Water Injection

Otak2ik peforma mesin? Silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Water Injection

Post by Shaqilla »

@poet.. Yup masih dastek yg ekonomis itu.. Palagi punya gw cuma yg c...Soale kan utk spek harian cuma butuh afr n timing setting.. Kekurangannya setau gw satu map utk satu jenis bbm.. Map lainnya bearti ganti bbm.. Kalo emanage katanya bisa 2 map (street n race misale) di satu bbm yah bro?? Memang menarik utk dicoba.. Tapi mahal yah?? Sistem harnesnya gimana tuh bro? Dastek kan di inject gitu, rada worry...
User avatar
poeticmind
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 17286
Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung

Re: Water Injection

Post by poeticmind »

emanage diatur sendiri (sama tuner) lewat kompie... so mau atur2 terserah juga bisa, ga tergantung sama dealer or setingan paket-an.

actually semua juga sama aja, dastek or emanage... bedanya disini dastek programnya hanya dipegang dealer, kalo ada yg dapet programnya sih asik... seting2 sendiri juga bisa.
yah... ga ngerti kenapa yg nyeting harus dealer... namanya juga jualan, cari untung kan? hehe!
Image
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection N throttle body spacer

Post by tosacb5art »

poeticmind wrote:
tosacb5art wrote:
Shaqilla wrote:Emang pake piggy masih kurang efektif yah bro??
\

Pake piggyback sudah oke cuma di piggy kan ada dua mapping, yg pertama utk harian dan bbm premium tapi timing pengapian dan seting bbm nya di bikin irit ( teddy rev bilang 7 derajat), nah klo yg ke dua utk performance dan bbm yg di seting utk ini harus p+/oktan tinggi tapi me kan maunya teteup pake bbm remium jadi pake wai+methanol supaya bisa di mapping ke 2 yg timing nya 9 derajat memang lebih boros sedikit.
Nah sekarang utk respons rpm bawah me pake throttle body spacer bikinan dan setingan art ini juga bikin oke loh utk maen rpm bawah...nanti me poto ya modifikasinya....
itu dastek kan? hehehe... saya prefer e-manage. :)

boleh dong, liat TB spacer nya... pengen tau spt apa nih... thanks!
Sip boss nanti di upload masih lagi di seting sama Raymond Art...sabar ya boss.trims :thanks:
User avatar
Shaqilla
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 717
Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55

Re: Water Injection

Post by Shaqilla »

Bos bos... TB spacer itu yang fungsinya untuk mendinginkan udara masuk yah??
Apri-AIC212
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

Shaqilla wrote:Bos bos... TB spacer itu yang fungsinya untuk mendinginkan udara masuk yah??
Klo di wikipedia sih utk memperbaiki flow udara di rpm bawah dan torsi dan turbulensi jadi lebih oke/fokus dulu gitu sih.Klo mendinginkan yo wai nya itu.nanti me up load ya lagi di set dulu sama raymond art :drinking:
User avatar
mansetha
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 831
Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18

Re: Water Injection

Post by mansetha »

water injection selain pendingin juga lebih memadatkan kompisisi udaranya, RUmus kimia Air kan H20, ada unsur oksigen juga disana. membantu proses pembakaran lebih ramah lingkugan juga.
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Water Injection

Post by uch »

Sorry, saya masih bingung ttg water injection :

Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.

Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.

Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong .. :e-pray: Still bingunging me... :e-wall:
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :

Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.

Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.

Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong .. :e-pray: Still bingunging me... :e-wall:
Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355. :off_good_job:
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Water Injection

Post by uch »

tosacb5art wrote:
uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :

Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.

Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.

Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong .. :e-pray: Still bingunging me... :e-wall:
Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355. :off_good_job:
Sorry, maksudnya yg bingunging me itu masalah "makin irit". Kira2 gimana cerita nya ?

Kalo soal makin maknyosssssss...saya percaya... :D Itung2 intercooler versi murah. Intercooler juga khan termasuk "performance kit", bukan alat buat irit.

