Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
perkembangan teknologi girboks matic sudah meningkat pesat, tapi saya perhatikan masih cukup banyak line up mbl baru yang masih menggunakan girbok matic jenis 4 a/t, disini nubie ingin meminta opini temen2 SM-ers :
1. Sebenernya girbok jenis 4 A/T apakah teknologi sudah jadul atau masih update ?
2. Prediksi ke depannya bagaimana....apakah gak lama lagi girbok 4 A/T akan punah ditelan zaman, atau malah sebaliknya akan tetap eksis seperti halnya yang terjadi pada girbok manual 5 M/T ?
3. Jika sebuah girbok 4 A/T, sudah dilengkapi mode perpindahan manual, piranti elektronik yg membuatnya lbh sigap, serta friction loss yg lbh minim....apakah tetap itu jadul..atau masih update...??
ditunggu opini dari rekan2 disini........
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
setau ane, klo girboks 4 A/T kan biasanya di transmisi non-CVT.
utk pasar Indonesia, mobil2 matik non-CVT rasanya masih mentok di 4 A/T
supaya murah biaya produksinya
matik non-CVT yg lebih dari 4 A/T biasanya di mobil2 mahal kan ya?
dan pastinya canggih2...
kayak 7G-Tronic nya Mercedes-Benz
bisa "lompat" gigi pas down-shifting, misalnya dari 5 lgs ke 3
jadi waktu akselerasi lbh cepet
setau ane casing transmisi 7g-tronic itu pakai magnesium segala loh...
biar enteng
jadi menurut om mint...apakah girbok 4 A/T akan tetap terus eksis..khususnya di mobil2 kelas entry & medium...???
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
menurut ane neh, kalo 4AT akan terus exist.. toh dengan kemampuan mesin sekarang sepertinya 4AT sudah cukup yah. yang penting bisa dioper ke gigi rendah kalo diperlukan. ini maksudnya bukan CVT atau triptonic, tapi seperti di xenia avanza gitu. dengan seperti ini efek engine break bisa tercapai dan kebutuhan torsi optimal bisa terpenuhi..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
IMO, kalo di luar negeri sih gearbox 4 AT sudah mulai ditinggalkan. Bykkan mobil2 premium di luar sudah memakai gearbox 6-8 speed, Dual Clutch, atau CVT.
Nah, tapi kalau untuk market Indo sih saya rasa gearbox 4 AT pasti masih akan dipakai, terutama untuk mobil2 auto kelas entry level. Kalau untuk kelas mobil medium ke atas mungkin banyakkan sudah bakal berpaling ke yang di atas 4 speed AT.
boilers wrote:IMO, kalo di luar negeri sih gearbox 4 AT sudah mulai ditinggalkan. Bykkan mobil2 premium di luar sudah memakai gearbox 6-8 speed, Dual Clutch, atau CVT.
lalu bagaimana dengan mobil non premium di luar negeri oom...apakah mayoritas sudah beralih ke griboks yg lbh canggih atau masih tetap pake 4 A/T..??
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ikut menyumbang opini, kalau menurut saya, girboks matic 4/at menurut saya akan tetap eksis untuk pasar dalam negeri, karena hubungannya dgn biaya perawatan dan bengkel2 non atpm yang lebih tersedia untuk menangani problem2 yg ada.
Daftar pilihan transmisi yg digunakan di negeri asal :
Toyota Corolla : 4AT, 5 AT CVT
Honda City : 5 AT, CVT
Hyundai i10 : 4 AT
Ford Fiesta : 4AT
Subaru Forester : 4AT + low range
Suzuki SX4 : CVT
Volvo S40 : 5 AT
Ford Fusion : 4 AT, 5 AT
BMW 130i : 6 semi auto
Merc B140 : CVT
Kalau penilaian saya, ke depan CVT akan lebih banyak dipergunakan, karena 4AT sudah tidak efisien lagi.
4AT sering berarti 1 gear untuk start (bukan crawl gear), 2-3 untuk saat jalan, 4 untuk O/D. Ya gpp khan, mobil manual juga dgn 5 gigi juga cukup, di mana gigi 5 sbg O/D (kecepatan poros masuk lebih lambat dari kecepatan poros keluar).
Last edited by asudarsono on Fri Jan 08, 2010 5:24, edited 1 time in total.
CVT generasi awal suka rusak, bro, krn tidak kuat menahan torsi mesin. Tuh di kakaknya anj katanya suka ada kejadian. Saya pernah liat di yutube Xtrail berCVT berhenti di tanjakan krn mesinnya diperintahkan tidak menyalurkan lebih banyak torsi.
Mulai 2010, CVT sudah bisa dipakai di mobil s/d 250 HP.
Kalau perawatan CVT lebih mahal, banyak isu tapi perlu dibuktikan.
asudarsono wrote:CVT generasi awal suka rusak, bro, krn tidak kuat menahan torsi mesin. Tuh di kakaknya anj katanya suka ada kejadian. Saya pernah liat di yutube Xtrail berCVT berhenti di tanjakan krn mesinnya diperintahkan tidak menyalurkan lebih banyak torsi.
Mulai 2010, CVT sudah bisa dipakai di mobil s/d 250 HP.
kalau sejauh yg saya tahu sih, di indonesia, x-trail yg pertama kali mengadopsi transmisi model cvt untuk ukuran mobil sebesar dia,,
nescafe wrote:@jalu: girboks 4 A/T yg dimaksud memang ada 4 speed tidak berikut gigi overdrivenya, atau 4 speed sudah berikut overdirevenya ya?
4 speed sudah berikut overdrive...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
1. Apakah ada yang tau alasan pihak honda kenapa kembali beralih ke girboks matic non-CVT 5 A/T ketimbang bertahan dengan CVT..??
2. Adakah mobil penggerak roda belakang (rwd) yang sudah menggunakan teknologi girbok CVT ?? saya perhatikan umumnya kendaraan FWD atau AWD yg sdh banyak ber-girboks CVT
ditunggu pencerahannya...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
4-AT sih masih banyak dipake sampe akhir2 ini, di luar negeri sekalipun. Prado 2.7 generasi yg baru lengser thn lalu masih pake 4-AT. 4Runner 2.7 masih pake 4-AT di model terbarunya. Tapi ini adalah versi rendah dr mobil2 tersebut.
Saya masih nunggu CVT X-Trail bermasalah atau gak di thn2 senjanya...skrg sih masih pada baru. Yg menarik Jazz juga balik lagi ke transmisi konvensional...kenapa ya...
nescafe wrote:kalau sejauh yg saya tahu sih, di indonesia, x-trail yg pertama kali mengadopsi transmisi model cvt untuk ukuran mobil sebesar dia,,
berarti seharusnya ada perbaikan donk ya?
Setahu saya Mitsu Lancer EX udah pakai CVT yg baru. Kalau mobil RWD saya nggak tahu siapa yang pakai. Selain itu, Jeep Patriot juga udah pakai CVT kok. Kalau CVT Jazz sih ............. ehm ehm.
Kalau mau yg betul2 bandel sih emang yg 4AT. Subaru kokoh nggak mau upgrade yg 4AT di beberapa mobil, krn mereka suka dimodif sampai HP tinggi. Subaru baru akan ganti 4AT di Forester tahun 2012 menjadi CVT
FortunerMan wrote:4-AT sih masih banyak dipake sampe akhir2 ini, di luar negeri sekalipun. Prado 2.7 generasi yg baru lengser thn lalu masih pake 4-AT. 4Runner 2.7 masih pake 4-AT di model terbarunya. Tapi ini adalah versi rendah dr mobil2 tersebut.
Saya masih nunggu CVT X-Trail bermasalah atau gak di thn2 senjanya...skrg sih masih pada baru. Yg menarik Jazz juga balik lagi ke transmisi konvensional...kenapa ya...
temen ane perna tuh bermasalah ama jazz lamanya... denger2 sigh katanya ada problem di belt cvt nya... uda diganti pun masi kadang2 kambuh jg... kaya pas lagi jalan kenceng gt, mendadak pas di injek gas kaga mau naek lagi speed nya...
Mobil bisa diset mau ekonomis apa mau ngacir, apalagi kalau ECU juga kita setting. Harganya 2 jutaan.
Banayk org nggak suka bhw kalau dibejek, rpm langsung tinggi (redline) shg berisik buanget. Ya kalau gitu, kaki donk yg nyesuaikan. Kalau emang kaki kanan berat, itu gunanya Pivot di atas. Pada setting Eco, nggak akan kita ke zone rpm tinggi.
Punyaku juga kadang nggak mau naik dari 6.000 rpm kalau mesin udah mulai kepanasan. Jadi deh ngerayap 130 kpj.
Last edited by asudarsono on Fri Jan 08, 2010 6:57, edited 1 time in total.
DOHC wrote:temen ane perna tuh bermasalah ama jazz lamanya... denger2 sigh katanya ada problem di belt cvt nya... uda diganti pun masi kadang2 kambuh jg... kaya pas lagi jalan kenceng gt, mendadak pas di injek gas kaga mau naek lagi speed nya...
apakah gejalanya seperti slip...???
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
ane jadi bingung nih... transmisi otomatis itu apa aja sih tipenya?
invecs di PS itu jenis apa ya? karena di triton, masih pake 4AT konvensional.
trus, 7G tronic mercy.. ini twin clutch bukan?
jadi, yang ane tahu jenis transmisi A/T itu:
1. konvensional, ini seperti yang ada di everest (5AT), fortuner (5AT?), avanza (4AT), vios/yaris (4AT).
2. CVT seperti jazz lama.
3. twin clutch seperti di golf GTI, evo X..
4. yang seperti invecs di PS, ini apa ya?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green