Water Injection
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Water Injection
@poet.. Yup masih dastek yg ekonomis itu.. Palagi punya gw cuma yg c...Soale kan utk spek harian cuma butuh afr n timing setting.. Kekurangannya setau gw satu map utk satu jenis bbm.. Map lainnya bearti ganti bbm.. Kalo emanage katanya bisa 2 map (street n race misale) di satu bbm yah bro?? Memang menarik utk dicoba.. Tapi mahal yah?? Sistem harnesnya gimana tuh bro? Dastek kan di inject gitu, rada worry...
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: Water Injection
emanage diatur sendiri (sama tuner) lewat kompie... so mau atur2 terserah juga bisa, ga tergantung sama dealer or setingan paket-an.
actually semua juga sama aja, dastek or emanage... bedanya disini dastek programnya hanya dipegang dealer, kalo ada yg dapet programnya sih asik... seting2 sendiri juga bisa.
yah... ga ngerti kenapa yg nyeting harus dealer... namanya juga jualan, cari untung kan? hehe!
actually semua juga sama aja, dastek or emanage... bedanya disini dastek programnya hanya dipegang dealer, kalo ada yg dapet programnya sih asik... seting2 sendiri juga bisa.
yah... ga ngerti kenapa yg nyeting harus dealer... namanya juga jualan, cari untung kan? hehe!

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection N throttle body spacer
Sip boss nanti di upload masih lagi di seting sama Raymond Art...sabar ya boss.trimspoeticmind wrote:itu dastek kan? hehehe... saya prefer e-manage.tosacb5art wrote:\Shaqilla wrote:Emang pake piggy masih kurang efektif yah bro??
Pake piggyback sudah oke cuma di piggy kan ada dua mapping, yg pertama utk harian dan bbm premium tapi timing pengapian dan seting bbm nya di bikin irit ( teddy rev bilang 7 derajat), nah klo yg ke dua utk performance dan bbm yg di seting utk ini harus p+/oktan tinggi tapi me kan maunya teteup pake bbm remium jadi pake wai+methanol supaya bisa di mapping ke 2 yg timing nya 9 derajat memang lebih boros sedikit.
Nah sekarang utk respons rpm bawah me pake throttle body spacer bikinan dan setingan art ini juga bikin oke loh utk maen rpm bawah...nanti me poto ya modifikasinya....
boleh dong, liat TB spacer nya... pengen tau spt apa nih... thanks!

Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 718
- Joined: Wed Dec 19, 2007 7:55
Re: Water Injection
Bos bos... TB spacer itu yang fungsinya untuk mendinginkan udara masuk yah??
Apri-AIC212
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Klo di wikipedia sih utk memperbaiki flow udara di rpm bawah dan torsi dan turbulensi jadi lebih oke/fokus dulu gitu sih.Klo mendinginkan yo wai nya itu.nanti me up load ya lagi di set dulu sama raymond artShaqilla wrote:Bos bos... TB spacer itu yang fungsinya untuk mendinginkan udara masuk yah??

Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 831
- Joined: Tue Feb 13, 2007 8:18
Re: Water Injection
water injection selain pendingin juga lebih memadatkan kompisisi udaranya, RUmus kimia Air kan H20, ada unsur oksigen juga disana. membantu proses pembakaran lebih ramah lingkugan juga.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Water Injection
Sorry, saya masih bingung ttg water injection :
Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.
Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.
Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong ..
Still bingunging me... 
Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.
Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.
Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong ..


-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :
Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.
Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.
Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong ..Still bingunging me...
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355.

Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Water Injection
Sorry, maksudnya yg bingunging me itu masalah "makin irit". Kira2 gimana cerita nya ?tosacb5art wrote:Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :
Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.
Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.
Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong ..Still bingunging me...
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355.
Kalo soal makin maknyosssssss...saya percaya...

Kalo beneran wai bisa bikin irit pengen juga pasang di mobil yg masih pake karbu. Ngejengkelin boros nya, kalo diset hemat, batuk2 kalo diset standard jadi boros... (sory jadi curhat).
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu.....uch wrote:Sorry, maksudnya yg bingunging me itu masalah "makin irit". Kira2 gimana cerita nya ?tosacb5art wrote:Mobil karbu ato injeksi ndak masalah bro, lah pesawat aja pake wai maknjossss...tapi lebih sip lagi aplikasi throttle body spacer di karbu biar mantab klo mau.uch wrote:Sorry, saya masih bingung ttg water injection :
Bukannya air fuel ratio (AFR) itu udah ada rumus idealnya di suhu sekian. Sekitar 1:15 untuk suhu tertentu. Kalo komponen oksigen naik, komponen bbm juga akan naik untuk mempertahankan rasio tsb.
Prinsip berikutnya : Makin tinggi suhu pembakaran, kadar BBM makin turun. Makin rendah suhu pembakaran, kadar bbm makin tinggi. Kondisi ekstrem, kalo suhu pembakaran 600 derajat celcius, udah nggak perlu bensin sebagai bahan bakar. Debu2 di udara kemudian dikompres di suhu tsb juga bisa diledakkan. Walaupun sisa ledakannya ntah seperti apa.
Ada yg pernah masang Wa-i di mobil karburator ?? Kalo ada pls sharing dong ..Still bingunging me...
Coba bro ngobrol2 dolo aja ke Raymond di esia nya kan lebih jelas...98878355.
Kalo soal makin maknyosssssss...saya percaya...Itung2 intercooler versi murah. Intercooler juga khan termasuk "performance kit", bukan alat buat irit.
Kalo beneran wai bisa bikin irit pengen juga pasang di mobil yg masih pake karbu. Ngejengkelin boros nya, kalo diset hemat, batuk2 kalo diset standard jadi boros... (sory jadi curhat).

http://tosacb5art.multiply.com
Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: Water Injection
Oke..oke...ntar tak kontek2. Thanks buat info nya. Tapi kira2 lokasinya sekitar mana tuh bos ?tosacb5art wrote:Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu.....![]()
http://tosacb5art.multiply.com
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Lokasi di JL.Pondok Jaya II No:2 ,Mampang Prapatan.Jakarta Selatan. Masuk dari Mampang 7 ato Bangka 8.uch wrote:Oke..oke...ntar tak kontek2. Thanks buat info nya. Tapi kira2 lokasinya sekitar mana tuh bos ?tosacb5art wrote:Saran me langsung aja japri bro UCH ke Raymond 98878355 silahkan curhat Dia ada paket utk bikin irit mbl karbu.....![]()
http://tosacb5art.multiply.com

Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Boss di Saft7.com dah di bahas stage 3 wai lokal nya....hasil nya bagus banget dah kabut ato mist karena di pressure dn 60psi konstan tekanan nya.mansetha wrote:Water Injection atau sering disingkat dengan Wa-i, mungkin agak aneh didengar, meng’injeksi’ air ke dalam ruang bakar mesin… hmm. kira-kira menurut rekan bagaimana ttg Wa- i ini, mungkin sdh ada yg pernah coba..bagi-bagi pengalaman...please
Beda klo yg pake ke vakuman yg stage 3 dah mirip kek produk rev "snowperformance" (6-7jt). yang ini klo N/A kek punya me di lancer kena 850rb klo utk turbo kena 1 jt-1,1jt an.( turbo di press 70-80psi )
Utk campuran water distilled : ethanol kira2 60:40 aman utk part wai nya.
Nih link nya Koh Ray- esia 98878355 , http://raymondstephen.multiply.com
http://artototecnik.multiply.com
dah pasang di N/A :nissan serena,volvo karbu,lancer gti,suzuki apv,nissan genesis,peugeot 505 gti,
yg di turbo: panther turbo, starlet turbo, volvo s70 swap engine turbo manual 1bar.
Rencana koh ray mo ke jatim pasang wai stage 3 5-6 unit di komunitas klub ndci....lg di rakit dulu kit wai pas me maen ke bengkel nya.
Mo naroh poto di sini lom tau cara nya...he he gublik jg.
salam
tosa-lancer putih cb5. (http://evo3putih.mutiply.com)
Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Apr 23, 2008 5:53
- Location: North Jakarta, Tangerang
Re: Water Injection
minta skema pembuatan & pemasang buat motor dunk kk
trim's btw.. 


Supra X 125Old Std 'Dec 2005 Original Gifted from Parents
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack


Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack


-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 24
- Joined: Wed Apr 23, 2008 5:53
- Location: North Jakarta, Tangerang
Re: Water Injection
minta skema pembuatan & pemasangan buat motor dunk kk
trim's btw.. 


