share captiva part 02

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

iya bener, fwd lbh cepet akselerasi drpd awd
mgkn krn mekanisme awd yg lbh rumit
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: share captiva part 02

Post by khens »

esh wrote:Menurut hasil test akselerasi 0-100 yang 4X2 lebih cepat 1 detik daripada AWD. CMIIW
akselerasi awal saja om yang kalah ampir 1 detik...tapi kalo turbo dah sama sama in dijamin di speed tinggi yang vcdi juga kalah...soalnya level kestabilan di kecepatan tinggi berbeda....kalo di ada AWD seakan akan kita menang nyali.... :big_peace: :big_peace:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

Hmm, iya deh lebih baik ane nyerah aja kalau bicara soal nyali. :big_peace:

Lagipula belum tentu setahun sekali ane punya kesempatan jalan 200 kpj. :mrgreen:

.................. :ngacir:
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: share captiva part 02

Post by khens »

esh wrote:Hmm, iya deh lebih baik ane nyerah aja kalau bicara soal nyali. :big_peace:

Lagipula belum tentu setahun sekali ane punya kesempatan jalan 200 kpj. :mrgreen:

.................. :ngacir:
ya kalo jalan jalan dikota saya juga cuma pake xenia kok om.....uuuiiirrrriiiittt.....kalo pake ctv cuma buat keluar kota aja ato buat touring sama member club ctv yang laen....

-khens-
User avatar
penyubali
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 621
Joined: Fri Jun 20, 2008 11:24

Re: share captiva part 02

Post by penyubali »

Guys, gw baru aja update list accessories dan parts utk Captiva. Bagi yg minat click link dibawah. Last order tgl 28 Maret dan barang2 bakal nyampe kira2 awal April. :thanks:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: share captiva part 02

Post by roadtrain99 »

http://otomotif.kompas.com/read/xml/200 ... aptiva.awd
Jumat, 8/5/2009 | 11:42 WIB

KOMPAS.com – Chevy Captiva terbaru sangat membanggakan teknologi AWD-nya. General Motors (GM) menyebutnya “Active on Demand”.

AWD “Active on Demand” – khusus pada Captiva - adalah sistem 4x4 yang mendistribusikan tenaga kepada semua roda sesuai dengan kebutuhan atau kondisi jalan dan mengemudi.

Sebagai contoh, bila sebuah mesin menghasilkan tenaga 100 PS, untuk sistem 4x4, setiap roda memperoleh tenaga secara merata, yaitu 25 PS. Artinya, proporsi roda belakang dan depan untuk menggerakkan kendaraan sama: 50:50.

Dengan “Active on Demand” proporsinya bisa berubah menjadi 60:40 atau 70:30. Hebatnya, untuk mengubah pembagian itu, tak perlu dilakukan oleh pengemudi. Mobil sendiri yang akan menentukan, kapan dan di mana harus mendistribusikan tenaga kepada masing-masing roda sesuai dengan kebutuhan. Jadi, pantas dibanggakan!

Pendistribusian torsi ke roda sesuai dengan kondisi jalan dan mengemudi, perlu dilakukan karena bisa saja salah satu roda slip atau tidak menyentuh permukaan jalan pada kondisi tertentu. Misalnya, permukaan jalan licin atau salah satu roda terangkat.

Full vs Part Time
Dulu, teknologi AWD atau 4x4, baik yang full-time (permanen) maupun part-time (bisa diubah dari x4x menjadi 4x2 atau sebaliknya), cukup menimbulkan dilema.

Pada “Full-Time” (FT), setiap kendaraan dijalankan, mesin harus mengengkol keempat rodanya, baik di off-road maupun di on road (jalanan aspal).

Nah, pada jalanan aspal kondisi FT tidak menguntungkan. Konsumsi bahan bakar jadi boros. Pasalnya, komponen pemindah daya yang harus digerakkan mesin banyak. Kerugian tenaga juga bertambah.

Pada “Part-Time” (PT) juga ada masalah. Sistem harus dilengkapi dengan “transfer case” (ada yang menyebutnya “gardan tengah”). Tugas bagian ini, membuat kendaraan bekerja menjadi 4x2 saja atau 4x4.