Kalo beneran wai bisa bikin irit pengen juga pasang di mobil yg masih pake karbu. Ngejengkelin boros nya, kalo diset hemat, batuk2 kalo diset standard jadi boros... (sory jadi curhat).
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

uch wrote:
tosacb5art wrote:
uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :

Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.

Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.

Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong .. :e-pray: Still bingunging me... :e-wall:
Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355. :off_good_job:
Sorry, maksudnya yg bingunging me itu masalah "makin irit". Kira2 gimana cerita nya ?

Kalo soal makin maknyosssssss...saya percaya... :D Itung2 intercooler versi murah. Intercooler juga khan termasuk "performance kit", bukan alat buat irit.

Kalo beneran wai bisa bikin irit pengen juga pasang di mobil yg masih pake karbu. Ngejengkelin boros nya, kalo diset hemat, batuk2 kalo diset standard jadi boros... (sory jadi curhat).
Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu..... :off_good_job:
http://tosacb5art.multiply.com
User avatar
uch
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 1746
Joined: Tue May 30, 2006 7:02

Re: Water Injection

Post by uch »

tosacb5art wrote:Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu..... :off_good_job:
http://tosacb5art.multiply.com
Oke..oke...ntar tak kontek2. Thanks buat info nya. Tapi kira2 lokasinya sekitar mana tuh bos ?
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

uch wrote:
tosacb5art wrote:Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu..... :off_good_job:
http://tosacb5art.multiply.com
Oke..oke...ntar tak kontek2. Thanks buat info nya. Tapi kira2 lokasinya sekitar mana tuh bos ?
Lokasi di JL.Pondok Jaya II No:2 ,Mampang Prapatan.Jakarta Selatan. Masuk dari Mampang 7 ato Bangka 8. :thanks:
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

mansetha wrote:Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesin… hmm. kira-kira menurut rekan bagaimana ttg Wa- i ini, mungkin sdh ada yg pernah coba..bagi-bagi pengalaman...please :wink:
Boss di Saft7.com dah di bahas stage 3 wai lokal nya....hasil nya bagus banget dah kabut ato mist karena di pressure dn 60psi konstan tekanan nya.
Beda klo yg pake ke vakuman yg stage 3 dah mirip kek produk rev "snowperformance" (6-7jt). yang ini klo N/A kek punya me di lancer kena 850rb klo utk turbo kena 1 jt-1,1jt an.( turbo di press 70-80psi )
Utk campuran water distilled : ethanol kira2 60:40 aman utk part wai nya.

Nih link nya Koh Ray- esia 98878355 , http://raymondstephen.multiply.com
http://artototecnik.multiply.com

dah pasang di N/A :nissan serena,volvo karbu,lancer gti,suzuki apv,nissan genesis,peugeot 505 gti,
yg di turbo: panther turbo, starlet turbo, volvo s70 swap engine turbo manual 1bar.

Rencana koh ray mo ke jatim pasang wai stage 3 5-6 unit di komunitas klub ndci....lg di rakit dulu kit wai pas me maen ke bengkel nya.

Mo naroh poto di sini lom tau cara nya...he he gublik jg.

salam
tosa-lancer putih cb5. (http://evo3putih.mutiply.com)
User avatar
kiwil
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Apr 23, 2008 5:53
Location: North Jakarta, Tangerang

Re: Water Injection

Post by kiwil »

minta skema pembuatan & pemasang buat motor dunk kk :oops: trim's btw.. :ungg:
Supra X 125Old Std 'Dec 2005 Original Gifted from Parents :frm_shock:
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack :e-snooty:
Image
User avatar
kiwil
New Member of Junior Mechanic
New Member of Junior Mechanic
Posts: 24
Joined: Wed Apr 23, 2008 5:53
Location: North Jakarta, Tangerang

Re: Water Injection

Post by kiwil »

minta skema pembuatan & pemasangan buat motor dunk kk :oops: trim's btw.. :ungg:
Supra X 125Old Std 'Dec 2005 Original Gifted from Parents :frm_shock:
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack :e-snooty:
Image
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Water Injection

Post by y_anjasrana »

Baru2 ini dapet email ada orang yg nawarin alat semacam wa-i, tapi diisi premium. Gimana tuh? Katanya sih mirip2 wai-i, cuma bukan uap air, tapi uap premium yg diinjeksikan.

