Proton Exora - PART 01
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Wed Jun 25, 2008 10:55
Re: Proton Exora
Ikut share...exora yg kami pakai udah 6500KM...M-Line Matic:
1. FC kombinasi luar dan dalkot 1:9 (apa ada saran agar lebih irit?)
2. Hampir 3 bln ini AC sdh 3 x rusak (tidak dingin/hanya angin doang),terakhir dipaksa utk diganti full hanya sebagian spare part aja (udah dingin lagi sih, hanya bolak balik ke bengkel dan serta lama benerinnya yg bikin bete, bengkel yg di Kali Malang kurang responsif)
3. Untuk tarikan di tanjakan memang tidak menyenangkan (nyalip mobil didepan susah sekali), namun rasanya masih sepadan dgn GL yg 1500cc (kami juga punya GL)...utk mobil keluarga msh okelah...safety first.
4. Jika dibandingkan dgn Innova...jika boleh diputar ulang rasanya lebih baik ambil Innova
5. Kesimpulan umum nyesal atau tidak...abstain aja...tdk menyarankan atau menolak...paling senyum aja (mungkin jika AC nya tidak bermasalah dan service bengkelnya responsif...tadinya mau beli sedan Gen2...kalo sekarang sih mau cari sedan eropa aja)
1. FC kombinasi luar dan dalkot 1:9 (apa ada saran agar lebih irit?)
2. Hampir 3 bln ini AC sdh 3 x rusak (tidak dingin/hanya angin doang),terakhir dipaksa utk diganti full hanya sebagian spare part aja (udah dingin lagi sih, hanya bolak balik ke bengkel dan serta lama benerinnya yg bikin bete, bengkel yg di Kali Malang kurang responsif)
3. Untuk tarikan di tanjakan memang tidak menyenangkan (nyalip mobil didepan susah sekali), namun rasanya masih sepadan dgn GL yg 1500cc (kami juga punya GL)...utk mobil keluarga msh okelah...safety first.
4. Jika dibandingkan dgn Innova...jika boleh diputar ulang rasanya lebih baik ambil Innova
5. Kesimpulan umum nyesal atau tidak...abstain aja...tdk menyarankan atau menolak...paling senyum aja (mungkin jika AC nya tidak bermasalah dan service bengkelnya responsif...tadinya mau beli sedan Gen2...kalo sekarang sih mau cari sedan eropa aja)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1493
- Joined: Wed Dec 23, 2009 4:16
Re: Proton Exora
Wew.. mobil baru AC da 3x rusak, apa terjadi ma tmen2 yg pake Exora juga?, gila..betapa menyebalkan pake mobil baru da sakit2an, padahal kmren br dapet share juga.. kalo exora lebih unggul dlm bnyk hal dibanding innova atau GL 1.8 Ultimate.. jadi bgmna ini ? 

Etme Bulma Dünyası
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 745
- Joined: Thu Feb 12, 2009 9:13
Re: Proton Exora
mgkn ac-nya cacat produk. mslh defect bgini smua merk jg pernah alami, tinggal apakah diler/bengkel ybs mau menanganinya secara profesional ato ga.
asal defect jgn yg berhubungan ama safety, bahaya om
asal defect jgn yg berhubungan ama safety, bahaya om
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
Menurut forum Exora Jiran, memang pada batch awal, controller AC nya error & harus diganti dengan yang model lain...Di sana itu yang dilakukan di service centernya. Kinggal kita maksa yg disini aja...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Proton Exora
justru menurut ane, harusnya proton aware banget dengan yang kayak gini. karena ini lah citra proton bagi konsumen indonesia 5-20 tahun mendatang...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
K lo saya, suka kepencet tombol AC nya jadi 'off'...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
Tombol a/c & resirkulasi suka ga sengaja kepencet jadi 'off' bikin ga dingin...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
Yang bagus katanya bengkel Slipi...
