seputar ac n tips
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
seputar ac n tips
sekedar sharing mengenai perawatan ac utk tunggangan tercinta, hasil dr ngobrol2 dg montir dan rekan2 SMer yg lbh mumpuni dr pd saya hehehehe……
semoga bsa membantu rekan2 SMer dalam merawat ac, agar tdk terjebak dlm situasi d mana pengen “ngirit malah ngorot†wkwkwkwkwk
silahkan d tambahkan apabila ada yg kurang n cmiiw yah……
semoga bsa membantu rekan2 SMer dalam merawat ac, agar tdk terjebak dlm situasi d mana pengen “ngirit malah ngorot†wkwkwkwkwk
silahkan d tambahkan apabila ada yg kurang n cmiiw yah……
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
perawatan yg d sarankan tiap 6-8 bulan sekali: kuras oli kompressor
utk perawatan per 1,5-2 thn sekali: service evaporator (kuras)
apabila oli kompressor yg terkuras berwarna gelap/tua/hitam/butek, menandakan adanya kerusakan pd bagian internal, sebaiknya segera d lakukan pembersihan secara total (selang2, service kompressor, kuras kondensor, ganti drier, kuras evaporator)
pastikan agar gram2 kecil yg berada d system benar2 bersih...
pressure ideal:
- single blower 40-45psi
- double blower 50-55psi
note: utk tekanan double blower, dg asumsi double blower on. klo dlm posisi off sama dengan single blower
apabila tekanan berada d bawah ideal menandakan kurangnya freon.
apabila tekanan berada d atas batas ideal, mengindikasikan tingkat kerja kompressor yg berada d atas batas normal......kemungkinan besar ada masalah pd kompressor
penggantian kompressor wajib d barengi dg pembersihan full system ac, agar d dapat hasil yg maximal
utk perawatan per 1,5-2 thn sekali: service evaporator (kuras)
apabila oli kompressor yg terkuras berwarna gelap/tua/hitam/butek, menandakan adanya kerusakan pd bagian internal, sebaiknya segera d lakukan pembersihan secara total (selang2, service kompressor, kuras kondensor, ganti drier, kuras evaporator)
pastikan agar gram2 kecil yg berada d system benar2 bersih...
pressure ideal:
- single blower 40-45psi
- double blower 50-55psi
note: utk tekanan double blower, dg asumsi double blower on. klo dlm posisi off sama dengan single blower
apabila tekanan berada d bawah ideal menandakan kurangnya freon.
apabila tekanan berada d atas batas ideal, mengindikasikan tingkat kerja kompressor yg berada d atas batas normal......kemungkinan besar ada masalah pd kompressor
penggantian kompressor wajib d barengi dg pembersihan full system ac, agar d dapat hasil yg maximal
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
yg msh jd pertanyaan sy……knapa pd kendaraan baru, relative minim perawatan selama 2-3 thn??
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: seputar ac n tips
wah nice info nehh om dog...
tapi kalo yg di panther ane mahh uda sekarat... mo dibtulin jg uda maless.. biarin dipake ampe jebol tuh kompressor baru deh nanti dirawat lagi... hehehehe... maklum, kompressor 10 taon, masi untung masi bisa muter...


numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
yah....sekedar sharing pengalaman aja oom DOCH
paling penting pd saat penggantian kompressor (baru/bekas) d lakukan pembersihan scr menyeluruh d system ac..........klo ngga bsa d jamin umurnya sebentaran
trus sebisa mungkin mengawasi sendiri pekerjaan para montir, biar kitanya bener2 yakin klo kerjaan nya bener smua.......yah namanya jg manusia, takutnya ada yg tertinggal/kelupaan
paling penting pd saat penggantian kompressor (baru/bekas) d lakukan pembersihan scr menyeluruh d system ac..........klo ngga bsa d jamin umurnya sebentaran


trus sebisa mungkin mengawasi sendiri pekerjaan para montir, biar kitanya bener2 yakin klo kerjaan nya bener smua.......yah namanya jg manusia, takutnya ada yg tertinggal/kelupaan