Beberapa produsen saat i ni menciptakan sistem 4x4 PT yang lebih gampang pengoperasiannya. Pengemudi cukup menekan tombol untuk berpindah sistem dari satu kondisi ke kondisi mengemudi lainnya. Ternyata, cara ini dianggap belum praktis karena bobot kendaraan makin berat lantaran ukuran gardan tengah cukup besar.

Kopling Aktif
Nah, melihat dasar AWD Captiva, teknisnya mirip dengan FT. Pasalnya, antara as roda belakang dan depan hanya dihubungkan oleh sebuah as kopel secara permanen. Tidak ada gardan tengah.

Meski begitu, sebelum gardan atau diferensial belakang, Chevrolet menambahkan komponen yang disebut “Active Coupling”. Bahasa kitanya, kopling aktif. Hebatnya lagi, kopling aktif ini kerjanya berdasarkan perintah “otak” atau dikontrol oleh komputer.


Selanjutnya, komputer memberi perintah kepada kopling aktif berdasaran informasi yang diterima dari alat pengindera atau sensor-sensor yang dipasang pada mobil yang berfungsi seperti mata, kuping, hidung, kulit atau alat perasanya lainnya pada manusia.

Setelah menerima informasi dari sensor tersebut, komputer memproses dan lantas memerintahkan kopling untuk bekerja, pada manusia bisa diumpamakan dengan kaki.

Tugas dari kopling meneruskan torsi yang dihasilkan mesin ke as roda belakang. Namun tenaga yang diteruskan ke roda belakang, bisa berubah-ubah sesuai dengan kondisi medan atau jalan yang dilalui.

Kopling bekerja bila, ban depan atau belakang slip. Untuk memastikan ban salah satu ban slip didasarkan pada perbedaan kecepatan putaran masing-masing roda yang dilengkapi dengan sensor. Atau bisa pula, kopling mendistribusikan torsi secara merata ke roda depan dan belakang bila mengetahui, kecepatan putaran roda depan dan belakang sama.

Untuk ini, sistem juga memanfaatkan informasi dari bagian lain, yaitu komputer mesin, kontrol bodi (body control) dan kontrol rem yang bekerja secara elektronik atau EBC (electronic brake control).

Kopling Magnet
Aktif kopling terdiri dari lembaran kopling seperti yang digunakan pada sepeda motor. Lembaran kopling ini juga diredam dalam oli.

Pada aktif kopling, ada komponen utama lain, yang justru dikontrol oleh komponen, yaitu rangkaian kopling magnet (diberi aliran listrik baru menjadi magnet). Kopling magnit ini mampu memindahkan torsi ke roda belakang dari 0 sampai 2.530 Nm.

Kopling tersebut memindah torsi sesuai dengan perintah yang diterimanya dari komputer atau kondisi permukaan yang dilalui. Misalnya aspal, pasir, lumpur dan sebagainya. Pengontrolan dilakukan secara terus-menerus.

Pada kondisi jalan mulus, pembagian tenaga untuk kedua as roda depan dan belakang adalah 50:50. Tetapi bila permukaan jalan yang dilalui ban belakang licin atau pasir, perbandingan diubah. Torsi ke roda belakang dikurangi atau dihentikan sama dan hanya digunakan untuk roda depan. Dengan demikian, tenaga mesin untuk menggerakkan kendaraan tetap besar dan maksimal.

Lebih Aman
Kemampuan seperti yang disebutkan di atas, bukan hanya membantu traksi dan stabilitas di jalan berpasir, juga di permukaan basah atau becek. Traksi tetap maksimal di jalan yang licin. Begitu pula dengan kemampuan menanjak dan akselerasi kendaraan dari diam.

Stabilitas juga lebih baik pada kecepatan tinggi karena mobil terus dikontrol. Malah gejala oversteer atau understeer, bisa dicegah karena Chevrolet memasang pula ESP (Electronic Stability Program) pada Captiva AWD ini.

Kerja pengemudi makin nyaman saja karena SUV ini dipersenjatai dengan transmisi otomatik 5 percepatan, tiptronic. Mau tambah tenaga atau santai, tinggal menyentuh tongkat transmisi ke depan atau ke belakang!

Kompensasi dari semua kelebihan yang telah disebutkan tadi, adalah tambahan komponen dan bobot kendaraan. Bila dasar kendaraan menggunakan gerak roda depan, maka tambahan komponen adalah as kopel (propeller shaft), kopling aktif, gardan (diferensial) belakang, dan as roda belakang aktif (memutar roda).

