Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
I-Com wrote:
btw bro sjamsul, kenapa ya plat dalemnya aki bisa kayak melengkung gitu yang sisi paling luar?? trus tanda2 kalo aki udah mau rusak, cellnya gimana kalo diliat dari atas? thanks
itu tandanya aki dah minta diganti bro... krn kepanasan..... maksudnya klo aki dah mulai soak, mk setroomnya akan mudah sekali berkurang ato aki ga bisa nyimpen stroom dg baik n secara otomatis, alternator akan ngisi ato setroom aki dg kapasitas yg lbh besar... akibatnya aki akan menjadi lbh panas dari biasanya n air aki akan cepat berkurang dlm jangka waktu yg sama, misalkan dlm kondisi normal dlm satu bulan tadinya ga nambah air aki atao klopun nambah cuma sedikit.... tp klo dah soak, mk nambah airnya bisa 1 botol ato lbh.....
pada aki yg dah soak, klo diliat dari atas... mk cell2nya terlihat bewarna agak item..... bahkan yg parah klo airnya spt ada minyaknya gituuuuu..... n air akinya bewarna keruh keiteman......Nah klo dah begini, itu tandanya aki dah minta diganti baru.....
Om sjam, saya pernah liat aki A cell2nya tuh tidak rata, alias tidak benar2 simertris bentuknya. Sementara aki B yg merupakan buatan merk terkenal memiliki cell2 plat yg bagus & simetris. Apakah dari hal seperti ini kita bisa menyimpulkan kualitas buatan pabrik B lebih bagus dr aki A?
Pertanyaan kedua: Apakah suatu aki buatan lokal, misal aja aki B, tidak memiliki kemungkinan memiliki kualitas lebih baik dari aki A, yg mana aki A merupakan suatu merk aki terkenal dan sudah dipakai ribuan kendaraan?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
BADAK wrote:Om sjam, saya pernah liat aki A cell2nya tuh tidak rata, alias tidak benar2 simertris bentuknya. Sementara aki B yg merupakan buatan merk terkenal memiliki cell2 plat yg bagus & simetris. Apakah dari hal seperti ini kita bisa menyimpulkan kualitas buatan pabrik B lebih bagus dr aki A?
Pertanyaan kedua: Apakah suatu aki buatan lokal, misal aja aki B, tidak memiliki kemungkinan memiliki kualitas lebih baik dari aki A, yg mana aki A merupakan suatu merk aki terkenal dan sudah dipakai ribuan kendaraan?
jawabannya agak susah nih......perlu waktu yg cukup lama baru bisa tau, apakah aki yg nt maksud, kualitasnya bisa lbh bagus ato lbh jelek dari merk lainnya.....khan banyak faktor2 yg mempengaruhinya.... misalkan aja perawatan n kondisi mobil itu sendiri......ane pernah menemukan suatu kasus nih...... gara2 alternatornya ga kerja alias rusak, mk yg disalahkan adalah akinya.... padahal bukan......tp yg punya mobil ngotot klo alternator di mobilnya ga masalah......setelah diperiksa bersama2.... barulah si pemilik mobil yakin klo masalah bukan di akinya, tp di alternatornya........ (bukan dinamo amper lohhhhhh, tp alternator.......... sekali lagi alternatorrrrrrrrrrrr)................
yg namanya kemungkinan sih bisa aja dak.... tp seperti yg ane dah tulis, butuh waktu gituuu......buat memastikan apakah merk tsb punya kualitas yg lbh baik dari merk aki lainnya...............
sebelon n sesudahnya ane mengucapkan banyak terima kasih yeeee..... atas penjelasannya.......... ....
sjamsul wrote:
itu tandanya aki dah minta diganti bro... krn kepanasan..... maksudnya klo aki dah mulai soak, mk setroomnya akan mudah sekali berkurang ato aki ga bisa nyimpen stroom dg baik n secara otomatis, alternator akan ngisi ato setroom aki dg kapasitas yg lbh besar... akibatnya aki akan menjadi lbh panas dari biasanya n air aki akan cepat berkurang dlm jangka waktu yg sama, misalkan dlm kondisi normal dlm satu bulan tadinya ga nambah air aki atao klopun nambah cuma sedikit.... tp klo dah soak, mk nambah airnya bisa 1 botol ato lbh.....
pada aki yg dah soak, klo diliat dari atas... mk cell2nya terlihat bewarna agak item..... bahkan yg parah klo airnya spt ada minyaknya gituuuuu..... n air akinya bewarna keruh keiteman......Nah klo dah begini, itu tandanya aki dah minta diganti baru.....
u r welcome......
smoga bermanfaat............
weks.... udah minta ganti ya?? huks huks baru juga pake 3 taon kurang, gitu itu emang kenapa ya bro? apa karena salah perlakuan atau emang udah waktunya??
thanks loh udah dibantuin perihal relay lampu dan vitamin aki, semoga akinya jadi tahan lama
cuma saran aja nih, karena banyak yg ga tau perbedaan alternator vs dynamo, IMHO boleh dibuka thread baru utk membahas perbedaan keduanya.