Btw gw sendiri rada khawatir karena naro tabungnya di depan radiator. Ga kebayang kalu terjadi tabrakan dari depan dan tabungnya bocor, trus kena panas dari mesin... Hii... seyeemmm....
Accurate V5 Accounting System Consultant
GTR
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 5168
Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26

Re: Water Injection

Post by GTR »

udah ada pengembangan jauh lebih advanced buat aplikasi WAI ini:
http://saft7.com/?p=313
User avatar
y_anjasrana
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8855
Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
Location: Jakarta - Tangerang

Re: Water Injection

Post by y_anjasrana »

Oiya, wai ini bisa nyebabin karat ga ya? Biar air destilasi, tetep aja mengandung mineral khan? Jadi mustinya berpotensi menimbulkan karat.
Accurate V5 Accounting System Consultant
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

y_anjasrana wrote:Oiya, wai ini bisa nyebabin karat ga ya? Biar air destilasi, tetep aja mengandung mineral khan? Jadi mustinya berpotensi menimbulkan karat.
Image
Image
Image

Me dah pake wai dan terbukti piston lebih sedikit kerak/gum dan tidak terdapat karat di bagian logam2.
Pokoke me rasain banyak manpaatnya dari pada mudaratnya.
User avatar
avansa
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2135
Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
Location: Purwokerto

Re: Water Injection

Post by avansa »

aku sendiri rada pingin pasang,tapi ada warning di korosinya...terutama knalpot,so apa kudu pasang anti karat dulu yah... :e-doh:
kira kira bisa mengiritkan sampai berapa prosen dari pemakain sebelum aplikasi wai.
Image
User avatar
tosacb5art
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 126
Joined: Tue May 06, 2008 6:25

Re: Water Injection

Post by tosacb5art »

avansa wrote:aku sendiri rada pingin pasang,tapi ada warning di korosinya...terutama knalpot,so apa kudu pasang anti karat dulu yah... :e-doh:
kira kira bisa mengiritkan sampai berapa prosen dari pemakain sebelum aplikasi wai.
Wow korosi pasti gak cuma dari dalem tapi di luar, genangan, ujan,cuaca smua perlahan tapi pasti akan membuat mobil korosi bro...klo mobil baru lom korosi bro dah ganti model kan.... :off_good_job:
herbid
New Member of Senior Mechanic
New Member of Senior Mechanic
Posts: 159
Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19

Re: Water Injection

Post by herbid »

Sharing Wai,
cari jarum suntik di apotik gak dapet, katanya mesti pake resep.

akhirnya modif dengan jarum pentul yang disisipkan / dicolokkan di spuyer ukuran 85.

jarum dan spuyer dimasukkan ke dalam selang,
(kepala pentul ke arah tabung air, begitu juga dengan kepala spuyer yg ada bukaan untuk obeng minusnya),
dengan menggunakan keran, air diambil dari tabung wiper.

lubang intake masuk di bawah karburator kijang kapsul,
sebelumnya pipa intake itu dipake oleh selang yang mengambil udara dari saringan udara setelah melewati vakum chamber,
vakum tsb diaktifkan oleh solenoid vakum valve yang on pada rpm tertentu.

dengan mengatur bukaan keran sedikit saja (air sudah tampak mengalir pada selang transparan),
maka mesin telah mendapat pasokan kabut air kini,
tapi jika keran terlalu besar dibukanya, mesin mbrebet.

untuk tenaga memang sepertinya ada peningkatan,
sementara fc-nya harus diukur lagi.

demikian sharing saya.