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Proton Exora
Yakin neh bro GL 1.5 ga bisa nyalip ditanjakkan ane sih fine2 aja tanjakkan,bus,truk,mobpribadi bisa ane salip dgn nyaman semua kok..GLnya apa bro matic or manual..?? Matic or manual tanjakkan juga dilibas kok, malah ane pernah diikutin Truk dyna 4 roda masih kinyis2 yang turbo intercooler itu lo (notabenenya diesel jago nanjak) lagi "speedy" bgt (120+km/h) ga ada muatan ga bisa tuh nyalip ane dari surabaya sampe malang..he2 Pinter2 mainin gigi aja (kayaknya berlaku buat EXORA juga)..Riff wrote:Ikut share...exora yg kami pakai udah 6500KM...M-Line Matic:
1. FC kombinasi luar dan dalkot 1:9 (apa ada saran agar lebih irit?)
2. Hampir 3 bln ini AC sdh 3 x rusak (tidak dingin/hanya angin doang),terakhir dipaksa utk diganti full hanya sebagian spare part aja (udah dingin lagi sih, hanya bolak balik ke bengkel dan serta lama benerinnya yg bikin bete, bengkel yg di Kali Malang kurang responsif)
3. Untuk tarikan di tanjakan memang tidak menyenangkan (nyalip mobil didepan susah sekali), namun rasanya masih sepadan dgn GL yg 1500cc (kami juga punya GL)...utk mobil keluarga msh okelah...safety first.
4. Jika dibandingkan dgn Innova...jika boleh diputar ulang rasanya lebih baik ambil Innova
5. Kesimpulan umum nyesal atau tidak...abstain aja...tdk menyarankan atau menolak...paling senyum aja (mungkin jika AC nya tidak bermasalah dan service bengkelnya responsif...tadinya mau beli sedan Gen2...kalo sekarang sih mau cari sedan eropa aja)

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
- Location: tangerang
Re: Proton Exora
Exora yg saya pakai sudah km 3800 (2x bolak balik Jakarta - Jogja), kemarin baru service gratis 1000km di slipi (ga sempet jadi terlambat), habis service teras enteng (mungkin karena oli pakai SAE10-30). AC tdk ada masalah (mudah2an tdk bermasalah seterusnya), malah kalau malam/hujan terlalu dingin, walau sudah di set ke yg paling panas (tombol model eropa jadi putar ke kiri utk nambah dingin).
Selama ini belum menyesal ambil exora
Selama ini belum menyesal ambil exora

-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
Rasanya ga ada yang perlu disesalkan...Exora produk MPV pertama Proton, jadi kalau belum 100% sempurna bisa dimaklumi. Sebelum membeli, saya rajin baca forum2 di Malaysia mengenai Exora. Masalah kontroler A/C pada batch2 produksi awal sudah saya ketahui sebelumnya & dari Proton sudah ada penggantian, ada hal2 kecil lainnya tapi tidak terlalu mengganggu & ada perbaikannya. Jadi saya sudah sangat paham mengenai kekurangan & kelebihan Exora sebelum memutuskan untuk membeli.
Bagi saya uang Rp.80 juta sangat berarti, apalagi kalau hanya untuk digunakan menutupi selisih harga membeli merk yang sudah kadung populer di Indonesia.
Sebetulnya saya juga iri sama mereka karena sudah mampu membuat mobnas dan punya kemerdekaan untuk menentukan segala keputusan, baik rancang bangun hingga pemasaran, sedangkan industri otomotif kita?
Memang memprihatinkan kenyataan bahwa negara kita tidak lebih hanya sebagai pasar dari produk2 luar negri.
Bagi saya uang Rp.80 juta sangat berarti, apalagi kalau hanya untuk digunakan menutupi selisih harga membeli merk yang sudah kadung populer di Indonesia.
Sebetulnya saya juga iri sama mereka karena sudah mampu membuat mobnas dan punya kemerdekaan untuk menentukan segala keputusan, baik rancang bangun hingga pemasaran, sedangkan industri otomotif kita?
Memang memprihatinkan kenyataan bahwa negara kita tidak lebih hanya sebagai pasar dari produk2 luar negri.

