fortuner ato grandis?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

again
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 03, 2004 18:27

fortuner ato grandis?

Post by again »

ada yg bs bantu ngak??saya lage mao beli mobil baru diantara fortuner ato grandis tapi bingung pilih yg mana, kalo temen2 disuruh pilih diantara kedua mobil ini pilih yg mana dan apa alasannya.
User avatar
DigitALL
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 9595
Joined: Thu May 15, 2003 16:12
Location: Indonesia

Post by DigitALL »

Fortuner and Grandis beda kelas. Fortuner kelasnya SUV dan Grandis adalah MPV.

Nah Again lebih prefer mana ?

Kalo saya sendiri karena lebih suka mobil MPV berkarakter sport maka saya pilih Grandis (mesin 2.4L MIVEC dan Tiptronic 4speed).
User avatar
observer
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 873
Joined: Tue Jul 27, 2004 14:03

Post by observer »

Fortuner +s - lebih ngak takut banjir (s/d 70cm), lebih tinggi jadi secara psikologi lebih menguntungkan khususnya di lampu merah, tampang lebih macho

Grandis +s - lebih lincah, lebih irit bensin, ready stok, lebih murah

Fortuner -s - waiting list panjang, harga segera naik, bensin boros, tinggi gede sehingga kurang cocok dibawa ladies, dan agak menyulitkan ladies/orang tua untuk naik turun

Grandis -s - factor desirability lebih rendah
WP
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 4612
Joined: Wed Sep 15, 2004 13:33
Location: jauh di mata, dekat di hati

Post by WP »

kalo Grandis saya udah liat performanya di lampu merah.... kaya bisa di ajak nge-drag lho....langsung tancap begitu lampu hijau nyala....

Kalo Fortuner katanya tarikannya ga sebagus X-Trail, karena dia bukan softroader seperti RAV4, melainkan Heavy duty SUV.
Objects In The Rear View Mirror Are Closer Than They Appear
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

fortuner minus nya dalem nya sama innova hehehe,tarikan nya juga biar pun mesin 2700 cc akslerasi nya 0-100km.h nya cuman 12.8 detik konsumsi bensin nya 2.8 liter dalam kota.

kalo grandis kurang tau mungkin mr digi bisa menjelaskan lebih lanjut

sebenar nya sih sama aja sama sama mahal hehehehhee,yah diliat liat aja mr again situ suka nya sama yang mana coba test drive bawa keluarga mobil nya enak yang mana..kalo kita disini kan cuman bisa beri pandangan.kan anda juga yang nentuin daripada udah ambil A eh hati masih di B,ato ambil B hati masih di A hehehehe.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Kalau saya nyaran ambil Fortuner.

alasan utamanya bukan gara gara nama Toyota, tapi dari segi fungsi.

1. Ruang cabin baris 1,2 dan 3 feeling saya ngak beda jauh banget.

2. Harga ngak jauh pula

3. Fortuner bisa lawan banjir, jalan rusak.

4. Konsumsi BBM meskipun lebih boros, tapi namanya dalam kota, mesin Mitsu 2.4 juga ngak mungkin bisa irit beda jauh.

Kecuali Grandis cabinnya jauh lebih lapang, baris 3nya enak. Baru ada beda jauhnya.

Tapi mungkin dari segi lincah, gampang cari tempat parkir, mungkin Grandis lebih OK, meskipun Grandis juga ngak bilang kecil banget. Lumayan panjang dan lebar juga dia.

Tapi yang suka tampang Grandis, dan suka ngebut, ngak takut banjir etc., ya Grandis is not a bad choice.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

sy pilih grandis...dgn teknologi sdh modern...bukan krn seat nya lebih banyak...toh emang tiap kali jalanin grandis selalu is full 7org...tdk kan..
.paling banyakan kita yg setir sendiri, kalo minggu ya sama istri dan anak....kalo mau isi 7org paling keluar kota doang...itu juga setahun paling sekali..2kali..
yg mantep adalah transmisi tiptronic bisa mencapai redline....kalo tdk salah gear rationya 1-4 sama dgn galant hiu A/T, yg beda cuma ratio final gear nya aja.

kalo fortuner adalah tdk lain dr inova....cuma sekedar ganti baju saja...
Dan yg paling sy kecewa dr toyota adalah sampe skrg pun tdk ada produk ATPM toyota yg memakai transmisi tiptronic....
jadi konsumen toyota cuma disuguhi transmisi manual/ matic old fashion yg udah basi.....
Tapi kalo bos again ingin tetap beli fortuner, saran saya mendingan beli inova aja....ada uang lebih simpen di bank aja....atau bagi2 ke anggota SM.....ckckckckcc.k.kckkck....jangan lupa bagi2 ke gua juga.....hikhiskhsiskss.s.s.

urusan resale value jelas toyota lebih bagus drpd mitsu...tapi go to hell dgn pendapat itu.....kalo sreg dgn mitsu....tancap aja......drpd beli fortuner sesuai penilaian resale value bagus....tahu2 sampe garasi rumah......timbul pikiran kenapa gua gak beli grandis.....???
yang penting anda sendiri puas......

kalo detil penilaian sih sdh disampaikan oleh rekan2 bos2 diatas....selanjutnya terserah bos again yg memutuskan.....
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

handling wrote: yg mantep adalah transmisi tiptronic bisa mencapai redline....kalo tdk salah gear rationya 1-4 sama dgn galant hiu A/T, yg beda cuma ratio final gear nya aja.
Pak, mau tanya nich, emang kalau matic biasa gak bisa sampai redline ? :D
Ada tekniknya loh Pak
handling wrote:
kalo fortuner adalah tdk lain dr inova....cuma sekedar ganti baju saja...
Dan yg paling sy kecewa dr toyota adalah sampe skrg pun tdk ada produk ATPM toyota yg memakai transmisi tiptronic....
jadi konsumen toyota cuma disuguhi transmisi manual/ matic old fashion yg udah basi.....
Platform memang sama, tapi keliatannya hal yg biasa ini terlalu dibesar-besarkan. Sama platform di industri otomotif itu sudah biasa. Kalau saya bilang platform Corolla ada berapa jumlah modelnya anda bisa kaget, berarti semuanya tukaran baju dong ? Mengapa dulu tidak diributkan ?

Biasanya tiptronik itu sekali dicoba dan dirasakan, lalu gak dipakai lagi
Orang sekali terbiasa pakai matic sudah malas pencet-pencet main gigi lagi, waktu kondisi jalan berat, menanjak misalnya matic biasa saja sudah dirasa cukup
Sebagian besar dari tiptronic kalau red line, juga ganti gigi sendiri, bukannya saya meremehkan arti tiptronik loh :D
Memang lebih baik ada dibanding tidak ada, tapi apa untungnya mobil rigid dan berat macam Fortuner pakai Tiptronic, costnya kalau rusak lebih gede dibanding manfaatnya
again
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Wed Nov 03, 2004 18:27

Post by again »

trus kalo soal bbm grandis dan fortuner makan nya apa? premium bisa ngak? kalo soal sparepart nya grandis sudah tersedia dan murah ngak sperti toyota?kalo toyota kan sudah terbukti dgn sparepartnya yg murah dan dimana2 ada dijual,kalo loe org bilang naek mobil grandis ama fortuner gengsian yg mana??
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

semua sama sama pake pertamax plus kalo ngak salah yang harganya 5900 itu.

kalo fortuner itu ganti casing dari innova ke fortuner.jadi ingat waktu pake 5110 di ganti casing nya jadi 6110 bunglon hahahahahahhaa.

kalo mau gengsian fortuner ama grandis lebih gengsian mercy pak,apalagi kalo bawa slk yang baru yang bawa cewek lagi cakep lagi (seperti saya yang udah 2 x ketemu slk 200 kompresor yang bawa ce) wahhhhhhhhh jamin deh pada netes semua air liur nya anggota SM hahahahahahahaa pada ngiler semua
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

TomS wrote: Pak, mau tanya nich, emang kalau matic biasa gak bisa sampai redline ? :D
Ada tekniknya loh Pak
saya pernah kasih tahu trik ini di topik lain, silahkan korek2 sendiri di topik mana. sya males cari lagi.....Tapi kalo anda ingin dgn trik ini terus menerus secara kontinu ...hikshishskis,.....saya cuma bisa bilang...siapkan juga uang untuk bongkar transmisi maticnya....
anda tentu tahu kan riskan nya kan...kalo tiba2 bunyi gubrak.......hahahhhahahahhh....sy rasa bunyi gubrak yang di mesin manual dan bunyi gubrak yang di mesin matic pasti udah lain....yang jelas bunyi yang di mobil matic bisa bikin kantong kering.....
TomS wrote: Sebagian besar dari tiptronic kalau red line, juga ganti gigi sendiri,
i know bos, ..itulah sebabnya grandis dipuji oleh tester ...karena walaupun sampe red line....gigi nya tidak akan berubah... tdk seperti hal dgn mobil bm dan audi....
Jadi hasrat mengemudi memang tersalurkan didalam mobil ini tanpa ragu2 mesin jebol.....hal ini juga diikuti hyundai tucson........

bagi mobil matic konvensional yang ingin melakukan trik sampe red line silahkan saja, tapi siap2 pasang kuping pas tuker gigi.....hikshishs.....

so untuk apa matic modern kalo matic konvensional lebih bagus..
Image
hdrw
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 433
Joined: Sat Aug 21, 2004 19:46

Post by hdrw »

Rekomendasi pabrik 22 nya minimal pertamax, tapi kalau mau coba2 premium T/T, test ajah, ngelitik gak ? kalau saya sih kasihan mobilnya, kalau mau di isi premium beli ajah Innova.
Kalau sparepart, kayaknya lebih murah Toyota dan lebih gampang didapat.
Soal gengsi, tergantung selera pak, lebih pede naik SUV atau MPV ? tapi bener juga kata bung Mpoezz, kalau mau gengsi yah BM/MB, jamin deh dibukain pintu dan gak susah cari parkir.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Ya bung Handling. Saya setuju. Apalagi sudah hampir 300 juta. Jika suka satu model / merek banget, ya don't follow the crowd ! Do what makes U happy !

Resale value beda berapa jutaan, bahkan 10-20 juta dalam berapa tahun, untuk orang yang mampu beli mobil 300 juta apa artinya ? Mau tunggu sudah jadi kakek baru beli mobil idaman sudah ngak kuat nanti !

Paling penting cuman satu, yaitu pabriknya harus terbukti bisa bikin mobil idaman itu awet, ngak sering mogok. Mobil idaman jika sering masalah mechanicsnya nanti juga jadi mobil kebencian !

If mechanically sound, then buy what makes U happy. Cuman a guy like me as a car doctor kadang akan kasih second opinion.
szli
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 917
Joined: Mon Jun 07, 2004 2:38

Post by szli »

Pilih mobil seperti design process - its all about compromises. Tidak ada mobil yang perfect, fit all needs. It cannot be ! Tinggal timbang factor mana yang bobotnya lebih besar. Mana yang kelemahannya bisa di abaikan. Itulah yang bikin seru saat pilih mobil.
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

selama ini orang selalu berpikiran spare parts mitsu mahal....
tindak lanjutnya dari pihak ATPM mitsu adalah melakukan survei ke pasar dan tidak cuma duduk saja terima nasib...(saya baca di forum sebelah).....ternyata asumsi orang bahwa harga parts mitsu mahal adalah tidak benar..........

harga sangat variatif antara merk mitsu, toyota, suzuki dan honda.. dan jangan heran juga kalo ada parts honda, suzuki, toyota yang lebih mahal dari mitsu...

karena kadang dalam 1 item parts ada yang lokal dan build up. Nah bengkel resmi kadang ada yang menyediakan parts lokal dan parts build up.
seperti karet wiper kalo yang lokal dapatnya 1 set lengkap sampe tangkai2nya. Tapi kalo yang luaran cuma dapet karetnya doang......
Tapi kalo harga......wuih......yang luaran lebih mahal....padahal cuma dapet karetnya doang....
demikian juga dgn yag lain.....coba deh survei ke lapangan.

so jangan cuma termakan asumsi2 yang bikin sesat......soalnya masih sama2 jepang....
kalo mazda....saya fair aja....mazda memang gila..... bisa bangkrut kalo punya mazda yang lama...., kalo mazda yang baru2 saya tidak tahu...
Image
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

szli wrote: Cuman a guy like me as a car doctor kadang akan kasih second opinion.
ha.a..ha.ha..bener bos szli......kepuasan memang tidak bisa dinilai dgn uang....just follow ur insting.....


