Ganti Liner or overSize ?
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Ganti Liner or overSize ?
Ganti Liner or overSize ?
Mana yang lebih baik hasilnya dari ke opsi di atas ?
Baik dari segi biaya, waktu pengerjaan, kekuatan bahan dan performa mesin ?
Makasih atas pencerahannya.
Mana yang lebih baik hasilnya dari ke opsi di atas ?
Baik dari segi biaya, waktu pengerjaan, kekuatan bahan dan performa mesin ?
Makasih atas pencerahannya.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
om herbid, mobilnya apa?
kalo mesin asilnya gak pake liner, harus di-oversize dulu baru dipasang liner. jadi mending oversize.
bergantung kondisi mesinnya sih
kalo mesin asilnya gak pake liner, harus di-oversize dulu baru dipasang liner. jadi mending oversize.
bergantung kondisi mesinnya sih
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
makasih info nya bro ....
mazda astina 91.
nanti deh saya cek ama bengkel.
mazda astina 91.
nanti deh saya cek ama bengkel.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3513
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Ganti Liner or overSize ?
Gak coba pake metal conditioner spt Xado ato Nano Energizer aja? 

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Biasanya oversize lebih gampang daripada pasang liner. Oversize tinggal bubut aja.
Kalau liner selain bubut, harus shrink fit (dipres) linernya masuk ke blok. Gak semua bengkel bisa pres gitu.
Kalau liner selain bubut, harus shrink fit (dipres) linernya masuk ke blok. Gak semua bengkel bisa pres gitu.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
ooh begitu,asudarsono wrote:Biasanya oversize lebih gampang daripada pasang liner. Oversize tinggal bubut aja.
Kalau liner selain bubut, harus shrink fit (dipres) linernya masuk ke blok. Gak semua bengkel bisa pres gitu.
makasih bro.
ada info bengkel yang bisa pasang liner tsb?
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Maaf, balasnya lama bro. Masalahnya jawabannya nggak segampang itu. Bloknya Astina ini closed cast engine bock yaitu bloknya berupa monolitik (satu cetakan). Ini banyak dipakai di mesin2 high performance sepetti Astina.
Mobil2 punyaku adanya open cast engine semua yang linernya terpisah dari blocknya. Artinya banyak rongga2 udara di dalam enginenya. Liner silinder tinggal pasang copot, nggak pakai alat2 bengkel yang rumit. Manfaatnya adalah bobotnya lebih ringan namun tentu kekuatan bloknya nggak seperti closed cast di atas. Ada gambarnya saya coba lampirkan.
Masalah bengkel yg sanggup, saya masih belum dapet nih.
Mobil2 punyaku adanya open cast engine semua yang linernya terpisah dari blocknya. Artinya banyak rongga2 udara di dalam enginenya. Liner silinder tinggal pasang copot, nggak pakai alat2 bengkel yang rumit. Manfaatnya adalah bobotnya lebih ringan namun tentu kekuatan bloknya nggak seperti closed cast di atas. Ada gambarnya saya coba lampirkan.
Masalah bengkel yg sanggup, saya masih belum dapet nih.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
setahu ane mesin 4B11T yang dipake di evo sudah ada linernya deh. mungkin sekarang sudah bisa bikin mesin ringan dengan kekuatan yang sama baiknya dengan die cast..asudarsono wrote:Maaf, balasnya lama bro. Masalahnya jawabannya nggak segampang itu. Bloknya Astina ini closed cast engine bock yaitu bloknya berupa monolitik (satu cetakan). Ini banyak dipakai di mesin2 high performance sepetti Astina.
Mobil2 punyaku adanya open cast engine semua yang linernya terpisah dari blocknya. Artinya banyak rongga2 udara di dalam enginenya. Liner silinder tinggal pasang copot, nggak pakai alat2 bengkel yang rumit. Manfaatnya adalah bobotnya lebih ringan namun tentu kekuatan bloknya nggak seperti closed cast di atas. Ada gambarnya saya coba lampirkan.
Masalah bengkel yg sanggup, saya masih belum dapet nih.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Evo 4B11T pakai semi-closed cast. Itu hybrid antara open sama closed cast. Maksudnya agar dapet ringannya open cast dan kuatnya close block. Rapet buanget ya jarak antar silindernya.
Emang kalau hgh performance jaman sekarang paling enggk pakai semi - closed cast, seperti mesin Evo dan Subaru STi di bawah.
Maka dari itu Impreza WRX dengan STi beda jauh harganya, krn WRX pakai open cast block dan STi pakai semi - closed. Kalau ada orang punya WRX trus dia bilang udah dimodif sama persis STI, berarti dia nggak tahu mobilnya sendiri.
Emang kalau hgh performance jaman sekarang paling enggk pakai semi - closed cast, seperti mesin Evo dan Subaru STi di bawah.
Maka dari itu Impreza WRX dengan STi beda jauh harganya, krn WRX pakai open cast block dan STi pakai semi - closed. Kalau ada orang punya WRX trus dia bilang udah dimodif sama persis STI, berarti dia nggak tahu mobilnya sendiri.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
emang kalo subari impreza gitu beda blok mesin antara WRX dan STi? kalo evo rasanya bloknya doang sih sama antara 4B11 vs 4B11T.. tapi jeroannya beda..asudarsono wrote:Evo 4B11T pakai semi-closed cast. Itu hybrid antara open sama closed cast. Maksudnya agar dapet ringannya open cast dan kuatnya close block. Rapet buanget ya jarak antar silindernya.
Emang kalau hgh performance jaman sekarang paling enggk pakai semi - closed cast, seperti mesin Evo dan Subaru STi di bawah.
Maka dari itu Impreza WRX dengan STi beda jauh harganya, krn WRX pakai open cast block dan STi pakai semi - closed. Kalau ada orang punya WRX trus dia bilang udah dimodif sama persis STI, berarti dia nggak tahu mobilnya sendiri.
ane pengen banget nyobain subaru... mesin boxernya ini menggoda banget..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Ya gitulah bro, WRX ini mirip sama Impreza R, tapi STi baik bodi, rem, susensi, rem maupun mesin lain sekali.
Banyak orang beli mahal2 disebut STi eeeh, malah cuma WRX yg dikasih rem brembo ama intercooler besar. Di kapanlagi juga banyak dijual Forester dibilang XT (yg turbo) ternyata cuma X (non-turbo), padahal harganya udah "bagus buanget". Bekasnya STi harganya di atas 400, kalau yg WRX cuma 250an. Hati2 aja kalau mau cari.
Kalau Mitsu juga banyak khan, dibilang GTi, ternyata cuma modif2an bodi. Dibilang Evolution ternyata cuma "Evo".
Asyik juga kalau bisa ganti2 jeroan doank. Saya juga lagi bangun 504 GR. Mesin blok XN1A tapi jeroan 505 GTi. Kita lihat hasilnya deh. Yah, cuma buat senang2 bangun aja ..... drive safely.
Banyak orang beli mahal2 disebut STi eeeh, malah cuma WRX yg dikasih rem brembo ama intercooler besar. Di kapanlagi juga banyak dijual Forester dibilang XT (yg turbo) ternyata cuma X (non-turbo), padahal harganya udah "bagus buanget". Bekasnya STi harganya di atas 400, kalau yg WRX cuma 250an. Hati2 aja kalau mau cari.
Kalau Mitsu juga banyak khan, dibilang GTi, ternyata cuma modif2an bodi. Dibilang Evolution ternyata cuma "Evo".
Asyik juga kalau bisa ganti2 jeroan doank. Saya juga lagi bangun 504 GR. Mesin blok XN1A tapi jeroan 505 GTi. Kita lihat hasilnya deh. Yah, cuma buat senang2 bangun aja ..... drive safely.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
tapi kalo mesin 4B11 diganti jeroan pake 4B11T, bisa lemot om.. soalnya harus dipakein turbo... kalo gak, kayak bawa SL ane kali ya.. lemot..
wah, boleh nih di shareing peug nya... 504 keren banget.. emang blok mesinnya 504 GR dengan 505 GTi sama ya?
kalo gak salah, pueg 405 sudah pake liner juga deh dari sononya. jadi kalo baret gak dibubut, tapi ganti liner.. tul gak ya?

wah, boleh nih di shareing peug nya... 504 keren banget.. emang blok mesinnya 504 GR dengan 505 GTi sama ya?
kalo gak salah, pueg 405 sudah pake liner juga deh dari sononya. jadi kalo baret gak dibubut, tapi ganti liner.. tul gak ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Betul sekali komandan!!!!! Semua Peugeot open cast jadi kalau ganti piston juga sekalian sama liner
Bloknya lain, tapi bisa aja masuk, plug and play istilahnya..... sssst jangan bilang siapa2 ya, ntar pada niru lagi. Kemarin sebelum turun mesin sih bisa 150 kpj (di sirkuit Sentul), gak berani lebih soalnya rem kiri gak makan sama sekali.
Bloknya lain, tapi bisa aja masuk, plug and play istilahnya..... sssst jangan bilang siapa2 ya, ntar pada niru lagi. Kemarin sebelum turun mesin sih bisa 150 kpj (di sirkuit Sentul), gak berani lebih soalnya rem kiri gak makan sama sekali.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
oh gitu, blok beda tapi jeroan bisa pnp..??asudarsono wrote:Betul sekali komandan!!!!! Semua Peugeot open cast jadi kalau ganti piston juga sekalian sama liner
Bloknya lain, tapi bisa aja masuk, plug and play istilahnya..... sssst jangan bilang siapa2 ya, ntar pada niru lagi. Kemarin sebelum turun mesin sih bisa 150 kpj (di sirkuit Sentul), gak berani lebih soalnya rem kiri gak makan sama sekali.

waksz... test di sirkuit? boleh nih ane ikutan ke sirkuit.. gimana caranya om? ane pengen banget nyobain sirkuit..

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Hehehe, saringan udara udah pindah ke depan radiator bro, krn kalau nggak, nanti perlu lubangi kap mesin. Hehehe. Udah ah, dibangun dulu. Ntar tarikannya memble, kucing pada ketawa lagi.
Ini tarifnya bro.
Ini tarifnya bro.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
perorangan boleh masuk sirkut sentul ya om? trus ada persyaratan lain gak? sekali masuk boleh berapa lama atau berapa keliling?asudarsono wrote:Hehehe, saringan udara udah pindah ke depan radiator bro, krn kalau nggak, nanti perlu lubangi kap mesin. Hehehe. Udah ah, dibangun dulu. Ntar tarikannya memble, kucing pada ketawa lagi.
Ini tarifnya bro.

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ganti Liner or overSize ?
Boleeeeeeeeeh. Datang aja atau coba aja telepon. Bahkan ada Facebooknya segala. Orangnya baik - baik kok.
Bagus juga kalau SM gathering di sono. Buat promosiin itu sirkuit sekaligus buat kasih tahu tempat ngebut yang safe.
Bagus juga kalau SM gathering di sono. Buat promosiin itu sirkuit sekaligus buat kasih tahu tempat ngebut yang safe.
Ready to Race
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ganti Liner or overSize ?
ane search di fesbuk, ketemunya yang ini Sentul International Circuit - sportku.comasudarsono wrote:Boleeeeeeeeeh. Datang aja atau coba aja telepon. Bahkan ada Facebooknya segala. Orangnya baik - baik kok.
Bagus juga kalau SM gathering di sono. Buat promosiin itu sirkuit sekaligus buat kasih tahu tempat ngebut yang safe.
bener gak?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Ganti Liner or overSize ?
waaaaaah..nais aidia nih.....gath d sentul sambil tes kendaraan masing2....asudarsono wrote:Boleeeeeeeeeh. Datang aja atau coba aja telepon. Bahkan ada Facebooknya segala. Orangnya baik - baik kok.
Bagus juga kalau SM gathering di sono. Buat promosiin itu sirkuit sekaligus buat kasih tahu tempat ngebut yang safe.
tp harganya g nahan tu......bwat mobil gopek pas wiken

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ganti Liner or overSize ?
Bila masih bisa oversize masih lebih baik daripada ganti liner karena kualitas bahan dari liner baru tidak akan sebaik aslinya. Yang penting cari bengkel bubutnya yang berpengalaman dan dapat dipercaya karena oversize ini adalah pekerjaan yang presisi.herbid wrote:Ganti Liner or overSize ?
Mana yang lebih baik hasilnya dari ke opsi di atas ?
Baik dari segi biaya, waktu pengerjaan, kekuatan bahan dan performa mesin ?
Makasih atas pencerahannya.
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: Ganti Liner or overSize ?
Satu lagi efek dari oversize yang favorable adalah naiknya volume ruang bakar akibat diameter piston yang 'sedikit' lebih besar.
Harap diperhatikan part2 lainnya seperti metal duduk dan metal jalan, bearing, seal yang perlu diganti harus diganti.
Kalau bisa disempatkan PNP sekalian.

Harap diperhatikan part2 lainnya seperti metal duduk dan metal jalan, bearing, seal yang perlu diganti harus diganti.
Kalau bisa disempatkan PNP sekalian.