Dengan ada komponen tersebut, selain menambah bobot, komponen yang berputar juga membutuhkan energi. Berarti konsumsi energi lebih besar dibandingkan degnan 4x2. Faktor terakhir ini pula yang menyebabkan Chevrolet hanya mengandalkan mesin diesel dengan torsi besar pada varian terakhir Captiva ini.

Kendati demikian, dibandingkan dengan sistem AWD lama, versi terbaru ini jauh lebih ringan lebih praktis. Yang rumit adalah sistem kontrol elektroniknya.

Karena kerja kopling aktif tergantung pada energi listrik, begitu juga sistem pengontrolan, maka sumber listrik pada mobil, yaitu batere plus alternator harus dijaga dalam kondisi selalu sehat dan bekerja secara optimal.
captiva awd sifat nya on demand, mungkin utk proporsi tenaga nya. nah soal full time atau ngga nya..ini agak bingung. sbab ada yg bilang dia tetep 2wd selama gak ada slip.
tp kyknya, jika aspal basah dgn hispeed selama ga slip, spt nya tetep 2wd.
kalo safety, betul awd full time spt subaru lebih aman, krn lebih sulit utk slip secara seluruh roda gerak semua.
khens wrote:logikanya traction control untuk mendeteksi ban selip apa tidak ..... langkah selanjutnya jika terdeteksi ban selip maka fungsi AWD yang mengkoreksinya dengan pendistribusian tenaga pada roda yang lain. kalo ada traction control tapi tidak ada AWD sia sia dong.....
traction ctrl walau ga awd tetep berguna. fungsinya utk pindahin power ke ban yg tidak slip atau cut throttle/turunin gas seperti ASD di a class misalnya.
aldonny
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Sep 05, 2009 12:41

Re: share captiva part 02

Post by aldonny »

Hi Teman2, ada dengar ctv di recall di China masalah stir ? Apa selama ini teman2 punya pengalaman stir bunyi pada saat diputar2/belok tajam ? pls share...
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

setir bunyi2 yg kyk mana bro?
klo bunyi spt ada sambungan karet yg msh keset, kdg2 gw rasa. selebih dr itu blm ada bunyi2an yg aneh
gw pikir mgkn krn mblnya msh lmyn baru (1thn)
ato ada user laen yg punya masalah di setir? pls share
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: share captiva part 02

Post by khens »

khens wrote:logikanya traction control untuk mendeteksi ban selip apa tidak ..... langkah selanjutnya jika terdeteksi ban selip maka fungsi AWD yang mengkoreksinya dengan pendistribusian tenaga pada roda yang lain. kalo ada traction control tapi tidak ada AWD sia sia dong.....
Abu2 wrote:traction ctrl walau ga awd tetep berguna. fungsinya utk pindahin power ke ban yg tidak slip atau cut throttle/turunin gas seperti ASD di a class misalnya.
yang jadi masalah hanya AWD yang ada TCS nya om yang VCDI (diesel) dan bensin tidak ada......so untuk case captiva TCS dipasangkan dengan AWD untuk mentransfer torsi ke ban lain bukan untuk cut throtle....cmiiw....

-khens-
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: share captiva part 02

Post by khens »

aldonny wrote:Hi Teman2, ada dengar ctv di recall di China masalah stir ? Apa selama ini teman2 punya pengalaman stir bunyi pada saat diputar2/belok tajam ? pls share...

so far punyaku ngga ada masalah om...kalupun ada proses claimnya pun mudah....tinggal verivikasi di bengkel pasti dibetulin ato diganti parts yang cacat....

-khens-
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

Kalau yang saya pake odometer baru tembus 2000 km, nggak ada keluhan di steering kecuali radius putarnya agak besar.

Jika ada masalah tinggal klaim saja ke beres, garansi ATPM 3 tahun. :D

:big_peace:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: share captiva part 02

Post by Abu2 »

Abu2 wrote:traction ctrl walau ga awd tetep berguna. fungsinya utk pindahin power ke ban yg tidak slip atau cut throttle/turunin gas seperti ASD di a class misalnya.


aahhhh, si neng kangen ama si Bau2 yah......ampe quotenya si roadtrain pun dibikin quote nya si Bau2..... :e-whistle: :mrgreen:
:ngacir:
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

Hmm, semakin mencurigakan ... :e-think:
aldonny
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Sat Sep 05, 2009 12:41

Re: share captiva part 02

Post by aldonny »

Thanks bro captivated, kens & esh buat commentnya. Itu yg direcall sepertinya produksi Korea buatan sebelum Desember 2007 dan jumlah juga ga banyak kok. Memang ada garansi 3 th ada ketenangan buat kita2. :e-dance: Ngomong2 dah pada lihat Captiva Prime ? kayaknya makin ok pake jok kulit suede, DVD monitor & velg baru.
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

sekedar share aja, sy booked captiva diesel FWD bulan des'09 di dealer SMART surabaya, nah sekarang unit sudah ready, tapi sy punya banyak kendala,
1. Plafon jok dalem mobil banyak banget kotornya (item2 gitu) trus jok nya sendiri ngak kalah banyak itemnya. kalo injekan kaki emang kotor, tapi itu kan wajar soalnya menurut salesnya masih belum dibersihkan sama sekali. Kalo jok plafon ini yang sy heran, ini mobil display apa? apa orgnya masuk pegang2 plafon? kan harusnya gak mungkin
2. baut yang yang deket ama shokbreaker belakang dua2nya berkarat, dia bilang semua mobil gitu, sy tidak percaya soalnya kalo memang begitu lah mobil sy sudah pakai 3 tahun punya innova ngak koq, kalo itu masih baru aja kayak gitu apalagi 3 tahun (jadi apa?).
3. dek captiva bagian atasnya itu kalo tidak salah kayak sejenis karet gitu ya (soalnya empuk2 gitu) itu ada 1 garis yang agak masuk alias penyok karetnya.
4. Berapa kilometer mobil baru untuk captiva itu ya? kilometer yang mau diberikan ke saya 49, ini wajar apa ngak ya?
5. Ada sedikit baret di bemper belakang, katanya mau dipoleskan dulu.

Selama sy beli mobil di honda dan toyota, terus terang tidak pernah menemui kendala seperti ini, terus terang saya kecewa sekali dengan dealer SMART ini, maklum kalo namanya kita beli mobil baru kan minta nya perfect, mana mau dikasih ada karat biar itu baut2 nya dan karet yang masuk biar dikit, kan sy beli nya harga normal, bukan bekas. Sekian shared dari saya, oh ya tidak lupa saya mengucapkan TERIMA KASIH kepada bro Strong_tower yang sudah banyak membantu saya.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: share captiva part 02

Post by maskopat »

I-Com wrote:sekedar share aja, sy booked captiva diesel FWD bulan des'09 di dealer SMART surabaya, nah sekarang unit sudah ready, tapi sy punya banyak kendala,
1. Plafon jok dalem mobil banyak banget kotornya (item2 gitu) trus jok nya sendiri ngak kalah banyak itemnya. kalo injekan kaki emang kotor, tapi itu kan wajar soalnya menurut salesnya masih belum dibersihkan sama sekali. Kalo jok plafon ini yang sy heran, ini mobil display apa? apa orgnya masuk pegang2 plafon? kan harusnya gak mungkin
2. baut yang yang deket ama shokbreaker belakang dua2nya berkarat, dia bilang semua mobil gitu, sy tidak percaya soalnya kalo memang begitu lah mobil sy sudah pakai 3 tahun punya innova ngak koq, kalo itu masih baru aja kayak gitu apalagi 3 tahun (jadi apa?).
3. dek captiva bagian atasnya itu kalo tidak salah kayak sejenis karet gitu ya (soalnya empuk2 gitu) itu ada 1 garis yang agak masuk alias penyok karetnya.
4. Berapa kilometer mobil baru untuk captiva itu ya? kilometer yang mau diberikan ke saya 49, ini wajar apa ngak ya?
5. Ada sedikit baret di bemper belakang, katanya mau dipoleskan dulu.