-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 674
- Joined: Thu Dec 27, 2007 2:16
Re: Proton Exora
Hidup innova...Riff wrote:Ikut share...exora yg kami pakai udah 6500KM...M-Line Matic:
1. FC kombinasi luar dan dalkot 1:9 (apa ada saran agar lebih irit?)
2. Hampir 3 bln ini AC sdh 3 x rusak (tidak dingin/hanya angin doang),terakhir dipaksa utk diganti full hanya sebagian spare part aja (udah dingin lagi sih, hanya bolak balik ke bengkel dan serta lama benerinnya yg bikin bete, bengkel yg di Kali Malang kurang responsif)
3. Untuk tarikan di tanjakan memang tidak menyenangkan (nyalip mobil didepan susah sekali), namun rasanya masih sepadan dgn GL yg 1500cc (kami juga punya GL)...utk mobil keluarga msh okelah...safety first.
4. Jika dibandingkan dgn Innova...jika boleh diputar ulang rasanya lebih baik ambil Innova
5. Kesimpulan umum nyesal atau tidak...abstain aja...tdk menyarankan atau menolak...paling senyum aja (mungkin jika AC nya tidak bermasalah dan service bengkelnya responsif...tadinya mau beli sedan Gen2...kalo sekarang sih mau cari sedan eropa aja)
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2647
- Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23
Re: Proton Exora
salah thread...Dogies wrote:Hidup innova...Riff wrote:Ikut share...exora yg kami pakai udah 6500KM...M-Line Matic:
1. FC kombinasi luar dan dalkot 1:9 (apa ada saran agar lebih irit?)
2. Hampir 3 bln ini AC sdh 3 x rusak (tidak dingin/hanya angin doang),terakhir dipaksa utk diganti full hanya sebagian spare part aja (udah dingin lagi sih, hanya bolak balik ke bengkel dan serta lama benerinnya yg bikin bete, bengkel yg di Kali Malang kurang responsif)
3. Untuk tarikan di tanjakan memang tidak menyenangkan (nyalip mobil didepan susah sekali), namun rasanya masih sepadan dgn GL yg 1500cc (kami juga punya GL)...utk mobil keluarga msh okelah...safety first.
4. Jika dibandingkan dgn Innova...jika boleh diputar ulang rasanya lebih baik ambil Innova
5. Kesimpulan umum nyesal atau tidak...abstain aja...tdk menyarankan atau menolak...paling senyum aja (mungkin jika AC nya tidak bermasalah dan service bengkelnya responsif...tadinya mau beli sedan Gen2...kalo sekarang sih mau cari sedan eropa aja)
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 80
- Joined: Thu Mar 27, 2008 5:24
Re: Proton Exora
harga Exora skrg brp?
di Bandung belom pernah liat nih... gada beresnya sih males aja beli beginian...
di Bandung belom pernah liat nih... gada beresnya sih males aja beli beginian...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Sun Jan 24, 2010 8:10
Re: Proton Exora
saya newbe nih..
saya kemaren liat pameran proton exora, keren jg keliatannya saya jadi mupeng jg ama nih mobil, setelah membaca post yg ada ditread ini saya jadi bimbang, kebetulan saya kan wiraswasta yg tiba2 perlu dana seger, takutnya waktu mau disekolahin ke bank ditolak karena alasan nggak ada nilainya
Menurut suhu2 disini apakah ketertarikan saya ini harus diteruskan atau diurungkan saja
terima kasih atas jawabanya...
saya kemaren liat pameran proton exora, keren jg keliatannya saya jadi mupeng jg ama nih mobil, setelah membaca post yg ada ditread ini saya jadi bimbang, kebetulan saya kan wiraswasta yg tiba2 perlu dana seger, takutnya waktu mau disekolahin ke bank ditolak karena alasan nggak ada nilainya

Menurut suhu2 disini apakah ketertarikan saya ini harus diteruskan atau diurungkan saja
terima kasih atas jawabanya...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
Saya juga wiraswasta, dan pernah kerja di bank...soal beli atau tidak, semua tergantung anda. Rasanya, bank membutuhkan jaminan BPKB hanya sebagai jaminan tambahan, jaminan utamanya adalah proyeknya (ada purchase order, surat perintah kerja, dll. dari pemberi kerja yang bonafide dan pembayarannya ke rekening bank ybs - cessie -).moel wrote:saya newbe nih..
saya kemaren liat pameran proton exora, keren jg keliatannya saya jadi mupeng jg ama nih mobil, setelah membaca post yg ada ditread ini saya jadi bimbang, kebetulan saya kan wiraswasta yg tiba2 perlu dana seger, takutnya waktu mau disekolahin ke bank ditolak karena alasan nggak ada nilainya![]()
Menurut suhu2 disini apakah ketertarikan saya ini harus diteruskan atau diurungkan saja
terima kasih atas jawabanya...
Alternatif lain, beli secara leasing, uang didepositokan agar bisa jadi jaminan tunai (cash collateral) bila diperlukan.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 103
- Joined: Wed Jun 25, 2008 10:55
Re: Proton Exora
Dear All...
Thank's banget sama SM...stlh saya masukkan komen per 12 jan...lsg persoalan tsb di handling sama GM nya...salut.
Persoalan AC kami tsb lebih dikarenakan custumer service nya kurang responsif,padahal persoalannya sepele aja dan sampai detik ini AC nya masih dingin banget.
Mudah2an dgn berlalunya waktu bisa mulai mencintai si Exora.
Btw... GL1500 matic th 2008 akhir yg jadi komparasi...
Thank's banget sama SM...stlh saya masukkan komen per 12 jan...lsg persoalan tsb di handling sama GM nya...salut.
Persoalan AC kami tsb lebih dikarenakan custumer service nya kurang responsif,padahal persoalannya sepele aja dan sampai detik ini AC nya masih dingin banget.
Mudah2an dgn berlalunya waktu bisa mulai mencintai si Exora.
Btw... GL1500 matic th 2008 akhir yg jadi komparasi...
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
rasanya ga ada produk otomotif yang ga ada problem. tinggal bias terhadap merknya. untuk merk underdog, publik cenderung prejudice.
GL pun banyak masalah seperti yang diwartakan otomotifnet di bawah ini:
Problem Grand Livina
Berikut ini keluhan Grand Livina yang masuk ke redaksi lewat surat pembaca. Redaksi juga menemukan keluhan serupa di lapangan. Jika ada keluhan serupa silahkan posting di sini. Pihak ATPM sepertinya menutup-nutupi kasus ini. Berikut keluhannya:
Problem Steering Grand Livina
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapan surat saya ini, saya merupakan pengguna Grand Livina saya cukup puas dengan mobil ini sesuai dengan harganya namun ada beberapa permasalahan yang cukup mengganggu dan banyak dialami para pengguna GL namun belum pernah dibahas satupun di tabloid otomotif bagaimana tips dan pemcahannya antara lain
1. Indikator bensin GL yang banyak sekali bermasalah dimana tidak mau menunjukkan ke F walaupun pihak bengkel resmi melakukan penggantian namun ada beberapa pengguna yang kembali bermasalah.
2. Untuk stir setiap belok terdapat bunyi yang cukup mengganggu dan yaitu bunyi duk..duk..duk.. seperti mobil yang sudah rusak tie roadnya. oleh pihak BERES awalnya dilakukan penggantian namun setelah kembali mengalami hal yang sama perbaikan hanya dilakukan dengan penambahan silicon namun hanya 2000 km kembali bunyi. Apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana mengatasinya ?
3. Beberapa waktu yang lalu terdapat kasus GL yang terbakar habis di tol Kebon Jeruk, mengapa pihak otomotif tidak membahas sedikitpun karena hal ini bisa menjadi pembelajara bagi pengguna GL yang lain apabila mengalami hal sama. seolah-oleh ditutupi oleh pihak Nissan?
Terima kasih atas tanggapannya
Hari Tri Utomo
Jakarta Selatan
http://forum.otomotifnet.com/forum/show ... php?t=4311
GL pun banyak masalah seperti yang diwartakan otomotifnet di bawah ini:
Problem Grand Livina
Berikut ini keluhan Grand Livina yang masuk ke redaksi lewat surat pembaca. Redaksi juga menemukan keluhan serupa di lapangan. Jika ada keluhan serupa silahkan posting di sini. Pihak ATPM sepertinya menutup-nutupi kasus ini. Berikut keluhannya:
Problem Steering Grand Livina
Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas tanggapan surat saya ini, saya merupakan pengguna Grand Livina saya cukup puas dengan mobil ini sesuai dengan harganya namun ada beberapa permasalahan yang cukup mengganggu dan banyak dialami para pengguna GL namun belum pernah dibahas satupun di tabloid otomotif bagaimana tips dan pemcahannya antara lain
1. Indikator bensin GL yang banyak sekali bermasalah dimana tidak mau menunjukkan ke F walaupun pihak bengkel resmi melakukan penggantian namun ada beberapa pengguna yang kembali bermasalah.
2. Untuk stir setiap belok terdapat bunyi yang cukup mengganggu dan yaitu bunyi duk..duk..duk.. seperti mobil yang sudah rusak tie roadnya. oleh pihak BERES awalnya dilakukan penggantian namun setelah kembali mengalami hal yang sama perbaikan hanya dilakukan dengan penambahan silicon namun hanya 2000 km kembali bunyi. Apa yang menjadi penyebabnya dan bagaimana mengatasinya ?
3. Beberapa waktu yang lalu terdapat kasus GL yang terbakar habis di tol Kebon Jeruk, mengapa pihak otomotif tidak membahas sedikitpun karena hal ini bisa menjadi pembelajara bagi pengguna GL yang lain apabila mengalami hal sama. seolah-oleh ditutupi oleh pihak Nissan?
Terima kasih atas tanggapannya
Hari Tri Utomo
Jakarta Selatan
http://forum.otomotifnet.com/forum/show ... php?t=4311
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57
Re: Proton Exora
@estear: Sebetulnya saya juga iri sama mereka karena sudah mampu membuat mobnas dan punya kemerdekaan untuk menentukan segala keputusan, baik rancang bangun hingga pemasaran, sedangkan industri otomotif kita?
Memang memprihatinkan kenyataan bahwa negara kita tidak lebih hanya sebagai pasar dari produk2 luar negri.
Dari segi idealis, anda mirip dengan saya. Kemarin beli charger nokia kw, sampai kaget berapa? Rp15.000, Ga ada pengusaha indo yang berani produksi dengan harga segitu. Beli card reader, produknya canggih, berapa ? Rp25.000,-. Tak akan sanggup pengusaha sini yang berani produksi dengan harga segitu.
Karena siklus ekonomi kita seperti siklus alam dilaut ( kalau disebut hukum rimba kejam nian ). plankton dimakan teri terus kakap terus ikan hiu.
Memang memprihatinkan kenyataan bahwa negara kita tidak lebih hanya sebagai pasar dari produk2 luar negri.
Dari segi idealis, anda mirip dengan saya. Kemarin beli charger nokia kw, sampai kaget berapa? Rp15.000, Ga ada pengusaha indo yang berani produksi dengan harga segitu. Beli card reader, produknya canggih, berapa ? Rp25.000,-. Tak akan sanggup pengusaha sini yang berani produksi dengan harga segitu.
Karena siklus ekonomi kita seperti siklus alam dilaut ( kalau disebut hukum rimba kejam nian ). plankton dimakan teri terus kakap terus ikan hiu.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 109
- Joined: Thu Jan 21, 2010 17:57
Re: Proton Exora
exora mobil bagus. soal tarikan kurang responsif , wajar karena bodynya berat
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 32
- Joined: Tue Dec 29, 2009 8:48
Re: Proton Exora
@ Benteng, sayang sekali bangsa kita egoisme nya terlalu tinggi, sehingga daripada berbuat untuk kebaikan bersama, lebih suka mementingkan kepentingan sempit golongan. Di India, Malaysia, Cina, peran pemerintah dalam memajukan mobnas sangat besar, seperti jamannya Soeharto dengan industri dirgantaranya. Sayang hal ini sudah tidak memungkinkan lagi dilakukan karena elit Parpol akan dengan cepat memanfaatkan situasi dengan membuat 'pansus mobnas' untuk menggoyang pemerintahan sah hasil pemilu & menggantinya tanpa melalui pemilu...
Ya sudahlah, tidak banyak yang dapat kita perbuat...paling bagaimana caranya uang masyarakat (termasuk uang saya) mengalir ke prinsipal luar negeri sesedikit mungkin, jadi belinya yang 'value for money' nya paling tinggi...
Soal Exora, dari pengalaman saya, mesinnya sebetulnya dapat menjadi cukup responsif, asal kita tahu bagaimana caranya....
Berbeda dengan Innova, yang mesinnya dibuat untuk truk ringan, Exora mesinnya dibuat oleh Proton berdasarkan design dari Lotus. Teknologi CPS (cam profile switching - seperti VTEC) dan VIM (variable intake manifold) lumayan canggih dan digunakan juga oleh pabrikan2 papan atas seperti Jaguar, Land Rover, Porsche, dll., se-olah2 ada 2 mesin, satu untuk rpm rendah dan satu lagi untuk rpm tinggi.
Secara umum, mesin ini lebih suka bermain di rpm tinggi dan karena saya punya yang manual, saya bisa 'rev up' mesinnya masuk ke gigi 1, kemudian 2 pada saat start kemudian baru pindah ke gigi selanjutnya...
Di tol, kecuali saya ingin melaju dengan kecepatan di atas 120 km/jam, saya batasi menggunakan gigi 4 dengan rpm di atas 4000....ini agar CPS dan VIM di rpm tingginya bekerja...
Kalau Innova VVT-i nya bersifat 'cam phasing' maka karena CPS itu adalah cam switching (ganti cam pada rpm tinggi) perubahan akselerasinya dapat terasa...
Sebetulnya, mesin ini lebih cocok buat Neo daripada Exora, tapi selama ini cukuplah...
Ya sudahlah, tidak banyak yang dapat kita perbuat...paling bagaimana caranya uang masyarakat (termasuk uang saya) mengalir ke prinsipal luar negeri sesedikit mungkin, jadi belinya yang 'value for money' nya paling tinggi...
Soal Exora, dari pengalaman saya, mesinnya sebetulnya dapat menjadi cukup responsif, asal kita tahu bagaimana caranya....
Berbeda dengan Innova, yang mesinnya dibuat untuk truk ringan, Exora mesinnya dibuat oleh Proton berdasarkan design dari Lotus. Teknologi CPS (cam profile switching - seperti VTEC) dan VIM (variable intake manifold) lumayan canggih dan digunakan juga oleh pabrikan2 papan atas seperti Jaguar, Land Rover, Porsche, dll., se-olah2 ada 2 mesin, satu untuk rpm rendah dan satu lagi untuk rpm tinggi.
Secara umum, mesin ini lebih suka bermain di rpm tinggi dan karena saya punya yang manual, saya bisa 'rev up' mesinnya masuk ke gigi 1, kemudian 2 pada saat start kemudian baru pindah ke gigi selanjutnya...
Di tol, kecuali saya ingin melaju dengan kecepatan di atas 120 km/jam, saya batasi menggunakan gigi 4 dengan rpm di atas 4000....ini agar CPS dan VIM di rpm tingginya bekerja...
Kalau Innova VVT-i nya bersifat 'cam phasing' maka karena CPS itu adalah cam switching (ganti cam pada rpm tinggi) perubahan akselerasinya dapat terasa...
Sebetulnya, mesin ini lebih cocok buat Neo daripada Exora, tapi selama ini cukuplah...
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
- Location: tangerang
Re: Proton Exora
Bagus postingnya, saya jadi tambah pinter ttg teknologi CPS dan VIM. Tadinya sekedar tahu saja sejenis VTEC dan VVTI.
Appreciate !.
Saya pemakai Exora matik, mungkin itu pula sebabnya gigi matic D dan 3 dibuat sebaris (tidak bergerigi), mungkin tujuannya kalau jalan pelan (dalam kota) dianjurkan menggunakan 3, supaya dpt RPM tinggi. Memang saya amati di MID, bila speed di bawah 60km / jam, konsumsi bahan bakar lebih hemat di posisi 3 dibanding posisi D. Apakah ini juga ada kaitannya dg CPS tadi ? atau hanya ada kaitannya dg karakter mesin Exora yg torsi maksimalnya di rpm 4000.
Saya juga penasaran dg istilah rev-up, saya googling tapi ga ketemu penjelasannya, apakah yg dimaksud semacam menambah akselerasi dg menurunkan satu gigi di bawahnya ? Mohon pencerarahannya. Salam.
Appreciate !.
Saya pemakai Exora matik, mungkin itu pula sebabnya gigi matic D dan 3 dibuat sebaris (tidak bergerigi), mungkin tujuannya kalau jalan pelan (dalam kota) dianjurkan menggunakan 3, supaya dpt RPM tinggi. Memang saya amati di MID, bila speed di bawah 60km / jam, konsumsi bahan bakar lebih hemat di posisi 3 dibanding posisi D. Apakah ini juga ada kaitannya dg CPS tadi ? atau hanya ada kaitannya dg karakter mesin Exora yg torsi maksimalnya di rpm 4000.
Saya juga penasaran dg istilah rev-up, saya googling tapi ga ketemu penjelasannya, apakah yg dimaksud semacam menambah akselerasi dg menurunkan satu gigi di bawahnya ? Mohon pencerarahannya. Salam.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Feb 04, 2010 13:40
Re: Proton Exora
halo semuany...
mw nanya nih.. cos bokap lg nyari mobil yg murah tp fitur safetyny lengkap..
nyokap sih tertarik ama varian avanza/xenia..tp stelah ane liat2 fitur safetyny rada kurang y(ato kurang bgd mlahan
)
biokap tertarik ama serena..tp kurang cocok d hargany
stelah ane liat2, exora kykny lngkap bgd tuh.. nah mnurut tman2 dsini smw, recommended gk n mobil??
tlg infony..
matur nuhun
mw nanya nih.. cos bokap lg nyari mobil yg murah tp fitur safetyny lengkap..
nyokap sih tertarik ama varian avanza/xenia..tp stelah ane liat2 fitur safetyny rada kurang y(ato kurang bgd mlahan

biokap tertarik ama serena..tp kurang cocok d hargany

stelah ane liat2, exora kykny lngkap bgd tuh.. nah mnurut tman2 dsini smw, recommended gk n mobil??
tlg infony..
matur nuhun

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 68
- Joined: Wed Feb 16, 2005 9:28
- Location: tangerang
Re: Proton Exora
Saya pemakai exora, dan puas dg produk ini. Mungkin kalimat yg cocok utk exora : serasa grandis, harga avanza.
Fitur2 tidak pelit dan lengkap, baik utk keselamatan maupun kenyamanan. Silakan baca2 di posti ng terdahulu dan googling di net.
Value for money utk exora, kita beli teknologi 80%, 20% merk.

Fitur2 tidak pelit dan lengkap, baik utk keselamatan maupun kenyamanan. Silakan baca2 di posti ng terdahulu dan googling di net.
Value for money utk exora, kita beli teknologi 80%, 20% merk.
-
- Visitor
- Posts: 5
- Joined: Thu Feb 04, 2010 13:40
Re: Proton Exora
^
hlaman kbelakang rada binun bacany.. cos macem2 yg dbahas
@jeifung : driving impressionny gmn n??? trus ap aj yg prlu dperhatiin slama ngendarain exora.. sharing pngalamanny dunk bro
hlaman kbelakang rada binun bacany.. cos macem2 yg dbahas

@jeifung : driving impressionny gmn n??? trus ap aj yg prlu dperhatiin slama ngendarain exora.. sharing pngalamanny dunk bro