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: seputar ac n tips
trus harus diperhatikan juga saat isi freon nya...... pada mobil yg double blower, pastikan saat isi freon, kedua blowernya idup, jangan cuma yg depan ajah..... pengalaman ane, saat isi freon, blower yg di atas ga diidupin...... alhasil dinginnya kurang maksimal..... n itu menandakan si bengkelnya rada 'nakal' gituuu........ 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: seputar ac n tips
wah, tret oke nih..
sekedar share aja, ane pernah sebel sama bengkel AC. masuk ke sono, 1-2 bulan, pasti ke sono lagi. entah ada yang bocor, AC berasap/embun. akhirnya gak lagi deh ke bengkel itu. padahal udah langganan 8 tahun-an..
saran ane kalo ganti kompresor, ganti dengan yang baru dan merk yang bagus sesuai dengan standar bawaan.
kalo di mobil tua, ane servicenya 1thn sekali. kuras freon + oli, ganti drier, bersihin evap dan kondensor.
sebenernya sih, kalo AC masih dingin, harusnya gak masalah. bener gak sih pernyataan ini? tapi kalo udah mulai gai dingin, harus buru2 service. karena AC yang gak dingin, bisa diakibatkan freon habis. dan biasanya oli ikutan nguap. kalo dipaksakan idupin AC, maka kompresor kerja tanpa oli. bayangin aja seperti mesin kerja tanpa oli..
satu lagi, tekanan kompresor juga beda2 antara freon and non CFC dan CFC (ane lupa detail namanya).
sekedar share aja, ane pernah sebel sama bengkel AC. masuk ke sono, 1-2 bulan, pasti ke sono lagi. entah ada yang bocor, AC berasap/embun. akhirnya gak lagi deh ke bengkel itu. padahal udah langganan 8 tahun-an..
saran ane kalo ganti kompresor, ganti dengan yang baru dan merk yang bagus sesuai dengan standar bawaan.
kalo di mobil tua, ane servicenya 1thn sekali. kuras freon + oli, ganti drier, bersihin evap dan kondensor.
sebenernya sih, kalo AC masih dingin, harusnya gak masalah. bener gak sih pernyataan ini? tapi kalo udah mulai gai dingin, harus buru2 service. karena AC yang gak dingin, bisa diakibatkan freon habis. dan biasanya oli ikutan nguap. kalo dipaksakan idupin AC, maka kompresor kerja tanpa oli. bayangin aja seperti mesin kerja tanpa oli..

satu lagi, tekanan kompresor juga beda2 antara freon and non CFC dan CFC (ane lupa detail namanya).
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: seputar ac n tips
kalo ga salah.. bedanya di jenis freon nya R134A ama R22... yg R134A banyakan di pake d mobil2 kluaran 90an keatas... nah kalo yg tua jadul2 rata2 makenya masi R22... nah R22 ini masi jg dipake di kulkas dan beberapa AC ruangan... R22 ini merusak lingkungan... sedangkan yg R134A ini lebi aman...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
yup bener bgt!DOHC wrote:kalo ga salah.. bedanya di jenis freon nya R134A ama R22... yg R134A banyakan di pake d mobil2 kluaran 90an keatas... nah kalo yg tua jadul2 rata2 makenya masi R22... nah R22 ini masi jg dipake di kulkas dan beberapa AC ruangan... R22 ini merusak lingkungan... sedangkan yg R134A ini lebi aman...
tambahan, selain kedua jenis freon tsb ada satu lagi yakni R12.........sama spt R22, freon ini jg mengandung CFC yg merusak ozon.
ngomong2.......jenis freon R12 ini lah yg umumnya d oplos dg R134A, biasanya bengkel2 ac nakal meraup untung dr cara ini krn harganya lbh murah........
d sini pentingnya memilih bengkel ac yg bsa d percaya.....
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
oia......waktu ngobrol2 sm montir ac kmaren, "katanya" tabung freon R134A yg besar umumnya sdh d oplos dg R12.....dan lbh aman utk isi freon R134A menggunakan kaleng2 kecil......
sampai mana keterangan tsb bsa d percaya? sy pun msh ragu dg keterangan tsb.....
ada yg bsa bantu pencerahan??
sampai mana keterangan tsb bsa d percaya? sy pun msh ragu dg keterangan tsb.....
ada yg bsa bantu pencerahan??

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: seputar ac n tips
kalau ane di panther yang sekarang ane pake nih ya, belum pernah service AC kurang lebih udah hampir 3 tahunan lah. habisnya masih dingin baget sih, jadi ya buat apa service, hehehehehe. malahan ane suka pikir kalo nanti ane service iseng2 untuk bersihin evaporator, malahan gk sedingin yang sekarang. karena yang ane takutin dimasukin freaon yang masuk spesifikasi tekanannya itu minimal dari spec yang di haruskan, walaupun itu sebenarnya masih masuk dalam spesifikasi.
tapi emang sih putaran ud mulai melemah, apa gara2 kebanyakan kotoran ya di blowerNYA?
tapi emang sih putaran ud mulai melemah, apa gara2 kebanyakan kotoran ya di blowerNYA?
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
nah.....hal2 yg model gtu yg msh jd pertanyaan sy......apa klo ac msh sehat walapiat alias dingin2 aja, perlu utk d lakukan service rutin spt yg d sebutkan d atas??



-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: seputar ac n tips
dulu perna ada montir yg blg ke ane... yg bikin compressor awet sebenernya bisa dimulai dari hal sederhana koq.... biasakan matikan ac sblom matikan mesin, pas nyalain ac jg sebaiknya mesin dalam keadaan langsam dan sudah panas, hindari putaran rpm terlalu tinggi apabila ac sedang nyala, jaga kondensor jgn ampe pecah kena batu pas lagi di tol...
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: seputar ac n tips
numpang tanya ah..sebenernya prosedur ngisi freon yg bener itu sambil ac/mesin dihidupkan atau kondisi mati ?
saya ada pengalaman beberapa bengkel ac....ada salah satu bengkel yg saat mengisi freon justru pada saat mesin mati...hasilnya sama2 dingin..bahkan di tempat itu lbh awet dinginnya...
saya ada pengalaman beberapa bengkel ac....ada salah satu bengkel yg saat mengisi freon justru pada saat mesin mati...hasilnya sama2 dingin..bahkan di tempat itu lbh awet dinginnya...

"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
wah.......sepengalaman sy tiap2 isi freon mesin/ac harus nyala tuh oom 

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: seputar ac n tips
sepengalaman ane nongkrongin montir AC, biasanya isi freon pas nyala. karena pas nyala, ada tekanan yang membantu mengisap freon dan oli nya..
tentang kompresor awet, usahakan termostat jangan sampe dingin banget. kalaupun siang hari yang panas juga demikian. agar kompresor tetap istirahat. ada 3 efek yang ane rasain dengan prilaku sepeti ini, pertama kompresor lebih awet. ke dua konsumsi BBM jadi lebih irit. lumayan lho dari 1:7-an ke 1:8-an...
yang ketiga, efeknya ketek ente lebih cepat beku... berkuah maksudnya....
tentang kompresor awet, usahakan termostat jangan sampe dingin banget. kalaupun siang hari yang panas juga demikian. agar kompresor tetap istirahat. ada 3 efek yang ane rasain dengan prilaku sepeti ini, pertama kompresor lebih awet. ke dua konsumsi BBM jadi lebih irit. lumayan lho dari 1:7-an ke 1:8-an...
yang ketiga, efeknya ketek ente lebih cepat beku... berkuah maksudnya....

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
DOHC wrote:wah nice info nehh om dog...![]()
tapi kalo yg di panther ane mahh uda sekarat... mo dibtulin jg uda maless.. biarin dipake ampe jebol tuh kompressor baru deh nanti dirawat lagi... hehehehe... maklum, kompressor 10 taon, masi untung masi bisa muter...
baru k ingetan..........
kompressor ac yg bermasalah itu "makan" tenaga mesin lho oom

sy ngerasain sendiri.......perbedaanya antara kompressor sehat dan sakit, dlm keadaan bermasalah kerasa bgt klo tenaga mesin "tertahan" terutama pd saat nyala......
efeknya selain k tenaga tentunya jg pd konsumsi bbm yg lbh boros......
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: seputar ac n tips
kalau isi freon kyknya pas a/C nyala deh.
kalo ane cuci mobil sendiri ane suka semprot itu condenssorNYA ama air yang lumayan bertekanan tuh, dengan maksud ya ngebersihin aja sih. paling perawatan yang suka ane kerjakan ya itu aja tuh.
kalo ane cuci mobil sendiri ane suka semprot itu condenssorNYA ama air yang lumayan bertekanan tuh, dengan maksud ya ngebersihin aja sih. paling perawatan yang suka ane kerjakan ya itu aja tuh.
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: seputar ac n tips
kan mobil ane diesel bro... tuh kompresor kalah kuat ama mesin nya... hehehehe.... tapi dari segi FC dan tarikan mesin sigh ampir ga ngaruh yah... mungkin gara2 mesin diesel kali...doq wrote:DOHC wrote:wah nice info nehh om dog...![]()
tapi kalo yg di panther ane mahh uda sekarat... mo dibtulin jg uda maless.. biarin dipake ampe jebol tuh kompressor baru deh nanti dirawat lagi... hehehehe... maklum, kompressor 10 taon, masi untung masi bisa muter...
baru k ingetan..........
kompressor ac yg bermasalah itu "makan" tenaga mesin lho oom
sy ngerasain sendiri.......perbedaanya antara kompressor sehat dan sakit, dlm keadaan bermasalah kerasa bgt klo tenaga mesin "tertahan" terutama pd saat nyala......
efeknya selain k tenaga tentunya jg pd konsumsi bbm yg lbh boros......
numpang lewat aja....