Selama sy beli mobil di honda dan toyota, terus terang tidak pernah menemui kendala seperti ini, terus terang saya kecewa sekali dengan dealer SMART ini, maklum kalo namanya kita beli mobil baru kan minta nya perfect, mana mau dikasih ada karat biar itu baut2 nya dan karet yang masuk biar dikit, kan sy beli nya harga normal, bukan bekas. Sekian shared dari saya, oh ya tidak lupa saya mengucapkan TERIMA KASIH kepada bro Strong_tower yang sudah banyak membantu saya.
yang kayak gini, apakah bisa kita periksa ke GM Indonesia? dengan memberikan nomor chassis dan nomor rangka?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

maskopat wrote:
I-Com wrote:sekedar share aja, sy booked captiva diesel FWD bulan des'09 di dealer SMART surabaya, nah sekarang unit sudah ready, tapi sy punya banyak kendala,
1. Plafon jok dalem mobil banyak banget kotornya (item2 gitu) trus jok nya sendiri ngak kalah banyak itemnya. kalo injekan kaki emang kotor, tapi itu kan wajar soalnya menurut salesnya masih belum dibersihkan sama sekali. Kalo jok plafon ini yang sy heran, ini mobil display apa? apa orgnya masuk pegang2 plafon? kan harusnya gak mungkin
2. baut yang yang deket ama shokbreaker belakang dua2nya berkarat, dia bilang semua mobil gitu, sy tidak percaya soalnya kalo memang begitu lah mobil sy sudah pakai 3 tahun punya innova ngak koq, kalo itu masih baru aja kayak gitu apalagi 3 tahun (jadi apa?).
3. dek captiva bagian atasnya itu kalo tidak salah kayak sejenis karet gitu ya (soalnya empuk2 gitu) itu ada 1 garis yang agak masuk alias penyok karetnya.
4. Berapa kilometer mobil baru untuk captiva itu ya? kilometer yang mau diberikan ke saya 49, ini wajar apa ngak ya?
5. Ada sedikit baret di bemper belakang, katanya mau dipoleskan dulu.

Selama sy beli mobil di honda dan toyota, terus terang tidak pernah menemui kendala seperti ini, terus terang saya kecewa sekali dengan dealer SMART ini, maklum kalo namanya kita beli mobil baru kan minta nya perfect, mana mau dikasih ada karat biar itu baut2 nya dan karet yang masuk biar dikit, kan sy beli nya harga normal, bukan bekas. Sekian shared dari saya, oh ya tidak lupa saya mengucapkan TERIMA KASIH kepada bro Strong_tower yang sudah banyak membantu saya.
yang kayak gini, apakah bisa kita periksa ke GM Indonesia? dengan memberikan nomor chassis dan nomor rangka?
Nah itu dia bro, sy lagi dibantu sama bro strong_tower, atau mungkin ada bro2 yang lain yg punya channel ke GM indo langusng, bisa bantu saya donk buat cek? nanti saya bisa pm kan noka sama nosin nya, thanks bro semua
User avatar
Strong_Tower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Wed Nov 11, 2009 2:58

Re: share captiva part 02

Post by Strong_Tower »

@I-com
dah dapet saran ya bro : JANGAN DIBELI :)
semoga segera dibantu oleh GM pusat.
Image
User avatar
Strong_Tower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Wed Nov 11, 2009 2:58

Re: share captiva part 02

Post by Strong_Tower »

tentang recall, ketua Chevy Captiva Club sudah menanyakan, dan langsung dijawab oleh pihak GMAWI

note:
imho, captivian perlu join 3C ini, mengingat captiva termasuk spesies langka. kalo ada update, sekecil apapun tentang captiva, kita bisa segera tau
Dear pak Ketua,

Thanks atas infonya.

Sedikit sharing pak Ketua, yang perlu dipahami oleh pemilik kendaraan di dunia khususnya para Captiva mania adalah ;

Bahwa GMAI memberikan warranty 3 tahun tanpa batasan kilometer untuk semua jenis, tipe produk yang dikeluarkannya (syarat dan ketentuan berlaku) serta siap cooperative terhadap masalah apapun yang dialami oleh Pemakai produknya. Bicara Recall pak Ketua, Recall dalam ranah Purna Jual (produsen) terbagi dalam 3 jenis;

1. Safety Recall
- Recall terhadap masalah teknis pada kendaraan yang dapat menurunkan nilai keamanan dan keselamatan pengemudi dan penumpang
misal : rem blong, pedal gas nyangkut dll
2. Comfort Recall
- Recal terhadap masalah teknis dan non teknis pada kendaraan yang dapat menurunkan nilai kenyamanan langsung secara fisik kepada pengemudi dan penumpang
misal : masalah pada AC, jok bunyi, antena radio tidak menangkap frekuensi dengan baik dll
3. Satisfaction Recall
- Recall terhadap masalah teknis dan non teknis yang dapat menurunkan nilai kepuasan secara psikologi bagi pengemudi dan penumpang
misal : suara berisik pada ban, aki yang gampang rusak, power steering berbunyi dll

