Sering kita baca dari tabloid atau situs ttg spec suatu mobil seperti ini:
0 - 100 kmh = 10 detik.
FC = 45 MPG HW (Fuel Consumption = 45 Mile per Gallon, in High Way or Toll Road).
Yang menjadi pertanyaan,
pada saat pengetesan 2 aspek di atas apakah,
AC dan beban2x kelistrikan mobil lain seperti Sound System, Radio dan Lampu,
diaktifkan (On Nyala) atau dimatikan (OFF) ??
Prosedur review Spec Mobil Baru
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2610
- Joined: Sat Apr 14, 2007 15:01
- Location: Kemanggisan, Jakarta Barat
Re: Prosedur review Spec Mobil Baru
Kalau tidak salah sih... dalam kondisi ideal tanpa beban dan ideal jalan yang kosong / sirkuit.
Salah satu majalah otomotif setiap tahun mengadakan test realitas yaitu kendaraan digunakan oleh karyawan majalah tersebut untuk ke daerah yang berbeda-beda. Kemudian setiap karyawan diminta untuk membuat laporan lengkap.. jadi ada aspek jumlah penumpang, aspek beban listrik, aspek kondisi jalan dsb-2. Disitu lah baru kemudian muncul FC, akselerasi, kenyamanan dsb-2 yang benar-2 kenyataan.
Salah satu majalah otomotif setiap tahun mengadakan test realitas yaitu kendaraan digunakan oleh karyawan majalah tersebut untuk ke daerah yang berbeda-beda. Kemudian setiap karyawan diminta untuk membuat laporan lengkap.. jadi ada aspek jumlah penumpang, aspek beban listrik, aspek kondisi jalan dsb-2. Disitu lah baru kemudian muncul FC, akselerasi, kenyamanan dsb-2 yang benar-2 kenyataan.
Dari Solo ke Oslo


-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: Prosedur review Spec Mobil Baru
Kalo ada tulisannya 45 MPG HW, HW itu maksudnya high way, berarti mobil dipake di tol dengan kecepatan yang kurang lebih konstan dan jalanan lancar.
setau saya, beban kelistrikan seperti radio, tape, lampu2, pengaruhnya nggak terlalu besar ke konsumsi bensin. efeknya masih kalah dari cara atau perilaku mengemudi.
setau saya, beban kelistrikan seperti radio, tape, lampu2, pengaruhnya nggak terlalu besar ke konsumsi bensin. efeknya masih kalah dari cara atau perilaku mengemudi.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Prosedur review Spec Mobil Baru
Pengen liat hasil review kalo pake full loaded. Salah satu media pernah bikin komparasi konsumsi bbm motor kalo dinaikin 2 orang. Ternyata hasilnya (urutan motor paling hemat ke boros) berbeda dengan kalo 1 orang penumpang.
Coba kalo ada review mobil hemat dengan full penumpang. Kayaknya hasilnya bisa bikin kaget tuh..

Coba kalo ada review mobil hemat dengan full penumpang. Kayaknya hasilnya bisa bikin kaget tuh..


-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Prosedur review Spec Mobil Baru
uch wrote:Pengen liat hasil review kalo pake full loaded. Salah satu media pernah bikin komparasi konsumsi bbm motor kalo dinaikin 2 orang. Ternyata hasilnya (urutan motor paling hemat ke boros) berbeda dengan kalo 1 orang penumpang.
Coba kalo ada review mobil hemat dengan full penumpang. Kayaknya hasilnya bisa bikin kaget tuh..![]()
wah nice info nih,
berarti iklan motor atau mobil irit mungkin bisa menyesatkan.
karena secara teknis,
mobil ringan memang membutuhkan tenaga dan bensin yang sedikit,
tapi kalau kena beban berat,
mesin yang irit tadi malah relatif jadi lebih boros.
karena untuk mendapatkan tenaga, kecepatan dan akslerasi yang sesuai dengan beban,
kita harus menekan gas lebih dalam,
jadilah mesin yang tadi paling irit, kena beban (yang masih dianggap normal sesuai kapasitasnya),
langsung jadi paling boros.