Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
Jadi ceritanya begini , gue tadi sore pukul 13.00 WITA cuaca hujan sedikit deras mau ke Kota nah di perjalanan , tiba tiba di jalan ada kecelakaan beruntun DI DEPAN MATA GUE . jadi ceritanya mobil di depan gue Suzuki SX4 Cross Over terlambat mengerem sehingga menubruk mobil Mazda Pick Up B2500 model lama kemudian Mazda pick up tersebut menubruk Daihatsu Xenia yg berada di depannya . gak jelas kejadiannya apakah mazda pick up nubruk Xenia akibat kedorong Suzuki SX4 atau gara gara ikut terlambat mengerem juga
Kerusakan yg dialami ketiga mobil tersebut cukup parah , Suzuki SX4 mengalami kaca lampu pecah, bemper pecah, kap mesin penyok ke belakang, sedangkan Mazda pick up hanya penyok penyok kecil yg kurang signifikan. sedangkan Daihatsu Xenia pintu bagasi penyok ke dalam cukup parah dan bemper retak .
Ketiga mobil tersebut kalau diperkirakan biaya perbaikannya sekitar 12 juta rupiah !!!
Thanks GOD untung , gue sempat NGEREM TEPAT WAKTU seandainya tidak PASTILAH GUE YG DISALAHKAN AKIBAT KERUSAKAN 3 MOBIL TERSEBUT jarak pengereman Taft gue dengan mobil di depan gue sisa 20 Cm padahal modal gue cuma Taft GT tahun 90 yg sasisnya udah bengkok wekekekeke
Menurut teman SMers siapakah yg patut disalahkan akibat kecelakaan tersebut ??? mohon penjelasannya bagi yg mengerti aturan lalu lintas
Kalo mo salah2an yg salah yg nabrak/belakang dong Om. Nggak ada peraturan melarang ngerem mendadak, selama lampu rem nya hidup. Yg ada itu peraturan menjaga jarak dengan mobil depan..
Betul.... kan ada aturannya... kita harus jaga jarak dengan kendaraan yang ada di depan, apalagi di jalan tol.
Tapi kl di tol banyak yang ga ikutin aturan spt itu kok
kalo bener2 sx4 yg terlambat ngerem ya dia yg tanggung kesalahan ya
tapi biasanya ni, biasanya ya, orang yg mentalnya paling butut ngemanfaatin ini buat nuntut duit segede2nya
paling bagus kalo masing2 punya pengertian yah, yg punya asuransi ngeklaim dan ngeklaim mobil laen yg ikutan penyok jg aja (diklausul asuransi biasanya ada, selain mobil tertanggung, yg kena akibatnya jg bisa diasuransikan)
biaya kan jadi ga seberapa.
paling cuman miris dihati aja mobilnya yg masih mulus jadi bengkok2 hahaha
uch wrote:Kalo mo salah2an yg salah yg nabrak/belakang dong Om. Nggak ada peraturan melarang ngerem mendadak, selama lampu rem nya hidup. Yg ada itu peraturan menjaga jarak dengan mobil depan..
setujuuuu.......
makanya harus diperhatikan jarak dg mobil di depannya, selain itu perlu diperhatikan pula batas kecepatannya......
kalo ngerem mendadak karena meleng gmn tuh?? salah gk tuh???
telat di sini maksudnya apa nih?? telat dalam arti ud liat dari jauh mobil ngerem tapi masih nekat tancep trus ampe dekettt bgt baru di rem alias gk keburu ngerem atau apa lagi bengong trus sadar2 mobil depan ud berenti dan jarak uda deket bgt dan akhirnya... brakkk.....
evolution21 wrote:kalo bener2 sx4 yg terlambat ngerem ya dia yg tanggung kesalahan ya
tapi biasanya ni, biasanya ya, orang yg mentalnya paling butut ngemanfaatin ini buat nuntut duit segede2nya
paling bagus kalo masing2 punya pengertian yah, yg punya asuransi ngeklaim dan ngeklaim mobil laen yg ikutan penyok jg aja (diklausul asuransi biasanya ada, selain mobil tertanggung, yg kena akibatnya jg bisa diasuransikan)
biaya kan jadi ga seberapa.
paling cuman miris dihati aja mobilnya yg masih mulus jadi bengkok2 hahaha
iya ada, dengan nama kalo di polis itu TPL ya bro.. alias pihak ke tiga....
tapi broo. kalo ane mikir2 ya kalo mau ngurus kerugian pihak ke tiga itu kan lumayan repot ya? musti ke bengkel yang deket dengan rumah si mobil yang kita tabrak, belom kalo dia minta ganti rugi karena mobilnya harus nginep di bengkel, alias kita musti modalin dia selama mobil dia masuk bengkel..
1. ngga jaga jarak - mobil depan rem mendadak - tabrakan
2. jaga jarak - mobil depan rem mendadak - nggak tabrakan
tapi masalahnya logika itu dibalik oleh kebanyakan orang :
3. jaga jarak - mobil depan rem mendadak - tabrakan
* lhaaa jaga jarak cuma 20-30 m lagi lari 100 km/h, kirain mobil di rem langsung berhenti kali ya... fisika koq dilawan...
betul jaga jarak tuh wajib. kalau gw selalu ngitungnya: beda 2,5 detik dari mobil di depan pada kecepatan 70 km/h. cara itungnya kita liat dari garis median di jalan, beda berapa detik sejak tuh buntut mobil depan sampe ke kap mesin mobil gw.
Failure is just another stepping stone to success.
setuju ama uch, sx4 yang salah.. karena nggak jaga jarak..
aturan untuk jaga jarak ini dah jelas kok, kalo nggak mau patuh ya resiko tanggung sendiri..
Kalu mau agak rapat, harus perhatikan jg lalu lintas di jalur kiri dan kanan. Kalu memang padat, ya jarak dgn mobil depan harus lebih jauh. Kalu lalu lintas kiri-kanan agak sepi, bisa lebih rapat. Karena bila depan berhenti mendadak, pengemudi masih bisa membuang ke jalur lain untuk menghindari tabrakan beruntun.
Tapi tabrakan beruntun tidak serta merta karena tidak jaga jarak. Karena faktor lain jg berpengaruh. Misal jalanan licin, teknologi rem, kondisi kendaraan, dll.
mo share bro,
sekarang byk banget para driver yang pake mobil kaya pake motor.
1. kalo mo belok kanan misalnya, mereka gk berhenti dulu, tapi ambil jalur kanan, trus nyelonong aja, mepet2 di tepi jalan, kalo sepi langsung masuk n ambil jalurnya.
ket: mobil ato motor, cara ini salah, harusnya berhenti dulu, kalo dh sepi/ada celah, baru masuk
sy ambil perumpamaan kaya rider, soalnya pemakai motor biasanya ky gitu, terutama di jogja, n di kampung2, di daerh lain juga sih,
2. kalo belok ato pindah jalur gk pake sein,
3. kalo ada apa2 di depan (misal, motor berhenti di tengah, ato mobil ngerem), padahal jarak masih aman, driver di belakang enggak ngerem, tapi banting setir, gk peduli di samping kanan ato kiri ada kendaraan lain. yang apes, kalo di samping kirinya ada motor, yah, pasti kepepet,
apapun yang terjadi, hindari manuver mendadak, ngerem adalah langkah pertama, jadi isyarat lampu rem terbaca, dengan demikian, yang di belakang akan waspada, begitu pula di samping, kalo tahu di sebelah ngerem,akan lebih waspada.
4. banyak mobil cakep2 gak punya lampu rem,
nah, ini yang bikin kesel, lagi jalan enak2, tiba2 moncong belakang mobil di depan dah di depan idung,
6. kalo di lampu merah, suka menuhin kiri jalan, padahal ada tulisan ke kiri jalan terus (turn left go ahead), yang mo belok ke kiri jadi bete,
7. kalo ngegas, keluar asap maut melebihi fogging,
8. dll,
dulu biasanya pengemudi mobil hanya 10 % yang kaya gitu,
sekarang, dh diatas 60% yg ky gitu,
pengemudi motor dari dulu sampe sekarang, cuma 20% aja yang gk kaya gitu,
pengemudi becak, 0% yang gk kaya gitu,
ojek, mirip2 becak, taksi, 50%,
bus kota, 100% ngelanggar,
nah, kalo isi jalan kebanyakan pelanggar lalu lintas, pasti tabrakan tak dihindari,
kecelakaan terus terjadi,
tinggal tunggu polisi aja memainkan peranan, bisa gk mendisiplinkan masyarakat, yah minimal yang ngelanggar ditilang,
lama2 masyarakat pasti kapok,
tapi harusnya tidak tebang pilih, semua pelanggar harus ditilang, gk peduli angkutan umum sampe becak,
polisi bilangnya kekurangan personil, krn kalo ada yg jaga lalin baru tertib
kenapa gak terapin camera zone aja
tiap ngelanggar & kepotret langsung denda aja
kan nambah pemasukan negara juga
kecuali emang gak ada niat buat perbaikan sistem lalin di negeri ini