Grand Livina Users..! - PART 03
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
emang knapa bro abrof.. koq ampe 2 kali diganti evaporator ?? AC nya kurang dingin mendadak atau gmana gt ??
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Nov 27, 2009 22:47
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Saya punya GL 1.8 M/T baru dibeli Agustus 2009, kilometer mencapai 17,000an. Dua hari yang lalu ketika berjalan-jalan di Maninjau, tiba-tiba koplingnya tak berfungsi sama sekali. Berhubung hari libur, sulit sekali menghubungi pihak-pihak yang bisa diminati pertolongan. Bahkan Garda Oto pun menolak membantu dengan alasan lokasi tempat kejadian terlalu jauh (130 km) dari Padang. Marketing Nissan dengan siapa saya membeli mobil dulu, saya telpon berkali-kali, dan berkali-kali dia menjanjikan mau telpon ke Nissan Padang (Saya beli di Nissan Jambi), tanya kepada mekaniknya dst, tapi tak ada hasilnya, dan tak pernah menelpon balik, kecuali kalau saya telpon.
Akhirnya saya putuskan saya harus mencari bantuan sendiri, akhirnya dengan bantuan sebuah bengkel di sana, saya mendapatkan mobil untuk menarik GL saya hingga ke Nissan Padang dengan biaya total Rp 1 jt. Setiba di Nissan Padang, pintu pagar tertutup, dipanggil-panggil tak ada jawab. Untung dinding sebelah kiri bangunannya sudah rubuh karena gempa, sehingga walaupun sebenarnya tidak boleh, saya bisa masuk untuk memanggil satpam yang lagi tidur sore. Untunglah mobil bisa dititipkan menjelang hari Senin (karena sedang libur), tapi kunci harus dititipkan juga, tanpa tanda terima. Saya sempat was-was, tapi untunglah tak terjadi apa-apa.
Karena suatu hal mendesak, saya harus balik ke Jambi pada hari Minggu dan tak bisa mengikuti perbaikan mobil di hari Senin (hari ini) yang saya titipkan pada saudara dan supir saya. Via telepon saya terus memantau perkembangan perbaikan di Nissan Padang. Kesimpulannya: (1) Kopling rusak karena air aki meluber ke selang plastik di bawahnya. Ini menurut bengkel karena mengisi air aki kebanyakan, sehingga membuat besi di ujung selang itu keropos; (2) ada hal lain yang kami laporkan yaitu setir sering goyang ketika terpaksa ngerem mendadak, setelah diperiksa oleh bengkel Nissan, katanya cakram rem sudah baling (miring) karena sering direm mendadak. Kedua kerusakan ini menurut Nissan bukan kerusakan (cacat) mobil, melainkan kesalahan pemakaian. Karena itu perbaikannya dikenakan biaya total Rp 400 rb termasuk ongkos kerja.
Nah, saya dan supir terus terang tak ahli dalam permesinan mobil, jadi saya minta bantuan bro-bro sekalian, apa tanggapan anda-anda sekalian mengenai peristiwa di atas. Soalnya seingat kami (saya & supir yang selama ini memakai mobil), kami merasa tak pernah mengisi air aki berlebihan dan juga ngerem mendadak pun hanya sekali-kali, jika menghindari hewan yang lewat tiba-tiba di tengah jalan. Saya cukup shock dengan peristiwa ini, tak pernah saya bayangkan bisa terjadi ketika usia mobil masih muda sudah banyak masalah, yang akhir-akhirnya membuat kantong saya terkuras.
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak...
Akhirnya saya putuskan saya harus mencari bantuan sendiri, akhirnya dengan bantuan sebuah bengkel di sana, saya mendapatkan mobil untuk menarik GL saya hingga ke Nissan Padang dengan biaya total Rp 1 jt. Setiba di Nissan Padang, pintu pagar tertutup, dipanggil-panggil tak ada jawab. Untung dinding sebelah kiri bangunannya sudah rubuh karena gempa, sehingga walaupun sebenarnya tidak boleh, saya bisa masuk untuk memanggil satpam yang lagi tidur sore. Untunglah mobil bisa dititipkan menjelang hari Senin (karena sedang libur), tapi kunci harus dititipkan juga, tanpa tanda terima. Saya sempat was-was, tapi untunglah tak terjadi apa-apa.
Karena suatu hal mendesak, saya harus balik ke Jambi pada hari Minggu dan tak bisa mengikuti perbaikan mobil di hari Senin (hari ini) yang saya titipkan pada saudara dan supir saya. Via telepon saya terus memantau perkembangan perbaikan di Nissan Padang. Kesimpulannya: (1) Kopling rusak karena air aki meluber ke selang plastik di bawahnya. Ini menurut bengkel karena mengisi air aki kebanyakan, sehingga membuat besi di ujung selang itu keropos; (2) ada hal lain yang kami laporkan yaitu setir sering goyang ketika terpaksa ngerem mendadak, setelah diperiksa oleh bengkel Nissan, katanya cakram rem sudah baling (miring) karena sering direm mendadak. Kedua kerusakan ini menurut Nissan bukan kerusakan (cacat) mobil, melainkan kesalahan pemakaian. Karena itu perbaikannya dikenakan biaya total Rp 400 rb termasuk ongkos kerja.
Nah, saya dan supir terus terang tak ahli dalam permesinan mobil, jadi saya minta bantuan bro-bro sekalian, apa tanggapan anda-anda sekalian mengenai peristiwa di atas. Soalnya seingat kami (saya & supir yang selama ini memakai mobil), kami merasa tak pernah mengisi air aki berlebihan dan juga ngerem mendadak pun hanya sekali-kali, jika menghindari hewan yang lewat tiba-tiba di tengah jalan. Saya cukup shock dengan peristiwa ini, tak pernah saya bayangkan bisa terjadi ketika usia mobil masih muda sudah banyak masalah, yang akhir-akhirnya membuat kantong saya terkuras.
Atas bantuannya saya ucapkan terima kasih banyak...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
mirip banget dgn kasus yg menimpa salah satu pmakai GL, bahkan seri nya pun sama, GL 1.8 m/t...... dan sama2 karena ketumpahan air aki...
nah sblom lebi lanjut dibahas ama rekan2 di SM sini, ane mo tanya bro, di bawah aki kan ada tempat tatakan aki tuh yg kaya mangkuk warna putih dari plastik... nah di bawah aki mobil anda tsb ada ga tuh tatakan aki ??
nah sblom lebi lanjut dibahas ama rekan2 di SM sini, ane mo tanya bro, di bawah aki kan ada tempat tatakan aki tuh yg kaya mangkuk warna putih dari plastik... nah di bawah aki mobil anda tsb ada ga tuh tatakan aki ??
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Nov 27, 2009 22:47
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Karena mobilnya masih di bengkel, saya gak pasti bro. Tapi kalo gak salah, tatakan aki yang warna putih dari plastik gak ada deh, adanya sih kayak plat besi tipis gitu di bawah aki... Memang di sekitar selang plastik itu ada bercak-bercak kayak bekas percikan cairan...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
behh.. itu sih gilee kalo ampe kaga ada.... vital banget tuhhh.... kalo seandainya emang kaga ada, itu bisa di claim ke nissan bro, soalnya setau ane, smua livina uda dikasi koq... dan kalo emang karena kesalahan nissan yg lupa naruh tuh tatakan, yah otomatis kasus ente itu bukan salah ente...
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Thu Jun 19, 2008 15:11
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
apa mendingan diganti dengan aki kering aja yg free maintenance ? resiko banget kl kopling sampai ngak nerfungsi?
btw kl ganti aki kering gt void warraty ngak yah?
btw kl ganti aki kering gt void warraty ngak yah?
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Nov 27, 2009 22:47
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Ternyata masalahnya belum selesai dengan mengganti selang plastik. Slang plastiknya gak mau masuk ke dalam mesin karena katanya orang bengkel lubang di dalamnya juga keropos. Bisa sih diakalin untuk masuk, tapi katanya gak rapat. Tentu saja saya gak mau terima karena mobil itu setelah perbaikan harus dibawa kembali ke Jambi (perjalanan 500 km) sehingga jika terjadi apa-apa di perjalanan, masalahnya akan lebih besar lagi. Untuk itu, menurut kepala bengkelnya mesinnya harus turun transmisi (apakah ini?) supaya slang itu bisa masuk. Biayanya tentu saja nambah, belum tahu harus tambah berapa...
