Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
kalo mesin yang sebelumnya bisa minum solar 'oplosan' mestinya yang ini juga bisa, kan cuma beda di turbonya aja..
fortuner makin naik kelas nih, makin nggak kebeli dah..
fortuner makin naik kelas nih, makin nggak kebeli dah..
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 253
- Joined: Wed Aug 19, 2009 6:57
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
makanya kalo i bilang sih kalo harganya naek beda banget mungkin nga bakalan dimasukin kemari bang...bisa nga laku kemahalan mobilnya......kecuali masuk dengan sekalian tampilan model yang berbeda mungkin lebih pas...... 

Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Naik harga sih mungkin sekali om, naik kelas sih kagaflexiblebil wrote:kalo mesin yang sebelumnya bisa minum solar 'oplosan' mestinya yang ini juga bisa, kan cuma beda di turbonya aja..
fortuner makin naik kelas nih, makin nggak kebeli dah..

-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Bukankah dengan adanya VGT/VNT bikin rentang puncak torsi lebih panjang dibanding mesin non-VGT yang puncak torsinya di kisaran RPM tertentu dan turun setelah mencapai RPM tersebut? Jadi torsi di mesin dengan VGT bisa di dapat lebih lama (dari RPM yang bikin torsi menjadi maksimum terus sampai RPM tertentu) dibanding dengan non-VGT yang torsinya di RPM tertentu tapi langsung turun setelah RPM tersebut dilalui.Turboman wrote:Dibanding 1KD : Biar angka Torsi Max-nya mirip, tapi bentangan Torsi Max vs RPM si 1KD tetap lebih lebar drpd 2KD VNT.
Trims sebelumnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
kalo ga salah fortuner 2,5 liter ga ada intercooler ya? bukankah intercooler punya peranan terhadap bagus gaknya mesin 'minum' solar biasa?flexiblebil wrote:kalo mesin yang sebelumnya bisa minum solar 'oplosan' mestinya yang ini juga bisa, kan cuma beda di turbonya aja..
kalo mesin 2,5 liter dengan VGT bukankah ada intercooler?
CMIIW, mohon penjelasannya pengaruh part dari mesin yang mempengaruhi suatu mesin 'bisa' memakai solar biasa atau gak. thanks sebelumnya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Pan 1KD pake VNT juga om.....mana cc nya juga lebih gede 500 cc........zweifellos wrote:Bukankah dengan adanya VGT/VNT bikin rentang puncak torsi lebih panjang dibanding mesin non-VGT yang puncak torsinya di kisaran RPM tertentu dan turun setelah mencapai RPM tersebut? Jadi torsi di mesin dengan VGT bisa di dapat lebih lama (dari RPM yang bikin torsi menjadi maksimum terus sampai RPM tertentu) dibanding dengan non-VGT yang torsinya di RPM tertentu tapi langsung turun setelah RPM tersebut dilalui.Turboman wrote:Dibanding 1KD : Biar angka Torsi Max-nya mirip, tapi bentangan Torsi Max vs RPM si 1KD tetap lebih lebar drpd 2KD VNT.

2KD VNT bentangan nya 1600 - 2800 RPM / 343 Nm
1KD-FTV (VNT) bentangannya konon 1400 - 3200 RPM / 343 Nm
http://www.toyota.co.th/th/models/fortu ... 7_spec.asp
Kalo 1KD yg dipake di Prado 2010 itu Torsinya konon masuk 400 Nm.
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Ukuran lubang Nozzle & Fuel Rail Pressurezweifellos wrote:flexiblebil wrote: CMIIW, mohon penjelasannya pengaruh part dari mesin yang mempengaruhi suatu mesin 'bisa' memakai solar biasa atau gak. thanks sebelumnya.
Juga peranan Filter solar sgt besar
CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Kompresi dan boost turbonya juga berpengaruh
Ready to Race
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
KOmpresi benarasudarsono wrote:Kompresi dan boost turbonya juga berpengaruh
Utk solar dgn CN 47 - 48 lebih cocok dgn mesin ber kompresi 18:1 atau lebih, krn CN lebih rendah / solar lebih sulit terbakar drpd solar ber CN 51 atau lebih.
Mesin2 Diesel modern banyak yg kompresi-nya bermain di angka 15,8 - 17,5 dgn tujuan agar suara mesin lebih halus / emisi NOx lebih kecil / performa RPM tinggi lebih baik, idealnya "minum" solar dgn CN minimal 51 (53 - 56 recommended)
2KD VNT kompresinya masih 18,5.... he he hee.......
Yaa kalo mau naekkin CN sih tinggal tambah Cetane Booster aja......
* Bukan ajakan Beli *
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
oo sama2 pake VNT toh. kalo gitu wajar lah.Turboman wrote:Pan 1KD pake VNT juga om.....mana cc nya juga lebih gede 500 cc........zweifellos wrote:Bukankah dengan adanya VGT/VNT bikin rentang puncak torsi lebih panjang dibanding mesin non-VGT yang puncak torsinya di kisaran RPM tertentu dan turun setelah mencapai RPM tersebut? Jadi torsi di mesin dengan VGT bisa di dapat lebih lama (dari RPM yang bikin torsi menjadi maksimum terus sampai RPM tertentu) dibanding dengan non-VGT yang torsinya di RPM tertentu tapi langsung turun setelah RPM tersebut dilalui.Turboman wrote:Dibanding 1KD : Biar angka Torsi Max-nya mirip, tapi bentangan Torsi Max vs RPM si 1KD tetap lebih lebar drpd 2KD VNT.![]()
2KD VNT bentangan nya 1600 - 2800 RPM / 343 Nm
1KD-FTV (VNT) bentangannya konon 1400 - 3200 RPM / 343 Nm
http://www.toyota.co.th/th/models/fortu ... 7_spec.asp
Kalo 1KD yg dipake di Prado 2010 itu Torsinya konon masuk 400 Nm.
CMIIW

thanks om penjelasannya.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Kalo mesin 2KD VNT ini dipake di ipah diesel bakalan manstabbb bener nih.....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Om turboman.....ane mau nanya nih kalo petronas diesel fuel itu speknya bagus ga? CN & kadar sulphurnya berapa yah?Turboman wrote:KOmpresi benarasudarsono wrote:Kompresi dan boost turbonya juga berpengaruh
Utk solar dgn CN 47 - 48 lebih cocok dgn mesin ber kompresi 18:1 atau lebih, krn CN lebih rendah / solar lebih sulit terbakar drpd solar ber CN 51 atau lebih.
Mesin2 Diesel modern banyak yg kompresi-nya bermain di angka 15,8 - 17,5 dgn tujuan agar suara mesin lebih halus / emisi NOx lebih kecil / performa RPM tinggi lebih baik, idealnya "minum" solar dgn CN minimal 51 (53 - 56 recommended)
2KD VNT kompresinya masih 18,5.... he he hee.......
Yaa kalo mau naekkin CN sih tinggal tambah Cetane Booster aja......



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Turboman wrote:Ukuran lubang Nozzle & Fuel Rail Pressurezweifellos wrote:flexiblebil wrote: CMIIW, mohon penjelasannya pengaruh part dari mesin yang mempengaruhi suatu mesin 'bisa' memakai solar biasa atau gak. thanks sebelumnya.
Juga peranan Filter solar sgt besar
CMIIW
thank you 2x. terlihat lebih jelas sekarang.Turboman wrote:KOmpresi benarasudarsono wrote:Kompresi dan boost turbonya juga berpengaruh
Utk solar dgn CN 47 - 48 lebih cocok dgn mesin ber kompresi 18:1 atau lebih, krn CN lebih rendah / solar lebih sulit terbakar drpd solar ber CN 51 atau lebih.
Mesin2 Diesel modern banyak yg kompresi-nya bermain di angka 15,8 - 17,5 dgn tujuan agar suara mesin lebih halus / emisi NOx lebih kecil / performa RPM tinggi lebih baik, idealnya "minum" solar dgn CN minimal 51 (53 - 56 recommended)
2KD VNT kompresinya masih 18,5.... he he hee.......
Yaa kalo mau naekkin CN sih tinggal tambah Cetane Booster aja......

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
btw suka ngisi di lokasi yang mana om?Hansen wrote:Om turboman.....ane mau nanya nih kalo petronas diesel fuel itu speknya bagus ga? CN & kadar sulphurnya berapa yah?![]()

sori oot (oot ke mods gpp kan

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Di depan bandara om.....tau kan...zweifellos wrote:btw suka ngisi di lokasi yang mana om?Hansen wrote:Om turboman.....ane mau nanya nih kalo petronas diesel fuel itu speknya bagus ga? CN & kadar sulphurnya berapa yah?![]()
![]()
sori oot (oot ke mods gpp kan)


Tp akhir2 ini kalo ane ngisi petronas diesel itu PS ane asepnya tebel & bau banget waktu idle...mesin juga jadi agak kasar....ane curiga sih itu solarnya kaga laku dan stoknya jarang berputar, jadinya ntuh bbm dah 'basi'


Skrg ane coba ngisi solar biasa + MMO malah halus2 aja tuh suara mesin....asepnya malah kaga ada waktu idle


Nunggu penjelasan & saran dari om Turboman ahhhh......


-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
tau om. kalo yang sering habis stok di depan spbu pertamina terusan jamin ginting itu (dekat mongonsidi), lupa aku nama jalannya. mungkin di situ lebih fresh kali om.Hansen wrote:Di depan bandara om.....tau kan...zweifellos wrote:btw suka ngisi di lokasi yang mana om?Hansen wrote:Om turboman.....ane mau nanya nih kalo petronas diesel fuel itu speknya bagus ga? CN & kadar sulphurnya berapa yah?![]()
![]()
sori oot (oot ke mods gpp kan)
![]()
Tp akhir2 ini kalo ane ngisi petronas diesel itu PS ane asepnya tebel & bau banget waktu idle...mesin juga jadi agak kasar....ane curiga sih itu solarnya kaga laku dan stoknya jarang berputar, jadinya ntuh bbm dah 'basi'![]()
Skrg ane coba ngisi solar biasa + MMO malah halus2 aja tuh suara mesin....asepnya malah kaga ada waktu idlebingung juga ane dibuatnya
Nunggu penjelasan & saran dari om Turboman ahhhh......
kalo yang saya rasain sih, ganti petronas ke solar pertamina suara langsung berubah lebih kasar, tarikan pun terasa turun (agak sedikit lebih berat). kalo asap ga gitu perhatiin.
parah juga asap jadi tebal waktu idle. kalo bau sih keknya emang gitu, kaya bau2 alkohol gitu (mirip2 minuman keras gitu). kalo dari pengalaman sih, mobil berasap kalo di'paksa' akselerasi, keluar dah asap putih dibelakang. tapi kalo idle kalo ga salah ingat keknya ga pernah ada asap apalagi tebal.
kalo mobil bos biasa diisiin solar petronas di yang saya sebut di atas (pas sekalian jalan pulang) atau di ring road.
mengenai solar biasa plus 'racun' saya masih gimana gitu soalnya masih blom tau efek2 negatif dari cetane booster dan sejenisnya. mungkin om turboman punya info efek negatif (kalo emang ada) dari pengunaan additive ke solar biasa.

No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Asap jadi tebal itu maksudnya asapnya keliatan gitu putih halus keluar terus menerus dari knalpot waktu idle...trus baunya itu bukan kayak biasa deh, lebih asemmm lagi baunya & sangat menyengat...zweifellos wrote:tau om. kalo yang sering habis stok di depan spbu pertamina terusan jamin ginting itu (dekat mongonsidi), lupa aku nama jalannya. mungkin di situ lebih fresh kali om.Hansen wrote: Di depan bandara om.....tau kan...![]()
Tp akhir2 ini kalo ane ngisi petronas diesel itu PS ane asepnya tebel & bau banget waktu idle...mesin juga jadi agak kasar....ane curiga sih itu solarnya kaga laku dan stoknya jarang berputar, jadinya ntuh bbm dah 'basi'![]()
Skrg ane coba ngisi solar biasa + MMO malah halus2 aja tuh suara mesin....asepnya malah kaga ada waktu idlebingung juga ane dibuatnya
Nunggu penjelasan & saran dari om Turboman ahhhh......
kalo yang saya rasain sih, ganti petronas ke solar pertamina suara langsung berubah lebih kasar, tarikan pun terasa turun (agak sedikit lebih berat). kalo asap ga gitu perhatiin.
parah juga asap jadi tebal waktu idle. kalo bau sih keknya emang gitu, kaya bau2 alkohol gitu (mirip2 minuman keras gitu). kalo dari pengalaman sih, mobil berasap kalo di'paksa' akselerasi, keluar dah asap putih dibelakang. tapi kalo idle kalo ga salah ingat keknya ga pernah ada asap apalagi tebal.
kalo mobil bos biasa diisiin solar petronas di yang saya sebut di atas (pas sekalian jalan pulang) atau di ring road.
mengenai solar biasa plus 'racun' saya masih gimana gitu soalnya masih blom tau efek2 negatif dari cetane booster dan sejenisnya. mungkin om turboman punya info efek negatif (kalo emang ada) dari pengunaan additive ke solar biasa.


Oooo...ternyata yg di jl.pattimura sering habis toh



-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
hmm..apakah asap ketika idle om maksud sama dengan asap yang keluar kalo mobil lagi akselerasi secara cepat?Hansen wrote:Asap jadi tebal itu maksudnya asapnya keliatan gitu putih halus keluar terus menerus dari knalpot waktu idle...trus baunya itu bukan kayak biasa deh, lebih asemmm lagi baunya & sangat menyengat...zweifellos wrote:tau om. kalo yang sering habis stok di depan spbu pertamina terusan jamin ginting itu (dekat mongonsidi), lupa aku nama jalannya. mungkin di situ lebih fresh kali om.Hansen wrote: Di depan bandara om.....tau kan...![]()
Tp akhir2 ini kalo ane ngisi petronas diesel itu PS ane asepnya tebel & bau banget waktu idle...mesin juga jadi agak kasar....ane curiga sih itu solarnya kaga laku dan stoknya jarang berputar, jadinya ntuh bbm dah 'basi'![]()
Skrg ane coba ngisi solar biasa + MMO malah halus2 aja tuh suara mesin....asepnya malah kaga ada waktu idlebingung juga ane dibuatnya
Nunggu penjelasan & saran dari om Turboman ahhhh......
kalo yang saya rasain sih, ganti petronas ke solar pertamina suara langsung berubah lebih kasar, tarikan pun terasa turun (agak sedikit lebih berat). kalo asap ga gitu perhatiin.
parah juga asap jadi tebal waktu idle. kalo bau sih keknya emang gitu, kaya bau2 alkohol gitu (mirip2 minuman keras gitu). kalo dari pengalaman sih, mobil berasap kalo di'paksa' akselerasi, keluar dah asap putih dibelakang. tapi kalo idle kalo ga salah ingat keknya ga pernah ada asap apalagi tebal.
kalo mobil bos biasa diisiin solar petronas di yang saya sebut di atas (pas sekalian jalan pulang) atau di ring road.
mengenai solar biasa plus 'racun' saya masih gimana gitu soalnya masih blom tau efek2 negatif dari cetane booster dan sejenisnya. mungkin om turboman punya info efek negatif (kalo emang ada) dari pengunaan additive ke solar biasa.![]()
Oooo...ternyata yg di jl.pattimura sering habis tohjarang lewat ane soalnya, ntar ane cobain deh....
iya, di pattimura beberapa kali sering habis. bisa coba di situ, kali ada perubahan. sayang bgt kalo harga dah mahal malah hasilnya ga memuaskan.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Wah kalo akselerasi mendadak sih asepnya item om...bukan putih lagizweifellos wrote: hmm..apakah asap ketika idle om maksud sama dengan asap yang keluar kalo mobil lagi akselerasi secara cepat?
iya, di pattimura beberapa kali sering habis. bisa coba di situ, kali ada perubahan. sayang bgt kalo harga dah mahal malah hasilnya ga memuaskan.


