BMW Design Team Changes
Bangle strengthens design teams of the BMW Group
The BMW Group has reorganised its development departments as it focuses more strongly on its brands BMW, MINI and Rolls-Royce. In the course of this new orientation Christopher Bangle, Director of BMW Group Design, has also aligned the design area towards the various business areas of the BMW Group. Brand specific design studios have been set up for each of the three brands BMW, MINI and Rolls-Royce as well as for the areas BMW Motorrad and BMW M. These new brand studios will now accompany the entire development process for new models from the first sketches to the start of production. They will receive support from cross-brand specialist departments responsible for strategic and technical tasks, for example model technology.
The heads of departments responsible up to now for the design of MINI, Rolls-Royce, BMW Motorrad and BMW M will head the respective brand design studios: Gert Volker Hildebrand (MINI), Ian Cameron (Rolls-Royce), David Robb (BMW Motorrad) and Ulf Weidhase (BMW M and Individual). A new yet familiar member of the team of Group Design Director Christopher Bangle is Adrian van Hooydonk who will head the BMW automobile brand studio. Until now Van Hooydonk was president of DesignworksUSA, the Californian design studio of the BMW Group.
An overview of the heads of the brand design studios of the BMW Group:
BMW Automobiles:
Adrian van Hooydonk, 40, has been a designer at BMW since 1992 and president of DesignworksUSA, the Californian design studio of the BMW Group, since 2001. The Dutch designer developed the exterior design of the current BMW 6 Series and 7 Series among other projects.
BMW Motorrad:
David Robb, 48, came to BMW as an exterior designer for automobiles and later headed the exterior design studio. In 1993 he took over as head of BMW Motorrad design.
BMW M and Individual:
Ulf Weidhase, 51, came to BMW in 1988 and has headed the design team for BMW M Automobiles and BMW Individual.
MINI:
Gert Volker Hildebrand, 50, has headed the MINI design team since 2000. Before this appointment he headed design teams for Volkswagen, Seat and Mitsubishi.
Rolls-Royce:
Ian Cameron, 53, came to BMW in 1992 as an exterior designer and among other things was project manager for the design of the 3 Series and the current Range Rover. In 1999 he was appointed the head of the newly-created design team of Rolls-Royce Motor Cars.
BMW Design Team Changes
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1664
- Joined: Mon May 10, 2004 7:22
- Location: Taco Bell
BMW Design Team Changes
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: BMW Design Team Changes
ane taruh sini aja deh...
Desain Mobil
Karakter Desain Mobil Di Dunia Sesuai Akar Budaya
http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... 0/1/7/8542
OTOMOTIFNET - Barangkali tak banyak yang memperhatikan mengapa deÂÂsain mobil dari tiga benua besar produsen mobil di dunia punya tipikal khas. Mobil asal Amerika hingga kini punya karakter permukaan bodi yang lebar. Sekaligus bermesin besar pula.
Mobil buatan pabrikan Eropa dikenal punya lekukan bodi serta detail interior yang rumit. Sementara mobil dari produsen asal Jepang lama dikenal memiliki garis-garis desain yang penuh kotak dan bentuk garis lurus.
“Desainer sebuah mobil biasanya tak bisa melepaskan dirinya dari akar budaya dari mana ia berasal,†sebut Makoto Yamane.
Pria penjabat associate product chief designer Nissan Motor Co.,Ltd itu menyebut bahwa akar budaya itu juga tak bisa dipisahkan dari kondisi alam asal si desainer.
Dari situ, refleksi desain akan secara otomatis ikut mencerminkan asal-usul sang desainer mobil.
Mobil merek Amerika yang permukaan bodinya lebar juga akibat sintesa budaya dan kondisi geografis serta cuaca. “Sinar matahari di Amerika itu tinggi densitasnya, desain mobil yang lebar membuat refleksi sinar matahari juga bisa tertangkap dalam siluet desain mobil,†yakinnya.
Rentang jarak yang panjang dari umumnya jalanan di Negeri Paman Sam juga bikin akses lebar tercermin dari tipikal desain mobil-mobilnya.
“Desainer Eropa banyak dipengaruhi oleh unsur budaya pematung yang kuat perkembangannya di wilayah ini,†ujar mantan studio chief designer Nissan Design Europe ini.
Ditemui tahun lalu saat acara Nissan Design Square di Jakarta (2/12), ia contohkan desain BMW. “Penuh lekukan yang bersifat tiga dimensi,†ujar pria yang semasa di Eropa terlibat proyek Nissan Qahsqai ini.
Sementara desainer mobil Jepang, lanjutnya, piawai dalam membuat garis yang bersifat grafis. Berupa bentuk kotak, garis lurus dan kontur yang tegas.
“Ini juga tercermin dari bagaimana desainer bangunan maupun produk lainnya yang terbiasa membuat desain compact,†tutup kelahiran tahun 1965 yang juga terlibat dalam proyek Nissan GT-R itu.
Penulis/Foto: eRIE / Nissan
Desain Mobil
Karakter Desain Mobil Di Dunia Sesuai Akar Budaya
http://otomotifnet.com/otoweb/index.php ... 0/1/7/8542
OTOMOTIFNET - Barangkali tak banyak yang memperhatikan mengapa deÂÂsain mobil dari tiga benua besar produsen mobil di dunia punya tipikal khas. Mobil asal Amerika hingga kini punya karakter permukaan bodi yang lebar. Sekaligus bermesin besar pula.
Mobil buatan pabrikan Eropa dikenal punya lekukan bodi serta detail interior yang rumit. Sementara mobil dari produsen asal Jepang lama dikenal memiliki garis-garis desain yang penuh kotak dan bentuk garis lurus.
“Desainer sebuah mobil biasanya tak bisa melepaskan dirinya dari akar budaya dari mana ia berasal,†sebut Makoto Yamane.
Pria penjabat associate product chief designer Nissan Motor Co.,Ltd itu menyebut bahwa akar budaya itu juga tak bisa dipisahkan dari kondisi alam asal si desainer.
Dari situ, refleksi desain akan secara otomatis ikut mencerminkan asal-usul sang desainer mobil.
Mobil merek Amerika yang permukaan bodinya lebar juga akibat sintesa budaya dan kondisi geografis serta cuaca. “Sinar matahari di Amerika itu tinggi densitasnya, desain mobil yang lebar membuat refleksi sinar matahari juga bisa tertangkap dalam siluet desain mobil,†yakinnya.
Rentang jarak yang panjang dari umumnya jalanan di Negeri Paman Sam juga bikin akses lebar tercermin dari tipikal desain mobil-mobilnya.
“Desainer Eropa banyak dipengaruhi oleh unsur budaya pematung yang kuat perkembangannya di wilayah ini,†ujar mantan studio chief designer Nissan Design Europe ini.
Ditemui tahun lalu saat acara Nissan Design Square di Jakarta (2/12), ia contohkan desain BMW. “Penuh lekukan yang bersifat tiga dimensi,†ujar pria yang semasa di Eropa terlibat proyek Nissan Qahsqai ini.
Sementara desainer mobil Jepang, lanjutnya, piawai dalam membuat garis yang bersifat grafis. Berupa bentuk kotak, garis lurus dan kontur yang tegas.
“Ini juga tercermin dari bagaimana desainer bangunan maupun produk lainnya yang terbiasa membuat desain compact,†tutup kelahiran tahun 1965 yang juga terlibat dalam proyek Nissan GT-R itu.
Penulis/Foto: eRIE / Nissan
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green