Saya jadi baru sadar kalo jika benar itu semua gara-gara air aki meluber, kenapa hal ini gak dijelaskan dulu waktu beli mobil, supaya kita bisa ekstra hati-hati? Akibatnya fatal sekali...
Bro DOHC, tentang tatakan aki dari plastik yang warna putih saya udah tanya kepada kepala bengkelnya, katanya gak ada tuh, dia bilang semua nissan yang dia jual gak ada yang begituan.
Karena peristiwa ini, kesan saya terhadap Grand Livina jadi kurang deh... Ok deh, fuel consumption dan tenaganya ok, tapi usia masih 5 bulan, masalahnya udah berat begini. Membahayakan nyawa dan kantong kita nih...
Saya jadi baru sadar kalo jika benar itu semua gara-gara air aki meluber, kenapa hal ini gak dijelaskan dulu waktu beli mobil, supaya kita bisa ekstra hati-hati? Akibatnya fatal sekali...
Bro DOHC, tentang tatakan aki dari plastik yang warna putih saya udah tanya kepada kepala bengkelnya, katanya gak ada tuh, dia bilang semua nissan yang dia jual gak ada yang begituan.
Karena peristiwa ini, kesan saya terhadap Grand Livina jadi kurang deh... Ok deh, fuel consumption dan tenaganya ok, tapi usia masih 5 bulan, masalahnya udah berat begini. Membahayakan nyawa dan kantong kita nih...
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
bro vawes, berikut saya attach foto tatakan aki yg saya maksud... tatakan tsb saya dapet uda terpasang koq sejak ambil dari dealer, bahkan di showroom2 nissan pun jg saya liat uda ada, sbg tindakan preventif kasus yg perna terjadi dgn seorang bapak yg namanya rhoma nasution yg GL nya sama persis kena kasus nya kaya ente saat ini...
nah foto2 tsb bole anda bawa atau kirim ke beres nissan yg anda pergi skrg... terkadang emang suka ada beberapa bengkel nissan yg sok tau atau cuman asal cuap2 tanpa mikir atau kroscek dulu...You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
numpang lewat aja....


-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Nov 27, 2009 22:47
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Bro DOHC, thanks a lot. Kesulitannya mobil saya di beres Padang, sementara saya di Jambi. Saudara dan supir saya yang ngurus di Padang juga gak begitu ngerti masalah ini. Jadi fokus saya sementara ini adalah bagaimana mobil itu bisa secepatnya bisa dibawa ke Jambi lagi. Nantinya sampai di Jambi saya akan bawa foto ini ke beres Jambi dan menanyakan yang jelas. Tapi yang jelas saya kecewa khususnya sama Nissan Jambi sampai hari ini gak ada tanggapannya. Kalo ditanya/telepon baru menjawab, jawabannya pun gak memberi solusi, hanya lip service. Janji-janji mau membantu, hasilnya nol besar.
-
- SM Affiliate
- Posts: 8413
- Joined: Mon Apr 23, 2007 13:45
- Location: 08129215600 www.monza-autosport.com
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@Bro Vawes:
mo saran >> coba kirim email ke customer service nissan ([email protected]) >>> semoga segera mendapat tanggapan dari nissan jambi.
mo saran >> coba kirim email ke customer service nissan ([email protected]) >>> semoga segera mendapat tanggapan dari nissan jambi.
MONZA-AUTOSPORT.COM
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
WA: 08129215600
blog: www.monza-autosport.blogspot.com
fb: www.facebook.com/MonzaAutosport
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Kalo belum dtanggapin langsung gabung aja di
[email protected]
Langsung diawasi petinggi nissan om dan nanti pasti dikasih solusi terbaik..
[email protected]
Langsung diawasi petinggi nissan om dan nanti pasti dikasih solusi terbaik..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03

RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Kalau udah ada solusi, tolong kabarin ke sini ya. Biar kita tahu semua kelakuan Nissan - Renault Indomobil ini.
Kalau beli tatakan itu emangnya ada yang jual?
