(Split Post) Modifikasi Santa FE - PART 01

Segala mobil tipe SUV (2WD/4WD). (Cherokee, Terios, Rush, dll).

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

sharky wrote:Dear all
hari sabtu minggu lalu sepulang kuliah saya mendapati lampu charging (accu) dan parking brake "The Raptor" menyala, dibengkel dekat rumah dicheck dan didiagnosa alternator tidak mengisi listrik, wah naga-naganya ini tertular penyakit dari santy Ms.Ilovesantafe yg harus mengganti accu dilanjutkan harus mengganti alternator
dan mahal lagi katanya...
teman saya yang expert Hyundai menyarankan membawa ke tukang dinamo di dekat Intirub Halim, dimana ternyata setelah diperiksa ditemukan IC regulatornya sudah tewas
wah sama dengan penyakit santy milik beberapa kawan, bahkan ada yang patah hati gara-gara tahu harga alternator atau IC regulator alternator santa fe cukup mahal
saya minta IC regulator L-300 dicoba, namun reparator menyebutkan nanti outputnya kurang, hanya 75 Amp dibandingkan IC alternator asli Santa fe yang 95 Amp. Dia menyarankan diganti saja dengan alternator Camry (2400 cc) yang juga 95 Amp dan tersedia dalam kondisi 95 % serta dudukannya sama dengan SWanta Fe
Saya setujui setelah tawar menawar dai 1,4 jt menjadi 900 ribu (including pasang)....
hasilnya..wow..mobil terasa enteng tarikannya dan lebih responsif...
Lesson Learning: kemarin waktu mudik lebaran ke Bali saya harus ganti accu di Jalan mungkin akibat pasokan listrik dari alternator sudah tidak maksimal, juga mobil agak boros dan kurang tenaga karena pembakaran tidak sempurna akibat listrik yang kurang....
Dalam waktu 1X 24 jam, dan dengan dana 900 ribu walhasil performance The Raptor jadi jauh lebih baik serta masalah listrik mobil teratasi (saya juga baru pasang soundsystem yang lebih makan listrik )
bag ibu Ilovesantafe saya kira ini solusi terbaik bagi mobil ibu yang ngadat
oh ya tadi siang saya beli aksesoris chrome untuk bagian hidung santy(kap mobil bagian depan diganti seluruhnya) asli korea seharga 400 ribu di kemayoran (foto menyusul besok pagi)

Btw saya juga ingin beli cover spion dan handle pintu chrome untuk The Raptor, mungkin ada yang bisa membantu ?
terimakasih
good info pak... :frm_tumbleft:

memang buat santi yg sudah mendekati setengah umur, sudah saatnya untuk ganti beberapa part slow moving,
nah, kalo semua musti original/genuine, bisa jebol tuh dana taktisnya :mrgreen:
triknya sekarang adalah sharing buat para pengguna santi yang punya resep jitu untuk cari substitusi yang berkualitas, seperti yg disharingkan mr. sharky :thanks:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Agus Winaryo wrote:Bro, ane baru ngecek kolong mesin si santi kok ane jumpain tuh cover yang nempel di body gardan bolong yaaa....! posisi samping baut drain oil gardan bawah. Nongol lagi tuh gigiknya ngeri deh.....!

Sharing Bro, di mana ane bisa cari cover pengganti, p/n dan harganya. smentara ane tutup plat aluminium.
itu kalo gasalah engine cover under, buat tutupin mesin/transmisi dari kotoran
aslinya, terbuat dari semacam plastik keras, saya ga sempat lihat nr partsnya, tapi kalo yg original, sepertinya lumayan mahal pak...bisa 1 juta lebih
santi saya, yang rusak malah engine cover atas, jadi sekarang telanjang ga pake baju lagi :angel:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
awi_charles
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Oct 13, 2009 9:27
Location: Sawangan - Depok

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by awi_charles »

Oh iya, rekan-rekan Santi, saya cari talang air tolong dong belinya dimana...?saya cari2 gak dapet tuh barangnya :e-doh: :e-doh:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

awi_charles wrote:
Agus Winaryo wrote:Maaf Bro, fotonya error tuhhh...., nih ane up load lagi.
bro Agus,ini posisi di bagian depan apa belakang?
Santi saya kemarin mau ganti oli gardan kata bengkelnya gak make gardan nih Santi, mohon pencerahannya...Santi saya taon 2002
posisi yg ditutup cover adalah dibawah mesin dan transmisi, alias di depan/moncong

untuk santi, apalagi yang 4x2, sistem penggeraknya memang FWD (roda depan) pak...jadi memang tidak pakai gardan, tapi langsung transmisi

ganti olinya ya ganti oli transmisi, memang sih mirip, bahkan dapat dibilang sama dengan oli gardan

oya, kalo mau ganti oli transmisi, usahakan cari yang sintetis dengan kekentalan 75-90, kalau terlalu kental seperti oli gardan (misalnya 80-90 atau 90), transmisinya berat dan cepet panas, dan ketika di posisi gigi halus (gigi 3, 4 dan 5), terasa berat dan bunyi mendengung....itu artinya oli transmisinya terlalu kental atau sudah kotor/rusak

ganti oli transmisi setiap 10.000KM atau setiap 2x ganti oli mesin

saat ganti oli, sempatkan periksa as penggerak depannya, siapa tau boot-nya sobek atau kurang grease-nya....ini bisa fatal akibatnya
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

awi_charles wrote:
gak bro itu airflow hanya disealant saja, lumayan buat gahar seperti pasang NOS (Gak kebayang Santi di pasang NOS bisa gak ya...???) :e-think:
intinya bisa pak... mau nos atau turbo, secara mesin santi memang genetika-nya mesin performance
tapi ya itu....siap2 collateral damage, alias prinsip sedia kopi mesti sedia gula juga :mrgreen:

kalau mesin sudah galak...sistem suspensi/kaki2, roda dan rem musti wajib diupgrade...kalo enggak, :upss:

buat nambahin performa yg tdk ekstrem, bisa dicoba dulu porting+polished, meski tetap ada konsekuensinya juga :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote:Bro Imsus, kira2 "cara kerja" si air flow sensor ini gimana ya? Trus bs "divonis tewas" itu kategori-nya spt apa yah? Jd penasaran jg nih "ngakalin"-nya :e-think:
Sensor air flow, atau Mass Air Flow Sensor, ditempatkan sebelum throttle body tapi setelah corong filter penghisap udara
tugasnya, menganalisa dan mengkalkulasi udara yang masuk ke Throttle Body/ruang bakar
Sensor tersebut menganalisa massa udara yg dibutuhkan ECU untuk mengkalkulasi debit bahan bakar, timing pembakaran, rpm optimal dsb... jadi memang pentin nih si MAF
tanpa input MAF, ECU jadi "buta-tuli" jadi bingung mau kasih bahan bakar berapa, rpm optimum berapa dsb...
contoh nyata hasil kerja MAF, mengemudi dengan kecepatan yg sama dan situasi lalu lintas yg sama, tapi beda waktu/suasana, misalnya di siang hari terik dan dini hari yang dingin, pasti beda beban kerjanya buat mesin.
Cruising saat dini hari dingin pasti lebih ringan, optimum, dan dapat dikatakan lebih irit BBM, karena udara dingin massanya lebih padat dibanding udara panas...nah info inilah yg disampaikan MAF ke ECU

Itulah makanya mesin pakai turbo bakal lebih optimum jika dilengkapi cooler/intercooler alias pendingin. Udara yg dikompresi, suhunya akan naik sehingga massa/kandungan oksigennya turun... Supaya lebih padat, udara kompresi yg panas tadi didinginkan menggunakan intercooler
Pasang turbo ga pake intercooler, ya sebenarnya kerjaan setengah jadi....prinsip gula dan kopi tadi :mrgreen:

Makanya mAF ini rentan terhadap kotoran, bisa bikin error...saran saya, sering2 bersihkan filter udara santi

vonis tewas saya dapatkan dengan cara scan langsung dari ECU. kondisi mesin iddle, semuanya terpasang, terus scanner dicolokkan ke ECU, sambil gas dimainkan
dari situ didapatkan bacaan kalau MAFnya error, coba diotak-atik..tetep masih error...
Last edited by imsus2c on Mon Dec 21, 2009 5:20, edited 1 time in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

benzz89 wrote: Semoga bro Imsus berhasil "mengakali" si sensor air flow yach.... :e-pray:
iya nih bro, 3 hari libur kemarin diotak-atik dengan bantuan mekanik dari kantor...dan nampaknya memang ada perubahan signifikan, tapi saya belum mau terlalu senang dulu

ini sekarang lagi di-test....semoga bisa... :e-pray:

nanti akan saya sharingkan lagi disini dengan foto-fotonya :angel:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

dear all
ini wajah baru The Raptor...dengan hidung chrome..aksesoris asli (katanya) hyundai
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
inoz
New Member of Mechanic Engineer
New Member of Mechanic Engineer
Posts: 966
Joined: Fri Jan 12, 2007 11:17
Location: Purwakarta

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by inoz »

wah tuh klo suhunya sdh datang nulus langsung berlembar2 haaa... bro imsus

betul skali sharing temn disini bs bantus satu sama lain peace n bravo

wah santi punya bro sharky makin keren aja neh dan makin macho kayak namanya the Raptor genuine , tambah ngiler aja aku jadinya
:big_peace:
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

saya tambah gambar The Raptor
sengaja kaya foto model
biar lebih macho dan seksi
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Last edited by sharky on Mon Dec 21, 2009 12:52, edited 1 time in total.
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

wah, keren pak sharky... demen modif juga ya :frm_tumbright:

btw, itu pak agus dan pak awi lagi cari engine cover+talang air, kebetulan keduanya ada di fotonya pak sharky....bisa sharing info tuh.... :off_good_job:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

imsus2c wrote:
benzz89 wrote: Semoga bro Imsus berhasil "mengakali" si sensor air flow yach.... :e-pray:
iya nih bro, 3 hari libur kemarin diotak-atik dengan bantuan mekanik dari kantor...dan nampaknya memang ada perubahan signifikan, tapi saya belum mau terlalu senang dulu

ini sekarang lagi di-test....semoga bisa... :e-pray:

nanti akan saya sharingkan lagi disini dengan foto-fotonya :angel:
as promised...saya mau sharing apa yg sudah saya lakukan 2-3 minggu ini terhadap MAF santi saya...

saya tulis post per post dengan gambar supaya lebih enak baca, edit atau quote-nya...

saran dan komentar sangat dinantikan.... :frm_salut:

DISCLAIMER DISCLAIMER DISCLAIMER !!!
proses ini murni otak-atik sendiri di barang sendiri :mrgreen: , DAN BELUM DIVERIFIKASI secara teknis di bengkel...masih mengandalkan feeling... jadi kalau ada yg mencoba otak-atik mobilnya seperti yg saya lakukan dan hasilnya amburadul....resiko ditanggung penumpang :mrgreen:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 1

harus dipahami dulu fungsi dari MAF ini...trus dipahami juga karakternya buat mobil kita (santi), berhari-hari saya habiskan waktu untuk baca literatur dan konsultasi sama mekanik

Amazing, saya sendiri tidak percaya, solusinya sangat murah (bahkan gratis), yg penting telaten...dan sharing infonya justru saya dapatkan dari para mekanik jadul....terimakasih buat pak mekanik di tempat saya kerja yang akhirnya membuat si MAF bekerja lagi
Hanya saja, seperti yg saya tulis, proses ini baru dicoba 1-2 minggu terakhir...jadi saya tidak berani terlalu optimistis kalau cara saya ini betul-betul bisa memperbaiki kinerja MAF secara permanen...

di tahap ini, saya bandingkan cara kerja pembakaran mesin injeksi dengan karburator

di mesin karburator, ada sistem pembagian/distribusi yang disebut para mekanik jadul sebagai setelan na-voor (napur), dipoint inilah titik awal investigasi

dibawah ini adalah gambar dari kondisi awal MAF
Image

dan ini bagian dalamnya, alias letak sensor utamanya
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 2

Setelah MAF dicopot, bersihkan dengan udara kompresor, ringan saja (jangan terlalu kuat semburannya)
Copot baut/sekrup pengikat sensor utamanya
Image

Sesudah itu, copot juga sensor utamanya
Image
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 3

Bersihkan sensor utama-nya dengan disemprot angin, habis itu semprot dengan contact cleaner
ditahap ini, sensor diperiksa dengan multitester, apakah masih nyambung, ternyata rangkaian internalnya masih nyambung...jadi si MAF ini sebenarnya belum tewas total....dinyatakan tewas karena pemeriksaannya lewat diagnosa ECU

Tampak bagian depan sensor...sensor utamanya sebenarnya seutas kawat yang diberikan tahanan resistor...bisa kelihatan digambar bawah ini:
Image
Hati-hati, barang ini memang kelihatan ringkih...
Nah...seutas kawat itulah yang nantinya dilewati/terpapar oleh udara yang masuk ke ruang bakar/TB, perubahan temperatur kawat saat dilewati udara inilah yang nantinya dikirim sebagai sinyal-sinyal yang kemudian diterjemahkan oleh ECU untuk kalkulasi perintah berikutnya ke mesin, injektor, dsb...



Sesudah dibersihkan total, bagian belakang yg bisa dilepas,ditutup dengan sealant, nampak seperti gambar dibawah
Image
Perhatikan juga diujung kanan itu ada arah panah...PENTING!!! itu adalah arah hembusan udara yang menuju TB/ruang bakar, jadi jangan terbalik nantinya saat pasang sensor utama ini
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 4

Setelah semuanya bersih dan rapi, pasang kembali sensor utama kedalam tabung MAF tadi...HANYA SAJA.....Nahhhhhh......inilah triknya....amazing and so simple....saya sendiri sempet ga percaya dan habis pikir.... :e-wall:

Posisi sensor miringkan sedikit dari posisi awal....pertanyaannya? seberapakan miringnya? jawabnya juga simple....miring sehebat feeling anda saja :mrgreen: jadi dikira-kira dulu :upss:

Ini gambarnya:
Image
Image

INGAT....jangan kebalik arahnya, lihat tanda panah tadi....dan bagian yang ada kawat sensornya harus terpapar udara masuk alias menghadap ke filter udara

Sedangkan gambar dibawah ini adalah tampak dalam tabung setelah sensor utama dimiringkan...coba bandingkan dengan foto ditahap 1 tadi
Image
Posisinya nampak miring,
Oya...foto ini diambil diarah yang masuk ke TB/arah belakang, jadi posisi kawat sensor ada didepannya (yang terpapar udara)
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 5

Setelah sensor utama terpasang ditabung, pasang lagi sekrupnya...hanya saja kali ini, setelah dimiringkan, sekrup tidak masuk ke lubang aslinya, jadi posisi sekrup sekarang hanya sekedar mengikat/menjepit...
Oya, sekrupnya jangan dikencangkan dulu, cukup diputar pakai tangan telanjang, dibawah ini gambarnya setelah dipasang sekrup
Image

Setelah itu, pasang lagi MAF tadi ke tempat asalnya, alias sebelum TB, sesudah filter
Image

Pasang lagi filter udaranya
Image

Setelah semuanya terpasang, silakan start mesin, dan tunggu sampai suhu kerja (paling tidak posisi jarum temperatur mesin ada di posisi 1/4
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by mandala1 »

Mantabs bgt ilmu nya meneer..... :frm_tumbright: :frm_tumbleft: :frm_salut:
Sangat berguna bagi kawan2 semua.... BRAVO!!!!

Oh iya....dah lama ane ga nongol, kangen juga sama Santi'ers :cupss:
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

TAHAP 6

Inilah trik berikutnya yang sangat butuh kesabaran dan feeling yang kuat....maklum, settingan dilakukan manual dan alat scan yang ada hanya panca indra manusia :mrgreen:

Jujur saja, saat tuning ini, sayapun nyerah....ga sabar dan ga pernah dapat :oops:
Semua proses tuning dilakukan oleh pak mekanik di kantor saya.....sekali lagi, terimakasih pak... :e-pray: :off_good_job: paling tidak Rp 6jt masih bisa saya tahan sampai saat ini

Ok, ini proses tuningnya, saat mesin distart, mesin kan terasa kacau, gejalanya diantaranya:
1. Mesin mbrebet
2. RPM naik turun atau terlalu tinggi (bisa diatas 2000) saat stasioner
3. Keluar asap, alias emisi dan pembakaran jelek...

Nah, saat gejala tadi keluar, posisi kemiringan sensor utama tadi disetel lagi pakai tangan....harus PELAN, HALUS dan PENUH PERASAAN :frm_bang_head:
Yang dicari (scanner panca indera)...disinalh saat saya menyerah :roll:
1. RPM stabil (di 800an)
2. Mesin halus tanpa getaran (karena lambda seimbang)
3. Tidak keluar asap, dan hawa yg keluar dari knalpot tidak pedih
4. Saat digas (stasioner), mesin tidak mbrebet...tapi halus dan tidak ada gejala lag
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Review setelah 1-2 minggu:

1. Saat pertama error, MAF saya lepas total...jadi kondisi ECU buta-tuli....hasilnya luar biasa........tenaga santi muncul dahsyat di semua putaran...karakter torsinya mirip mesin diesel, putaran atasnya mirip mesin bensin. Saya bisa start dari kondisi berhenti dari gigi 3!!! meski memang terasa berat tapi tidak ngelitik...
gigi 5 rpm 4000, kecepatan tembus 150kpj
Hanya saja.....knalpot jadi hitam, berasap dan konsumsi pertamax+nya juga menggila :e-doh:
Dari sini, saya berkesimpulan, kinerja mesin sebenarnya masih sempurna....berarti masalah memang ada di elektrik dan sensor2nya
untuk jarak sejauh 135KM di tripmeter, saya habis pertamax+ 40Liter ...alias 1 liter cuman dapet 3.5KM :frm_bang_head: :frm_bang_head: :frm_bang_head:
Padahal saya testnya di tol malam hari....berarti cara ini FAIL total!!!!!!

2. Nah, sesudah diakali dengan cara/tahapan diatas tadi....hasilnya smooth...tidak ada gejala lag lagi
3. Sesudah jalan 200 km, saat tanki habis, saya coba pakai full premium (oktan 88) cuma saya tambahi mygreenoil. Jadi isi premium 65L plus 50cc mygreenoil
4. Karakter masih smooth, tapi terasa sekali tenaganya agak kedodoran :e-whistle: dan jika rpm belum sampai 2000 tapi pedal gas diinjak spontan, kerasa mesin ngelitik...jadi maunya diurut halus
5. Total, saya sudah jalan 1000km dengan cara ini dan so far so good, FC kombinasi yang bisa didapat 1:7-8
6. Rencana berikutnya; posisi tripmeter sekarang di 3500an...saya mau teruskan kombinasi pakai premium dan pertamax+ sampai km5000an...ngepasi jadwal servis dan ganti oli....nah disini, baru saya mau scan dan periksakan metode ini di bengkel dengan alat scanner
Last edited by imsus2c on Mon Dec 21, 2009 13:51, edited 3 times in total.
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

mandala1 wrote:Mantabs bgt ilmu nya meneer..... :frm_tumbright: :frm_tumbleft: :frm_salut:
Sangat berguna bagi kawan2 semua.... BRAVO!!!!

Oh iya....dah lama ane ga nongol, kangen juga sama Santi'ers :cupss:
weeeiiitttsss......ada mener mandala mampir nih...welcome :D

sama meneer....saya juga akhir-akhir ini lumayan sering bolong OL-nya :upss: mungkin ada 1 bulan vakum....
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
User avatar
imsus2c
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6697
Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
Location: almost there...

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by imsus2c »

Himbauan....

Kita harus akui sekstor kelistrikan di santi emang ringkih....so please extra caution and care....
Berikutnya, jangan tunda servis/tune up, terutama untuk sektor kelistrikan...kalo lagi servis, mendingan minta discan semuanya atau dibersihkan
Khusus untuk MAF (kasus santi saya), kemungkinan besar errornya disebabkan
1. Terlalu kotor, karena santi sering saya ajak AKAP....maka itu, rajin-rajin periksa dan bersihkan filter
2. Volumetrik ruang bakar sudah berubah akibat overhaul dan PortingPolished yang dulu saya lakukan...kata pak mekanik, ukuran dan bacaan sensor MAF ini juga dipengaruhi kondisi volumetrik ruang bakar mesin
Ini sekaligus menjawab pertanyaan saya, kalau memang bisa disetel, kenapa pabrikan membuat MAF ini "semi paten/permanen", terlihat dari adanya lubang sekrup sensor yang hanya 1 posisi (tidak bisa dimiringkan)
Itu karena sensor sudah disesuaikan dengan ukuran mesin dan volumetrik aslinya
Sekaligus menjawab keingintahuan/pertanyaan bro benzz, kenapa tidak bisa pakai MAF dari tipe mobil lain...ya itu, jawabnya, program ECU dan volumetrik harus sinkron


Ok deh....capek nulis dan upload :off_sleep:

Ditunggu sharing dan komentarnya :drinking:
si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
sharky
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 28
Joined: Sun Jul 12, 2009 2:57

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by sharky »

excellent pak...research and development seorang pecinta santy yg sejati
selamat..sangat berguna bagi khalayak santiers kita..
btw saya 3-4 kali sebulan setiap weekend pulang ke jakarta
namun kerjanya di medan, soal front grill dan water guard standby dulu ya
alamat tokonya di laci The raptor, Insya Allah next RTB (Return To base) saya posting ..
sekali lagi selamat pak Imsus, anda layak dapat bintang..

FYI, bagi teman-teman yang ingin santy nya difoto kaya The Raptor bisa saya bantu motret
gratis...waktunya kapan kita gathering... ini perlu jarak pemotretan sekitar 30-40 meter
maklum saya pakai lensa tele untuk menghasilkan efek dan sudut foto yang baik sehingga
menampilkan kesan macho dan seksinya santy..
awi_charles
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Oct 13, 2009 9:27
Location: Sawangan - Depok

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by awi_charles »

imsus2c wrote:TAHAP 6

Inilah trik berikutnya yang sangat butuh kesabaran dan feeling yang kuat....maklum, settingan dilakukan manual dan alat scan yang ada hanya panca indra manusia :mrgreen:

Jujur saja, saat tuning ini, sayapun nyerah....ga sabar dan ga pernah dapat :oops:
Semua proses tuning dilakukan oleh pak mekanik di kantor saya.....sekali lagi, terimakasih pak... :e-pray: :off_good_job: paling tidak Rp 6jt masih bisa saya tahan sampai saat ini

Ok, ini proses tuningnya, saat mesin distart, mesin kan terasa kacau, gejalanya diantaranya:
1. Mesin mbrebet
2. RPM naik turun atau terlalu tinggi (bisa diatas 2000) saat stasioner
3. Keluar asap, alias emisi dan pembakaran jelek...

Nah, saat gejala tadi keluar, posisi kemiringan sensor utama tadi disetel lagi pakai tangan....harus PELAN, HALUS dan PENUH PERASAAN :frm_bang_head:
Yang dicari (scanner panca indera)...disinalh saat saya menyerah :roll:
1. RPM stabil (di 800an)
2. Mesin halus tanpa getaran (karena lambda seimbang)
3. Tidak keluar asap, dan hawa yg keluar dari knalpot tidak pedih
4. Saat digas (stasioner), mesin tidak mbrebet...tapi halus dan tidak ada gejala lag

Bene-bener hueabattt....beri Hormat.... :frm_salut: :frm_salut: :frm_salut:
awi_charles
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 38
Joined: Tue Oct 13, 2009 9:27
Location: Sawangan - Depok

Re: (Split Post) Modifikasi Santa FE

Post by awi_charles »

sharky wrote:saya tambah gambar The Raptor
sengaja kaya foto model
biar lebih macho dan seksi
Sooooo Seeeexxxxxyyyyy...........!!!!! :e-whistle: :e-whistle: :e-whistle: