Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by eresiie »

Rekans SMers,

Saya pernah liat proses ganti oli mesin dengan cara disedot pakai alat semacam tabung, ada selang yang dimasukkan ke lubang dipstick, terus dipompa sehingga oli di dalam karter oli terisap keluar, dialirkan ke dalam tabung tsb. Mana yang lebih baik : ganti oli dengan cara di drain dari lubang baut karter oli atau dengan cara disedot pakai sistem vacuum ? Apa kelebihan dan kekurang dua cara tersebut ? Para Pakar SM please share. Terima kasih banyak untuk sharingnya.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by DOHC »

ane sih lebi prefer yg buka baut drain bawah aja dehh... soalnya ane mikir gampang nya aja, kan partikel2 kotoran2 gt bakal turun ngendap di bawah smua gara2 gravitasi... jadi yah kalo buka baut drain kan otomatis tuh endapan2 residue jg ikut kebuang... :big_peace: :big_peace:

nah kalo nyedot kan blom tentu bakal kesedot smua, siapa tau selang sedotnya stuck dimana gt, trus kaga nyampe dasar oil pan... atau ujung selangnya kaga kena sisi terdalam oil pan nya... kan bentuk oil pan beberapa ada yg miring gt...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by m4rio »

kalo mau praktis n cepet ya pake cara sedot deh, kalo menurut ane sih yang sedot juga gk bisa ampe bersih2 banget lah...

kalo ane sama kyk bro DOHC, lebih milih yang drain alias buka baut carter.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by jalu »

saya mah lbh vote drain dr baut karter aja dah....endapan kotoran bs ikut terbuang bersama oli...IMO mesin suction diciptakan mungkin sebagai solusi untuk ganti oli agar lbh praktis, krn kalo di drain seperti biasa (apalg mobil dengan GC rendah), ya membutuhkan alat kerja pendukung seperti car lift atau lubang seperti kolam (umum di bengkel oli & tambal ban).

cuma opini awam yah.... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by eresiie »

Mesin mobil2 baru sekarang kan sudah presisi tinggi sehingga mempersyaratkan oli mesin yang encer. Nah dengan oli yang encer kan lebih mudah disedot. Dan kalo residu/gram metal apa masih sebanyak seperti mesin mobil jadul ? Apa kerak carbon sisa pembakaran yg nggak sempurna bisa mengendap di karter oli ? Atau aditif oli yang mengendap ?
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by roadtrain99 »

gw masih pilih lewat baut karter. Secara dr pabrik lsg udah begitu, memang udah fungsinya.
Yg enak, drain nya pas mesin masih anget jd oli lancar beserta metal depositnya.
kalo sistem suction, ada yg bilang lumayan.

Klo mo bersih lg, setiap ganti, pake flush aja dulu lalu masuk oli baru.
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by DOHC »

cuman perlu diperhatikan jg pas masang baut karter nya tsb... kadang ane jg kaga ngerti, ada aja montir2 sableng yg kencengin tuh baut ampe pake tenaga kebo... kalo di mobil2 jadul sigh gpp, tapi kalo di mobil2 skrg kadang suka ampe slek tuh drat baut nya atau kasus terparah malah jadi retak... uda ada beberapa kasus kaya gt di senia apansa...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by jalu »

mungkin krn diliat ukuran kepala baut nya besar jadi bawaanya si montir itu ngencengin sekuat tenaga, padahal itu kan cuman sumbat aja
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by herbid »

kalo gw pilih drain, lalu ditiup dari atas.
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by BADAK »

herbid wrote:kalo gw pilih drain, lalu ditiup dari atas.
Bukannya kalo ditiup kurang bagus untuk mobil, karena angin yg ditiupkan mengandung gas yg bisa menyebabkan karat pada logam & karet menjadi getas?
SMer yg pny usaha ganti oli bisa share donk pengalamannya...
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by jalu »