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10981
- Joined: Mon Jun 09, 2008 10:51
- Location: Tandes Surabaya
- Daily Vehicle: Nissan Livina VL
Re: seputar ac n tips
IMO pengurasan secara berkala itu bukan karena freonnya, akan tetapi lebih ke oli-nya.
Saya pernah baca petunjuk dari sebuah merek 'additif' oli dapat di campurkan pada saat pengisian oli kompresor AC.
CMIIW.
Saya pernah baca petunjuk dari sebuah merek 'additif' oli dapat di campurkan pada saat pengisian oli kompresor AC.
CMIIW.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
sepi amat lapak ane...... 
d tunggu sharing soal ac dr rekan2 SMer lainnya
..........................................


d tunggu sharing soal ac dr rekan2 SMer lainnya
..........................................


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
DOHC wrote:dulu perna ada montir yg blg ke ane... yg bikin compressor awet sebenernya bisa dimulai dari hal sederhana koq.... biasakan matikan ac sblom matikan mesin, pas nyalain ac jg sebaiknya mesin dalam keadaan langsam dan sudah panas, hindari putaran rpm terlalu tinggi apabila ac sedang nyala, jaga kondensor jgn ampe pecah kena batu pas lagi di tol...
mengenai prosedur menyalakan ac pd saat keadaan mesin langsam, ada satu pertanyaan yg ngeganjel neh...................
klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
aman g ya perilaku spt itu.......


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: seputar ac n tips
kayaknya gak ngaruh deh.. soalnya kalo AC udah dingin, termostat AC akan memerintahkan kompresor untuk bekerja. padahal kita lagi berjuang melewati 2 truk gandeng yang lagi baris...doq wrote:DOHC wrote:dulu perna ada montir yg blg ke ane... yg bikin compressor awet sebenernya bisa dimulai dari hal sederhana koq.... biasakan matikan ac sblom matikan mesin, pas nyalain ac jg sebaiknya mesin dalam keadaan langsam dan sudah panas, hindari putaran rpm terlalu tinggi apabila ac sedang nyala, jaga kondensor jgn ampe pecah kena batu pas lagi di tol...
mengenai prosedur menyalakan ac pd saat keadaan mesin langsam, ada satu pertanyaan yg ngeganjel neh...................
klo memang d sarankan utk menyalakan ac pd saat rpm rendah, gmana pendapat rekan2 SMer klo menyalakan ac pada saat kendaraan bergerak (kecepatan d atas 45kph)............tapi pedal kopling d tekan terlebih dulu, biar rpm mesin turun.........setelah nyala kemudian d lepas lagi??
aman g ya perilaku spt itu.......![]()

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 7559
- Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44
Re: seputar ac n tips
om dog, gimana AC nya udah okeh?



-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: seputar ac n tips
@daleman: sip oom.......cm blom sempet tes pas siang bolong terik euy, kmaren2 d bdg ujan mlulu

di toko KJ yg d saranin, stoknya inden oom..........waktu nyari2 inget oom daleman, ada toko yg namanya sama
jadinya d toko "cabangnya" om daleman deh......pas nyebutin klo kenal pak deny gegeduknya toko daleman serang bwat dapetin diskon, malah bengong si engkohnya wekekekekeke

.............................................

btw thx oom


di toko KJ yg d saranin, stoknya inden oom..........waktu nyari2 inget oom daleman, ada toko yg namanya sama

jadinya d toko "cabangnya" om daleman deh......pas nyebutin klo kenal pak deny gegeduknya toko daleman serang bwat dapetin diskon, malah bengong si engkohnya wekekekekeke


.............................................


btw thx oom