Kalau beli tatakan itu emangnya ada yang jual?
Ready to Race
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Aug 12, 2009 7:53
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
bro2, mau tanya nih.
saya lagi di beres. ngobrol2 sama orang beresnya, katanya supaya lebih hemat bensin, pemakaian yang tepat adalah kalau di dalam kota harusnya overdrive dimatiin (lampu nyala).
selama ini saya selalu hidupin overdrive (lampu mati). soalnya pendapat saya overdrive ini dimatiin buat pas mau nyusul aja (yang bisa juga didapet dengan kick down).
ada yang bisa bantu jelasin?

saya lagi di beres. ngobrol2 sama orang beresnya, katanya supaya lebih hemat bensin, pemakaian yang tepat adalah kalau di dalam kota harusnya overdrive dimatiin (lampu nyala).
selama ini saya selalu hidupin overdrive (lampu mati). soalnya pendapat saya overdrive ini dimatiin buat pas mau nyusul aja (yang bisa juga didapet dengan kick down).
ada yang bisa bantu jelasin?

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
overdrive=off kan berarti topgear nya s/d gigi-3.
yah posisi gigi yg lebih cocok buat nyodok2 dalem kota, terutama karena ratio gear livina family termasuk kecil.
gigi-3 itu bener2 udah cukup buat dalkot.
kalo gigi-4 malah berat.
yah posisi gigi yg lebih cocok buat nyodok2 dalem kota, terutama karena ratio gear livina family termasuk kecil.
gigi-3 itu bener2 udah cukup buat dalkot.
kalo gigi-4 malah berat.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
baru satu kali...inipun lagi nunggu partsnya jadi belum diganti.....kejadiannya setelah mobil pulang dari bengkel body repair(mobil nyruduk motor)...AC jadi kurang dingin....DOHC wrote:emang knapa bro abrof.. koq ampe 2 kali diganti evaporator ?? AC nya kurang dingin mendadak atau gmana gt ??
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Aku juga kemarin ganti evap bro. Gak ada yg ori, daripada nunggu aku ganti yg lain (panas je).
Habis ganti evap, selama seminggu suka ada suara kayak blow off valve dan lama dinginnya, tapi sekarang udah normal lagi.
BTW, ini sebabnya aku nanya ada yg sediakan tatakan itu nggak? Soalnya AC nggak ada, kemarin lampu belakang kanan ganti habis ketabrak motor, di Atrium nggak ada yg ori juga (akhirnya beli yg KW 600 rb rupiah, tapi warna mikanya persis sama sih). Heran aja, mobil Jepang ini suku cadangnya gak lengkap deh.
Habis ganti evap, selama seminggu suka ada suara kayak blow off valve dan lama dinginnya, tapi sekarang udah normal lagi.
BTW, ini sebabnya aku nanya ada yg sediakan tatakan itu nggak? Soalnya AC nggak ada, kemarin lampu belakang kanan ganti habis ketabrak motor, di Atrium nggak ada yg ori juga (akhirnya beli yg KW 600 rb rupiah, tapi warna mikanya persis sama sih). Heran aja, mobil Jepang ini suku cadangnya gak lengkap deh.
Ready to Race
-
- Newbie
- Posts: 14
- Joined: Wed Aug 12, 2009 7:53
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@bro GTR: thx bro. terus memangnya kalau OD dimatiin dalam kota itu ngaruh ke FC yang lebih hemat ya?
*ga ngerti mesin nih*
*ga ngerti mesin nih*
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Emang ya kalo produk baru diuji di satu negara (china) ga jaminan di indo (negara ke 2 diajdikan kelinci percobaan livina series he2) udah bebas masalah he2 ane termasuk bermasalah di joint steer fuel sender n transmisi tapi untung udh beres semua kecuali fuel sender males balik k bengkel..
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2052
- Joined: Sat Jul 07, 2007 23:03
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Waduh bro asudarsono domisili dimana sih kok langka semua gitu spare partnya???asudarsono wrote:Aku juga kemarin ganti evap bro. Gak ada yg ori, daripada nunggu aku ganti yg lain (panas je).
Habis ganti evap, selama seminggu suka ada suara kayak blow off valve dan lama dinginnya, tapi sekarang udah normal lagi.
BTW, ini sebabnya aku nanya ada yg sediakan tatakan itu nggak? Soalnya AC nggak ada, kemarin lampu belakang kanan ganti habis ketabrak motor, di Atrium nggak ada yg ori juga (akhirnya beli yg KW 600 rb rupiah, tapi warna mikanya persis sama sih). Heran aja, mobil Jepang ini suku cadangnya gak lengkap deh.
RA167E V6 1,5 liter 1500 HP
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
berbanding tebalik banget yah ama beberapa bengkel nissan di jakarta.... ane malah ampe ditelponin, di sms in, ane ulang tahun aja di sms in... bahkan abis servis berkala aja dikasi hadiah, dompet kunci lah, payung lah, atau back seat pocket yg gede.... walaupun beberapa beres nissan di jakarta jg ada yg ga beres jg sehh....Vawes wrote:Bro DOHC, thanks a lot. Kesulitannya mobil saya di beres Padang, sementara saya di Jambi. Saudara dan supir saya yang ngurus di Padang juga gak begitu ngerti masalah ini. Jadi fokus saya sementara ini adalah bagaimana mobil itu bisa secepatnya bisa dibawa ke Jambi lagi. Nantinya sampai di Jambi saya akan bawa foto ini ke beres Jambi dan menanyakan yang jelas. Tapi yang jelas saya kecewa khususnya sama Nissan Jambi sampai hari ini gak ada tanggapannya. Kalo ditanya/telepon baru menjawab, jawabannya pun gak memberi solusi, hanya lip service. Janji-janji mau membantu, hasilnya nol besar.
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
@Aldy : Hehehe, gue di Jakarta Timur tuh, bukan di Timbuktu atau di Siberia.
Perawatan selalu ke beres (beresnya bagus kok, aku gak mau nyebut namanya di sini). Kecuali AC itu, krn nggak ada suku cadang ya aku perbaiki sendiri ACnya di rumah. Malas nunggu, panas buanget Jakarta nih.
Lampu belakang aku cari di Atrium Senen, cuma satu toko yang jual tuh, makanya mahal pisan dah. Gue pasang aja sendiri di parkiran Atrium, gampang banget.
Kalau ada yang jual lingkar stir ori, aku mungkin ada minat nih, tombol klaksonnya mati. Sekarang aku routing pakai switch aja, biar kayak bus malam.
Wow, minta rekomend bengkelnya dong bung DOHC.
Perawatan selalu ke beres (beresnya bagus kok, aku gak mau nyebut namanya di sini). Kecuali AC itu, krn nggak ada suku cadang ya aku perbaiki sendiri ACnya di rumah. Malas nunggu, panas buanget Jakarta nih.
Lampu belakang aku cari di Atrium Senen, cuma satu toko yang jual tuh, makanya mahal pisan dah. Gue pasang aja sendiri di parkiran Atrium, gampang banget.
Kalau ada yang jual lingkar stir ori, aku mungkin ada minat nih, tombol klaksonnya mati. Sekarang aku routing pakai switch aja, biar kayak bus malam.
Wow, minta rekomend bengkelnya dong bung DOHC.
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
beres nissan yg ane recommend itu, TB simatupang, sunter ama pluit (yg baru buka)....
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1093
- Joined: Thu Dec 30, 2004 19:23
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Nissan Jambi itu masih groupnya Jaya Indah Motor, cuma sahamnya memang punya NMI juga sebagian (denger2 rata2 dealer skrg begitu).
Iya setuju saran diatas coba di e-mail ke Nissannya atau telpon ke CS (biasanya ada di brosur atau buku petunjuk mobil) supaya diurusin baik-baik. Kalau bisa cek ke Nissan Jambi Kepala Bengkelnya siapa supaya bisa koordinasi sama Nissan Padang.
Satu pertanyaan lagi: biasa servis berkala di bengkel resmi Nissan ga? Jangan sampe biasanya servis di bengkel biasa, bakalan dijadiin dalih sama Nissan.
Btw saya asli Jambi, salam!
