Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
zweifellos wrote:penasaran saya ama 4N14. cuman 2200 cc bisa nyamain torsi DI-D+ 2.5 liter (4D56T dengan VGT) DAN hebatnya ngalahin power malah (190 PS punya 4N14 banding 178 PS punya DI-D+). jadi ini mesin menghasilkan 86,4 PS/181,8 Nm per liternya (kalo itung2an secara langsung).
sorry kalo ganggu ngobrolnya...
teknologi disel skrg emang yahud...salah satu hasil karya dr hyundai/kia yaitu mesin 2.2 CRDI VGT-R, 2200cc dengan output 200PS/436Nm.
R di kata VGT-R itu cuman nama mesin atau semacam alat/teknologi gitu om?
ini penambahan teknologi dibanding CommmonRail Turbo Intercooler with VGT (VGT yang biasa ditemui) apa ya? apa ada informasi tambahan om jalu tentang mesinnya hyundai ini?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
zweifellos wrote:penasaran saya ama 4N14. cuman 2200 cc bisa nyamain torsi DI-D+ 2.5 liter (4D56T dengan VGT) DAN hebatnya ngalahin power malah (190 PS punya 4N14 banding 178 PS punya DI-D+). jadi ini mesin menghasilkan 86,4 PS/181,8 Nm per liternya (kalo itung2an secara langsung).
kalo dari wikipedia, yang beda sepertinya:
1. ada variable diffuser (VGT dengan Variable Diffuser)
2. commonrailnya high pressure injection (ngecek DI-D biasa mesin 4D56T dari web KTB tertulis low pressure injection, ga tau ya kalo DI-D+)
om kopat mungkin bisa bantu ngejelasin beda 4D56T with VGT dengan 4N14 with VGT and VD (variable diffuser)?
nah, kalo ini, kita cari sama2 aja yuk... ane juga kagak ngarti...
btw, yang dipost om jalu, lebih sadis lagi nih tenaganya.. hyundai/kia makin bagus nih teknologinya...
mari om. yang saya ngerti baru itu doang bedanya (2 di atas).
nah kalo ga salah, info dari om ini mesin bakal dipake tahun depan (2011)? kalo 2200 cc nya dari hyundai ada yang punya info kapan diaplikasikan pada mobil produksi massal?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
sblom lebi jauh, ane mo nanya neh bener apa kaga, VGT kalo yg ane baca sigh dulu, ialah system turbo yg dmana bilah2 turbo nya bisa berubah scara flexible seirama putaran mesin... jadi kalo putaran mesin lambat, maka bilah2 turbo nya akan lebi menutup shg bisa mencegah turbo loss atau lag, nah pas putaran meninggi, bilah2 tsb akan membuka lebi lebar shg supply udara masuk bisa lebi ngacir....
@zwef: mesin 2.2 CRDI VGT-R sudah mulai di produksi massal mulai 2010 ini pada Kia Sorento R, bahkan di korea sendiri sudah sejak penghujung thn 2009.
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
maskopat wrote:
yah, setidaknya di SUV, pajero masih lebih laku daripada LC untuk rata2 penjualan pertahun.. gak tahu deh LC mana yang dihitung.. apakah LC doang atau LC Prado juga diikutin...
belum lagi bundera FJ76 yang masih diproduksi di aussie, apakah masuk hitungan atau gak..
Iyalah LC harganya jauh lebih mahal drpd Pajero, sebenernya udah gak sekelas. LC gede kelas nya Patrol, Hummer H2. Penjualan SUV Toyota tersebar di banyak sekali model...jadi angka diatas gak ada gunanya, misleading statistic. Nggak usah ngomong penjualan deh kalo bandingin Mitsubishi vs Toyota
tapi kan prado termasuk LC.. dan ini sekelas dengan pajero... LC + Prado masih kalah laku dibanding pajero... untuk rata2 penjualan pertahun...
emang gak usah dibandingin sih... udah jelas2 LC + Prado kalah...
Iya deh...data Wiki nya bilang kalah Duh yg jago Wiki skrg data sebiji aja dipegang mati2an
Kalah gpp juga, seperti saya sudah ulang lagi, pilihan SUV Toyota itu banyak bukan cuman LC aja lho - tapi mari saya cek sedikit data anda...kita lihat anda datanya reliable atau tidak, shall we?
Sementara...kalo main Wiki juga...penjualan total Pajero di seluruh dunia tahun
2007 ==> 112,800,
2006 ==> 75,000
Bisa baca sendiri kan Toyota Landcruiser data penjualannya berapa?