entah problem karat atau karet getas saya kurang paham....yg jelas pernah ada kejadian karet gasket valve cover sampe bocor saat ditiup sama kompresor waktu ganti oli, menurut saya sih itu krn montirnya aja yg ceroboh
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by DOHC »

kalo panther ane sigh uda bertahun, berpuluh2 rebu km tiap kali ganti oli slalu ditiup blom perna bermasalah sehh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by sjamsul »

eresiie wrote:Rekans SMers,

Saya pernah liat proses ganti oli mesin dengan cara disedot pakai alat semacam tabung, ada selang yang dimasukkan ke lubang dipstick, terus dipompa sehingga oli di dalam karter oli terisap keluar, dialirkan ke dalam tabung tsb. Mana yang lebih baik : ganti oli dengan cara di drain dari lubang baut karter oli atau dengan cara disedot pakai sistem vacuum ? Apa kelebihan dan kekurang dua cara tersebut ? Para Pakar SM please share. Terima kasih banyak untuk sharingnya.
ga setiap mobil bisa disedot saat ganti oli, tergantung jenis lubang dipstick nya...... contoh: pada mobil kijang super, lubang dipsticknya lurus.... jadi bisa dilakukan ganti oli dg alat sedot (ane lupa nama alat ini)....n tentu aja dg cara ini lbh menghemat waktu n ga akan ada resiko baut drainnya jadi rusak (krn human eror)....
berbeda dg mobil panther (misalnya).... itu lubang dipstick pada mobil ini ga lurus, jadi agak melengkung...... so sebaiknya untuk jenis mobil ini saat ganti oli sebaiknya melalui baut drainnya.......tapi harus diperhatikan saat pasang bautnya..... spy ga terjadi kebocoran di baut ini......

mengenai tiupan angin saat ganti oli, sebaiknya sebelon ditiup, liat dulu anginnya... apakah mengandung uap air apa kaga.......klo mengandung uap air, sebaiknya jangan.... tp klo cuma angin aja.... ga napa2....... makanya klo mau baik, di kompressornya perhatikan, biasanya ada semacam alat untuk menyaring uap air, shg saat ditiup yg keluar hanya angin aja, ga ada uap airnya( kurang bagus klo buat niup mesin ).......

smoga bermanfaat..........
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27648
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by DOHC »

om sjam, panther ane perna tuh disedot jg pake alat gtuan dari lubang dipstick... kalo ga salah kaya di bengkel2 oli macam toda gt mereka sedot smua tuh...
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by BADAK »

Ada gambarnya gak bro alat oil suction yg dimaksud?
Saya berencana mengembangkan usaha ganti oli juga ini, jadi perlu info sebanyak-banyaknya..
Tapi kyk nya cara paling umum dan mudah memang dikeluarkan melalui baut drain, kemudian disemprot dengan kompressor agar sisa oli&endapan yg tersisa bisa keluar.
Kira2 kompressor min brp PK yg diperlukan untuk usaha ganti oli?
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by sjamsul »

DOHC wrote:om sjam, panther ane perna tuh disedot jg pake alat gtuan dari lubang dipstick... kalo ga salah kaya di bengkel2 oli macam toda gt mereka sedot smua tuh...
klo di mobil panther emang bisa disedot, tp jangan mengharapkan oli bekasnya akan terbuang semua ya.....mereka melakukan hal ini biar praktis.... tp kurang efisien...... krn ga gitu bersih......

Nah, untuk membuktikannya, setelah selesai disedot, coba minta mereka buka baut drainnya..... kemungkinan besar masih ada yg keluar dari lubang tsb......
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by sjamsul »

BADAK wrote:Ada gambarnya gak bro alat oil suction yg dimaksud?
Saya berencana mengembangkan usaha ganti oli juga ini, jadi perlu info sebanyak-banyaknya..
Tapi kyk nya cara paling umum dan mudah memang dikeluarkan melalui baut drain, kemudian disemprot dengan kompressor agar sisa oli&endapan yg tersisa bisa keluar.
Kira2 kompressor min brp PK yg diperlukan untuk usaha ganti oli?
ane akan coba posting gambarnya, tp ga janji waktunya ya dak.......

sebaiknya jangan pake alat ini, krn sdh sangat sedikit mobil yg bisa diganti olinya pake alat ini.....

betul, asalkan di kompresornya ditambahkan alat buat menyaring uap airnya ya.....

klo memungkinkan pakein yg 5 pk..... klo bisa juga pake merk yg dah terbukti keunggulannya, misalkan merk 'MEIJI' atau minimal merk 'SWAN'......

smoga bermanfaat.........
eresiie
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 239
Joined: Tue Aug 05, 2008 9:27

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by eresiie »

BADAK wrote:Ada gambarnya gak bro alat oil suction yg dimaksud?
Kalo yg saya pernah liat di youtube namanya topside oil changer/oil extractor gitu, CMIIW.
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by Debiyarto »

Bukannya kalo ditiup kurang bagus untuk mobil, karena angin yg ditiupkan mengandung gas yg bisa menyebabkan karat pada logam & karet menjadi getas?
SMer yg pny usaha ganti oli bisa share donk pengalamannya...
Duh...gua boleh jawab gak?? sebab gua kagak punya bengkel ganti oli nih...xixixixixixi...

Tapi secara teknis emang di drain lebih baik karena segala kotoran dan endapan akan keluar secara gravitasi.

Untuk pasal tiup meniup, hal ini sangat tidak dianjurkan.... :off_no:
Karena udara bertekanan yang dikeluarkan dari hand nozzle kemungkinan besar mengandung air yang tinggi.

Udara dalam tabung kompressor adalah udara bebas yang pasti mengandung uap air, apalagi kelembaban udara di Indonesia cukup tinggi (>65%) kemudian dipaksa dimampatkan oleh pompa kompressor kedalam tabung penampung. Disini kita akan melihat adanya tekanan yang biasanya tembus sampe 4 - 5 bar pada indicator tekanan. Akibat proses ini dapat dipastikan timbulnya panas dan pada kesempatan berikutnya si tabung akan dingin kembali sesuai suhu ruang seiring waktu. Akibat peristiwa ini uap air yang ada dalam udara dalam tabung itu yg tadinya panas lalu berubah dingin, akan berubah fasa menjadi cair.
Dan kalo udara yang mengandung air ini dipakai.....disemprot kedalam ruang mesin....Nah selanjutnya bisa terbayangkan apa yang terjadi berikutnya....

Pada system pressured air yang baik, misalnya dipabrik industry, sebelum udara bertekanan ini di pakai/didistribusikan, pada outlet tabung penampungan akan diinstall water trap dan beberapa diberi oiler tank yang dipasang berlapis, maksudnya agar udara bertekanan yang akan digunakan bebas dari air.

Nah...kalo dibengkel umum apa ada yang mau invest additional equipment kayak gini apa??? apalagi ...ehemmm...maaf...bengkel si Lay...yang ada dipinggir jalan...xixixixixi....
Dari kompressor....langsung tembak kedalam ruang mesin.....masuk dah tuh air.... :drinking:

Setahu saya di Beres A2K sudah jadi protap mereka bahwa setiap penggantian oli tidak akan di blow pakai compressed air/udara bertekanan.
Cukup di drain dan masukkan oli baru. Volume oli bekas yang tersisa dalam mesin paling cuma 2-3% dari total oli baru yang masuk, so do not worry...

Demikian dari saya semoga membantu..... :frm_salut:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by sjamsul »

@debiyarto:
klo kompressornya ditambahkan alat, nampaknya ga masalah deh, trus cara pasang pipa2nya juga berpengaruh lohhh..... terhadap uap air ini..... jadi mesti tau cara pasang pipa2nya......

trus mengenai tiupan kompressor saat ganti oli.... hal ini ga masalah, klo tau caranya..... jadi jangan terlalu dekat, tp dikasih jarak sekitar 50 cm dari lubang pengisian olinya...... biar tekanan ga terlalu besar......


