Sebut mobil yang laris manis, avanza xenia, terrush vios dan tak ketinggalan livina.
Untungnya mobil yang disebutkan diatas memiliki suara mesin yang relatif halus, dan karet peredam model balon yang baik sehingga faktor berisik dari mesin tidak terlalu tembus ke dalam.
Tapi begitu mobil bergerak faktor getaran karena jenis jalan, terutama permukaan jalan yang keriting atau kasar, tembus kedalam kabin, hal tersebut diperburuk karena sistem sasis monocoque dan pelat body yang tipis. Pelat body yang tipis ikut bergetar seiring bergetarnya body, atau resonansi.
Dibawah ini saya uraikan hasil praktek sendiri di mobil livina. Mobil livina standard, kondisi diam, peredaman suara dari luar bagus, tapi begitu dipakai jalan, suara mulai masuk ke kabin bersumber dari roda, persneling dan yang paling mengganggu suara gemuruh ( frekwensi rendah ) dari arah belakang.
Dengan sedikit kemauan dan waktu senggang serta sedikit biaya, kenyamanan kendaraan kita khususnya Livina, bisa ditingkatkan Kalau mau radikal, maka semua bagian yang terjangkau dipasang peredam. Peredam bawaan pabrik, adalah tipe karpet bulu (nama teknisnya ga tau, tujuan pemasangan simpel, dan indah. Meredam frekwensi tinggi.
Dimana perlu dipasang peredam ?
Bagi yang mau pasang salah satu dari item yang disebutkan dibawah sudah dapat merasakan peningkatannya. Apalagi kalau mau dipasang semua item yang disebutkan.
1. Pintu depan ki-ka
2. Fire wall ( sekat mesin, sedapatnya tanpa membongkar total dashboard )
3. termasuk lantai depan
4. bawah konsol tengah
5. spatbor ( rumah roda, paling baik pasang di luar
6. Atap
7. Bagian belakang ki ka, rumah roda cadangan.
Tulisan ini hanya sharing, dan yang terpenting bagi yang ingin mengerjakan tak perlu khawatir salah buka atau patah pin pengunci.
Saya sudah duluan salah bongkar dan korban plastik patah. Anda seharusnya tak perlu mengulangi. Sory kepanjangan now
Ready !!
