sjamsul wrote:^^
ohhh ... di honda maestro tohhh......gampang aja sih......
lampu originalnya saat nyalain hi beam, mk yg nyala cuma lampu dalemnya ajah (bohlam H1), sedangkan low nya tetep nyala...... nah, saat jalan siang hari, klo nyalain hi beam, mk yg nyala cuma hi beam ajah......
Tapi klo udah dipakein relay set (klo benar bikinnya), mk saat jalan siang hari keempat lampunya akan idup (H4 hi n H1), sedangkan lownya ga nyala.....trus klo malam hari, saat lampu lo nyala, kmd dinyalakan hi beam, mk lo di H4 akan mati, tp hi di H4 akan idup bareng dg H1.............
trus masalah lampu H4 nyalanya lambat ada beberapa kemungkinan:
1. Ga dipasangin relay set, sedangkan bohlam yg dipake berdaya besar. Jadi kabel originalnya ga kuat..
2. Klo dah ditambahkan relay set, kemungkinan besar kabel2nya dah ga bagus ato nt belinya yg abal2....
3. Klo dah pake relay yg bagus, ada kemungkinan suplai arus ke relay terhambat, krn ada kotoran di kepala akinya.... jadi mesti dibersihkan kepala akinya n kabel yg suplai listrik ke relay....
4. nt belon ketemu ahlinye.......jadi penasaran dehhhhh...... hahahahahaha......
mangkenya klo nt tinggal di jakarta, maen2 aja ke tempat ane, nanti akan ane bantuin periksa.......tp bukan jualan yahhhh.......
tp klo nt tinggal di luar jakarta, coba ajah potoin kabel2nya, nanti ane akan coba bantu sebisanya.......
smoga bermanfaat..........
btw untuk mobil nt yg satu, sebaiknya jangan dipakein relay set, krn bohlamnya (klo ga salah H1)..... gampang sekali putus, klo dipakein yg berdaya besar...... so sebaiknya pakein ajah bohlam standardnya......
Hahaha..iya nih, belon nemu yang ahli kabel yang bisa dipercaya lagi, makanya jadi iseng belajar sendiri.. Di Jakarta Bos, Nt dijakartanya dimana? nanti kapan2 sempet dan lowong disempetin main deh...
back 2 topic :
1 relay set ada terpsang kok pak tapi cuma 3 relay, bohlamnya juga standart aja kok... cuma anehnya pas salah satu relay mati yang kakinya 5 (30,85,86,87,87a) dan ane ganti sementara ama yang 4 kaki(tanpa 87a) mlah tambah terang lampunya, cuma ya itu, pas di beam(pake lampu H1) dan di low kan malah lampu yang H4 nya dua2nya suka mati dulu kadang lama banget nyalanya, ini berlaku kalo udah lama jalan, kalo baru normal2 aja alias langsung nyala H4nya begitu beamnya saya matiin.... nah kamsud ane maunya gitu tuh, seperti yang Nt jelasin diatas terakhir kalo di high pada malam hari yang H1 dan H4 yang highnya nyala... gimana ya itu cara bikinnya?? bisa dibocorin skemanya ga?
2 Wah ga tau tuh dah ga inget lagi kabelnya abal2 apa ngga' seinget ane tu kabel tebel aja tembaganya dan lentur.
3 Relaynya pake yang BOSCH P1 yang asli, belinya ama langganan lama.
4 dah dijawab diatas
Oh jadi BMW itu ga bagus dikasih relay ya? mobil eropa kenapa kebanyakn lampunya pada redup2 ya?? apakah itu ciri khasnya?? oh iya, setau saya kan relay itu cuma kontak elektronis aja kan?
Thanks alot atas balasannya...