mohon maap, ane bukannya mau berdebat soal tiupan angin kompressor, krn ane dah buktiin sendiri nih...........
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by Debiyarto »

mengenai tiupan angin saat ganti oli, sebaiknya sebelon ditiup, liat dulu anginnya... apakah mengandung uap air apa kaga.......klo mengandung uap air, sebaiknya jangan.... tp klo cuma angin aja.... ga napa2....... makanya klo mau baik, di kompressornya perhatikan, biasanya ada semacam alat untuk menyaring uap air, shg saat ditiup yg keluar hanya angin aja, ga ada uap airnya( kurang bagus klo buat niup mesin ).......
Bang sjam...
Kalo cuma dilihat pake mata telanjang pada saat hand nozzle di blow di tekanan 4 - 5 bar kayaknya mata telanjang gak akan bisa dengan mudah mendeteksi ada air atau tidak. Kecuali jika matanya terlatih dengan baik seperti Bang sjam yang memang udah mumpuni sebagai mekanik handal...hehehehehe....

Jadi tetep gua sarankan: kalau sekedar ganti oli rutin, mending dihindari penggunaan udara bertekanan yang disemprotkan kedalam ruang mesin. Resiko masuknya air tanpa sengaja cukup besar Bang... :big_peace:

Jangan pula khawatir dengan sisa oli lama dalam mesin, karena setelah didrain apalagi dalam keadaan mesin masih agak panas, pasti si oli bekas akan keluar dengan mudah secara viscositasnya menurun akibat suhu. Dan carter oli pun didesain miring kearah lubang drain. Kalaupun ada sisa oli lama dalam mesin dapat dipastikan volumenya sangat kecil dibanding volume oli baru yang masuk.

Dan maaf juga Bang Sjam...saya juga gak bermaksud debat atau menggurui, tapi sekedar mengkajinya secara teknis dari sisi pengetahuan yang saya miliki biar rekan SM jadi lebih tahu dan akhirnya memilih tindakan terbaik buat kendaraan mereka....
peace Bang... :big_peace:
User avatar
sjamsul
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 10375
Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
Location: betawi barat

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by sjamsul »

Debiyarto wrote:
mengenai tiupan angin saat ganti oli, sebaiknya sebelon ditiup, liat dulu anginnya... apakah mengandung uap air apa kaga.......klo mengandung uap air, sebaiknya jangan.... tp klo cuma angin aja.... ga napa2....... makanya klo mau baik, di kompressornya perhatikan, biasanya ada semacam alat untuk menyaring uap air, shg saat ditiup yg keluar hanya angin aja, ga ada uap airnya( kurang bagus klo buat niup mesin ).......
Bang sjam...
Kalo cuma dilihat pake mata telanjang pada saat hand nozzle di blow di tekanan 4 - 5 bar kayaknya mata telanjang gak akan bisa dengan mudah mendeteksi ada air atau tidak. Kecuali jika matanya terlatih dengan baik seperti Bang sjam yang memang udah mumpuni sebagai mekanik handal...hehehehehe....

Jadi tetep gua sarankan: kalau sekedar ganti oli rutin, mending dihindari penggunaan udara bertekanan yang disemprotkan kedalam ruang mesin. Resiko masuknya air tanpa sengaja cukup besar Bang... :big_peace:

Jangan pula khawatir dengan sisa oli lama dalam mesin, karena setelah didrain apalagi dalam keadaan mesin masih agak panas, pasti si oli bekas akan keluar dengan mudah secara viscositasnya menurun akibat suhu. Dan carter oli pun didesain miring kearah lubang drain. Kalaupun ada sisa oli lama dalam mesin dapat dipastikan volumenya sangat kecil dibanding volume oli baru yang masuk.
waktu itu ane liat di salah satu bengkel ganti oli...... di kompressornya dah terpasang saringan air.... kmd di tempat ngambil anginnya juga terpasang alat ini..... kmd ane buktiin pake kain kering.... trus anginnya disemprotkan ke kain tsb..... ga ada uap airnya tuhhh, makanya ane kasih ijin buat disemprotkan..... jadi bukan dg mata telanjang ane liatnye..... hehehe....

tapi balik lagi sih, tergantung kebiasaan aja...... toh klo ampe uap air doang yg masuk ga masalah.... krn cuma sekikitttt sekali.......n ga akan merusak mesin....... secara uap air akan menguap dg sendirinya, begitu terkena panas......

lagi pula dg ditiup angin kompressor akan sedikit menghemat waktu drain olinya, drpd nungguin sisa olinya keluar n spt yg nt bilang, sisa oli bekas yg cuma sedikit ga masalah.......
jadi ditiup apa kaga tergantung kebiasaan masing2 ajah..... :big_peace:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by herbid »

kalau saya niupnya bukan pake kompresor, tapi pake vacuum cleaner (Vacuum merek national ada ujung yang bisa meniup, selain ujung yang menyedot, gak tahu kalo vakum merek lain, tapi yg elektrolux ada).

udah dari tahun 1997 hingga sekarang gak ada masalah tuh sama mesin ......

btw, selain ritual ditiup tadi, saya biasa membiarkan oli dibuang selama seharian.
caranya saat pagi mesin masih dingin, buka drain dan buang oli selama kira2x 10 menit.
tutup hingga malam, buka lagi, masih ada oli yang netes.

terakhir buka dipstik, buka filter oli -dan baut drain masih terbuka, tiup mesin dengan vakum dari lobang pengisian.

saat meniup, saya tutup celah antara tongkat peniup dengan lobang pengisian oli dengan lap kain dari bahan yang tdk "Brudul",
tujuannya agar tekanan tdk bocor ke atas lagi, tapi meniup ke lubang2x yang terbuka tadi.

setelah bersih, tutup baut drain, pasang oli filter baru, pasang dipstik, baru isi oli baru.
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by Debiyarto »

Duh...kalo masalahnya kebiasaan dan waktu drain biar singkat....yaa...mau gimana lagi.... :shrug:

Emang ada sih orang yang rasanya gak srek kalo waktu ganti oli gak disembul pake angin....
apalagi kalo dihubungkan dengan waktu drain yang pengen cepet.

Saran saya boleh juga dipakai air blower karena dijamin tidak mengandung uap air.
Prinsipnya kayak kipas angin tapi kenceng banget. Bentuknya kayak rumah keong gitu.
Dipasaran ada tuh hand held blower merek MAKITA.
Atau kalo mau pake vacuum cleaner terus direverse jadi blower juga boleh....tapi hati2 jangan sampe itu tabung ada isinya....xixixixixi....
Sebab bisa berabe...bisa2 semua debu dan kotoran dalam tabungnya malah balik, rame2 masuk keruang mesin....xixixixixi.... :big_peace:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Ask : Ganti Oli sistem Suction atau Drain mana yg lbh baik ?

Post by BADAK »

Tidak apalah kita berdebat disini, asal diutarakan secara santun, tidak menyangkut SARA dan tidak menghina. Bukankah itu fungsi dari suatu forum :big_peace:
Thx penjelasannya bro derbi, penjelasannya bagus, pengetahuan saya jadi bertambah.
Untuk penggantian oli sendiri sih memang tidak masalah apabila menunggu oli mengalir hingga bersih dari baut drain, tapi bagaimana dgn usaha ganti oli yg membutuhkan waktu singkat dalam mengganti oli? Tidak mungkin khan kita melakukannya dgn menunggu oli mengalir habis karena gravitasi..
Emang alat tambahan seperti apa yg bisa digunakan untuk menyaring kadar air dalam kompressor, om sjam?
Rekan2 Smer yg pny alat hisap atau kompressor yg bagus tolong upload donk fotonya.. Saya masih awam nich mengenai alat2 yg digunakan nantinya.
Kebetulan saya ingin nantinya dari usaha ganti oli ini kepuasan customer tetap terjaga, jadi tidak apa2 invest alat yg bagus.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today