Ad blocker detected: Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker on our website.
esh wrote:Untung om kopat nggak anjurin mobilnya yang diganti baru.
yah om, ane bukan penggemar mobil baru... jadi kalo mobil rusak, diperbaiki aja...
kecuali kita tinggal di tempat yang ongkos bengkel mahal, baru deh, mending beli baru. kalo service besar aja ongkosnya cuman 1 juta yang kerjaannya bisa 1 pekan, kenapa harus mikirin mobil baru...
trus kalau mobil sampai diservis selama 1 pekan kalau mau pergi2 bagaimana dong? Kalau naik taksi bisa lebih mahal daripada ongkos servisnya.
esh wrote:Untung om kopat nggak anjurin mobilnya yang diganti baru.
yah om, ane bukan penggemar mobil baru... jadi kalo mobil rusak, diperbaiki aja...
kecuali kita tinggal di tempat yang ongkos bengkel mahal, baru deh, mending beli baru. kalo service besar aja ongkosnya cuman 1 juta yang kerjaannya bisa 1 pekan, kenapa harus mikirin mobil baru...
trus kalau mobil sampai diservis selama 1 pekan kalau mau pergi2 bagaimana dong? Kalau naik taksi bisa lebih mahal daripada ongkos servisnya.
yah Om, 1 pekan pake taxi, gak sampe 10 juta lah... lebih murah daripada tuker tambah mobil...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
esh wrote:Tergantung mau tuker tambahnya apa dulu. Bagi saya biaya servis dan ongkos pake taksi lebih baik buat tambahan.
kalo untuk om esh sih.... emang mendingan ganti mobil.. kalo ane mah, mending pake mobil tuir...
maaf ya om kopat, pertimbangan saya yaitu mengenai arti dari penggunaan uang dan hubungannya dengan produktivitas. Bila uang 10 juta hanya untuk bayar biaya servis dan naik taksi itu namanya pengeluaran tetapi tidak menambah nilai. Sedangkan bila uang itu dipakai buat tambahan ganti mobil baru maka nilai uang itu tetap ada walaupun akan terdepresiasi.
Belum lagi kalau bicara soal produktivitas.
Mobil baru maintenance cost-nya rendah, setidaknya 3 tahun pertama hanya perlu servis seperti yang tertera di buku servis saja. Kalaupun ada masalah mesin masih masa garansi.
Apalagi kalau leasing mau tidak mau sudah diasuransikan.
Selain itu dengan adanya beban untuk mengangsur menambah semangat untuk cari duit lebih keras lagi.
maskopat wrote:
kalo untuk om esh sih.... emang mendingan ganti mobil.. kalo ane mah, mending pake mobil tuir...
maaf ya om kopat, pertimbangan saya yaitu mengenai arti dari penggunaan uang dan hubungannya dengan produktivitas. Bila uang 10 juta hanya untuk bayar biaya servis dan naik taksi itu namanya pengeluaran tetapi tidak menambah nilai. Sedangkan bila uang itu dipakai buat tambahan ganti mobil baru maka nilai uang itu tetap ada walaupun akan terdepresiasi.
Belum lagi kalau bicara soal produktivitas.
Mobil baru maintenance cost-nya rendah, setidaknya 3 tahun pertama hanya perlu servis seperti yang tertera di buku servis saja. Kalaupun ada masalah mesin masih masa garansi.
Apalagi kalau leasing mau tidak mau sudah diasuransikan.
Selain itu dengan adanya beban untuk mengangsur menambah semangat untuk cari duit lebih keras lagi.
bener banget om esh. itu kalo kita menganggap mobil sebagai suatu harta. maksudnya bisa kita jual dengan cepat untuk keperluan lain yang lebih mendesak.
dari ngobrol dengan temen2 yang pengusaha (walau kecil2an) ane mengerti kenapa patokan mereka resale value.
kalo ane nganggap, mobil bukan suatu harta. tapi emang expense. kebetulan pekerjaan ane bukan membutuhkan mobilitas tinggi. dengan seperti ini, ane berpendapat mobil bukan suatu hal yang perlu. beda dengan pengusaha yang memiliki mobilitas tinggi. mereka perlu cermat mengeluarkan uang untuk investasi dan expense. makanya dengan selalu menggunakan mobil baru dan memiliki resale value yang tinggi merupakan benefit buat mereka...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
esh wrote:Hehe, setiap orang tidak harus sama pendapatnya ya om kopat
betul om.. kalo sama mah gak asik.. kebayang kan kalo semua orang kalo SUV senengnya CRV... udah deh, CRV semua SUV di jalanan.. apa lagi kalo semua senengnya warna yang sama... gak ada indahnya di jalan nanti...
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
maskopat wrote:Untung om kopat nggak anjurin mobilnya yang diganti baru.
yah om, ane bukan penggemar mobil baru... jadi kalo mobil rusak, diperbaiki aja...
kecuali kita tinggal di tempat yang ongkos bengkel mahal, baru deh, mending beli baru. kalo service besar aja ongkosnya cuman 1 juta yang kerjaannya bisa 1 pekan, kenapa harus mikirin mobil baru...
ane tinggal di tempat yg bengkel2 nya rata2 patokin harga setara bengkel resmi walaupun mereka bengkel rumahan tuh om... tapi ane tetep donk.. pertahankan mobil tuir ane...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro