happy weekend semuanya..!!!
ngomong2 ada yg pernah pake DCS SEC? yg buat bersihin kerak engine itu lho..baca2 di motorplus, kita gak perlu buka blok lagi untuk bersihin kerak, cukup disemprot di lubang busi..gak perlu bongkar engine, gak perlu ganti paking mahal2, dll..
ada yg pernah pake? gimana pendapatnya? yg pake 2 tak dah pernah cobain?
bersihin kerak engine pake DCS SEC
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
bersihin kerak engine pake DCS SEC
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2297
- Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09
kalo di motor sih sy gak pernah coba, kalo di mobil biasa dilakukan pada saat tune up, disemprot ke throttle body,air intake, dan lubang busi....
tapi engine cleaner ini banyak merk gak mesti dcs, tergantung bengkelnya pake merk apa. yg banyak ya dcs stp yg saya tahu.
kalo di motor mgkn aplikasinya bisa ke karburator.
setelah disemprot coba tggu beberapa saat trus baru coba nyalakan mesin...nanti di knalpot bakal keluar banyak asap putih tebal...inipertanda sebagian dari cleaner dan kotoran2 dr ruang bakar.
mgkn ada yg bisa menambahkan...cmiiw
tapi engine cleaner ini banyak merk gak mesti dcs, tergantung bengkelnya pake merk apa. yg banyak ya dcs stp yg saya tahu.
kalo di motor mgkn aplikasinya bisa ke karburator.
setelah disemprot coba tggu beberapa saat trus baru coba nyalakan mesin...nanti di knalpot bakal keluar banyak asap putih tebal...inipertanda sebagian dari cleaner dan kotoran2 dr ruang bakar.
mgkn ada yg bisa menambahkan...cmiiw

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 456
- Joined: Tue Jul 19, 2005 8:26
- Location: malang
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
gw barusan nemu nih di motorplus
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=5240
Habis digeber mudik, kuda besi 4-tak jangan dicuekin. Kalau gak sempat bongkar mesin lantaran sibuk persiapkan lebaran, berikut ada tawaran singkat. Dijamin nggak nyampe 30 menit, hasil dipastikan memuaskan.
Tau engine cleaner atau engine conditioner? Itu tuh, produk cairan yang dipakai untuk rontokin kotoran dalam mesin (gbr. 1). Mereknya beragam, seperti DCS misalnya. Harga perbotol juga bervariasi, antara 40.000-Rp 60.000. Enggak sulit cari barang begini. Di toko variasi atau bengkel, biasa menyediakan itu.
Untuk diaplikasi buat mesin motor, caranya mudah. Buka saja lobang karbu yang biasanya disambung ke filter. Semprot secukupnya, srot..srot. (gbr. 2).
Tunggu 5 menit, lalu hidupkan mesin. Sambil terus panteng gas, semprot kembali. Mesin akan terasa seperti mbrebet, tetapi nggak lama. Tujuannya sih, biar cairan bisa masuk menyeluruh.
Selanjutnya, buka busi dan lakukan hal yang sama (gbr. 3). Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali filter karbunya. Kembali mesin dinyalain.
Saat awal, knalpot akan mengepulkan asap lumayan banyak. “Itu berasal dari kotoran yang berhasil diangkat cairan pembersih. Jangan khawatir. Enggak lama akan hilang kok,†kata Galan Ridwan, mekanik AHRS, yang juga pernah coba hal itu. Chuenk
http://www.motorplus-online.com/articles.asp?id=5240
Habis digeber mudik, kuda besi 4-tak jangan dicuekin. Kalau gak sempat bongkar mesin lantaran sibuk persiapkan lebaran, berikut ada tawaran singkat. Dijamin nggak nyampe 30 menit, hasil dipastikan memuaskan.
Tau engine cleaner atau engine conditioner? Itu tuh, produk cairan yang dipakai untuk rontokin kotoran dalam mesin (gbr. 1). Mereknya beragam, seperti DCS misalnya. Harga perbotol juga bervariasi, antara 40.000-Rp 60.000. Enggak sulit cari barang begini. Di toko variasi atau bengkel, biasa menyediakan itu.
Untuk diaplikasi buat mesin motor, caranya mudah. Buka saja lobang karbu yang biasanya disambung ke filter. Semprot secukupnya, srot..srot. (gbr. 2).
Tunggu 5 menit, lalu hidupkan mesin. Sambil terus panteng gas, semprot kembali. Mesin akan terasa seperti mbrebet, tetapi nggak lama. Tujuannya sih, biar cairan bisa masuk menyeluruh.
Selanjutnya, buka busi dan lakukan hal yang sama (gbr. 3). Tunggu beberapa saat, lalu pasang kembali filter karbunya. Kembali mesin dinyalain.
Saat awal, knalpot akan mengepulkan asap lumayan banyak. “Itu berasal dari kotoran yang berhasil diangkat cairan pembersih. Jangan khawatir. Enggak lama akan hilang kok,†kata Galan Ridwan, mekanik AHRS, yang juga pernah coba hal itu. Chuenk
Just Call Me Nichol !!!
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Mon Dec 15, 2003 11:17
- Location: Bandung
ah?bukannya dah gw jawab di thread "aditif bensin? kalo ninja gw pake G-zox engine conditioner.DCS agak susah nemu di bdg. semprot di intake karbu trus digeber2 jg bisa.biar reed valve nya jg ikutan bersih.kalo di lubang busi, semprot agak banyak trus dislah2 biar rata ampe ke kpala silindernya. kalo keraknya ga keras2 amat hasilnya bersih banget.tp kalo dk keras ngt( di kepala silinder biasanya), musti buka pala silinder. efeknya krasa bgt.tarikan jd enteng .kalu mobil biasanya semprot dari intake karbbu/inject. kalo engine flush, katanya emang ga cocok buat motor sih. selamat mencoba 

...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
wah thanks nih, akhirnya ada juga yg pake produk macam ini...pengen gw cobain, cm tdnya takut ngerusak engine...krn dah ada yg pake, n kayaknya gak ada keluhan ya? gw pengen cari ah, sapa tau di ace ada...soalnya kalo sebentar2 mesti ke bengkel bersihin karbu ato buka blok mesin, boros biaya...beli paking segala bisa abis 50 rebu, belom ongkos bengkelnya...kalo pake cairan beginian kan enak, sekaleng misalnya 50 rebu, bisa berkali2 bersihin sendiri engine nya...
Just Call Me Nichol !!!
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 29
- Joined: Thu Sep 01, 2005 10:41
- Location: Bandung
ga papa
gw pernah baca di otomotif, engine flush itu gapapa u/ motor, asal jangan pake bensin atau cairan lain yang bisa ngerusak bahan karet yg ada didalam mesin. pake cairan khusus u/ engine flush itu aman, soalnya ga ngerusak bahan karet. yg salah itu, ada montir amatiran yg engine flushing pake bensin, itu jelas merusak. begitu kata otomotif...
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 746
- Joined: Thu Aug 22, 2002 5:58
- Location: Jakarta Indonesia
bung nichol.....ada benarnya juga DCS tidak cocok untuk motor.... saya dah pake produk ini sejak 1992 ke motor dan mobil.......lubang2 karburator motor terlalu kecil sehingga malah mampet......benar di blok enginenya jadi agak enakan....cuma karburator malah terpaksa saya bongkar untuk dibersihkan.......kalo enggak abis pake DCS mesin malah ndut2 an..........idle gak rata.....jadi malah lebih baik cara yg pertama diatas, masukan dari lubang busi ,jangan dari karburator.......
saat ini gw hanya pake buat mobil, itupun dibilas lagi dengan carburator cleaner , gw sesuaikan dengan jadwal ganti oli karena pasti ada kotoran yg meresap ke bawah piston jadi sehari setelah penyemprotan besoknya ganti oli........
saat ini gw hanya pake buat mobil, itupun dibilas lagi dengan carburator cleaner , gw sesuaikan dengan jadwal ganti oli karena pasti ada kotoran yg meresap ke bawah piston jadi sehari setelah penyemprotan besoknya ganti oli........
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1215
- Joined: Fri Dec 10, 2004 20:04
- Location: Jakarta Barat
oh, begitu ya...logikanya begitu juga sih, kalo kita masukin ke lubang napas karbu, berarti kotoran2 karbu, lari ke lobang2 jet ya, kalo kotorannya gede, malah mampet...kayak orang kencing batu, begitu? hehe....iya nih, gw lg hunting2, kemaren ke ace liat merek G-Zok punya, 68 rebu.....katanya pasaran, g-zok cuma 40 ya....
Just Call Me Nichol !!!