tinggi kompresi makin tinggi oktan bensin yg direkomendasikan.

Biasanya mesin-mesin jenis "leaner" (irit bensin) akan lebih sensitif thdp oktan bensin (memerlukan lebih tinggi oktan bensin) dibanding mesin jenis "richer" krn salah satu trik utk mengurangi detonasi/knocking dgn bensin oktan rendah yi dgn memperkaya (richer) AFR (campuran udara & bensin).
Jadi spt Livina & Vios yg notabene termasuk jenis mesin "leaner" (irit bensin) pemakaian bensin dgn oktan tinggi spt Pertamax + di Vios sangat dianjurkan & tidak rugi kok krn akan memperoleh lebih baik milage-nya & suhu operasi mesin juga lebih normal (tidak terlalu tinggi spt ketika pake bensin oktan rendah) shg suku cadang & umur operasi mesin juga lebih awet.
User avatar
maxx
SM Affiliate
SM Affiliate
Posts: 8413
Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
Location: 08129215600 www.monza-autosport.com

Re: Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by maxx »

he he he.. gw mo jawab pertanyaan sendiri neh... udah ketemu jawabannya.

Yang ditulis pada link tersebut latio kompresinya 9.1:1 salah tuh! Yang bener 9.9:1 .. ada di brosur latio.. so bener deh latio sama GL 1.8L mesinnya sama MR18DE

untuk kasus beda kompresi antara latio dan GL = Case Closed!

tp soal berapa besarnya toleransi knocking sensor GL blm nemu neh jawabannya.
maxx wrote: Yang bikin gw bingung Latio 1.8L ratio kompresi 9.1:1 dan katanya Mesin GL 1.8L sama dengan Latio 1.8L. .tapi kenapa ratio kompresinya berbeda yah??????
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Re: Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by NissanLovers »

maxx wrote: tp soal berapa besarnya toleransi knocking sensor GL blm nemu neh jawabannya.
pastinya knocking sensor pada GL bekerja dengan range lebih lebar dibandingkan dengan type lain dari saudaranya nissan grand livina.
selain itu mesin grand livina memiliki garansi 3 tahun untuk menjamin kepuasan pelanggan.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Post by uch »

Kenapa ngelitik (knocking) selalu dihubungkan dgn BBM yg nggak cocok..? Mesin jadul kayak kijang kapsul setau gw cuma butuh RON 88, tapi paling sering ngelitik. Padahal BBM nya sudah sesuai dgn spek mesin. Terutama kalo salah gigi dikit aja, pasti ngelitik. Bisa sih di setting nggak ngelitik, tapi tenaga nya hilang..
NissanLovers
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 393
Joined: Thu Apr 05, 2007 5:31

Post by NissanLovers »

penyebab dominan knocking memang mutu dari bahan bakar yang digunakan.selebihnya adalah karena setting pengapian yang tidak sesuai serta pengoperasian tuas transmisi yang tidak sesuai kebutuhan.
uch wrote:Kenapa ngelitik (knocking) selalu dihubungkan dgn BBM yg nggak cocok..? Mesin jadul kayak kijang kapsul setau gw cuma butuh RON 88, tapi paling sering ngelitik. Terutama kalo salah gigi dikit aja..
User avatar
Mike
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2010
Joined: Tue Apr 11, 2006 3:03
Location: Casablanca

Post by Mike »

Utk GL, walopun sales-nya bilang bisa pake Premium, di Manual book jelas tertulis recommended: Minimal oktan (RON) 91

Begitu juga Av/Xe yg kata salesnya cukup pake permium, di Manual Book (dan di tutup tangki) tertulis
oktan minimal 90

Tapi dgn duid 100rb beli:
Pertamax dapet 16,5 liter
Premium dapet 22,2 liter

Hayooo..pilih mana.....
Image
ilhami
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2521
Joined: Wed Jan 23, 2008 1:48

Re: Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by ilhami »

:big_peace:
di buku manual kijang kapsul 2004, tertulis bbm minimal RON 91
User avatar
aldy
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2052
Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03

Re: Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by aldy »

Wah ini pernah dibahas kok bro oleh expertnya tapi lupa ane dimana liatnya..Emang seiring tingginya kompresi mesin bensin harus semakin sulit terbakar..Tapi juga ada faktor lain yg menentukan yaitu desain ruang bakar teknologi mesin dll..
Dan yang ane ga habis pikir mesin twin charger punya Touran bisa diminumi premium (klaim ATPM loh)..dan mereka udah coba ribuan KM dengan bensin "busuk" ini dimobilnya tanpa masalah berarti.. :e-snooty: :e-snooty: kok kagal jebol ya, kan semua pada tau kalo mesin turbo knock dikit piston langsung bolong bisa2..he2 Tapi ane yakin tuh mereka udah setting mesin habis2 an biar ga knocking salah satunya penurunan power habis2an 170hp to 140hp.. :e-snooty:
Kesimpulan ane sih mesin2 teknologi terbaru pun semakin canggih pula "knocking sensornya (mundurin timingnya)"..qiqiqiqi.. :big_weee: ..Just my opinion

Sharing lagi ane pernah punya LGX EFI 1.8 ( waktu itu sekitar 70K KM)..Tuh mesin kan cukup dikasih premium tapi tetep knocking hebat apalagi kalo digeber 120km/h keatas..Setelah ditelusuri kerak karbon udah numpuk di mesin..Soalnya habis carbon clean tarikan kayak "kijang" lagi udahan (ga knocking + :ngacir: :ngacir: )... :mrgreen:
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Pemilihan oktan bensin yg sesuai untuk GL

Post by DOHC »

termasuk pemilihan bahan baku mesin nya yah bro.... kalo ga salah skrg produsen pada make bahan aluminium slaen utk ngejar enteng brat, kelebihan laen nya yah utk lebi tahan knocking katanya... soalnya kalo aluminium itu kan lebi cepet transfer panas, jadi yah dinding2 mesin lebi cepet lepas panas dari mesin yg non aluminium... soalnya kalo mesin yg kelewat overheat kan bikin knocking jg...... cmiiw...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: