bahas NOS dan TURBO yuuk.
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Thu Sep 17, 2009 1:41
- Location: di atas air....
bahas NOS dan TURBO yuuk.
Mau nnya nih...
KAlo turbo ni sebenernya fungsi ma cara kerjanya kayak gmana sih,..?
trus apa bedanya ma supercharger?
Bener ya kalo pake NOS tu mesinya bisa meledak gtu?
KAlo turbo ni sebenernya fungsi ma cara kerjanya kayak gmana sih,..?
trus apa bedanya ma supercharger?
Bener ya kalo pake NOS tu mesinya bisa meledak gtu?
Mencari ide ide baru
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
ane gak tahu pasti om.. tapi kalo di-search di internet, bisa ketemu koq tentang cara kerja turbo..
bisa dimulai dengan link ini... http://www.howstuffworks.com/search.php?terms=turbo dan ini http://www.howstuffworks.com/search.php ... percharger
tapi ane coba jelasin secara kasar aja.
turbo itu memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar turbin yang selanjutnya memasukkan udara ke ruang bakar. biasanya turbo ini baru bekerja pada putaran mesin tertentu..
sedangkan supercharger, bekerja dari putaran lebih rendah dan tidak memanfaatkan gas buang..
di mesin VW TSI, mereka pake turbo dan supercharger untuk induksi mesin. supercharger di putaran bawa, turbo di putaran tinggi..
bisa dimulai dengan link ini... http://www.howstuffworks.com/search.php?terms=turbo dan ini http://www.howstuffworks.com/search.php ... percharger
tapi ane coba jelasin secara kasar aja.
turbo itu memanfaatkan tekanan gas buang untuk memutar turbin yang selanjutnya memasukkan udara ke ruang bakar. biasanya turbo ini baru bekerja pada putaran mesin tertentu..
sedangkan supercharger, bekerja dari putaran lebih rendah dan tidak memanfaatkan gas buang..
di mesin VW TSI, mereka pake turbo dan supercharger untuk induksi mesin. supercharger di putaran bawa, turbo di putaran tinggi..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 118
- Joined: Thu Sep 17, 2009 1:41
- Location: di atas air....
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Kalo supercharger sama turbo emang bisa dipake barengan ya?
apa ga komplikasi tu
apa ga komplikasi tu
Mencari ide ide baru
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
di mesin VW Touran, digabung tuh SC dan TC... no problem...ZeroToFreak wrote:Kalo supercharger sama turbo emang bisa dipake barengan ya?
apa ga komplikasi tu
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 243
- Joined: Wed Jul 04, 2007 6:16
- Location: Java
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
bro zerotofreak, turbocharger & supercharger tujuannya sama saja, untuk menambah jumlah udara yang masuk ke dalam ruang bakar, dengan jalan menaikkan tekanannya. semakin tinggi tekanan, maka partikel udara yang masuk juga makin besar. bedanya, kalau turbicharger memanfaatkan energi dari gas buang, sedangkan kalau supercharger memanfaatkan energi dari kruk-as (crankshaft).
seperti yang dibilang bro maskopat, turbicharger karena memanfaatkan energi dari gas buang, baru bisa bekerja efektif di putaran relatif tinggi.
kalo nos, juga bertujuan menambah jumlah udara yang masuk ke ruang bakar, tapi dengan cara didinginkan oleh nos tadi. udara dingin, partikelnya jauh lebih padat dibandingkan udara panas. kalau udaranya udah bertambah, tinggal bahan bakarnya aja yang ditambah, jadi deh kenceng tuh mobil.
'Bener ya kalo pake NOS tu mesinya bisa meledak gtu?'
kalo mesin meledak nggak ada yang mau pake bro, mobil kan kita pake jalan, bukan dipake ledak2an gitu hehehe..
seperti yang dibilang bro maskopat, turbicharger karena memanfaatkan energi dari gas buang, baru bisa bekerja efektif di putaran relatif tinggi.
kalo nos, juga bertujuan menambah jumlah udara yang masuk ke ruang bakar, tapi dengan cara didinginkan oleh nos tadi. udara dingin, partikelnya jauh lebih padat dibandingkan udara panas. kalau udaranya udah bertambah, tinggal bahan bakarnya aja yang ditambah, jadi deh kenceng tuh mobil.
'Bener ya kalo pake NOS tu mesinya bisa meledak gtu?'
kalo mesin meledak nggak ada yang mau pake bro, mobil kan kita pake jalan, bukan dipake ledak2an gitu hehehe..
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
betul, itu karakter bawaan turbocharger dan supercharger,maskopat wrote: supercharger di putaran bawa, turbo di putaran tinggi..
tapi di turbo generasi sekarang, terutama untuk mesin diesel yg sudah pakai, masing-masing kelemahan tersebut dicoba untuk dikurang...
jadi turbo diharapkan tetap bisa optimal diputaran bawah (meski tdk sebaik supercharger murni) dan bekerja dgn baik di putaran tinggi (meski juga tdk sebaik turbocharger murni)
jenis turbo inilah yg sekarang disebut VGT (Variable Geometric Turbocharger) atau ada juga yg bilang VVGT (Variable Vane Geometric Turbocharger)
cmiiw
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
makanya di turbo suka ada istilah turbolag.. karena turbo belum bekerja..
di beberapa mobil sport, seperti F40 atau veyron, malah pake twin turbo.. kurang tahu apakah kerja turbo2 ini di beda putaran mesin, atau mengisi ke silinder yang berbeda...
kalo supercharger, enaknya adalah di putaran sangat rendah sudah bisa diboost..
VGT adalah versi advance dari turbocharger. seperti VVTi, VTECH di teknologi klep. dengan ini, boost bisa diatur untuk rentang putaran mesin. makanya di mesin diesel yang pake VGT, torsi bisa dibikin rata sepanjang rentang RPM kerjanya..
di beberapa mobil sport, seperti F40 atau veyron, malah pake twin turbo.. kurang tahu apakah kerja turbo2 ini di beda putaran mesin, atau mengisi ke silinder yang berbeda...
kalo supercharger, enaknya adalah di putaran sangat rendah sudah bisa diboost..
VGT adalah versi advance dari turbocharger. seperti VVTi, VTECH di teknologi klep. dengan ini, boost bisa diatur untuk rentang putaran mesin. makanya di mesin diesel yang pake VGT, torsi bisa dibikin rata sepanjang rentang RPM kerjanya..
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
patut ditunggu sharingnya pak turboman nih
secara beliau yg banyak mengetahui seluk beluk turbo apalagi yg buat mesin diesel
monggo pak....

secara beliau yg banyak mengetahui seluk beluk turbo apalagi yg buat mesin diesel
monggo pak....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
utk pengaplikasiannya sendiri katanya SC lbh rumit d banding TC......?mohon pencerahannya dunk 

-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
sayangnya VGT masi ssusah di terapkan di mesin bensin karena suhu gas buang mesin bensin kayanya lebi tinggi dari diesel, bisa2 tuh turbo nya keok lama2...maskopat wrote:makanya di turbo suka ada istilah turbolag.. karena turbo belum bekerja..
di beberapa mobil sport, seperti F40 atau veyron, malah pake twin turbo.. kurang tahu apakah kerja turbo2 ini di beda putaran mesin, atau mengisi ke silinder yang berbeda...
kalo supercharger, enaknya adalah di putaran sangat rendah sudah bisa diboost..
VGT adalah versi advance dari turbocharger. seperti VVTi, VTECH di teknologi klep. dengan ini, boost bisa diatur untuk rentang putaran mesin. makanya di mesin diesel yang pake VGT, torsi bisa dibikin rata sepanjang rentang RPM kerjanya..
numpang lewat aja....


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
iya Om, kalo EGT ketinggian, bilah turbo bisa glowing, meleleh deh, he..he..
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 58
- Joined: Mon Nov 02, 2009 19:17
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
ZeroToFreak wrote:Bener ya kalo pake NOS tu mesinya bisa meledak gtu?
--Sedikit mencoba untuk menambahkan soal NOS, setau ane kalo mesinnya bener2 sehat sih ngga' apa2 dan NOS(Nitrous Oxide System) ini kan tugasnya naikin kompresi/ngeboost mesin pake salah satu unsurnya (oxygen), nitrogen sebagai pengikat oxigen dan dilepas oxygennya diruang bakar karena panas ruang bakar dan nitrogennya memuai dan menjadi pendingin (yang mana sifat nitrogen itu sendiri sudah dingin), untuk oxygennya,nah tau sendiri kan kalo oxygen murni kena api??





-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 19
- Joined: Tue Dec 15, 2009 7:24
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
NOS = Nitro Oksida = NO2
fungsinya menambah pasokan O2 ke dalam mesin
infoh : di udara bebas, O2 hanya ada 20%
sebetulnya gak melulu NOS, kalo mau, tabung oksigen yang ada di rumah sakit juga bisa di pake kok
fungsinya menambah pasokan O2 ke dalam mesin
infoh : di udara bebas, O2 hanya ada 20%
sebetulnya gak melulu NOS, kalo mau, tabung oksigen yang ada di rumah sakit juga bisa di pake kok
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
masing2 ada plus minusnya. tapi kalo rumit atau tidak gue rasa sama aja...doq wrote:utk pengaplikasiannya sendiri katanya SC lbh rumit d banding TC......?mohon pencerahannya dunk

-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
"sama aja" nya ini maksudnya sama2 rumit atau sama2 gak rumit?poeticmind wrote:masing2 ada plus minusnya. tapi kalo rumit atau tidak gue rasa sama aja...doq wrote:utk pengaplikasiannya sendiri katanya SC lbh rumit d banding TC......?mohon pencerahannya dunk

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
SC dianggap rumit, coz harus ambil tenaga dari kruk as, kalo tc langsung dari exhaust, jadi kalo normally aspirated engine, lebih mudah pake tc,
kalo pake sc harus modif ambil putaran ke kruk as, nah, repot kan?
mending buat saluran buat turbo, ada yang tinggal plug n play, lebih mudah,
mungkin kalo engine tipe tertentu yang tersedia plug n play sc ya sama jika dibandingkan tc,
kalo pake sc harus modif ambil putaran ke kruk as, nah, repot kan?
mending buat saluran buat turbo, ada yang tinggal plug n play, lebih mudah,
mungkin kalo engine tipe tertentu yang tersedia plug n play sc ya sama jika dibandingkan tc,
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 17286
- Joined: Fri Oct 05, 2007 15:40
- Location: the garage - cimandiri 28 pav , Bandung
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
rata2 SC dipasang plug n play sesuai tipe engine. kalo custom itu try and error, lebih banyak bolak balik bengkel jadinya. itu yg bikin rumit...
N/A itu no limit... selama engine itu available parts upgrade, jalan terus... beda sama turbo ada upgrade limit nya, kalo mau up...ganti turbo.
itu mengapa turbo lebih simple dan instan... tapi utk tuner, sama2 saja antara SC dan TC.
N/A itu no limit... selama engine itu available parts upgrade, jalan terus... beda sama turbo ada upgrade limit nya, kalo mau up...ganti turbo.
itu mengapa turbo lebih simple dan instan... tapi utk tuner, sama2 saja antara SC dan TC.

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
kalu atoz 170 ane dipasangin nos kyk apa yaa....




Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
berbahagialah yg punya mesin vw tsi....karena s/c dan t/c ada semua dlm 1 mesin...
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
sc dan tc kerjanya gimana ya? sc di low RPM, tc di high RPM ya?
trus irisiannya gimana? sama2 idup atau ada lag gitu?
trus irisiannya gimana? sama2 idup atau ada lag gitu?
Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8009
- Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
animasi mesin TSI ada di link ini : http://www.youtube.com/watch?v=aqMySTgUPGo&feature=fvwmaskopat wrote:sc dan tc kerjanya gimana ya? sc di low RPM, tc di high RPM ya?
trus irisiannya gimana? sama2 idup atau ada lag gitu?
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro
"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
Cara kerja umum,
turbocharger : gas buang mengalir, menggerakkan baling2/bilah turbin. turbin berputar. putaran turbin menggerakkan turbin lain yang menghisap udara masuk ke silinder.
nah, karena gerakan turbin tergantung aliran gas buang, pada rpm rendah gas buang masih lemah, debitnya sedikit. tentunya turbin akan berputar lemah juga. nah, inilah yang disebut lag, ini jugalah yang menyebabkan turbo disebut2 gk bekerja di putaran rendah.
coba liat
http://www.youtube.com/watch?v=Xp-EVOPBhIo
ato bs juga di wiki, howstuffworks, n banyak lagi,
supercharger : kruk as memutar turbin. turbin menghisap udara ke dalam silinder. karenaturbin langsung digerakkan mesin, maka turbin langsung dapat bekerja, tekanannya cukup meski pada rpm rendah, sedangkan di rpm tinggi tenaga yang dibutuhkan untuk memutar supercharger lumayan mengurangi tenaga kruk as, dan tekanan di silinder jadi sangat tinggi, sehingga harus dikontrol pake katup pengaman.
nah, karena hal inilah, sc disebut2 bekerja di putaran rendah, sedangkan perannya di putaran tinggi kurang (jika dibandingkan turbochrgr)
nah, turbocharger bisa diset bekerja pada putaran rendah, yaitu dengan membesarkan/memperluas bilah2 turbinnya, sehingga meski aliran gas buang lemah, tetapi turbin mampu berputar kuat. namun, pada putaran atas akan kesulitan, karena dengan bilah yang luas akan menyebabkan gerakan terlalu berat, menghalangi aliran gas buang dan tak mampu menghasilkan tekanan maksimal.
makanya, sering ada turbocharger gk cuma 1, tapi pake 2, bahkan 3, yang masing2 bekerja pada rentang rpm tertentu, so tujuannya biar mesin bisa mendapat tekanan udara masuk yang cukup baik di rpm rendah, menengah, hingga tinggi.
begitu pula supercharger, yang tadinya hanya terkenal buat putaran rendah, bisa diset ke putaran menengah, bahkan putaran tinggi. tentunya juga pake beberapa step, gk cuma 1 supercharger,
kelemahan turbo, selain pada rpm rendah boostnya kurang, juga memiliki termperatur sangat tinggi pada exhaust turbin (yang kena gas buang), sering turbin rompal, deformasi, ato macet. makanya, pada kasus tertentu perlu diberi turbo timer, tujuannya agar kerja turbin tidak overheat. dengan kerja yang berat, maka tc memerlukan pelumasan n pendinginan yang cukup.
kelemahan sc adalah mengurangi tenaga mesin lebih banyak dibanding tc,
nah, kalo nos fungsinya sama juga, menambah udara yang masuk,
nos amat dingin kalo disemburkan, bayangkan, nitrogen, suhunya pas menguap bisa minus ratusan derajat C, coz kalor diserap untuk penguapan yang kuat.
pada mesin, tentu suhu yang dihasilkan tak sampe ratusan derajat C dibawah nol, karena juga nyerap kalor dari mesin yang super panas.
udara super dingin, oksigen lebih banyak. banyak oksigen sama aja dengan efek turbo (menambah oksigen juga).
bedanya, nos lebih instan, tanpa masang turbo/sc. tinggal injeksi aja. selain menambah udara, nos juga menambah daya ledak di ruang bakar, coz NO2 mudah terbakar. yah, untung yang didapat, selain menambah udara, mendinginkan mesin, menambah daya ledak di ruang bakar.
tenaga terdongkrak instan, tapi cuma beberapa saat, kalo noz abis, ya udah, abis tenaganya.
selain itu, komponen harus super kuat, kalo enggak, bisa meleleh, jebol, n ancur, bahkan meledak.
jadi, kalkulasi noz harus tepat (tc n sc juga sih, perlu kalkulasi tepat)
kalo pake oksigen murni diinjeksikan, bisa aja, meski efeknya gk sedahsyat noz, coz efek pendinginan kurang, dan efek menambah daya ledak juga kurang (dibanding noz). jika pendinginan kurang, maka udara memuai, dan hasilnya gk padat (udara yang masuk sedikit).
turbocharger : gas buang mengalir, menggerakkan baling2/bilah turbin. turbin berputar. putaran turbin menggerakkan turbin lain yang menghisap udara masuk ke silinder.
nah, karena gerakan turbin tergantung aliran gas buang, pada rpm rendah gas buang masih lemah, debitnya sedikit. tentunya turbin akan berputar lemah juga. nah, inilah yang disebut lag, ini jugalah yang menyebabkan turbo disebut2 gk bekerja di putaran rendah.
coba liat
http://www.youtube.com/watch?v=Xp-EVOPBhIo
ato bs juga di wiki, howstuffworks, n banyak lagi,
supercharger : kruk as memutar turbin. turbin menghisap udara ke dalam silinder. karenaturbin langsung digerakkan mesin, maka turbin langsung dapat bekerja, tekanannya cukup meski pada rpm rendah, sedangkan di rpm tinggi tenaga yang dibutuhkan untuk memutar supercharger lumayan mengurangi tenaga kruk as, dan tekanan di silinder jadi sangat tinggi, sehingga harus dikontrol pake katup pengaman.
nah, karena hal inilah, sc disebut2 bekerja di putaran rendah, sedangkan perannya di putaran tinggi kurang (jika dibandingkan turbochrgr)
nah, turbocharger bisa diset bekerja pada putaran rendah, yaitu dengan membesarkan/memperluas bilah2 turbinnya, sehingga meski aliran gas buang lemah, tetapi turbin mampu berputar kuat. namun, pada putaran atas akan kesulitan, karena dengan bilah yang luas akan menyebabkan gerakan terlalu berat, menghalangi aliran gas buang dan tak mampu menghasilkan tekanan maksimal.