masing2 orang sih lain cerita.....kalo menurut saya lebih penting beli mobil bekas yang fit mesinnya daripada bodinya fit , tapi mesinnya bisa bikin kita bangkrut.... ibarat cakep diluar busuk didaalam....
ya kalo soal warna sih jgn yang sampe norak amat lah.....seperti orange..., hijau stabilo.....( gua pernah ketemu lancer gila warna ini....)....., ungu....bwakkakkaka....
kalo sekedar silver , black, biru , hijau, merah, sih masih standar lah utk mobil ....

tapi yang jelas kalo putih sekarang udah dicap gak normal.....ha,.ha.h.ah.a.h.agak kayak dulu lagi....kalo dulu mobil kantor pada pesen yang putih....
tapi sekarang mobil kantor mana ada yang putih... :lol:
Image
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

handling wrote: saya pernah kasih tahu trik ini di topik lain, silahkan korek2 sendiri di topik mana. sya males cari lagi.....Tapi kalo anda ingin dgn trik ini terus menerus secara kontinu ...hikshishskis,.....saya cuma bisa bilang...siapkan juga uang untuk bongkar transmisi maticnya....
anda tentu tahu kan riskan nya kan...kalo tiba2 bunyi gubrak.......hahahhhahahahhh....sy rasa bunyi gubrak yang di mesin manual dan bunyi gubrak yang di mesin matic pasti udah lain....yang jelas bunyi yang di mobil matic bisa bikin kantong kering.....
Gak mungkin jebol, Pak, karena di dunia ini gak ada engineer yang buat suatu alat/piranti tanpa memperhitungkan beban pemakaian.
Contoh saja, putaran mesin dalam rpm, masih bisa naik, tapi demi keawetan dan keamanan mesin di-cut oleh ECU.
Begitu juga matic ada control unitnya sendiri
Mana ada engineer di dunia bikin alat/piranti pas banget dengan kebutuhan, pasti dilebihi untuk jaga-jaga agar tidak jebol, kalau dikorupsi lain lagi loh :)
handling wrote: so untuk apa matic modern kalo matic konvensional lebih bagus..
CVT dengan matic yg biasa itu beda aliran, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Gak bisa dibilang CVT merupakan pembaharuan dari matic yang ada :)
Matic biasa yang sekarang dipakai juga perpindahan giginya sudah halus, nyaris tidak terasa lagi
CVT itu biar dibilang 7 speed, 10 speed sebenarnya semu, karena cuma main-mainin ratio dua pulinya saja
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

mau sharing nih siapa juga bilang toyota murah hahahahaha.

saya waktu service honda city untuk 5000km habis sekitar 250 rb,dengan oli 4 liter shell helix plus yang biru dan filter oli lalu jasa udah.

abis itu saya service innova di auto 2000 sby untuk service 10 rb km.total oli 6 liter shell helix plus total 300 rb,filter oli 60 rb.

dan yang bikin kaget service berkala 10 rb km nya RP.302.500 udah ppn
.ck ck ck ck jadi total bayar 658 rb,
padahal dari rumah bawa uang 400 rb aja untung ada kartu kredit.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

ikut nimbrung tiptronic juga yah,tiptronic paling oke dipake kalo lagi iseng mau ngebut di tol yang sepi untuk capai top speed.

kalo mau ngebut di jalan raya sih selip kiri selip kanan paling sippp itu pake Ds,lebih cepet pindah dan RPM nya lebih tinggi ngak usah mikirin pindah gigi lagi cukup konsentrasi didepan ama mobil lawan hehehehe.
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo ngak ada kerjaan baca aja topgear terbaru pak again fortuner dan grandis sama sama dapet topgear best choice 2005

kalo grandis ditulis kencang,sportif,stylish, dan mewah

kalo fortuner kecuali tahu sejarah IMV,rasanya anda takkan menduga ini 'hilux vigo triple cabin'
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

TomS wrote: Gak mungkin jebol, Pak, karena di dunia ini gak ada engineer yang buat suatu alat/piranti tanpa memperhitungkan beban pemakaian.
Contoh saja, putaran mesin dalam rpm, masih bisa naik, tapi demi keawetan dan keamanan mesin di-cut oleh ECU.
Begitu juga matic ada control unitnya sendiri
Mana ada engineer di dunia bikin alat/piranti pas banget dengan kebutuhan, pasti dilebihi untuk jaga-jaga agar tidak jebol,
ECU itu bekerja secara elektronik, bagaimana dgn bagian mesin yang bekerja scr mekanik.....pas high rpm pindah gigi....ha.h.a..ah.ah..ha..ngomongnya gampang sekali ya pak TomS......
seolah2 boilnya beraksi seperti mobil manual yang no risk pindah gigi pada saat rpm tinggi...

kalo gak percaya boleh diteruskan trik nya.....dan boleh dipraktekin terus.....hikhsihiskshsi....

Untuk Bos TomS sih saya saranin terusin aja trik nya aja.......gak papa kok diterusin...hikhsikshisi

Tapi untuk rekan2 SM yang lain.....gua saranin jgn coba2 deh....

TIPS saya berikutnya special untuk Bos TomS saja (tidak untuk rekan SM yang lain)...sediakan uang kertas 10jt, trus masukin plastik di ikat. Trus ikat ke tuas persneling maticnya.
Jadi kalo ada apa2, sdh siap2 ke bengkel...hkhsishis....

TomS wrote: CVT dengan matic yg biasa itu beda aliran, masing-masing ada kelebihan dan kekurangannya. Gak bisa dibilang CVT merupakan pembaharuan dari matic yang ada :)
Matic biasa yang sekarang dipakai juga perpindahan giginya sudah halus, nyaris tidak terasa lagi
CVT itu biar dibilang 7 speed, 10 speed sebenarnya semu, karena cuma main-mainin ratio dua pulinya saja
Bos TomS, matic tiptronic biasa lain dgn matic CVT (matic banci).....
Kalo seandainya Grandis pake sistem CVT, gua gak bakalan recommend ke rekan2 SM yang doyan menyalurkan hobby ngebutnya pake grandis.......dan gua juga gak bakalan menoleh ke grandis....buang jauh2 tuh grandis.....mendingan beli Fortuner aja......CVT lebih cocok utk om2 atau kakek2 yang jantungnya lemah.....hkshishishisskss.....

makanya accord dan odyssey gak pake CVT.....buat saingan ama hiu dan grandis....
Last edited by handling on Thu Sep 08, 2005 17:44, edited 1 time in total.
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

oh iya saya ada baca CVT itu cepat jebol kalo pake nya asal2 an (gaya anak muda yang suka ngebut) dan biasanya kesalahan yang paling banyak adalah salah pake OLI

1 biji matic CVT itu sekitar 40 jt.
TomS
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 296
Joined: Mon Jul 04, 2005 13:55
Location: Shinjuku

Post by TomS »

handling wrote: ECU itu bekerja secara elektronik, bagaimana dgn bagian mesin yang bekerja scr mekanik.....pas high rpm pindah gigi....ha.h.a..ah.ah..ha..ngomongnya gampang sekali ya pak TomS......
seolah2 boilnya beraksi seperti mobil manual yang no risk pindah gigi pada saat rpm tinggi...

kalo gak percaya boleh diteruskan trik nya.....dan boleh dipraktekin terus.....hikhsihiskshsi....

Untuk Bos TomS sih saya saranin terusin aja trik nya aja.......gak papa kok diterusin...hikhsikshisi
Triks yang mana ? Mungkin yg dimaksud beda, di mobil saya transmisinya P-R-N-D-S-B plus ada tombol Snow
Kalau saya pengen main bejek-bejekan, saya letakkan tuas di "S", lalu injek gas sampai rata dengan lantai, otomotis gigi akan turun langsung dengan sendirinya, lalu gigi akan naik sampai rpm mentok, begitu seterusnya sampai gigi tertinggi.
Ini untuk jalan di dalam kota sudah cukup, memang mau lari sampai berapa, di speedometer sudah lari 150 kph lebih
Ini bukan trick tapi prosedur baku

Justru karena semua kendali dipegang ECU, tidak akan ada yang jebol, biarpun dalam satu akselerasi mencapai redline berkali-kali waktu gigi pindah secara otomatis dari gigi 1, gigi 2, gigi 3 dan gigi 4.

Saya tahu bahwa redline rpm saya telah diatur dan dibatasi oleh ECU, gak mungkin mesin saya jebol gara-gara over rev
Analogi ini pasti juga berlaku untuk transmisi yang ada control unitnya sendiri, gak tahu yang teknologinya yg namanya ECT di Toyota ataupun grade logic control yg dipakai di Honda
Control unit di gearbox pasti berkoordinasi dengan ECU di pusat untuk menghindari over rev di bagiannya sendiri, kecuali ada orang iseng pindahin dari S ke B secara manual di kecepatan tinggi :)
handling wrote: Bos TomS, matic tiptronic biasa lain dgn matic CVT (matic banci).....
Kalo seandainya Grandis pake sistem CVT, gua gak bakalan recommend ke rekan2 SM yang doyan menyalurkan hobby ngebutnya pake grandis.......dan gua juga gak bakalan menoleh ke grandis....buang jauh2 tuh grandis.....mendingan beli Fortuner aja......CVT lebih cocok utk om2 atau kakek2 yang jantungnya lemah.....hkshishishisskss.....

utk yang demen ngebut...CVT gak bakalan bisa....makanya accord dan odyssey gak pake CVT.....buat saingan ama hiu dan grandis....
Bagaimana pun yg dipakai tetap bukan gearbox sport seperti DSG ataupun sequential.
Sequential jelas terbukti kekuatannya, kalau yang pakai DSG ngapain mikiran manual lagi, wong pakai matic akan lebih cepat akselerasinya
Gearbox sport itu mahal harganya, dan daya tahannya luar biasa karena bahannya juga beda kekuatannya

Kalau gearbox biasa dengan bahan yang biasa pula terus dimodifikasi sedikit lalu digunakan untuk sport beneran, saya terus terang meragukan kekuatannya, kecuali ini gearbox dipakai oleh evo juga (bahannya juga sama)
Kalau benar begitu keadaannya (bahan biasa saja) saya mending cari system yang tahu diri yang pindah gigi sendiri jika sudah over rev mirip yg ada di BMW
User avatar
handling
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2297
Joined: Thu Jul 29, 2004 11:09

Post by handling »

TomS wrote: Triks yang mana ? Mungkin yg dimaksud beda,
saya letakkan tuas di "S", lalu injek gas sampai rata dengan lantai, otomotis gigi akan turun langsung dengan sendirinya, lalu gigi akan naik sampai rpm mentok, begitu seterusnya sampai gigi tertinggi.

Ini bukan trick tapi prosedur baku

:lol: :lol: :lol: :lol: :e-naughty: :e-naughty: :e-naughty: saya pikir bos Toms sudah tahu trik nya, ternyata masih belum tahu toh triknya ....kalo gitu silahkan korek2 lagi deh....topik yg dulu pernah saya singgung triknya...maaf saya males korek2 lagi topiknya..jadi seolah2 gigi matic konvensional kita kendalikan secara manual. Tapi awas , kalo ketagihan akan membuat jeroan maticnya rusak..gubrak....

ya pantesan aja bos TomS bilang maticnya gak bakalan jebol....karena yang semua ditulis bos TomS adalah cara mengemudi biasa begitu menyentuh redline giginya akan berpindah dgn sendirinya....

Dan yang bos TomS singgung diatas sama sekali berbeda dgn persepsi saya mengenai grandis.....
Mobil matic konvensional tdk akan bisa ber-acting seperti grandis yg "manteng terus di rpm red line" tanpa tuker gigi, sebelum kita kasih perintah untuk oper gigi ke yang lebih tinggi.......jadi nafsu anda benar2 tersalurkan.....hkhsihsikshiss..s.s..
gunanya kita gak perlu khawatir disaat kita membutuhkan max full power yang biasa didapat pada rpm tinggi, power itu gak akan hilang dan terjaga terus....sebelum kita perintahkan enginenya utk oper ke gigi yang lebih tinggi... inilah yang dipuji para tester mobil

kalo matic konvensional dan tiptronic bm/audi akan oper gigi dgn sendirinya begitu menyentuh red line walaupun di kick down... atau di mode S sekalipun...pada saat oper gigi itulah power engine akan turun dgn seketika...loss power sesaat....seiring dgn turunnya rpm pada gigi berikutnya...

itulah yang membedakan grandis....dan hal ini diterapkan pula di hyundai tucson....
Image
User avatar
mpoezz
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2980
Joined: Thu Jul 22, 2004 14:10
Location: Kingdom of Heaven

Post by mpoezz »

kalo di kick down klek turun gigi,mesin mengerammm ngenggggggggg langsung RPM naik dengan gesit nya.sampe hampir redline langsung naik lagi giginya.