Mungkin sajaaaa...thn 2008 dan 2009 Pajero gila2an naiknya salesnya (dan Landcruiser salesnya jeblok hancur2an)...tapi cari dulu lah datanya sebelum bikin claim, OK?
FortunerMan wrote:
Iya deh...data Wiki nya bilang kalah Duh yg jago Wiki skrg data sebiji aja dipegang mati2an
Kalah gpp juga, seperti saya sudah ulang lagi, pilihan SUV Toyota itu banyak bukan cuman LC aja lho - tapi mari saya cek sedikit data anda...kita lihat anda datanya reliable atau tidak, shall we?
Sementara...kalo main Wiki juga...penjualan total Pajero di seluruh dunia tahun
2007 ==> 112,800,
2006 ==> 75,000
Bisa baca sendiri kan Toyota Landcruiser data penjualannya berapa?
Mungkin sajaaaa...thn 2008 dan 2009 Pajero gila2an naiknya salesnya (dan Landcruiser salesnya jeblok hancur2an)...tapi cari dulu lah datanya sebelum bikin claim, OK?
hihi... pajero di data wiki cuman sampe gen 3 doang.. yang seharusnya cuman sampe 2007...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
mandala1 wrote:Hmm...rasanya sepanjang tahun 2009 ane baru liat New Pajero di jalan paling banyak 3-4 biji deh, LC200 juga jarang2, malah seringan liat yg LX470 nya
bikin ngilerrrr......
ane kalo pajero gen 4, cukup sering lihatnya.. karena di kantor istri, ada 1 suka nangkring. jadi kalo berangkat bareng istri, sering lihat...
kalo LC200, ane susah ngebedain dengan LX om... kecuali dari deket atau belakangnya.
LX ane sering lihat koq... kalo pas lewat showroom lexus yang di proklamasi...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
FortunerMan wrote:
Iya deh...data Wiki nya bilang kalah Duh yg jago Wiki skrg data sebiji aja dipegang mati2an
Kalah gpp juga, seperti saya sudah ulang lagi, pilihan SUV Toyota itu banyak bukan cuman LC aja lho - tapi mari saya cek sedikit data anda...kita lihat anda datanya reliable atau tidak, shall we?
Sementara...kalo main Wiki juga...penjualan total Pajero di seluruh dunia tahun
2007 ==> 112,800,
2006 ==> 75,000
Bisa baca sendiri kan Toyota Landcruiser data penjualannya berapa?
Mungkin sajaaaa...thn 2008 dan 2009 Pajero gila2an naiknya salesnya (dan Landcruiser salesnya jeblok hancur2an)...tapi cari dulu lah datanya sebelum bikin claim, OK?
hihi... pajero di data wiki cuman sampe gen 3 doang.. yang seharusnya cuman sampe 2007...
Kirain udah jago baca Wiki...ternyata....
Fourth generation (2006)-Current
The fourth generation was introduced at the Paris Motor Show on September 30, 2006. New interior and exterior styling were accompanied by enhanced safety with dual-stage SRS front airbags as well as new side-impact and curtain airbags. The Super-Select 4WD II system was retained, complemented by an improved Active Stability & Traction Control (ASTC) system and electronic brakeforce distribution.
The engines were upgraded with the 3.2 L Diesel now producing 125 kW (167 hp/170 PS) and the 3.8 L V6 gaining MIVEC variable valve timing to boost power to 184 kW (247 hp/250 PS). Both engines meet new Euro IV emissions standards. The 3.0 L V6 is retained for the Japanese and GCC markets.
Kalo di cocokkan dengan data penjualannya, ada kenaikan dr 2006 ==> 75,000 ke 2007 ==> 112,800. Yah, mayan lah (mayan jauh dr ngalahin Landcruiser maksudnya )
maskopat wrote:
ane kalo pajero gen 4, cukup sering lihatnya.. karena di kantor istri, ada 1 suka nangkring. jadi kalo berangkat bareng istri, sering lihat...
kalo LC200, ane susah ngebedain dengan LX om... kecuali dari deket atau belakangnya.
LX ane sering lihat koq... kalo pas lewat showroom lexus yang di proklamasi...
FortunerMan wrote:
Kalo di cocokkan dengan data penjualannya, ada kenaikan dr 2006 ==> 75,000 ke 2007 ==> 112,800. Yah, mayan lah (mayan jauh dr ngalahin Landcruiser maksudnya )
ye... maksudnya di data yang juta2an itu, pajero cuman sampe gen 3...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:
ane kalo pajero gen 4, cukup sering lihatnya.. karena di kantor istri, ada 1 suka nangkring. jadi kalo berangkat bareng istri, sering lihat...
kalo LC200, ane susah ngebedain dengan LX om... kecuali dari deket atau belakangnya.
LX ane sering lihat koq... kalo pas lewat showroom lexus yang di proklamasi...
Sering liat yg cuma 1 biji itu yah om?
ya iya lah... pajero gitu loh...
mobil langka... dah ah, BTT lagi yuuuk....
@om FM.. udahan yuk... kan LC sepinya di belasan tahun pertama doang.. setelah itu rata2 di atas 100rb... cuman karena lebih separuh waktunya kecil, jadi rata2nya kecil...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
zweifellos wrote:penasaran saya ama 4N14. cuman 2200 cc bisa nyamain torsi DI-D+ 2.5 liter (4D56T dengan VGT) DAN hebatnya ngalahin power malah (190 PS punya 4N14 banding 178 PS punya DI-D+). jadi ini mesin menghasilkan 86,4 PS/181,8 Nm per liternya (kalo itung2an secara langsung).
kalo dari wikipedia, yang beda sepertinya:
1. ada variable diffuser (VGT dengan Variable Diffuser)
2. commonrailnya high pressure injection (ngecek DI-D biasa mesin 4D56T dari web KTB tertulis low pressure injection, ga tau ya kalo DI-D+)
om kopat mungkin bisa bantu ngejelasin beda 4D56T with VGT dengan 4N14 with VGT and VD (variable diffuser)?
nah, kalo ini, kita cari sama2 aja yuk... ane juga kagak ngarti...
btw, yang dipost om jalu, lebih sadis lagi nih tenaganya.. hyundai/kia makin bagus nih teknologinya...
mari om. yang saya ngerti baru itu doang bedanya (2 di atas).
nah kalo ga salah, info dari om ini mesin bakal dipake tahun depan (2011)? kalo 2200 cc nya dari hyundai ada yang punya info kapan diaplikasikan pada mobil produksi massal?
kalo 4N14 katanya sih 2010 ini dipake di mobil produksi. hyundai emang top bikin mesin. tapi kurang tahu dengan reliability nya terhadap solar lokal.
menurut ane, kalo mesin diesel untuk SUV tangguh, harus mikirn penggunaan minyak diesel biasa (high sulfur) dan emisi..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:
ane kalo pajero gen 4, cukup sering lihatnya.. karena di kantor istri, ada 1 suka nangkring. jadi kalo berangkat bareng istri, sering lihat...
kalo LC200, ane susah ngebedain dengan LX om... kecuali dari deket atau belakangnya.
LX ane sering lihat koq... kalo pas lewat showroom lexus yang di proklamasi...
Sering liat yg cuma 1 biji itu yah om?
ya iya lah... pajero gitu loh...
mobil langka... dah ah, BTT lagi yuuuk....
@om FM.. udahan yuk... kan LC sepinya di belasan tahun pertama doang.. setelah itu rata2 di atas 100rb... cuman karena lebih separuh waktunya kecil, jadi rata2nya kecil...
Udah ane bilang angka rata2 yg ente gembor2in melulu/selalu (penjualan Pajero rata2 lebih tinggi dr Landcruiser) itu angka nipu, alias misleading. Masa pasar otomotif thn 1952 disamakan/diratakan dgn 2009? Bagaimana situasi ekonomi thn 1952...apa kue pasar otomotif sama dengan 2009? 1952 Jepang masih rontok dihajar sekutu bleh
Itulah namanya data yg di puter puter untuk mendukung suatu pendapat...tapi ya diperiksa sedikit datanya langsung jebol argumen ente.
DOHC wrote:sblom lebi jauh, ane mo nanya neh bener apa kaga, VGT kalo yg ane baca sigh dulu, ialah system turbo yg dmana bilah2 turbo nya bisa berubah scara flexible seirama putaran mesin... jadi kalo putaran mesin lambat, maka bilah2 turbo nya akan lebi menutup shg bisa mencegah turbo loss atau lag, nah pas putaran meninggi, bilah2 tsb akan membuka lebi lebar shg supply udara masuk bisa lebi ngacir....
ane gak ngerti cara kerjanya. tapi prinsipnya bisa mengatur tekanan turbonya pada RPM2 tertentu gitu.
idenya seperti konsep katup variable. bisa menentukan jumlah debit bahan bakar untuk tiap putaran dan agresifitas pengendara.
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:
ya iya lah... pajero gitu loh...
mobil langka... dah ah, BTT lagi yuuuk....
@om FM.. udahan yuk... kan LC sepinya di belasan tahun pertama doang.. setelah itu rata2 di atas 100rb... cuman karena lebih separuh waktunya kecil, jadi rata2nya kecil...
Udah ane bilang angka rata2 yg ente gembor2in melulu/selalu (penjualan Pajero rata2 lebih tinggi dr Landcruiser) itu angka nipu, alias misleading. Masa pasar otomotif thn 1952 disamakan/diratakan dgn 2009? Bagaimana situasi ekonomi thn 1952...apa kue pasar otomotif sama dengan 2009? 1952 Jepang masih rontok dihajar sekutu bleh
Itulah namanya data yg di puter puter untuk mendukung suatu pendapat...tapi ya diperiksa sedikit datanya langsung jebol argumen ente.
siap kumendan..
makanya ane selalu nulis rata2 penjualan...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:
ya iya lah... pajero gitu loh...
mobil langka... dah ah, BTT lagi yuuuk....
@om FM.. udahan yuk... kan LC sepinya di belasan tahun pertama doang.. setelah itu rata2 di atas 100rb... cuman karena lebih separuh waktunya kecil, jadi rata2nya kecil...
Udah ane bilang angka rata2 yg ente gembor2in melulu/selalu (penjualan Pajero rata2 lebih tinggi dr Landcruiser) itu angka nipu, alias misleading. Masa pasar otomotif thn 1952 disamakan/diratakan dgn 2009? Bagaimana situasi ekonomi thn 1952...apa kue pasar otomotif sama dengan 2009? 1952 Jepang masih rontok dihajar sekutu bleh
Itulah namanya data yg di puter puter untuk mendukung suatu pendapat...tapi ya diperiksa sedikit datanya langsung jebol argumen ente.
siap kumendan..
makanya ane selalu nulis rata2 penjualan...
Me "rata2" kan pasar otomotif 1952 dgn 2009 yg jauh berbeda adalah statistik murahan - kalau mau analisa penjualan yg jujur
DOHC wrote:sblom lebi jauh, ane mo nanya neh bener apa kaga, VGT kalo yg ane baca sigh dulu, ialah system turbo yg dmana bilah2 turbo nya bisa berubah scara flexible seirama putaran mesin... jadi kalo putaran mesin lambat, maka bilah2 turbo nya akan lebi menutup shg bisa mencegah turbo loss atau lag, nah pas putaran meninggi, bilah2 tsb akan membuka lebi lebar shg supply udara masuk bisa lebi ngacir....
Variable Turbine Geometry technology is commonly used in turbo diesel engines in recent years. It is primarily used to reduce turbo lag at low engine speed, but it is also used to introduce EGR (Exhaust Gas Recirulation) to reduce emission in diesel engines. Here, we concentrate on the former advantage.
Ordinary turbochargers cannot escape from turbo lag because at low engine rpm the exhaust gas flow is not strong enough to push the turbine quickly. This problem is especially serious to modern diesel engines, because they tend to use big turbo to compensate for their lack of efficiency.
A Variable Geometry Turbocharger is capable to alter the direction of exhaust flow to optimize turbine response. It incorporates many movable vanes in the turbine housing to guide the exhaust flow towards the turbine. An actuator can adjust the angle of these vanes, in turn vary the angle of exhaust flow.
Look at the following illustration:
At low rpm :
The vanes are partially closed, reducing the area hence accelerating the exhaust gas towards the turbine. Moreover, the exhaust flow hits the turbine blades at right angle. Both makes the turbine spin faster.
At high rpm :
At high rpm the exhaust flow is strong enough. The vanes are fully opened to take advantage of the high exhaust flow. This also release the exhaust pressure in the turbocharger, saving the need of wastegate.
roadtrain99 wrote:mungkin ps yg mau direlease itu spt yg pic triton oz version yg ada di thread triton, ya pak kopat?
btw, br dpt..2010 facelifted ctv 2.2 ltr diesel (mesinnya tetep dari vm motori italy), kbrnya yg m/t 6speed.
beuhh..mesin naik pula ya..bahh...bukan fclift doang berarti..
hm.... sepertinya modelnya keren nih.. lampu depannya pake lampu bulet.. cakep nih...
bisa jadi basisnya sama persis, nambah varian mesin...
mudah2an gitu, tp yg menggiurkan mesinnya sudah 2.2ltr.
kalo 2.2 nya santa fe masih tipis dgn ctv 2.0. kalo skrg 2.0 dpt 150/320, apa yg 2.2 bs dpt 170/370...atau lebih, blm ketahuan ini.
akankah sama spt crv 2.2ltr diesel atau lebih? pernah liat crv diesel di utube, spt nya org bandung, mungkin aja bung bill pernah liat..
sayang crv / xtrail diesel blm masuk ke sini