makanya, sering ada turbocharger gk cuma 1, tapi pake 2, bahkan 3, yang masing2 bekerja pada rentang rpm tertentu, so tujuannya biar mesin bisa mendapat tekanan udara masuk yang cukup baik di rpm rendah, menengah, hingga tinggi.
begitu pula supercharger, yang tadinya hanya terkenal buat putaran rendah, bisa diset ke putaran menengah, bahkan putaran tinggi. tentunya juga pake beberapa step, gk cuma 1 supercharger,
kelemahan turbo, selain pada rpm rendah boostnya kurang, juga memiliki termperatur sangat tinggi pada exhaust turbin (yang kena gas buang), sering turbin rompal, deformasi, ato macet. makanya, pada kasus tertentu perlu diberi turbo timer, tujuannya agar kerja turbin tidak overheat. dengan kerja yang berat, maka tc memerlukan pelumasan n pendinginan yang cukup.
kelemahan sc adalah mengurangi tenaga mesin lebih banyak dibanding tc,
nah, kalo nos fungsinya sama juga, menambah udara yang masuk,
nos amat dingin kalo disemburkan, bayangkan, nitrogen, suhunya pas menguap bisa minus ratusan derajat C, coz kalor diserap untuk penguapan yang kuat.
pada mesin, tentu suhu yang dihasilkan tak sampe ratusan derajat C dibawah nol, karena juga nyerap kalor dari mesin yang super panas.
udara super dingin, oksigen lebih banyak. banyak oksigen sama aja dengan efek turbo (menambah oksigen juga).
bedanya, nos lebih instan, tanpa masang turbo/sc. tinggal injeksi aja. selain menambah udara, nos juga menambah daya ledak di ruang bakar, coz NO2 mudah terbakar. yah, untung yang didapat, selain menambah udara, mendinginkan mesin, menambah daya ledak di ruang bakar.
tenaga terdongkrak instan, tapi cuma beberapa saat, kalo noz abis, ya udah, abis tenaganya.
selain itu, komponen harus super kuat, kalo enggak, bisa meleleh, jebol, n ancur, bahkan meledak.
jadi, kalkulasi noz harus tepat (tc n sc juga sih, perlu kalkulasi tepat)
kalo pake oksigen murni diinjeksikan, bisa aja, meski efeknya gk sedahsyat noz, coz efek pendinginan kurang, dan efek menambah daya ledak juga kurang (dibanding noz). jika pendinginan kurang, maka udara memuai, dan hasilnya gk padat (udara yang masuk sedikit).
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 842
- Joined: Tue Dec 05, 2006 0:46
- Location: Yogyakarta
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
kalo mau liat efek oksigen ditambah, coba bakar lidi, biarkan hingga menyala (membara) hanya tinggal bara aja.
ato arang, dibakar tinggal bara aja. terus dimasukkan ke kaleng yang diberi oksigen murni, oksigen bisa diperoleh dari tabung buat ngelas, ato di rumah sakit, ato beli aja yang kalengan.
ntar,begitu bara yang di udara luar biasa2 aja, begitu kena oksigen murni langsung terbakar, timbul api, n jadi abu.
seolah2 meledak gitu, jadi, proses pembakaran cepat banget. seolah2 meledak,
itulah efeknya oksigen buat pembakaran.
ato arang, dibakar tinggal bara aja. terus dimasukkan ke kaleng yang diberi oksigen murni, oksigen bisa diperoleh dari tabung buat ngelas, ato di rumah sakit, ato beli aja yang kalengan.
ntar,begitu bara yang di udara luar biasa2 aja, begitu kena oksigen murni langsung terbakar, timbul api, n jadi abu.
seolah2 meledak gitu, jadi, proses pembakaran cepat banget. seolah2 meledak,
itulah efeknya oksigen buat pembakaran.
-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 378
- Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46
Re: bahas NOS dan TURBO yuuk.
buat turbo, perhatikan kualitas oli, jangan pake oli yg kualitasnya pas2an, since oli harus bisa tetap melumasi turbo saat mesin dimatikan, krn pompa oli sudah mati tdk memasok oli lagi tapi bilah turbo masih berputar (seperti matiin kipas angin, baling2nya gak langsung brenti tapi pelan2 brentinya), makanya haram mesin turbo di geber kalo mau dimatiin, anyway, meskipun udah ada turbo timer & turbonya udah pake bearing yang super licin, tetep kualitas oli diperhatikan.