Iya setuju saran diatas coba di e-mail ke Nissannya atau telpon ke CS (biasanya ada di brosur atau buku petunjuk mobil) supaya diurusin baik-baik. Kalau bisa cek ke Nissan Jambi Kepala Bengkelnya siapa supaya bisa koordinasi sama Nissan Padang.
Satu pertanyaan lagi: biasa servis berkala di bengkel resmi Nissan ga? Jangan sampe biasanya servis di bengkel biasa, bakalan dijadiin dalih sama Nissan.
Btw saya asli Jambi, salam!
-
- Visitor
- Posts: 7
- Joined: Fri Nov 27, 2009 22:47
Re: Grand Livina Users..! - Part 03
Tadi siang saya sudah telepon sama kepala bengkel Nissan Jambi. Memang karena buku petunjuk mobilnya ketinggalan di mobil, selama ini saya hanya telepon marketingnya karena yang ada hanya nomer telepon ybs. Nah marketing ini terakhir saya telepon, dia gak ngangkat lagi. Tapi tadi sudah berhasil menghubungi kepala bengkel Jambi dan dia berjanji untuk ikut memantau perkembangan perbaikan di Padang. Dijanjikan besok paling telat jam 3 sore sudah selesai, dengan tambahan biaya soalnya harus turun transmisi, jadi total Rp 1,2 jt (!). Saya lihat saja besok.
BTW, karena saya tak berada di lokasi & tidak tahu banyak tentang permesinan, jadi saya untuk sementara hanya bisa menerima bahwa semua kerusakan ini karena salah pemakaian. Tapi yang saya sesalkan, jika memang begitu kenapa tak ada early warning? Bahkan ketika servis 10,000 pun tak ada. Apakah dalam 7,000 km (dari 10,000 ke 17,000) mesin yang kondisinya baik (menurut hasil servis 10,000 km) bisa rusak dengan dahsyatnya? Apakah karena servis 10,000 masih gratis jadi ada kerusakan-kerusakan kecil diabaikan saja dengan asumsi masih bisa bertahan sampai 20,000 km, di mana akan diservis lagi (dan akan dibayar oleh konsumen).
@ bro maxx & aldy: thanks atas sarannya. pasti saya akan email ke alamat-alamat itu.
@ bro DOHC: memang kalo ultah, natal & taon baru juga disms sih. Tapi hadiah belom tu, yang ada dijanjiin mulu katanya bakalan dikasi t-shirt, tapi sampe sekarang gak ada tuh. Tadi ngomong sama kepala bengkelnya katanya mau ngasi tempat minum.
@ bro liat2aja: wong mobilku masih 5 bulan, 17,000 km. Servis berkala baru 2 kali ya waktu 1000 & 10,000 km, dua-duanya di beres Nissan tentunya. Gak pernah dibawa ke bengkel lain..
BTW, karena saya tak berada di lokasi & tidak tahu banyak tentang permesinan, jadi saya untuk sementara hanya bisa menerima bahwa semua kerusakan ini karena salah pemakaian. Tapi yang saya sesalkan, jika memang begitu kenapa tak ada early warning? Bahkan ketika servis 10,000 pun tak ada. Apakah dalam 7,000 km (dari 10,000 ke 17,000) mesin yang kondisinya baik (menurut hasil servis 10,000 km) bisa rusak dengan dahsyatnya? Apakah karena servis 10,000 masih gratis jadi ada kerusakan-kerusakan kecil diabaikan saja dengan asumsi masih bisa bertahan sampai 20,000 km, di mana akan diservis lagi (dan akan dibayar oleh konsumen).
@ bro maxx & aldy: thanks atas sarannya. pasti saya akan email ke alamat-alamat itu.
@ bro DOHC: memang kalo ultah, natal & taon baru juga disms sih. Tapi hadiah belom tu, yang ada dijanjiin mulu katanya bakalan dikasi t-shirt, tapi sampe sekarang gak ada tuh. Tadi ngomong sama kepala bengkelnya katanya mau ngasi tempat minum.
@ bro liat2aja: wong mobilku masih 5 bulan, 17,000 km. Servis berkala baru 2 kali ya waktu 1000 & 10,000 km, dua-duanya di beres Nissan tentunya. Gak pernah dibawa ke bengkel lain..