Yg ane tau perbedaan dari keduanya:
1. alt menghasilkan listrik ac (namanya juga alt) yg kemudian diconvert menjadi dc utk mengisi aki & jalanin fitur mobil. Kalo dyn menghasilkan listrik dc.
2. alt kerjanya jauh lebih efisien dan menghasilkan listrik jauh lebih baik dibanding dyn. Apalagi mobil jaman sekarang sudah banyak fitur2 yg makan listrik (ac, abs, ebd, eps, traction control, efi, ecu, fan elektrik, audio dll) nyang mengharuskan penggunaan alt.
3. karena alt jauh lebih efisien, pengisian aki sudah dimulai pada saat idle. Kalo pada dyn, pengisian aki sangat minim pada idle, mangkanye mobil jadul musti di gas-gas dulu sebelom matiin mesin, supaya aki ga tekor keesokan harinye.
4. ukuran alt dan pulinya lebih kecil dibanding dyn, jadinya nga makan tenaga mesin terlalu besar, dan juga bisa muat di dalam ruang mesin mobil modern yg rata2 kecil/sempit
om sjam boleh nambahin neh perbedaan alt dengan dyn.... supaya semuanya jelas las
tambahan: bedanya alternator vs dinamo dan generator
karena menurut ane mirip2..
tebakan ane yang bodoh ini sih:
alternator untuk ngecas aki di mobil berdasarkan energi mekanik yang diubah menjadi energi listrik searah (DC)
dinamo dari energi listrik ke energi mekanik.
generator, berdasarkan energi mekanik ke energi listri bolak balik (AC).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:tambahan: bedanya alternator vs dinamo dan generator
karena menurut ane mirip2..
tebakan ane yang bodoh ini sih:
alternator untuk ngecas aki di mobil berdasarkan energi mekanik yang diubah menjadi energi listrik searah (DC)
dinamo dari energi listrik ke energi mekanik.
generator, berdasarkan energi mekanik ke energi listri bolak balik (AC).
Alternator vs generator
Alternator = generator yang membangkitkan arus bolak balik (AC).
Generator = istilah umum untuk pembangkit listrik.
dinamo = generator arus listrik searah, karena ada commutatornya
istilah alternator ini lebih sering dipakai untuk otomotif.
thanks loh udah dibantuin perihal relay lampu dan vitamin aki, semoga akinya jadi tahan lama
cuma saran aja nih, karena banyak yg ga tau perbedaan alternator vs dynamo, IMHO boleh dibuka thread baru utk membahas perbedaan keduanya.
Yg ane tau perbedaan dari keduanya:
1. alt menghasilkan listrik ac (namanya juga alt) yg kemudian diconvert menjadi dc utk mengisi aki & jalanin fitur mobil. Kalo dyn menghasilkan listrik dc.
2. alt kerjanya jauh lebih efisien dan menghasilkan listrik jauh lebih baik dibanding dyn. Apalagi mobil jaman sekarang sudah banyak fitur2 yg makan listrik (ac, abs, ebd, eps, traction control, efi, ecu, fan elektrik, audio dll) nyang mengharuskan penggunaan alt.
3. karena alt jauh lebih efisien, pengisian aki sudah dimulai pada saat idle. Kalo pada dyn, pengisian aki sangat minim pada idle, mangkanye mobil jadul musti di gas-gas dulu sebelom matiin mesin, supaya aki ga tekor keesokan harinye.
4. ukuran alt dan pulinya lebih kecil dibanding dyn, jadinya nga makan tenaga mesin terlalu besar, dan juga bisa muat di dalam ruang mesin mobil modern yg rata2 kecil/sempit
om sjam boleh nambahin neh perbedaan alt dengan dyn.... supaya semuanya jelas las
sama2 bro, klo perawatannya diperhatikan, biasanya aki jadi lbh panjang umurnya.......dg asumsi ga ada gangguan di alternator dll....
klo mengenai perbedaannya, nampaknya yg nt tulis dah cukup lengkap lohhh.......jadi ane ga usah nulis lagi neh..... hehehehehe....
btw klo kapan2 ada temen2 yg pada mau ngumpul, nt dateng ya biar lbh rame.... ok...
thanks loh udah dibantuin perihal relay lampu dan vitamin aki, semoga akinya jadi tahan lama
cuma saran aja nih, karena banyak yg ga tau perbedaan alternator vs dynamo, IMHO boleh dibuka thread baru utk membahas perbedaan keduanya.
sama2 bro, klo perawatannya diperhatikan, biasanya aki jadi lbh panjang umurnya.......dg asumsi ga ada gangguan di alternator dll....
klo mengenai perbedaannya, nampaknya yg nt tulis dah cukup lengkap lohhh.......jadi ane ga usah nulis lagi neh..... hehehehehe....
btw klo kapan2 ada temen2 yg pada mau ngumpul, nt dateng ya biar lbh rame.... ok...
bro beli Power Batt dimana ya??? g uda ke lapangan bola no.2 tp ngk jual kata yg punya toko.
G butuh bangets krn aki pulsar g uda sekarat hehehehe...... Thx
stephen wolf wrote:
bro beli Power Batt dimana ya??? g uda ke lapangan bola no.2 tp ngk jual kata yg punya toko.
G butuh bangets krn aki pulsar g uda sekarat hehehehe...... Thx
dah ane jawab via pm bro.....
klo aki dah sekarat, power batt belon tentu bisa menolong bro.......krn power batt hanya untuk aki yg msh bagus....jadi sebaiknya itu aki diperiksa dulu kondisinya.....baru deh ditentukan apakah bisa menolong apa kaga klo dipakein power batt......ok....
btw klo lokasi nt di daerah jakarta barat, ane bisa bantu periksain kondisinya.... krn kebetulan ane punya alat ukur airnya yaitu hydrometer, tp yg mini, jadi bisa buat periksa kondisi aki mtr nt.....
stephen wolf wrote:
bro beli Power Batt dimana ya??? g uda ke lapangan bola no.2 tp ngk jual kata yg punya toko.
G butuh bangets krn aki pulsar g uda sekarat hehehehe...... Thx
dah ane jawab via pm bro.....
klo aki dah sekarat, power batt belon tentu bisa menolong bro.......krn power batt hanya untuk aki yg msh bagus....jadi sebaiknya itu aki diperiksa dulu kondisinya.....baru deh ditentukan apakah bisa menolong apa kaga klo dipakein power batt......ok....
btw klo lokasi nt di daerah jakarta barat, ane bisa bantu periksain kondisinya.... krn kebetulan ane punya alat ukur airnya yaitu hydrometer, tp yg mini, jadi bisa buat periksa kondisi aki mtr nt.....
sama2 bro n smoga bermanfaat...........
Aki g msh bisa buat stater di pagi hari tapi uda ngk galak lg. Lokasi g di Jakarta barat tepatnya cengkareng. G coba dulu bro ke ko Apin. Thx bro
stephen wolf wrote:
Aki g msh bisa buat stater di pagi hari tapi uda ngk galak lg. Lokasi g di Jakarta barat tepatnya cengkareng. G coba dulu bro ke ko Apin. Thx bro
hmmm.... klo gitu ada baiknya kepala aki n terminalnya dibersihkan ato diamplas dulu, biasanya klo kotor akan mempengaruhi kontak pointnya, shg starter jadi kurang galak......
ok bro...... u r welcome.......
iya koh... kadang2 ada yg suka tanya, aki saya masih bagus ga?! gitu...
jadi saya pura2 ngecek akinya, sambil bengong bentar... terus bilang, masih kok masih nih!!! masih bagus!! baaaaaaaaa!
poeticmind wrote:iya koh... kadang2 ada yg suka tanya, aki saya masih bagus ga?! gitu...
jadi saya pura2 ngecek akinya, sambil bengong bentar... terus bilang, masih kok masih nih!!! masih bagus!! baaaaaaaaa!
klo akinya ternyata dah ga bagus.... paling2 dia dateng lagi ke tempat nt.... trus bilang gini ' baaaaaaaaaaaa........ aki gw dah peot kok dibilang msh bagus sihhhh...............' .....
poeticmind wrote:iya koh... kadang2 ada yg suka tanya, aki saya masih bagus ga?! gitu...
jadi saya pura2 ngecek akinya, sambil bengong bentar... terus bilang, masih kok masih nih!!! masih bagus!! baaaaaaaaa!
klo akinya ternyata dah ga bagus.... paling2 dia dateng lagi ke tempat nt.... trus bilang gini ' baaaaaaaaaaaa........ aki gw dah peot kok dibilang msh bagus sihhhh...............' .....
...........
Ato mungkin bilang gini ama maskopat: "minum neh air aki di dalemnya biar tambah sehat"
.........................
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
poeticmind wrote:iya koh... kadang2 ada yg suka tanya, aki saya masih bagus ga?! gitu...
jadi saya pura2 ngecek akinya, sambil bengong bentar... terus bilang, masih kok masih nih!!! masih bagus!! baaaaaaaaa!
klo akinya ternyata dah ga bagus.... paling2 dia dateng lagi ke tempat nt.... trus bilang gini ' baaaaaaaaaaaa........ aki gw dah peot kok dibilang msh bagus sihhhh...............' .....
...........
Ato mungkin bilang gini ama maskopat: "minum neh air aki di dalemnya biar tambah sehat"
.........................
hush... air aki mah bukan buat diminum... tapi pengganti cairan infus...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green