Help, ada apa dengan mobilku?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

Senior-senior SM,

ane butuh bantuan sama mobil ane honda jazz idsi matic.

minggu lalu waktu long weekend ane dari bsd menuju tmii, ketika sudah exit tol dan ketemu macet mobil jalannya merayap dan ketika injak rem terjadi sesuatu yang aneh dengan mobil yaitu :

- tiba-tiba HU mati diikuti speaker mati
- lampu indikator temp H dan C dua2nya nyala serta indikator power steering (EPS) juga nyala
- mesin terasa mati sebentar
- kejadian sangat cepat tidak sampai 1 detik kemudian normal lagi.

Dugaan adalah air radiator kurang karena sudah persis di batas bawah, akhirnya ke bengkel langsung ganti dan kuras radiator pakai air radiator prestone. sesudah itu tidak terjadi lagi.

Tetapi kemarin sore ketika dari mall central park menuju bellagio terjadi lagi hal yang sama ketika mobil jalannya pelan karena macet. Ketika injak rem lampu depan langsung redup dan gejala-gejala diatas terjadi lagi.

Ketika sudah sampai parkiran bellagio dan mobil dalam posisi diam, saya coba menyalakan radio, lampu, dan ac, ketika injak rem baik-baik saja tidak muncul masalah.

Kira-kira apa yang salah ya dengan mobilku?
Apakah RPM yang terlalu rendah di mana RPM selalu dibawah 1 dalam keadaan diam waktu ac menyala atau tidak, ataukah aki yang sudah mulai soak, ataukah yang lain?

Jika saya bawa ke bengkel, harus bilang apa ke montirnya?

Mohon pencerahan dari senior-senior.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

dulu sih SL ane pernah kayak gitu. ternyata ada kabel kendor ke kepala aki yang positif. sama montir dikencengin lagi kabelnya...

gak inget kejadiannya pas ngerem atau gak. tapi lampu mati sendiri, tape restart sendiri... gitu deh..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

mmhh tidak kepikiran sama ane utk cek kabel di kepala aki, bisa jadi juga ya. mesin kerasa kaya mati sesaat trus nyala lagi tidak mas maskopat?
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by DOHC »

mungkin bukanya mati kali tapi rpm lgs drop gt.... kalo rpm drop ampe kadang bikin mesin bergeter seh ane uda perna ngerasain waktu nyetir jess matic sepupu ane... apalagi kalo kondisi macet dan cuaca terik.. berasa banget tuh geteran nya...

btw mobil nya TS itu ada modif apa ga, audio gt atau tambah lampu atau apalah... kayanya ane curiga ada masalah klistrikan.... sayang propesor sjamsul uda jarang online sehh, kalo ga, bisa minta tolong propesor bantu cek tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

kurang tahu juga rpm drop atau apa, soalnya pas lagi jalan pelan memang rpm dah di angka 1 atau dibawah 1, pas injak rem lgsg muncul gejala2 aneh, tapi tidak selalu setiap kali injak rem waktu jalan pelan.

Pas terjadi kurang tahu juga apakah mesin bergetar atau tidak, rasanya agak mirip kita starter mobil, jadi seakan2 mesin dah mo mati tiba2 pas blm mati distarter lagi sendiri kayak gitu.

Mobilnya ane beli second hand, pemilik sebelumnya ada modif audia, soalnya ada kabel audionya yang tidak kepakai lagi di bagasi, saat ini speaker cuma pakai yang standard, sama 2 tweeter kecil didashboard. lampu tidak ada modifikasi sama sekali, masih yang standard jazz idsi semua.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by DOHC »

mungkin ga yah kalo kira2 kaya gini..... mobil berhenti --> putaran mesin menurun --> supply listrik turun --> mesin jadi mo mati dan klistrikan jadi error..... nah supply listrik yg turun ini gara2 ada klistrikan yg ga beres gara2 modif audio pemilik yg dulu.....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

Jadi solusinya menurut om dohc harus diapain ya? btw, mobilnya saya beli akhir tahun 2009, selama pakai sampai 2 minggu lalu tidak pernah ada masalah. baru mulai terjadi 2 minggu yang lalu.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

Kaleng wrote:mmhh tidak kepikiran sama ane utk cek kabel di kepala aki, bisa jadi juga ya. mesin kerasa kaya mati sesaat trus nyala lagi tidak mas maskopat?
iya om, kayak mau mati mesinnya.. jadi bukan kabel di kepala aki sih, tapi ada sambungan kabel yang kendor. setelah dikencengin, bagus lagi.
tapi kan SL ane mobil simpel om. gak pake ecu dan teknologi canggih. :big_peace:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by DOHC »

waduh ane jg ga ngerti jess bro, kaga punya tuh mobil soalnya.... tapi saran nya om kopat boleh dicoba dulu tuh... kalo masalah kepala aki uda bener yah bearti bisa proceed ke yg laen...

kalo saran ane seh mending coba bawa ke bengkel aja bro.... karena itu lampu indikator suhu dan power steering kan berhubungan kerja nya tapi koq bisa nyala bareng, takutnya ada masalah.... bisa dibawa ke bengkel resmi atau yg non resmi kaya honda clinic, firna, sigma, atau bengkel langganan ente....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

Ada yang kelupaan, apakah mungkin ini ada hubungannya dengan HU yang kadang kalau saya tekan tombolnya malah mati total HU nya? misalnya tombol pilih gel. radio yang sudah direkam yang ditombol 1 - 6 kadang tekan tombol tertentu malah mati HU nya. tapi hanya HU yang mati sebentar trus nyala lagi. apa gara-gara HU yang error ya?
Tetapi kejadian ketika rem dalam kondisi tidak mengutak atik HU.

Kalau bawa ke bengkel mungkin akan bawa ke lestari motor (RS tuning) yang di dekat bintaro, cuma takut dibohongin juga sih. Soalnya baru pernah ke bengkel buat ganti oli dan air radiator serta ganti ban. ke bengkel ceritain masalahnya ke montirnya ya?
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

om kaleng, ane gak ngerti kalo bawa ke bengkel mana. gak pernah pegang honda. temen ane yang punya honda, pernah bawa ke honda klinik yang di daerah cempaka mas situ...

ngomong ke montir, bilang aja seperti yang ente tulis. tapi kalo bisa, keluhan jangan "diarahkan" ke dugaan ente. misalnya kabel kendor atau apa, biar analisis si montir gak bias.

dugaan ane nih yang mungkin jadi penyebab:
1. kabel2 yang kendor
2. aki sudah tekor
3. alternator yang bermasalah. ini termasuk IC yang mengatur alternator ini.

kalo masalah ini gampang terjadi, nego ke montir untuk coba dulu, jangan langsung beli untuk ganti. minimalkan beli part yang sebenernya belum tentu rusak.

ane coba panggil propesor aki yah... mudah2an dia bisa bantu...

prop... propesor... ada pasien neh... :mrgreen:
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

Ok bos, kalau dah ke bengkel akan disampaikan keluhan ane.

Semoga professor aki dengar panggilan ente hohoho
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by sjamsul »

@kaleng:
hmmmm... ane ga tau neh... nt kaleng krupuk ato kaleng biskuit neh....... hahahahaha......(sorry jk)....

bro, ane pernah denger2 dari seorang temen pemake jazz juga...... penyakitnya mirip2 ama yg nt alamin...... solusinya sederhana aja sih..... cuma kencengin baut2 di kepala akinye aja, terutama yg negatip.... dah gitu masalah selesai....... krn kabel ground (negatip) bawaan mbl jazz kecil banget n cuma nempel di body di samping aki..... jadi saran ane, sebaiknya ditambahkan kabel ground lagi... satu ke bodi, satunya lagi ke mesin........ga usah pake yg mahal2, cukup kabel sederhana aja, yg penting jepit terminal n ukurannya cukupan...

smoga bermanfaat.............
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

sjamsul wrote:@kaleng:
hmmmm... ane ga tau neh... nt kaleng krupuk ato kaleng biskuit neh....... hahahahaha......(sorry jk)....

bro, ane pernah denger2 dari seorang temen pemake jazz juga...... penyakitnya mirip2 ama yg nt alamin...... solusinya sederhana aja sih..... cuma kencengin baut2 di kepala akinye aja, terutama yg negatip.... dah gitu masalah selesai....... krn kabel ground (negatip) bawaan mbl jazz kecil banget n cuma nempel di body di samping aki..... jadi saran ane, sebaiknya ditambahkan kabel ground lagi... satu ke bodi, satunya lagi ke mesin........ga usah pake yg mahal2, cukup kabel sederhana aja, yg penting jepit terminal n ukurannya cukupan...

smoga bermanfaat.............
propesor, kable ground ini dari aki negatif ke body dan mesin aja yah? kira2 pake kabel ukuran berapa?
:thanks:

om kaleng, bisa dicobain sendiri nih sepertinya. gak perlu ke bengkel...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

sjamsul wrote:@kaleng:
hmmmm... ane ga tau neh... nt kaleng krupuk ato kaleng biskuit neh....... hahahahaha......(sorry jk)....

bro, ane pernah denger2 dari seorang temen pemake jazz juga...... penyakitnya mirip2 ama yg nt alamin...... solusinya sederhana aja sih..... cuma kencengin baut2 di kepala akinye aja, terutama yg negatip.... dah gitu masalah selesai....... krn kabel ground (negatip) bawaan mbl jazz kecil banget n cuma nempel di body di samping aki..... jadi saran ane, sebaiknya ditambahkan kabel ground lagi... satu ke bodi, satunya lagi ke mesin........ga usah pake yg mahal2, cukup kabel sederhana aja, yg penting jepit terminal n ukurannya cukupan...

smoga bermanfaat.............
dari kepala aki yang negatif dikasi 2 kabel lagi, trus 1 ditempelin ke body, 1 lagi ke mesin? tempelin ke body n mesin pakai apa professor? disolder pakai timah? atau pakai jepitan yang kayak jepitan ke kepala aki yang gede2?

btw, terima kasih sudah hadir disini memberikan sedikit kuliah professor.
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
propesor, kable ground ini dari aki negatif ke body dan mesin aja yah? kira2 pake kabel ukuran berapa?
:thanks:

om kaleng, bisa dicobain sendiri nih sepertinya. gak perlu ke bengkel...
betul bro... dari aki negatip ke body n mesin....ukurannya cukup sekitar 10 m/m sq....ato klo dah tersedia yg lbh besar ga masalah....
u r welcome.......

betul bro kaleng, sebaiknya dicoba dulu... jadi ga usah buang2 duit ke bengkel....... :e-dance:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

sjamsul wrote:
maskopat wrote:
propesor, kable ground ini dari aki negatif ke body dan mesin aja yah? kira2 pake kabel ukuran berapa?
:thanks:

om kaleng, bisa dicobain sendiri nih sepertinya. gak perlu ke bengkel...
betul bro... dari aki negatip ke body n mesin....ukurannya cukup sekitar 10 m/m sq....ato klo dah tersedia yg lbh besar ga masalah....
u r welcome.......

betul bro kaleng, sebaiknya dicoba dulu... jadi ga usah buang2 duit ke bengkel....... :e-dance:
nempel ke body n mesin pakai dijepit juga prof? soalnya bingung jg kalau jepit ke mesin, kyknya bulat2 semua mesinnya. kalau disolder takut ntar panas malah timahnya jadi meleleh lagi. hehehe. mohon pencerahaannya prof.
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
maskopat wrote:
propesor, kable ground ini dari aki negatif ke body dan mesin aja yah? kira2 pake kabel ukuran berapa?
:thanks:

om kaleng, bisa dicobain sendiri nih sepertinya. gak perlu ke bengkel...
betul bro... dari aki negatip ke body n mesin....ukurannya cukup sekitar 10 m/m sq....ato klo dah tersedia yg lbh besar ga masalah....
u r welcome.......

betul bro kaleng, sebaiknya dicoba dulu... jadi ga usah buang2 duit ke bengkel....... :e-dance:
prop, 10 m/m sq itu kira2 diameter kawat tembaganya sekitar 4mm ya?
gak termasuk kulit kabel...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by sjamsul »

Kaleng wrote: nempel ke body n mesin pakai dijepit juga prof? soalnya bingung jg kalau jepit ke mesin, kyknya bulat2 semua mesinnya. kalau disolder takut ntar panas malah timahnya jadi meleleh lagi. hehehe. mohon pencerahaannya prof.
maksud ane terminal kabelnye harus dijepit ato di crimp dg baik, trus klo ke bodynya pake baut, bukan dijepit......nah, klo ga ada alat jepit ato crimp, mk kabelnya yg ke terminal di solder........ gitu lohhh......heheheheh....
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by sjamsul »

maskopat wrote:prop, 10 m/m sq itu kira2 diameter kawat tembaganya sekitar 4mm ya?
gak termasuk kulit kabel...
bukan.... 10 m/m sq artinya luas penampang tembaganya .......untuk menghitungnya ada rumus tersendiri....... sedangkan untuk diameter luarnya, tergantung jenis dari kabel tsb.....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
maskopat wrote:prop, 10 m/m sq itu kira2 diameter kawat tembaganya sekitar 4mm ya?
gak termasuk kulit kabel...
bukan.... 10 m/m sq artinya luas penampang tembaganya .......untuk menghitungnya ada rumus tersendiri....... sedangkan untuk diameter luarnya, tergantung jenis dari kabel tsb.....

prop, 10 m/m sq itu artinya 10 milimeter persegi?
ada rujukan tentang ukuran kabel prop?

kalo nge crimp kabel, ane biasanya pake tang aja prop.. cukup kuat sih. gimana, apakah cukup aman?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by DOHC »

atau pake kabel yg biasa dipake buat power amplifier itu.... 4AWG atau 8AWG.... :mrgreen: :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
Kaleng
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 833
Joined: Thu Aug 27, 2009 4:59
Location: Serpong
Daily Vehicle: Brio Dipanjangin

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by Kaleng »

professor, tujuan penambahan kabel negatif (ground) ini untuk apa ya?
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by sjamsul »

maskopat wrote:
prop, 10 m/m sq itu artinya 10 milimeter persegi?
ada rujukan tentang ukuran kabel prop?

kalo nge crimp kabel, ane biasanya pake tang aja prop.. cukup kuat sih. gimana, apakah cukup aman?
betul..... 10 milimeter persegi... klo dalam bahasa sansekerta nulisnye spt ini 10 m/m square ato 10 m/m sq...(mudah2an ga salah nulisnye)....
maksudnye rujukan apa ya... apakah merknya ato apa ya...... :e-think: ......

maksud nt tang bawaan mobil ?... bukan tang kuhusus buat kabel spt di koleksi hand tools ane ya......klo benar, sebaiknya dihindarkan, krn aman ato kaganya relatip.....dibilang aman, khan selama ini nt pake ga ada masalah khannnnn ?...... tp perhatikan deh, klo dlm kasus tertentu, misalkan mbl ampe terbakar... salah satu penyebabnya adalah hal ini...... gara2 jepitannya lepas.... trus kena bodi..... bisa terbayang ga akibatnya... ?.....selain itu voltage dropnya pasti lbh besar dibandingkan klo dijepit dg alat khusus...... :e-whistle: ....
User avatar
maskopat
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14444
Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
Location: in your heart

Re: Help, ada apa dengan mobilku?

Post by maskopat »

sjamsul wrote:
maskopat wrote:
prop, 10 m/m sq itu artinya 10 milimeter persegi?
ada rujukan tentang ukuran kabel prop?

kalo nge crimp kabel, ane biasanya pake tang aja prop.. cukup kuat sih. gimana, apakah cukup aman?
betul..... 10 milimeter persegi... klo dalam bahasa sansekerta nulisnye spt ini 10 m/m square ato 10 m/m sq...(mudah2an ga salah nulisnye)....
maksudnye rujukan apa ya... apakah merknya ato apa ya...... :e-think: ......

maksud nt tang bawaan mobil ?... bukan tang kuhusus buat kabel spt di koleksi hand tools ane ya......klo benar, sebaiknya dihindarkan, krn aman ato kaganya relatip.....dibilang aman, khan selama ini nt pake ga ada masalah khannnnn ?...... tp perhatikan deh, klo dlm kasus tertentu, misalkan mbl ampe terbakar... salah satu penyebabnya adalah hal ini...... gara2 jepitannya lepas.... trus kena bodi..... bisa terbayang ga akibatnya... ?.....selain itu voltage dropnya pasti lbh besar dibandingkan klo dijepit dg alat khusus...... :e-whistle: ....
kalo kabelnya besar, pake tang kayak mana prop? ane punyanya paling tang untuk nge-crimp kabel kecil.. seperti untuk lampu2 atau klakson gitu...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green