Dan indikasi yang ditemukan oleh tim kami di China adalah adanya masalah teknis yang tidak berkaitan dengan masalah safety namun mengganggu konsumen dari segi comfort dan satisfaction. Oleh karena itu tim kami di China cepat me-recall untuk mengganti dan memperbaiki masalah teknis dimaksud, masalah di seputar power steering.

Oleh karenanya, info recall tersebut tidak perlu dikhawatirkan oleh Pemilik Captiva di Indonesia dan kami sangat menunggu kiritik dan saran dari seluruh pemakai Chevrolet dan siap membantu melayani semaksimal mungkin masukan dan bilamana ada keluhan dari Pelanggan kami yang tercinta.

Untuk soal recall, produsen berkewajiban melakukan dua jenis Recall jika ditemukan ada masalah teknis pada produk-nya. Yakni 1. Silence Recall : Pemanggilan kepada beberapa puluh atau ratus kendaraan yang diduga mengalami masalah teknis. Dalam silence Recall Produsen atau ATPM hanya melayangkan surat kepada Pemilik produk bersangkutan sesuai tahun kendaraan yang dianggap bermasalah, VIN Number kendaraan yang diduga bermasalah atau hanya memperbaiki dan mengganti komponen yang bermasalah pada beberapa Pemilik kendaraan yang mengeluh.

Yang kedua adalah Open Recall : Pemanggilan kepada seluruh kendaraan sesuai jenis yang bermasalah terutama yang mengalami masalah teknis yang dapat membahayakan keselamatan pengemudi dan penumpang dan terdapatnya kerusakan masal terhadap komponen jenis tertentu. Open Recall yang prosesnya melalui Media Massa ini, biasanya dilakukan saat ditemukan masalah pada lebih dari 2000 unit kendaraan.

Terpenting adalah, Recall merupakan sebuah layanan dari produsen untuk Konsumen demi kebaikan bersama. Bukan sesuatu yang tabu namun merupakan barang baru di Indonesia . Di Amerika, bahkan ada badan khusus yang mengumumkan daftar produk recall dan diupdate setiap bulan, silahkan klik ; www.autorecalls. us . Hampir semua merek telah dan biasa melakukan recall di Amerika :-)

Salam hormat,

Thanks &
Warmest regards, :-)

Kiki Fajar
GM Indonesia - Chevrolet
PR & Corporate Communications Manager

Jl. Raya Bekasi Km 27 Bekasi Indonesia
Tel:+6221.30406800 fax:+6221.8849307
Direct :+6221.30406878
mobile : +62811838224
mail : fajar.harianto@ gm.com
blackberry : fajar.harianto@ gmail.com
Image
Captivated
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 745
Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13

Re: share captiva part 02

Post by Captivated »

I-Com wrote:sekedar share aja, sy booked captiva diesel FWD bulan des'09 di dealer SMART surabaya, nah sekarang unit sudah ready, tapi sy punya banyak kendala,
1. Plafon jok dalem mobil banyak banget kotornya (item2 gitu) trus jok nya sendiri ngak kalah banyak itemnya. kalo injekan kaki emang kotor, tapi itu kan wajar soalnya menurut salesnya masih belum dibersihkan sama sekali. Kalo jok plafon ini yang sy heran, ini mobil display apa? apa orgnya masuk pegang2 plafon? kan harusnya gak mungkin
2. baut yang yang deket ama shokbreaker belakang dua2nya berkarat, dia bilang semua mobil gitu, sy tidak percaya soalnya kalo memang begitu lah mobil sy sudah pakai 3 tahun punya innova ngak koq, kalo itu masih baru aja kayak gitu apalagi 3 tahun (jadi apa?).
3. dek captiva bagian atasnya itu kalo tidak salah kayak sejenis karet gitu ya (soalnya empuk2 gitu) itu ada 1 garis yang agak masuk alias penyok karetnya.
4. Berapa kilometer mobil baru untuk captiva itu ya? kilometer yang mau diberikan ke saya 49, ini wajar apa ngak ya?
5. Ada sedikit baret di bemper belakang, katanya mau dipoleskan dulu.

Selama sy beli mobil di honda dan toyota, terus terang tidak pernah menemui kendala seperti ini, terus terang saya kecewa sekali dengan dealer SMART ini, maklum kalo namanya kita beli mobil baru kan minta nya perfect, mana mau dikasih ada karat biar itu baut2 nya dan karet yang masuk biar dikit, kan sy beli nya harga normal, bukan bekas. Sekian shared dari saya, oh ya tidak lupa saya mengucapkan TERIMA KASIH kepada bro Strong_tower yang sudah banyak membantu saya.
1-3 : minta diberesin dulu baru ambil bro. hak anda sbg konsumen utk dpt mobil yg sesuai di perjanjian awal
4 : mbl gw malah udh >200km. ini msh bs gw tolerir krn alasannya mbl ini di-drive dr jkt-lmpg
5 : klo baret udh dalam (ga bs ilang dipoles), minta dibenerin dulu br mau diambil. masa mbl baru udh baret2?

my 2 cents
khens
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 33
Joined: Tue Feb 16, 2010 11:00

Re: share captiva part 02

Post by khens »

saran
1. kalo emang unit belum dibawa pulang, jangan diterima dulu sampe semua keluhan bisa diatasi.
2. join milis captiva-suv ( http://autos.groups.yahoo.com/group/captiva-suv/ ) untuk memantau
dan kalo memang dealer tidak cooperatif bisa curhat disana karena banyak pejabat GMAI yang
memonitor juga disana dijamin pasti cepat mendapat respon.
3. Sekalian jadi member kalo berkenan biar kita bisa touring bareng .... :big_peace: :big_peace:

-khens-
esh
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10981
Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
Location: Tandes Surabaya
Daily Vehicle: Nissan Livina VL

Re: share captiva part 02

Post by esh »

Saran saya kalau unit masih di showroom dan belum diambil sebaiknya minta tukar unit daripada bikin bad mood. Sekalian diperiksa pojok kap mesin yang dekat kaca suka 'terluka' akibat terbentur saat proses buka tutup kap mesin. Hal ini dikarenakan penyetelan celahnya terlalu sempit.
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

khens wrote:saran
1. kalo emang unit belum dibawa pulang, jangan diterima dulu sampe semua keluhan bisa diatasi.
2. join milis captiva-suv ( http://autos.groups.yahoo.com/group/captiva-suv/ ) untuk memantau
dan kalo memang dealer tidak cooperatif bisa curhat disana karena banyak pejabat GMAI yang
memonitor juga disana dijamin pasti cepat mendapat respon.
3. Sekalian jadi member kalo berkenan biar kita bisa touring bareng .... :big_peace: :big_peace:

-khens-
thank's bro khens buat infonya, baru join ke milis.
I-Com
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 133
Joined: Fri Nov 23, 2007 9:18

Re: share captiva part 02

Post by I-Com »

esh wrote:Saran saya kalau unit masih di showroom dan belum diambil sebaiknya minta tukar unit daripada bikin bad mood. Sekalian diperiksa pojok kap mesin yang dekat kaca suka 'terluka' akibat terbentur saat proses buka tutup kap mesin. Hal ini dikarenakan penyetelan celahnya terlalu sempit.
thanks juga bro esh, emang saya belom mau terima unitnya, pojok kap mesin yang sebelah mana ya bro? kanan atas apa kiri atas?? :thanks:
User avatar
Strong_Tower
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 140
Joined: Wed Nov 11, 2009 2:58

Re: share captiva part 02

Post by Strong_Tower »

I-Com wrote:
khens wrote:saran
1. kalo emang unit belum dibawa pulang, jangan diterima dulu sampe semua keluhan bisa diatasi.
2. join milis captiva-suv ( http://autos.groups.yahoo.com/group/captiva-suv/ ) untuk memantau
dan kalo memang dealer tidak cooperatif bisa curhat disana karena banyak pejabat GMAI yang
memonitor juga disana dijamin pasti cepat mendapat respon.
3. Sekalian jadi member kalo berkenan biar kita bisa touring bareng .... :big_peace: :big_peace:

-khens-
thank's bro khens buat infonya, baru join ke milis.
ybs titel-nya "tante" om... :frm_salut:
Image