Supra X 125Old Std 'Dec 2005 Original Gifted from Parents
Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack


Electricity Full DC, Evening&Stop&Winker LED Lamp, Box Kormot E688, Fake Givi Monorack


-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Water Injection
Baru2 ini dapet email ada orang yg nawarin alat semacam wa-i, tapi diisi premium. Gimana tuh? Katanya sih mirip2 wai-i, cuma bukan uap air, tapi uap premium yg diinjeksikan.
Btw gw sendiri rada khawatir karena naro tabungnya di depan radiator. Ga kebayang kalu terjadi tabrakan dari depan dan tabungnya bocor, trus kena panas dari mesin... Hii... seyeemmm....
Btw gw sendiri rada khawatir karena naro tabungnya di depan radiator. Ga kebayang kalu terjadi tabrakan dari depan dan tabungnya bocor, trus kena panas dari mesin... Hii... seyeemmm....
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: Water Injection
udah ada pengembangan jauh lebih advanced buat aplikasi WAI ini:
http://saft7.com/?p=313
http://saft7.com/?p=313
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: Water Injection
Oiya, wai ini bisa nyebabin karat ga ya? Biar air destilasi, tetep aja mengandung mineral khan? Jadi mustinya berpotensi menimbulkan karat.
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
y_anjasrana wrote:Oiya, wai ini bisa nyebabin karat ga ya? Biar air destilasi, tetep aja mengandung mineral khan? Jadi mustinya berpotensi menimbulkan karat.
Me dah pake wai dan terbukti piston lebih sedikit kerak/gum dan tidak terdapat karat di bagian logam2.
Pokoke me rasain banyak manpaatnya dari pada mudaratnya.
Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2135
- Joined: Sat Nov 26, 2005 23:47
- Location: Purwokerto
Re: Water Injection
aku sendiri rada pingin pasang,tapi ada warning di korosinya...terutama knalpot,so apa kudu pasang anti karat dulu yah...
kira kira bisa mengiritkan sampai berapa prosen dari pemakain sebelum aplikasi wai.

kira kira bisa mengiritkan sampai berapa prosen dari pemakain sebelum aplikasi wai.

-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 126
- Joined: Tue May 06, 2008 6:25
Re: Water Injection
Wow korosi pasti gak cuma dari dalem tapi di luar, genangan, ujan,cuaca smua perlahan tapi pasti akan membuat mobil korosi bro...klo mobil baru lom korosi bro dah ganti model kan....avansa wrote:aku sendiri rada pingin pasang,tapi ada warning di korosinya...terutama knalpot,so apa kudu pasang anti karat dulu yah...![]()
kira kira bisa mengiritkan sampai berapa prosen dari pemakain sebelum aplikasi wai.

Tosa,
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
Silahkan Berkunjung
http://artototechnic.multiply.com
http://www.formulabisnis.com/?id=salomont12
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Water Injection
Sharing Wai,
cari jarum suntik di apotik gak dapet, katanya mesti pake resep.
akhirnya modif dengan jarum pentul yang disisipkan / dicolokkan di spuyer ukuran 85.
jarum dan spuyer dimasukkan ke dalam selang,
(kepala pentul ke arah tabung air, begitu juga dengan kepala spuyer yg ada bukaan untuk obeng minusnya),
dengan menggunakan keran, air diambil dari tabung wiper.
lubang intake masuk di bawah karburator kijang kapsul,
sebelumnya pipa intake itu dipake oleh selang yang mengambil udara dari saringan udara setelah melewati vakum chamber,
vakum tsb diaktifkan oleh solenoid vakum valve yang on pada rpm tertentu.
dengan mengatur bukaan keran sedikit saja (air sudah tampak mengalir pada selang transparan),
maka mesin telah mendapat pasokan kabut air kini,
tapi jika keran terlalu besar dibukanya, mesin mbrebet.
untuk tenaga memang sepertinya ada peningkatan,
sementara fc-nya harus diukur lagi.
demikian sharing saya.
cari jarum suntik di apotik gak dapet, katanya mesti pake resep.
akhirnya modif dengan jarum pentul yang disisipkan / dicolokkan di spuyer ukuran 85.
jarum dan spuyer dimasukkan ke dalam selang,
(kepala pentul ke arah tabung air, begitu juga dengan kepala spuyer yg ada bukaan untuk obeng minusnya),
dengan menggunakan keran, air diambil dari tabung wiper.
lubang intake masuk di bawah karburator kijang kapsul,
sebelumnya pipa intake itu dipake oleh selang yang mengambil udara dari saringan udara setelah melewati vakum chamber,
vakum tsb diaktifkan oleh solenoid vakum valve yang on pada rpm tertentu.
dengan mengatur bukaan keran sedikit saja (air sudah tampak mengalir pada selang transparan),
maka mesin telah mendapat pasokan kabut air kini,
tapi jika keran terlalu besar dibukanya, mesin mbrebet.
untuk tenaga memang sepertinya ada peningkatan,
sementara fc-nya harus diukur lagi.
demikian sharing saya.