Bro kayaknya belum ada yang bahas soal sealant oil yang tahan high temperature dan high preassure deh...........
Problem ane nih oil carter yang rembes, padahal udah dibikin packing sama pake sealent prod wurth......tapi masih ada rembesan juga.
Ane jadi inget waktu masih pake mobil ford dulu, di ATPM IRMC cawang, pake sealant warna abu-abu (bukan threebond lho) ciri fisiknya gak encer. Agak kering dan kasar kalo dipegang, pemakaiannya :
1. Dari tube diberikan salant sekeliling penampang, bukan kayak sekarang di berikan tipis tapi bergumpal-gumpal secukupnya sekeliling penampang yang mau disealant baik penutup maupun yang mau ditutup.
2. Kemudian dirapatkan sejenak (penutup maupun yang ditutup), tunggu sebentar kemudian dilonggarkan kembali. Nah waktu dilonggarkan kembali maka sealant agak meregang mekar tapi gak putus. Kemudian regangan itu dibiarkan barang lima menit kemudian baru dirapatkan kembali dengan baut dan kencang.
3. Hasil bagus sekali, persis kayak original mobil baru keluar pabrik kondisinya.
Menurut teknisi fod emang sealantnya khusus untuk bengkel ford resmi dan gak dijual dipasaran. Suzuki juga punya sealant khusus untuk jalur-jalur oli, modelnya sama kayak yang diford.
Ada yang bisa sharing gak sealant yang bagus kayak dibengkel ford dan suzuki ? yang dijual dipasaran dan kalo bisa dengan kriteria OEM.
THX BEFORE
Ask Sealant oil carter
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: Ask Sealant oil carter
kira2 relevan gak ya kalo bahasan ini di merge ke forum spare part...??
maaf kalo kurang berkenan....
maaf kalo kurang berkenan....

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Ask Sealant oil carter
sebenernya ini bukan spare part sih. tapi support tools...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Ask Sealant oil carter
hmm.... seperti biasa.... sang TS ga menulis mobilnya apa yg sedang ada masalah........ 

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Ask Sealant oil carter
bro syamsul.......apa relevan merk dan kategori mobil dengan problem solving rembesan oli di carter ? Problem itu pan bisa melanda mobil dengan merk dan kateori apapun.
Makanye ane ceritakan pengalaman ketika pake ford di bengkel IRMC dan ketika pake suzuki soal sealant yang high temp and preassure.
Nah kalo bicara oil carter itupun ada dua engine carter and transmission carter, transmission carter dibagi dua lagi manual or matic. Apa mau dibahasa sampe detail gitu ? pan pertanyaannya cuma sealant apa yang tahan oil engine, ATF oil, high temp and high preassure.
Nah kalo menurut ente sealant untuk penggunaan yang sama berbeda berdasarkan merk dan kategori kendaraan, boleh juga tuh di share ilmunya.......
Jadi share donk bro infonya...........masak cuman komentar doank
Makanye ane ceritakan pengalaman ketika pake ford di bengkel IRMC dan ketika pake suzuki soal sealant yang high temp and preassure.
Nah kalo bicara oil carter itupun ada dua engine carter and transmission carter, transmission carter dibagi dua lagi manual or matic. Apa mau dibahasa sampe detail gitu ? pan pertanyaannya cuma sealant apa yang tahan oil engine, ATF oil, high temp and high preassure.
Nah kalo menurut ente sealant untuk penggunaan yang sama berbeda berdasarkan merk dan kategori kendaraan, boleh juga tuh di share ilmunya.......
Jadi share donk bro infonya...........masak cuman komentar doank
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Ask Sealant oil carter
maksudnya gini bro, klo mobilnya dah diketahui merknya, misalkan ajah toyota kijang kapsul ..... maka ane akan coba kasih masukan kira2 di bengkel mana yg bisa menanganinya, kalau nt ga bisa ato mentok dg masalah rembesan tsb. Jadi bisa segera dituntaskan........ gitu lohhh.....basah wrote:bro syamsul.......apa relevan merk dan kategori mobil dengan problem solving rembesan oli di carter ? Problem itu pan bisa melanda mobil dengan merk dan kateori apapun.
Makanye ane ceritakan pengalaman ketika pake ford di bengkel IRMC dan ketika pake suzuki soal sealant yang high temp and preassure.
Nah kalo bicara oil carter itupun ada dua engine carter and transmission carter, transmission carter dibagi dua lagi manual or matic. Apa mau dibahasa sampe detail gitu ? pan pertanyaannya cuma sealant apa yang tahan oil engine, ATF oil, high temp and high preassure.
Nah kalo menurut ente sealant untuk penggunaan yang sama berbeda berdasarkan merk dan kategori kendaraan, boleh juga tuh di share ilmunya.......
Jadi share donk bro infonya...........masak cuman komentar doank
karena banyak yg minta pendapat, tp kurang kasih masukan yg lbh rinci. So nantinya ada kemungkinan akan ditanya lagi (misalkan) spt ini 'kira2 di bengkel mana ya yg bisa menanganinya'......... Nah, klo pas nt segera perlu info ini, khan mesti nungguin lagi jawaban dari ane ato yg lainnya........sedangkan ane ato yg lainnya belon tentu on line saat nt perlu jawabannya (berdasarkan pengalaman di forum ini).......

Balik ke masalah nt.......
kebocoran oli di carter, ada kemungkinan pemasangan sealentnya kurang teliti, maksudnya sebelon dipasang, permukaan yg akan di sealent kurang bersih (msh ada sisa oli), shg sealent ga nempel dg baik, shg bisa terjadi bocor / rembes lagi........
Mengenai merk sealentnya, banyak loh yg kualitasnya ok, misalkan merk 'loctite'......tp nt ga usah berpatokan dg merknya aja, melainkan perhatikan saat sebelum dipasang..... apakah bidangnya dah benar2 bersih dari sisa2 oli, supaya sealent bisa berfungsi dg baik......
smoga bermanfaat................
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Ask Sealant oil carter
^^
Sebenarnya sebelumnya udeh ditanganin ame bengkel (gak usah disebut lah........gak enak) cuman ane kok agak meragukan pilihan bengkel ntu untuk sealernya, padahal bengkel spesialis terkenal lho..........mungkin maksudnya menekan cost kali ya. Mekaniknya aja pas diajak ngobrol, katanya paling banteran 6 bulan rembes lagi..........
Padahal kalo mau bisa lho pake threebond atau permatex yang OEM..........wong pabriknya ada di pulogadung dan marketingnya di sekitaran jakarta barat (threebond).
Makanye setelah rembes dan dihandle lagi ame mereka ternyata muncul lagi cikal bakal rembesnya, satu dua tetesan mulai muncul .......
Ane udeh browsing ternyata ada dua merk threebond dan permatex yang jadi OEM, setelah tanya sana sini ternyata threebond indonesia untuk yang OEM minimal jual 450 gram, gak ada yang tube-an. Dari threebond ada info ternyata gak sembarangan sealant itu, ada yang khusus untuk oil engine, ada yang untuk oil ATF, ada yang oil gear biasa.........semuanya yang tidak bisa pake silang.
Alhamdulillah ane udeh dapet yang dibutuhkan, gak terlalu mahal sih cuma 150 kilo perpaket 100 gram.........paling ntar ane balik kebengkel ntu dan minta sealer ane yang dipake.
Tapi dari semua pengalaman ngeliatin mekanik kerja, yang paling berkesan ya.......prosedur kerja di IRMC untuk penanganan sealer, sejak itu belum pernah ane liat yang kayak gitu lagi termasuk yang di ATPM......semua senengnya oles-oles tipis......kayak takut rugi ........
Oh....ya mobil ane LC-80 bro.........
Sebenarnya sebelumnya udeh ditanganin ame bengkel (gak usah disebut lah........gak enak) cuman ane kok agak meragukan pilihan bengkel ntu untuk sealernya, padahal bengkel spesialis terkenal lho..........mungkin maksudnya menekan cost kali ya. Mekaniknya aja pas diajak ngobrol, katanya paling banteran 6 bulan rembes lagi..........
Padahal kalo mau bisa lho pake threebond atau permatex yang OEM..........wong pabriknya ada di pulogadung dan marketingnya di sekitaran jakarta barat (threebond).
Makanye setelah rembes dan dihandle lagi ame mereka ternyata muncul lagi cikal bakal rembesnya, satu dua tetesan mulai muncul .......
Ane udeh browsing ternyata ada dua merk threebond dan permatex yang jadi OEM, setelah tanya sana sini ternyata threebond indonesia untuk yang OEM minimal jual 450 gram, gak ada yang tube-an. Dari threebond ada info ternyata gak sembarangan sealant itu, ada yang khusus untuk oil engine, ada yang untuk oil ATF, ada yang oil gear biasa.........semuanya yang tidak bisa pake silang.
Alhamdulillah ane udeh dapet yang dibutuhkan, gak terlalu mahal sih cuma 150 kilo perpaket 100 gram.........paling ntar ane balik kebengkel ntu dan minta sealer ane yang dipake.
Tapi dari semua pengalaman ngeliatin mekanik kerja, yang paling berkesan ya.......prosedur kerja di IRMC untuk penanganan sealer, sejak itu belum pernah ane liat yang kayak gitu lagi termasuk yang di ATPM......semua senengnya oles-oles tipis......kayak takut rugi ........
Oh....ya mobil ane LC-80 bro.........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Ask Sealant oil carter
^^
bro, misalkan dah dipasang, trus ada kebocoran lagi..... coba deh diperhatikan tempat rembesannya.... apakah rembesnya itu di tempat yg sama atau di tempat yg lain......
klo rembesannya di tempat yg sama, mk ada kemungkinan di tempat tsb ada yg ga bener, misalkan ada permukaan yg ga sama dg sekelilingnya, jadi bisa terjadi rembesan lagi. Klo dah gini sebaiknya permukaan tsb diratakan dg sekelilingnya biar ga terjadi rembesan lagi.......
smoga bermanfaat............
btw nosel yg nt cari buat di LC80 udah ketemu apa belon bro......
bro, misalkan dah dipasang, trus ada kebocoran lagi..... coba deh diperhatikan tempat rembesannya.... apakah rembesnya itu di tempat yg sama atau di tempat yg lain......
klo rembesannya di tempat yg sama, mk ada kemungkinan di tempat tsb ada yg ga bener, misalkan ada permukaan yg ga sama dg sekelilingnya, jadi bisa terjadi rembesan lagi. Klo dah gini sebaiknya permukaan tsb diratakan dg sekelilingnya biar ga terjadi rembesan lagi.......
smoga bermanfaat............
btw nosel yg nt cari buat di LC80 udah ketemu apa belon bro......

-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 225
- Joined: Thu Mar 19, 2009 14:19
Re: Ask Sealant oil carter
^^
hmmmm kayaknya ente punya info soal nozzle ? kasih tau donk.........
Yang jelas ane ditawarin nozzle keluaran denso untuk LC-80 harganya sekitaran 200-300 kiloan perbiji. Cuman ane dikasih tau ternyata emang ada denso yang produk malaysia dan thailand, yang jelas beda ame denso jepang.
Ada yang bilang sama aja kualitasnya soalnya yang bilang juga pake merk ntu di LC100-nya.
Apa yang bisa ente share bro ?
Kayaknya nozzle ane mesti ganti nih, kerasa di konsumsi solarnya dan asepnya.........
hmmmm kayaknya ente punya info soal nozzle ? kasih tau donk.........
Yang jelas ane ditawarin nozzle keluaran denso untuk LC-80 harganya sekitaran 200-300 kiloan perbiji. Cuman ane dikasih tau ternyata emang ada denso yang produk malaysia dan thailand, yang jelas beda ame denso jepang.
Ada yang bilang sama aja kualitasnya soalnya yang bilang juga pake merk ntu di LC100-nya.
Apa yang bisa ente share bro ?
Kayaknya nozzle ane mesti ganti nih, kerasa di konsumsi solarnya dan asepnya.........
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Ask Sealant oil carter
ane pm no. tlp nya ya...... nanti nt yg tanya sendiri ke sana....ok.....basah wrote:^^
hmmmm kayaknya ente punya info soal nozzle ? kasih tau donk.........
Yang jelas ane ditawarin nozzle keluaran denso untuk LC-80 harganya sekitaran 200-300 kiloan perbiji. Cuman ane dikasih tau ternyata emang ada denso yang produk malaysia dan thailand, yang jelas beda ame denso jepang.
Ada yang bilang sama aja kualitasnya soalnya yang bilang juga pake merk ntu di LC100-nya.
Apa yang bisa ente share bro ?
Kayaknya nozzle ane mesti ganti nih, kerasa di konsumsi solarnya dan asepnya.........