Salam semua sesepuh SM,
Tolong dunk kasih saran plus minus kalo beli mobkas mesin diesel seperti phanter atau kuda.
Katanya biaya betulinnya mahal krn hrs ganti blok dieselnya.
Trus gimana ya teknik atau cara ampuh pilih mobkas mesin diesel?
Trims semua.
Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
mesin diesel kalo harus turun mesin emang lebih mahal di banding bensin broo....
tapi kan kalo mau ngambil mobil bekas mesin diesel gk harus musti di turun mesin broo.. cari yang kondisi mesinnya masih bagus ja broo.
setelah itu bawa deh ke bengkel buat di tune up, ganti oli semua, ganti filter semua, ama check2 ringan lah. kyk check rem, kaki-kaki, dll.. kalo perlu kalibrasi ulang injection pump dan nozzleNYA broo....
semoga bermanfaat broo..
tapi kan kalo mau ngambil mobil bekas mesin diesel gk harus musti di turun mesin broo.. cari yang kondisi mesinnya masih bagus ja broo.
setelah itu bawa deh ke bengkel buat di tune up, ganti oli semua, ganti filter semua, ama check2 ringan lah. kyk check rem, kaki-kaki, dll.. kalo perlu kalibrasi ulang injection pump dan nozzleNYA broo....
semoga bermanfaat broo..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 54
- Joined: Mon Feb 15, 2010 7:57
Re: Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
Thanks bro...
Kalo milih mobkas diesel sama gak ya tekniknya sm mobkas bensin spt mesin kering dsb?
Boleh nih akalo ada yg mau nambahin atau py penglmn cari mesin mobkas diesel.
Tks
Kalo milih mobkas diesel sama gak ya tekniknya sm mobkas bensin spt mesin kering dsb?
Boleh nih akalo ada yg mau nambahin atau py penglmn cari mesin mobkas diesel.
Tks
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
newbie coba kasi saran yahh....
intinya mesin diesel itu plg penting ga bole telat atau alpa ganti oli mesin... karena kalo yg ane tau sehh, biasanya kalo telat ganti oli itu yg jadi pembunuh utama mesin diesel... jadi kalo bisa cari mobil diesel yg record servis nya ada dan lengkap... ciri2 mesin diesel yg uda ga sehat sehh ga terlalu susah koq, pertama dari geteran mesin nya, kalo berlebih apalagi suara mesin nya kasar banget alias ga sperti suara panther umum nya yahh bearti ntuh mesin kaga kerawat, bisa gara2 klep ga perna di stel atau oli nya uda jelek banget.... trus liat jg knalpot, mobil diesel yg sehat itu biasanya kalo mesin uda panas dan menggunakan oli yg sesuai (tingkatan 15W-40 umumnya utk panther 2500cc) harusnya knalpot ga bole berasap atau plg berasap tipis swaktu digas... nah kalo mesin uda panas tapi idling berasap putih2 gt, trus kalo di gas malah tambah parah yah berarti daleman mesin uda ad yg kena... atau cara plg gampang yah pas mesin uda panas, coba buka tutup pengisian oli mesin, kalo kluar cipratan2 oli yah bearti sirkulasi oli normal, tapi kalo disertai asap2 putih bearti uda bole "dibongkar" utk di cek
pastiin jg kalo mesin uda agak panas, mesin harus stabil nyala nya, jgn yg geter2 kenceng atau malah kaya mau mati, soalnya biasanya itu gejala panther yg filter solar ama sedimenter nya uda mampet atau injector mampet atau bosch pump uda lemah....
terakhir yah coba jalan tuh mobil.... sebaiknya seh kalo emang ngincer panther, coba beberapa unit panther, jadi bisa kira2 ada perbandingan gt mana yg plg bagus performa nya...
dan met hunting....
intinya mesin diesel itu plg penting ga bole telat atau alpa ganti oli mesin... karena kalo yg ane tau sehh, biasanya kalo telat ganti oli itu yg jadi pembunuh utama mesin diesel... jadi kalo bisa cari mobil diesel yg record servis nya ada dan lengkap... ciri2 mesin diesel yg uda ga sehat sehh ga terlalu susah koq, pertama dari geteran mesin nya, kalo berlebih apalagi suara mesin nya kasar banget alias ga sperti suara panther umum nya yahh bearti ntuh mesin kaga kerawat, bisa gara2 klep ga perna di stel atau oli nya uda jelek banget.... trus liat jg knalpot, mobil diesel yg sehat itu biasanya kalo mesin uda panas dan menggunakan oli yg sesuai (tingkatan 15W-40 umumnya utk panther 2500cc) harusnya knalpot ga bole berasap atau plg berasap tipis swaktu digas... nah kalo mesin uda panas tapi idling berasap putih2 gt, trus kalo di gas malah tambah parah yah berarti daleman mesin uda ad yg kena... atau cara plg gampang yah pas mesin uda panas, coba buka tutup pengisian oli mesin, kalo kluar cipratan2 oli yah bearti sirkulasi oli normal, tapi kalo disertai asap2 putih bearti uda bole "dibongkar" utk di cek


pastiin jg kalo mesin uda agak panas, mesin harus stabil nyala nya, jgn yg geter2 kenceng atau malah kaya mau mati, soalnya biasanya itu gejala panther yg filter solar ama sedimenter nya uda mampet atau injector mampet atau bosch pump uda lemah....
terakhir yah coba jalan tuh mobil.... sebaiknya seh kalo emang ngincer panther, coba beberapa unit panther, jadi bisa kira2 ada perbandingan gt mana yg plg bagus performa nya...
dan met hunting....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
oh iya nambahin jg...
perhatiin jg system coolant atau radiator panther... sperti mobil2 perang umumnya.... bagian ini jarang banget di perhatiin (termask ane dulu nya)... jadi biasanya suka ada penyakit rembes, bocor, radiator mampet atau getas selang2 nya...
cara periksa nya cukup gampang, nahh saat mesin panas, matikan mesin dan pencet tuh selang radiator yg mana aja skuat tenaga (ati2 panas logh, pake kain basah pencet nya) sambil ngeliat smua selang2 radiator dan sambungan2 nya.... kalo normal nya sehhh ga bakal ada bocor....
perhatiin jg system coolant atau radiator panther... sperti mobil2 perang umumnya.... bagian ini jarang banget di perhatiin (termask ane dulu nya)... jadi biasanya suka ada penyakit rembes, bocor, radiator mampet atau getas selang2 nya...
cara periksa nya cukup gampang, nahh saat mesin panas, matikan mesin dan pencet tuh selang radiator yg mana aja skuat tenaga (ati2 panas logh, pake kain basah pencet nya) sambil ngeliat smua selang2 radiator dan sambungan2 nya.... kalo normal nya sehhh ga bakal ada bocor....
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: Plus minus mobkas diesel seperti Phanter
mau nambahin nih..
1. kalo liat kondisi body bisa dilihat dari warna cat ada yang belang gk, dengan cara melihat dari berbagai sudut pandang, jangan hanya dari satu sisi aja liatnya dan fokus ke satu panel liatnya. trus selain itu perhatikan juga permukaan catnya, apakah permukaannya masih halus atau kgk, karena ada mobil yang permukaan dempulnya belum terlalu rata ud di cat, sehingga ada pori2nya..
2. liat daerah yang detail, alias karet2 pintu, pengait pintu, kadang kalo mobil yang udah di cat, catna suka nyelip di sana pas proses penyemprotan catnya...
3. perhatikan sambungan antar panel, tiap bagian harus sama antara kiri dan kanan.
4. coba test jalan, apakah pintu menimbulkan suara bunyi saat jalan rusak atau kgk, kalo iya berarti pintu pernah mengalami kerusakan yang parah dan tidak diganti, alias hanya di repair aja.. tapi bisa juga sih karena setelan pintunya yang bermasalah.
5. dan yang paling penting, coba buka sedikit bagian karpet semua sisi pintu, liat apakah ada karat atau tidak.. ( soalnya ane pernah melewati bagian pengecekan ini, dan hasil yang didapatin lumayan mengejutkan, ud mulai banyak karat ).
hmm.. ini dulu kali ya saran dari ane.. ini sih yang ane terapin kalo mau liat mobil bekas.........
kalo salah ya di maapin..

1. kalo liat kondisi body bisa dilihat dari warna cat ada yang belang gk, dengan cara melihat dari berbagai sudut pandang, jangan hanya dari satu sisi aja liatnya dan fokus ke satu panel liatnya. trus selain itu perhatikan juga permukaan catnya, apakah permukaannya masih halus atau kgk, karena ada mobil yang permukaan dempulnya belum terlalu rata ud di cat, sehingga ada pori2nya..
2. liat daerah yang detail, alias karet2 pintu, pengait pintu, kadang kalo mobil yang udah di cat, catna suka nyelip di sana pas proses penyemprotan catnya...
3. perhatikan sambungan antar panel, tiap bagian harus sama antara kiri dan kanan.
4. coba test jalan, apakah pintu menimbulkan suara bunyi saat jalan rusak atau kgk, kalo iya berarti pintu pernah mengalami kerusakan yang parah dan tidak diganti, alias hanya di repair aja.. tapi bisa juga sih karena setelan pintunya yang bermasalah.
5. dan yang paling penting, coba buka sedikit bagian karpet semua sisi pintu, liat apakah ada karat atau tidak.. ( soalnya ane pernah melewati bagian pengecekan ini, dan hasil yang didapatin lumayan mengejutkan, ud mulai banyak karat ).
hmm.. ini dulu kali ya saran dari ane.. ini sih yang ane terapin kalo mau liat mobil bekas.........
kalo salah ya di maapin..