Makanya itu om, ane dah bayar mahal dengan maksud buat ngedapetin bbm kualitas atas.....tp yg ane dapetin malah sebaliknya...


Jujur sih ane ngarepin banget pertamina dex dijual di sini....ada dijual gak om di medan?


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
di jakarta aja kalo mau beli musti pake jerigen siong.... itu aja ga smua spbu jual atau nyetok...
numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Ane sih ga masalah chiong kalo pake jerigen/kemasan gitu sgala.....asal ada jual ajah ane dah bersyukur bgt dah...




-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
wah kalo item dah kek truk lagi mo nyalip aja tuh om.Hansen wrote:Wah kalo akselerasi mendadak sih asepnya item om...bukan putih lagizweifellos wrote: hmm..apakah asap ketika idle om maksud sama dengan asap yang keluar kalo mobil lagi akselerasi secara cepat?
iya, di pattimura beberapa kali sering habis. bisa coba di situ, kali ada perubahan. sayang bgt kalo harga dah mahal malah hasilnya ga memuaskan.idlenya aja udah keliatan gitu asepnya
Makanya itu om, ane dah bayar mahal dengan maksud buat ngedapetin bbm kualitas atas.....tp yg ane dapetin malah sebaliknya...![]()
Jujur sih ane ngarepin banget pertamina dex dijual di sini....ada dijual gak om di medan?

parah bgt ya.
kayanya meski pake solar biasa dari pertamina, asap nya ga sampe item pas akselerasi.
ngerti lah om. harga petronas tuh dah mahal bgt (dibanding solar pertamina tentunya

mengenai pertadex ga tau dah ada apa lom di medna. mungkin om abu2 bisa bantu.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Yo'i om....ane skrg pake solar biasa asepnya ga keliatan lagi waktu idle...zweifellos wrote: wah kalo item dah kek truk lagi mo nyalip aja tuh om.![]()
parah bgt ya.
kayanya meski pake solar biasa dari pertamina, asap nya ga sampe item pas akselerasi.
ngerti lah om. harga petronas tuh dah mahal bgt (dibanding solar pertamina tentunya) tapi kalo sampe kek gitu mah, mending solar biasalah.
mengenai pertadex ga tau dah ada apa lom di medna. mungkin om abu2 bisa bantu.

Nanti ane mau coba yg di pattimura dulu ah.....kasih kesempatan skali lg buat petronas


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27643
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
ya ud kita tuker mobil aja lah siong, biar ntuh PS nt skali2 bisa ngerasain enaknya minum DEX....Hansen wrote:Ane sih ga masalah chiong kalo pake jerigen/kemasan gitu sgala.....asal ada jual ajah ane dah bersyukur bgt dah...![]()


numpang lewat aja....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 16497
- Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24
Re: Fortuner 2.5 D4 D VN Turbo 144 BHP sudah lahir !!!
Tukeran ama si tompel yaaaa chiong..........DOHC wrote:ya ud kita tuker mobil aja lah siong, biar ntuh PS nt skali2 bisa ngerasain enaknya minum DEX....Hansen wrote:Ane sih ga masalah chiong kalo pake jerigen/kemasan gitu sgala.....asal ada jual ajah ane dah bersyukur bgt dah...![]()
![]()



