Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

^
oo gitu...kalo ecu balik spt semula masih masuk akal..
tapi kalo fc bs spt wkt baru beli, *imo* rasanya kok gak ya, sebab pasti ada komponen dlm mesin yg termakan usia, pasti pengaruh ke fc. but..dunno jg ya..

belakangan br liat lagi fc h3.0 gw skitar 7.8/ltr dalkot..cukup baik ya utk mesin segede ini, udah tua lagi.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

roadtrain99 wrote:^
oo gitu...kalo ecu balik spt semula masih masuk akal..
tapi kalo fc bs spt wkt baru beli, *imo* rasanya kok gak ya, sebab pasti ada komponen dlm mesin yg termakan usia, pasti pengaruh ke fc. but..dunno jg ya..

belakangan br liat lagi fc h3.0 gw skitar 7.8/ltr dalkot..cukup baik ya utk mesin segede ini, udah tua lagi.
Maksud saya Settingan oom.. Bukan real fc seperti baru.. Mohon dibaca dan dimengerti
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

oo..tp blm ngerti nih
settingan fc kembali spt baru beli mobil maksudnya gimana? apa fc nya bisa di setel? mohon pencerahan..
iwang
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1727
Joined: Sun Jun 15, 2008 8:41

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by iwang »

itu CX7 baru cakep banget yak :D :D :D apalagi warna putih
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by Abu2 »

iwang wrote:itu CX7 baru cakep banget yak :D :D :D apalagi warna putih
:off_good: :off_good:

CX 7 maupun yg 9 bener2 cakep lhaarrrrr :frm_tumbright:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

roadtrain99 wrote:oo..tp blm ngerti nih
settingan fc kembali spt baru beli mobil maksudnya gimana? apa fc nya bisa di setel? mohon pencerahan..
Maaf oom, balasnya lama... banyak kerjaan di kantor... :mrgreen:

Wah mulai dari mana ya jelasinnya.. kayakny dulu saya pernah posting tentang ECU tapi entah di seraya atau di forum luar negeri, .. tapi ini dari sepengetahuan saya yang nubie ya... ECU itu kan electronic control unit.. kata bang wiki di http://en.wikipedia.org/wiki/Engine_control_unit itu "a type of electronic control unit that determines the amount of fuel, ignition timing and other parameters an internal combustion engine needs to keep running"

yaa.. ngerti lah ya bahasa indonesianya apa, terutama yang di bold.. :mrgreen: ..

kelanjutannya adalah, ECU yang beredar sekarang ini kebanyakan 64 bit, dan memiliki sifat self learning. Toyota sudah menggunakan ini dari mulai jaman 4AGE, disebutnya OBD (on board Diagnostic) artinya bisa menyesuaikan dengan karakteristik gaya mengemudi si pemilik/pengendara kendaraan sehingga yang suka bejek, sama yang eco drive settingan bukaan timing throttle sama amount of fuel nya berbeda karena OBD-ECU mencari mana yang lebih efisien ke mesin dan bahan bakar untuk gaya pengemudi pemiliknya. nah kebetulan supir saya suka bejek ni.. untuk mengimbanginya, mesin menyalurkan bbm lebih banyak pada bukaan throttle, ini berdampak jangka panjang meski dalam kondisi tidak ngebut, settingan yang dipakai tetap yang sama, jadi mesin lebih boros.. boros nya signifikan lho.. bukan nggak signifikan.

untuk trik2 merestrat ECu bisa dengan mencabut aki selama 3-5 menit Tapi lebih baik restart ECU saja.. sekalian bisa setting oktan bbm yang dipakai, dan kontrol bukaan throttle.. saya cari link yang kira2 mendukung ada disini... http://www.modifikasi.com/showthread.php?t=51334 lihat postingan OSF,.. mungkin selanjutnya bisa konsultasi sama bengkel tersebut..

CMIIW ya sodara2, saya cuma newbie :ungg:

gimana oom roadtrain?
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

[quote="AD74YA

Tapi lebih baik restart ECU saja..

[/quote]

Maksud saya dengan sistem computerized yang sudah di spesifikasi untuk jenis mesin anda... :mrgreen:
Biasanya di beres2 tertentu atau di bengkel performance.. (biasanya better di bengkel performance)
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

^
oooOoOoO gitchuuuu..baru jelas. sebnrnya gw nangkep yg reset ecu, cuma pas mikir fc bisa di set ulang..gw jd haaa..hehe..

thx pencerahannya...

gw ga yakin nih on board comp harrier gw udah spt itu yg bs ikutin character driver nya, berarti chip nya ngambil avg nya ya. pinter jg. cuma gawat kalo dari awal suka bejek, akhirnya ecu itu mikir utk selama nya si driver most of time ngebut...

kadang gini bro, kalo org blm biasa matic, dia maunya bejek gas, bukan krn mau ngebut, tp krn dia ngga ngerasa serespon manual. but thats another thing though.

kebetulan gw blm pernah sengaja utk reset ecu, tp kalo copot aki utk diganti udah bebrp kali. Apakah ada beda hasil jika copot aki dgn tanpa copot aki (reset alat)?

itu secara electronic bs modif ecu+fc. Berarti chip nya mikir seolah2 dia baru hidup kembali ya..hm..cuma..kalo secara mekanikal, komponen2 isi mesin kan pasti sudah aus termakan usia, pasti pengaruh ke kinerja dan fc mesin. efek dari reset ecu itu ngebantu ga..

penasaran, kapan2 coba ah, copotin kabel2 aki lebih dari 5min..

:beer:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

roadtrain99 wrote:^
oooOoOoO gitchuuuu..baru jelas.


gw ga yakin nih on board comp harrier gw udah spt itu yg bs ikutin character driver nya, berarti chip nya ngambil avg nya ya. pinter jg. cuma gawat kalo dari awal suka bejek, akhirnya ecu itu mikir utk selama nya si driver most of time ngebut...


:beer:
IyA GeTchuu bOo.. (Alay mode: on :))

Hmm sebenernya ada idiom (bener ga ya peletakan katanya) bahwa OBD itu identik dengan TBW (Throttle by wire) di SM sering juga disebut DBW (drive by wire).. Karena sistem ini mempermudah bukaan throttle fully di kontrol sama ECU.. Ditambah OBD yg mengeset settingan berdasar karakteristik pengendara membuat setiap mobil memiliki personalisasi yang spesifik.. Paling ga itu tujuan utamanya.. Agak miss memang karena tbw malah sebagian besar kasus membuat lemot.. Dan obd kalo dah terlanjur yg suka bejek settingnya ya tetep sama meski dibawa pelan.. Kalo ga salah udah lama saya baca ttg ini di zerotohundreds.com ,( maksud saya disini.. Pengen bilang yg udah ada tbw biasanya ada sistem obd.. Di toyota lho ya..)

Eniwei CMIIW ya..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

nah soal throttle by wire itu..gw jd bingung..ada yg bilang itu secara elektronik/computerized, tapi ada anggapan masih pake kabel kawat. maksudnya gas nya ya.

sptnya kalo yg masih agak tradisional, keliatan kawat throttle nya, itu responsif. tapi kalo yg kabel gas nya udah gak keliatan, gas nya agak berjeda...

ini nih yg suka membingungkan...

cuma gimana, dgn copot aki >5mins dan pk alat reset ecu hasilnya beda ga?
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

roadtrain99 wrote:nah soal throttle by wire itu..gw jd bingung..ada yg bilang itu secara elektronik/computerized, tapi ada anggapan masih pake kabel kawat. maksudnya gas nya ya.

sptnya kalo yg masih agak tradisional, keliatan kawat throttle nya, itu responsif. tapi kalo yg kabel gas nya udah gak keliatan, gas nya agak berjeda...

ini nih yg suka membingungkan...

cuma gimana, dgn copot aki >5mins dan pk alat reset ecu hasilnya beda ga?
Wah saya nggak kebayang maksud "kawat" disini apa.. kayanya sih bakal nyambung ke bahasan TBW.. ya :e-think:

Lepas aki, sih nggak terlalu berpengaruh kalo bawanya ga "brutal"..
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
Yonkou
Visitor
Visitor
Posts: 6
Joined: Mon Jan 11, 2010 4:40

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by Yonkou »

Smoker wrote:
AD74YA wrote:Hmm... Harrier sama cx9 ye...
Bentar2.. Oom pengen upgrade dari all new crv.. Asumsi saya crv oom 2.4l, apa nggak sayang kalau upgrade ke harrier 2.4? Harrier 2.4 kalah responsif Dan kalah irit dibanding new crv lhoo.. CMIIW ya.. Okelah secara kualitas bangun Dan fitur kalah jauh...

Jadi dengan mudah saya pilih cx9, bigger room, bigger engine, better drive-ability.. And strong resale value...
ya om, new crvnya yang 2.4l. upgradenya cuma karena alasan gampang, cari yang lebih mahal :ungg:
padahl awalnya uda tekad ganti harrier, tapi ada teman yg sorong2 cx9 terus. jdnya kepikiran

ngomong2 disini, suv kelas premium koq ga byk pilihan. mo pilih murano, kagak ada servis resminya.
ngebet ama audi q5, ga ada yg jual apalagi servis.
prado kok old fashioned banget ya kliatannya... :big_slap:

thanks sarannya ya om. jdnya cx9 lbh bagus ya? terus emangnya cx9 strong resale value? kalo yg strong resale value tu kan harrier.
Halo om..! saya ikut nimbrung ya..1 Kalo saran saya sih mendingan beli harrier aja om.. kalo CX 9 CC nya ke gedan om.. Harrier yang baru menrut saya bagus kok.. kalo om mau cari2 mobil2 jepang yang JDM ane tau kok sumbernya (lsg dari japan) :ungg:
Ane juga ngebet pengen harrier om.. :big_peace:
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

AD74YA wrote:
roadtrain99 wrote:nah soal throttle by wire itu..gw jd bingung..ada yg bilang itu secara elektronik/computerized, tapi ada anggapan masih pake kabel kawat. maksudnya gas nya ya.

sptnya kalo yg masih agak tradisional, keliatan kawat throttle nya, itu responsif. tapi kalo yg kabel gas nya udah gak keliatan, gas nya agak berjeda...

ini nih yg suka membingungkan...

cuma gimana, dgn copot aki >5mins dan pk alat reset ecu hasilnya beda ga?
Wah saya nggak kebayang maksud "kawat" disini apa.. kayanya sih bakal nyambung ke bahasan TBW.. ya :e-think:

Lepas aki, sih nggak terlalu berpengaruh kalo bawanya ga "brutal"..
belakangan lepas aki krn hrs ganti. otomatis fc mid reset semua.
jadi kalo kita bawa brutal..si ecu akan ikutin driving behavior kita gitu?
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by jalu »

kalo buat saya misalkan lepas aki.....yang paling repot yaitu seting audio reset semua..... :upss:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by Hansen »

jalu wrote:kalo buat saya misalkan lepas aki.....yang paling repot yaitu seting audio reset semua..... :upss:
Iya nih jal......apalagi kalo maenan audionya kelas high end spt ente punya...:ungg:
Image
FortunerMan

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by FortunerMan »

Huahahahaha...iya, kalo ane reset batere...tinggal setel bass, treble...jalan :mrgreen:
User avatar
Abu2
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8765
Joined: Tue Jun 12, 2007 8:46
Location: +6261
Daily Vehicle: just a bike

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by Abu2 »

jalu wrote:kalo buat saya misalkan lepas aki.....yang paling repot yaitu seting audio reset semua..... :upss:

mendingan, sebelom aki di cepot, tape nya di copot dahulu, biar settingan gak berubah... :mrgreen:
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by remedusakti »

Halo Om2 n Suhu2 Smers dah lama nih ane ga ngikutin forum..
mau share aj neh, kan topicnya mengenai harrier 2.4 yah.

btw, sekitar sebulan yang lalu ortu ane beli harrier second 2.4G thn 2008, kondisi saat serah terima masih mulus bgt, KM 15rb & tangan pertama pula.. pertama kali mau pake nih mobil sangat besar ekpektasi saya terhadap nih mobil, secara biasanya yang sering saya pake x-trail, CRV, n Fortuner (keluarga pencinta SUV). saat masuk disapa dashboard yang terkesan sangat mewah, secara visual dan juga diraba seluruh bagian dashboard empuk walaupun bagian bawah. terkesan nih mobil kualitas buatan tinggi, masukkan kunci stir otomatis menyesuakan dengan setelan terakhir, kursi semua diatur juga secara elektrik. trus ane coba jalan pertama kali dijalan yang alus eh kok terdengar suara gemeretak halus dibagian kanan bawah, wah wah kok mobil semahal ini ada masalah seperti ini :e-doh: :e-doh: terus pas jalan ketemu jalan agak jelek ane ga nyangka ternyata nih harrier tdk sekedap yang ane bayangkan, suara dari luar masuk, bebunyian didashboard kok juga terdengar halus. :e-think:
ane rasa rasain nih bantingan harrier dibanding x trail ane ga jauh jauh beda 11-12lah. wah jauh bener dengan ekspektasi ane sebelumnya. opps tapi mengenai kelengkapan dan fitur ane acungi jempol dah, komplit :frm_tumbright: :frm_tumbleft: ..
setelah sebulan kami pake nih mobil ada beberapa keluhan nih:
- didalam dashboard kiri bunyi setelah bokap ane buka eh ternyata ada baut didalam dashboard yang kgak kencang :frm_bang_head: konyol untuk mobil tahun 2008 dan msk kategori premium.
- bunyi gladak gluduk pada bagian kanan belakang, pas dicek ternyata ada 3 buah baut shock breaker yang ga kencang :frm_bang_head: konyol juga ini...
- saat mobil lewat poldur kan bodi terpelintir eh bunyi kreket-kreket dibagian sun roof
- pintu kiri juga tek-tek, ampe sekarang belum ketemu..
S0 ane punya tanda tanya besar, seperti inikah kualitas mobil toyota CBU japan pula??

saat ini secara ane n keluarga tinggal di Lampung Timur dan banyak jalan jelek, bokap ane males dia pake harrier mendingan pake fortuner jalan jelek main hajar dan ga bebunyian kayak nih harrier..

so buat yang punya harrier tipe sama mhn di share yahh...
FortunerMan

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by FortunerMan »

Fortuner turunan Hilux bandingin Harrier turunan Camry sih bro :mrgreen: ....mungkin yg make sebelumnya kasar, jadinya cepet gladak gluduk, atau pernah di ceperin/ganti pelek sehingga longgar pas pasang aslinya.
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

remedusakti wrote:Halo Om2 n Suhu2 Smers dah lama nih ane ga ngikutin forum..
mau share aj neh, kan topicnya mengenai harrier 2.4 yah.

btw, sekitar sebulan yang lalu ortu ane beli harrier second 2.4G thn 2008, kondisi saat serah terima masih mulus bgt, KM 15rb & tangan pertama pula.. pertama kali mau pake nih mobil sangat besar ekpektasi saya terhadap nih mobil, secara biasanya yang sering saya pake x-trail, CRV, n Fortuner (keluarga pencinta SUV). saat masuk disapa dashboard yang terkesan sangat mewah, secara visual dan juga diraba seluruh bagian dashboard empuk walaupun bagian bawah. terkesan nih mobil kualitas buatan tinggi, masukkan kunci stir otomatis menyesuakan dengan setelan terakhir, kursi semua diatur juga secara elektrik. trus ane coba jalan pertama kali dijalan yang alus eh kok terdengar suara gemeretak halus dibagian kanan bawah, wah wah kok mobil semahal ini ada masalah seperti ini :e-doh: :e-doh: terus pas jalan ketemu jalan agak jelek ane ga nyangka ternyata nih harrier tdk sekedap yang ane bayangkan, suara dari luar masuk, bebunyian didashboard kok juga terdengar halus. :e-think:
ane rasa rasain nih bantingan harrier dibanding x trail ane ga jauh jauh beda 11-12lah. wah jauh bener dengan ekspektasi ane sebelumnya. opps tapi mengenai kelengkapan dan fitur ane acungi jempol dah, komplit :frm_tumbright: :frm_tumbleft: ..
setelah sebulan kami pake nih mobil ada beberapa keluhan nih:
- didalam dashboard kiri bunyi setelah bokap ane buka eh ternyata ada baut didalam dashboard yang kgak kencang :frm_bang_head: konyol untuk mobil tahun 2008 dan msk kategori premium.
- bunyi gladak gluduk pada bagian kanan belakang, pas dicek ternyata ada 3 buah baut shock breaker yang ga kencang :frm_bang_head: konyol juga ini...
- saat mobil lewat poldur kan bodi terpelintir eh bunyi kreket-kreket dibagian sun roof
- pintu kiri juga tek-tek, ampe sekarang belum ketemu..
S0 ane punya tanda tanya besar, seperti inikah kualitas mobil toyota CBU japan pula??

saat ini secara ane n keluarga tinggal di Lampung Timur dan banyak jalan jelek, bokap ane males dia pake harrier mendingan pake fortuner jalan jelek main hajar dan ga bebunyian kayak nih harrier..

so buat yang punya harrier tipe sama mhn di share yahh...
Proses beli salah bro.. Ngetest dulu harusnya... Baut2 longgar dan lain2.. Berarti yang bawa kasar tuh... Harrier oeredaman dan suspensi jauh lah dari Xtrail.. Wong saya pernah punya juga.. Apalagi peredaman.. Saran cek kaki-kaki.. Lalu itu 2008 km berapa? Trims
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

remedusakti wrote:Halo Om2 n Suhu2 Smers dah lama nih ane ga ngikutin forum..
mau share aj neh, kan topicnya mengenai harrier 2.4 yah.

btw, sekitar sebulan yang lalu ortu ane beli harrier second 2.4G thn 2008, kondisi saat serah terima masih mulus bgt, KM 15rb & tangan pertama pula.. pertama kali mau pake nih mobil sangat besar ekpektasi saya terhadap nih mobil, secara biasanya yang sering saya pake x-trail, CRV, n Fortuner (keluarga pencinta SUV). saat masuk disapa dashboard yang terkesan sangat mewah, secara visual dan juga diraba seluruh bagian dashboard empuk walaupun bagian bawah. terkesan nih mobil kualitas buatan tinggi, masukkan kunci stir otomatis menyesuakan dengan setelan terakhir, kursi semua diatur juga secara elektrik. trus ane coba jalan pertama kali dijalan yang alus eh kok terdengar suara gemeretak halus dibagian kanan bawah, wah wah kok mobil semahal ini ada masalah seperti ini :e-doh: :e-doh: terus pas jalan ketemu jalan agak jelek ane ga nyangka ternyata nih harrier tdk sekedap yang ane bayangkan, suara dari luar masuk, bebunyian didashboard kok juga terdengar halus. :e-think:
ane rasa rasain nih bantingan harrier dibanding x trail ane ga jauh jauh beda 11-12lah. wah jauh bener dengan ekspektasi ane sebelumnya. opps tapi mengenai kelengkapan dan fitur ane acungi jempol dah, komplit :frm_tumbright: :frm_tumbleft: ..
setelah sebulan kami pake nih mobil ada beberapa keluhan nih:
- didalam dashboard kiri bunyi setelah bokap ane buka eh ternyata ada baut didalam dashboard yang kgak kencang :frm_bang_head: konyol untuk mobil tahun 2008 dan msk kategori premium.
- bunyi gladak gluduk pada bagian kanan belakang, pas dicek ternyata ada 3 buah baut shock breaker yang ga kencang :frm_bang_head: konyol juga ini...
- saat mobil lewat poldur kan bodi terpelintir eh bunyi kreket-kreket dibagian sun roof
- pintu kiri juga tek-tek, ampe sekarang belum ketemu..
S0 ane punya tanda tanya besar, seperti inikah kualitas mobil toyota CBU japan pula??

saat ini secara ane n keluarga tinggal di Lampung Timur dan banyak jalan jelek, bokap ane males dia pake harrier mendingan pake fortuner jalan jelek main hajar dan ga bebunyian kayak nih harrier..

so buat yang punya harrier tipe sama mhn di share yahh...
- baut kendur, wajar. mobilnya sudah 15rbkm, itu tergantung karakter pemakai.
- bunyi gladak gluduk krn baut shock breaker ga kencang, kembali lagi. perawatannya dimana, lalu pengawasan gimana, kalo liat dari cerita nya tinggal di lampung timur byk jalan jelek dan ini kendaraan bekas harian bokap nya bro yg agak "hajar2" aja, ya wajarlah bro.
- bunyi kreket2 di sunroof, liat karet pelapis kacanya. sering diparkir dibawah matahari langsung kah?
- pintu kiri bunyi tek tek gimana?

sptnya hal2 di atas itu masih wajar, tergantung perawatan, pemakaian, dan lagipula sudah 2thn dgn 15rb km. apalagi belinya second, walaupun terlihat mulus, kita tetep ga tau sperti apa pemakai sebelumnya. Kalo hal2 di atas itu terjadi pas mobil baru 1000km, nah okelah bisa dibilang kualitas kurang.
harrier gw bukan 2008, tp gw pake sejak baru dan 9thn kemudian hal2 spt baut kendur atau bunyi yg sperti cerita bro ga ada. bukan ga ada masalah, ada, tp ga dua thn kemudian. dan masalahnya pun minor.

gw pernah jg pakein velg besar, atau misalnya nabrak lubang, lewat jalan kasar..selama ini pengalaman belum nemu baut kendur di shock. kalo nabrak kenceng pun, rasanya ga mungkin kendur, paling shock/swing patah. kalo kendur, berarti ada kemungkinan pemasaangan seblmnya.

soal suspensi, xtrail lebih kaku dari harrier. xtrail damper nya lebih rigid, harrier masih bisa mengayun.

menurut gw sih kalo harrier masih agak lebih mending. landcruiser dashboard/console tengahnya terkadang bunyi2, nanti bro heran lagi hehehe.

yg cbu gw masih yakin lebih baik kok.
User avatar
remedusakti
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 311
Joined: Tue Jan 01, 2008 17:15

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by remedusakti »

roadtrain99 wrote:
remedusakti wrote:Halo Om2 n Suhu2 Smers dah lama nih ane ga ngikutin forum..
mau share aj neh, kan topicnya mengenai harrier 2.4 yah.

btw, sekitar sebulan yang lalu ortu ane beli harrier second 2.4G thn 2008, kondisi saat serah terima masih mulus bgt, KM 15rb & tangan pertama pula.. pertama kali mau pake nih mobil sangat besar ekpektasi saya terhadap nih mobil, secara biasanya yang sering saya pake x-trail, CRV, n Fortuner (keluarga pencinta SUV). saat masuk disapa dashboard yang terkesan sangat mewah, secara visual dan juga diraba seluruh bagian dashboard empuk walaupun bagian bawah. terkesan nih mobil kualitas buatan tinggi, masukkan kunci stir otomatis menyesuakan dengan setelan terakhir, kursi semua diatur juga secara elektrik. trus ane coba jalan pertama kali dijalan yang alus eh kok terdengar suara gemeretak halus dibagian kanan bawah, wah wah kok mobil semahal ini ada masalah seperti ini :e-doh: :e-doh: terus pas jalan ketemu jalan agak jelek ane ga nyangka ternyata nih harrier tdk sekedap yang ane bayangkan, suara dari luar masuk, bebunyian didashboard kok juga terdengar halus. :e-think:
ane rasa rasain nih bantingan harrier dibanding x trail ane ga jauh jauh beda 11-12lah. wah jauh bener dengan ekspektasi ane sebelumnya. opps tapi mengenai kelengkapan dan fitur ane acungi jempol dah, komplit :frm_tumbright: :frm_tumbleft: ..
setelah sebulan kami pake nih mobil ada beberapa keluhan nih:
- didalam dashboard kiri bunyi setelah bokap ane buka eh ternyata ada baut didalam dashboard yang kgak kencang :frm_bang_head: konyol untuk mobil tahun 2008 dan msk kategori premium.
- bunyi gladak gluduk pada bagian kanan belakang, pas dicek ternyata ada 3 buah baut shock breaker yang ga kencang :frm_bang_head: konyol juga ini...
- saat mobil lewat poldur kan bodi terpelintir eh bunyi kreket-kreket dibagian sun roof
- pintu kiri juga tek-tek, ampe sekarang belum ketemu..
S0 ane punya tanda tanya besar, seperti inikah kualitas mobil toyota CBU japan pula??

saat ini secara ane n keluarga tinggal di Lampung Timur dan banyak jalan jelek, bokap ane males dia pake harrier mendingan pake fortuner jalan jelek main hajar dan ga bebunyian kayak nih harrier..

so buat yang punya harrier tipe sama mhn di share yahh...
- baut kendur, wajar. mobilnya sudah 15rbkm, itu tergantung karakter pemakai.
- bunyi gladak gluduk krn baut shock breaker ga kencang, kembali lagi. perawatannya dimana, lalu pengawasan gimana, kalo liat dari cerita nya tinggal di lampung timur byk jalan jelek dan ini kendaraan bekas harian bokap nya bro yg agak "hajar2" aja, ya wajarlah bro.
- bunyi kreket2 di sunroof, liat karet pelapis kacanya. sering diparkir dibawah matahari langsung kah?
- pintu kiri bunyi tek tek gimana?

sptnya hal2 di atas itu masih wajar, tergantung perawatan, pemakaian, dan lagipula sudah 2thn dgn 15rb km. apalagi belinya second, walaupun terlihat mulus, kita tetep ga tau sperti apa pemakai sebelumnya. Kalo hal2 di atas itu terjadi pas mobil baru 1000km, nah okelah bisa dibilang kualitas kurang.
harrier gw bukan 2008, tp gw pake sejak baru dan 9thn kemudian hal2 spt baut kendur atau bunyi yg sperti cerita bro ga ada. bukan ga ada masalah, ada, tp ga dua thn kemudian. dan masalahnya pun minor.

soal suspensi, xtrail lebih kaku dari harrier. xtrail damper nya lebih rigid, harrier masih bisa mengayun.

menurut gw sih kalo harrier masih agak lebih mending. landcruiser dashboard/console tengahnya terkadang bunyi2, nanti bro heran lagi hehehe.

yg cbu gw masih yakin lebih baik kok.
mungkin aj bro kan beli mobil second, tp secarakeluarga ane pake mobil SUV like x trail 5 thn, CRV 4 thn, Forti 1,5thn selama ini belum pernah nemuin ada baut shock breaker kendor dan baut dashboard kendor pdhl medan yg dilalui jalan ga pada mulus gitu..

bunyi tek-tek dipintu kiri sampe sekrng blum ketemu tuh asalnya dr mana, dan juga bunyi kreket-kreket di kanan bawah blm ketemu..

moga2 neh mobil kgak rewel coz kl rewel beli sparepart bikin kantong jebol n ga tau deh cari spare part kl di lampung dimana. :e-think:
User avatar
AD74YA
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 9769
Joined: Thu Jun 12, 2008 19:51
Location: Pasar Minggu, Jakarta
Daily Vehicle: Toyota Alphard

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by AD74YA »

remedusakti wrote:[


mungkin aj bro kan beli mobil second, tp secarakeluarga ane pake mobil SUV like x trail 5 thn, CRV 4 thn, Forti 1,5thn selama ini belum pernah nemuin ada baut shock breaker kendor dan baut dashboard kendor pdhl medan yg dilalui jalan ga pada mulus gitu..

bunyi tek-tek dipintu kiri sampe sekrng blum ketemu tuh asalnya dr mana, dan juga bunyi kreket-kreket di kanan bawah blm ketemu..

moga2 neh mobil kgak rewel coz kl rewel beli sparepart bikin kantong jebol n ga tau deh cari spare part kl di lampung dimana. :e-think:
bukan gitu bro.. istilahnya gini... untuk beli boil premium historis nya mesti di cek dari kepemilikan sebelumnya... bisa aja yang punya sebelumnya anak SMA.. cuma bisa minta mobil tau keren modif velg, modif audio, ganti2 kaca film, bobok-bobok dasbor, dan lain sebagainya.. paling parah anak sma biasanya suka ngegeber mobil.. dan itu parah kalo kena lubang..

Bunyi di pintu bisa jadi baut longgar.. hampir ga mungkin ada kemungkinan yang lain.. mungkin dia berapa kali bongkar pasang pintu buat pasang peredam tambahan atau pasang midbass baru..

bunyi kreket-kreket itu coba cek bagian shockbreaker.. coba dikasih lubricant juga di bagian-bagian itu.. ketauan itu harrier ga pernah dirawat..

Harrier memang cuma murah di sektor mesin, kalo parts lain memang harus inden..

Masalahnya gini bro.. saya pernah punya AirS (3.0 V6).. naik harrier just like heaven.. and no problemo whatsoever.. dan perawatan yang saya lakukan apa? cuma service rutin, ganti ban setelah aus, ganti busi setelah dibutuhkan, cuci rutin, conditioner buat kulit dan dasbor..... selesai.. sekarang harriernya udah laku.. yang beli juga nangis darah karena bahagia kebagian "heaven" haha lebay.com

Mendingan ente cek di bengkel yang ahli deh.. untuk urusan interior bisa coba tanya ke tukang kulit jok atau audio

CMIIW :big_peace:
Anda sudah TEST DRIVE belum?...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by roadtrain99 »

bro remedu, crv xtrail 42ner nya kalo dari baru ya agak susah bandinginnya. tapi kalo dari second, berarti tergantung pemakai sebelumnya. sebab yg diceritain bro remedu itu kebanyakkan krn dari pemakaian aja.
kalo dari barunya, harrier gw dulu, di umur yg ke 2 nya ga spt itu.

tentang suspensi, kebetulan pengalaman jg di xtrail/crv dari baru, jgnkan dibanding ke airs nya bro AD74YA, sama yg konvensional spt harrier gw, masih bisa dibilang tetep lebih nyaman harrier.
AD74YA wrote:
remedusakti wrote:[


mungkin aj bro kan beli mobil second, tp secarakeluarga ane pake mobil SUV like x trail 5 thn, CRV 4 thn, Forti 1,5thn selama ini belum pernah nemuin ada baut shock breaker kendor dan baut dashboard kendor pdhl medan yg dilalui jalan ga pada mulus gitu..

bunyi tek-tek dipintu kiri sampe sekrng blum ketemu tuh asalnya dr mana, dan juga bunyi kreket-kreket di kanan bawah blm ketemu..

moga2 neh mobil kgak rewel coz kl rewel beli sparepart bikin kantong jebol n ga tau deh cari spare part kl di lampung dimana. :e-think:
bukan gitu bro.. istilahnya gini... untuk beli boil premium historis nya mesti di cek dari kepemilikan sebelumnya... bisa aja yang punya sebelumnya anak SMA.. cuma bisa minta mobil tau keren modif velg, modif audio, ganti2 kaca film, bobok-bobok dasbor, dan lain sebagainya.. paling parah anak sma biasanya suka ngegeber mobil.. dan itu parah kalo kena lubang..

Bunyi di pintu bisa jadi baut longgar.. hampir ga mungkin ada kemungkinan yang lain.. mungkin dia berapa kali bongkar pasang pintu buat pasang peredam tambahan atau pasang midbass baru..

bunyi kreket-kreket itu coba cek bagian shockbreaker.. coba dikasih lubricant juga di bagian-bagian itu.. ketauan itu harrier ga pernah dirawat..

Harrier memang cuma murah di sektor mesin, kalo parts lain memang harus inden..

Masalahnya gini bro.. saya pernah punya AirS (3.0 V6).. naik harrier just like heaven.. and no problemo whatsoever.. dan perawatan yang saya lakukan apa? cuma service rutin, ganti ban setelah aus, ganti busi setelah dibutuhkan, cuci rutin, conditioner buat kulit dan dasbor..... selesai.. sekarang harriernya udah laku.. yang beli juga nangis darah karena bahagia kebagian "heaven" haha lebay.com

Mendingan ente cek di bengkel yang ahli deh.. untuk urusan interior bisa coba tanya ke tukang kulit jok atau audio

CMIIW :big_peace:
Risol1
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5870
Joined: Thu Jul 05, 2007 4:21

Re: Toyota Harrier 2.4 atau Mazda CX9

Post by Risol1 »

remedusakti wrote:Halo Om2 n Suhu2 Smers dah lama nih ane ga ngikutin forum..
mau share aj neh, kan topicnya mengenai harrier 2.4 yah.

btw, sekitar sebulan yang lalu ortu ane beli harrier second 2.4G thn 2008, kondisi saat serah terima masih mulus bgt, KM 15rb & tangan pertama pula.. pertama kali mau pake nih mobil sangat besar ekpektasi saya terhadap nih mobil, secara biasanya yang sering saya pake x-trail, CRV, n Fortuner (keluarga pencinta SUV). saat masuk disapa dashboard yang terkesan sangat mewah, secara visual dan juga diraba seluruh bagian dashboard empuk walaupun bagian bawah. terkesan nih mobil kualitas buatan tinggi, masukkan kunci stir otomatis menyesuakan dengan setelan terakhir, kursi semua diatur juga secara elektrik. trus ane coba jalan pertama kali dijalan yang alus eh kok terdengar suara gemeretak halus dibagian kanan bawah, wah wah kok mobil semahal ini ada masalah seperti ini :e-doh: :e-doh: terus pas jalan ketemu jalan agak jelek ane ga nyangka ternyata nih harrier tdk sekedap yang ane bayangkan, suara dari luar masuk, bebunyian didashboard kok juga terdengar halus. :e-think:
ane rasa rasain nih bantingan harrier dibanding x trail ane ga jauh jauh beda 11-12lah. wah jauh bener dengan ekspektasi ane sebelumnya. opps tapi mengenai kelengkapan dan fitur ane acungi jempol dah, komplit :frm_tumbright: :frm_tumbleft: ..
setelah sebulan kami pake nih mobil ada beberapa keluhan nih:
- didalam dashboard kiri bunyi setelah bokap ane buka eh ternyata ada baut didalam dashboard yang kgak kencang :frm_bang_head: konyol untuk mobil tahun 2008 dan msk kategori premium.
- bunyi gladak gluduk pada bagian kanan belakang, pas dicek ternyata ada 3 buah baut shock breaker yang ga kencang :frm_bang_head: konyol juga ini...
- saat mobil lewat poldur kan bodi terpelintir eh bunyi kreket-kreket dibagian sun roof
- pintu kiri juga tek-tek, ampe sekarang belum ketemu..
S0 ane punya tanda tanya besar, seperti inikah kualitas mobil toyota CBU japan pula??

saat ini secara ane n keluarga tinggal di Lampung Timur dan banyak jalan jelek, bokap ane males dia pake harrier mendingan pake fortuner jalan jelek main hajar dan ga bebunyian kayak nih harrier..

so buat yang punya harrier tipe sama mhn di share yahh...
Kemungkinan udah pernah dibongkar dan pasangnya lagi kurang presisi atau ada baut yg engga kenceng kali bro pas tu dashboard/doortrim dipasang lagi.

Kalo soal suara ban emang masih kedengeran (besar kecilnya suara ban tergantung dari ban yg dipake), suara angin juga masih kedengeran kalo jalan kenceng....Walaupun harrier udah qualified untuk ditempel emblem lexus, tapi memang kualitasnya belom nyampe ke lexus LS misalnya.
Tapi kalo suara tek tek dari dashboard/doortrim atau dari kaki2 sih gak ada om.......sunyi senyap :mrgreen:

Ane punya harrier gen 2 thn 07 (setahun lebih tua), sampe sekarang masih engga ada bunyi2an. Mungkin pengguna sebelumnya yg bongkar2 interiornya di bengkel yg belom pengalaman :mrgreen: