Hari minggu 04 April bersama keluarga, saya melakukan service I pada Km.1000 si FREED di Honda Jemursari-Surabaya.
( sejak hari pertama memiliki FREED saya sdh beberapa kali membaca buku SERVICE )
1. Saat datang, service advisor menanyakan apakah juga dilakukan pengantian OLI MESIN ?
Kata saya " LHO... bukannya di buku service tdk disarankan utk mengganti oli mesin pada service I di Km.1000 ? "
" Bukankah di buku service sdh disebutkan utk penggantian oli mesin pada Km.10 rb ?"
Sang petugas menjawab : " baik pak, kami cuma menyarankan saja "
2. Saat dilakukan service, terlihat 2 mekanik yg cuma melakukan :
# buka penutup mesin, masuk ke dlm mobil, ngobrol sambil membalik2 lembaran buku service, keluar lagi dari kabin, trus menunggu disamperin oleh supervisornya.
3. Iseng2 saya bertanya pada service advisor ( SA ) perihal penggantian OLI MESIN & OLI TRANSMISI ( matic )
SA : " ganti oli mesin setiap 5 rb km ( Buku service tertulis setiap 10 rb km )"
: " ganti oli transmisi matic setiap 20 rb km ( Buku service tertulis : ganti pada km 120 rb, bila berkurang boleh ditambahkan secukupnya ) "
dari diskusi tsb, saya menjadi bingung mana yg hrs dituruti ???
# Bila menuruti perkataan SA, maka terjadi pemborosan dlm biaya operasional kend.tsb dan PANDUAN PADA BUKU SERVICE ADL SALAH ALIAS NGAWUR !!!!!
# Bila menuruti panduan dari buku service maka ucapan dari SA tsb perlu dipertanyakan dan bila terjadi kerusakan pada sistem transmisi akibat pemakaian oli transmisi sejauh 120 km, siapakah yg hrs bertanggung jawab ?.
Mohon saran & tanggapan dari teman2 SR
terima kasih
Note : Utk BeRes Honda di Wil.Surabaya, manakah yg paling bagus ? ( atau paling baik diantara yg JELEK

)