Hi,
Mobil Ford yang saya bawa beberapa hari yang lalu overheat sampai hampir mentok garis merah, tapi belum sampe mogok.. setelah dicek, ternyata selang air ada yang bocor.
Tapi setelah dibenerin selang airnya, mesin masih bisa nyala, tapi gas tidak mau naik saat digas.. Ada yang tau masalah apa kemungkinan yah?? Thanks
Ford overheat
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ford overheat
Cek ada lapisan oli di radiator atau air di meteran oli. Kalau ada berarti oli dan air udah campur (head gasket jebol).
Bisa juga yg lain. Masih perlu diagnosa lanjut.
Fordnya tipe apa bos?
Bisa juga yg lain. Masih perlu diagnosa lanjut.
Fordnya tipe apa bos?
Ready to Race
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Visitor
- Posts: 2
- Joined: Fri Dec 04, 2009 0:12
Re: Ford overheat
ford nya tipe telstar th 96..
tapi apa ini efek dari overheat sampai hampir mencapai red line yah??
tapi waktu terakhir kali blm sampe mogok sih.. cm emang uda ada bunyi mendesis gitu.. tapi begitu kap dibuka sekitar 5min hilang bunyinya dan jg ga ada asap..
apa ada kemungkinan kerusakan di dalam blok mesin yah?? tapi kan mesinnya masi bisa nyala stabil.. jadi bingung neh..
tapi apa ini efek dari overheat sampai hampir mencapai red line yah??
tapi waktu terakhir kali blm sampe mogok sih.. cm emang uda ada bunyi mendesis gitu.. tapi begitu kap dibuka sekitar 5min hilang bunyinya dan jg ga ada asap..
apa ada kemungkinan kerusakan di dalam blok mesin yah?? tapi kan mesinnya masi bisa nyala stabil.. jadi bingung neh..
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 10375
- Joined: Mon Aug 25, 2008 17:56
- Location: betawi barat
Re: Ford overheat
hmmm.... setelah mesinnya dingin apakah gasnya bisa normal kembali.....wkend wrote:ford nya tipe telstar th 96..
tapi apa ini efek dari overheat sampai hampir mencapai red line yah??
tapi waktu terakhir kali blm sampe mogok sih.. cm emang uda ada bunyi mendesis gitu.. tapi begitu kap dibuka sekitar 5min hilang bunyinya dan jg ga ada asap..
apa ada kemungkinan kerusakan di dalam blok mesin yah?? tapi kan mesinnya masi bisa nyala stabil.. jadi bingung neh..

klo ga normal, coba periksa apakah warna olinya msh normal atau ada putih2 gitu yg menandakan oli tercampur dg air..... klo dah begini, nampaknya mesti buru2 dibawa ke bengkel langganan bro.......

-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 304
- Joined: Fri Apr 03, 2009 12:19
- Location: Jakarta
- Daily Vehicle: Subaru XV
Re: Ford overheat
mobil saya telstar 97, pernah overheat krn radiator bocor...wkend wrote:ford nya tipe telstar th 96..
tapi apa ini efek dari overheat sampai hampir mencapai red line yah??
tapi waktu terakhir kali blm sampe mogok sih.. cm emang uda ada bunyi mendesis gitu.. tapi begitu kap dibuka sekitar 5min hilang bunyinya dan jg ga ada asap..
apa ada kemungkinan kerusakan di dalam blok mesin yah?? tapi kan mesinnya masi bisa nyala stabil.. jadi bingung neh..
bukannya ada safety'nya ya?
soalnya mobil saya tiba2 mati sendiri pas diatas 1/2 dikit temp'nya, karena memang langganan di bengkel ford jaksel, jadi saya derek ke sana, dan ketika nanya sm mekaniknya katanya mobil telstar memang ada temp safety procedurenya, untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin.. tp saya juga enggak tau pastinya ya

-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 4354
- Joined: Sat Jan 03, 2009 2:19
Re: Ford overheat
Gimana nih, oli dan airnya masih terpisah nggak?
Cara lain untuk lihat adalah dengan melepas tutup radiator dan kemudian start mesin. Kalau air dalam radiator muncrat2 ke atas, berarti ya head gasketnya yg jadi masalah.
Cara lain untuk lihat adalah dengan melepas tutup radiator dan kemudian start mesin. Kalau air dalam radiator muncrat2 ke atas, berarti ya head gasketnya yg jadi masalah.
Ready to Race
-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 159
- Joined: Fri Dec 04, 2009 5:19
Re: Ford overheat
asudarsono wrote:Gimana nih, oli dan airnya masih terpisah nggak?
Cara lain untuk lihat adalah dengan melepas tutup radiator dan kemudian start mesin. Kalau air dalam radiator muncrat2 ke atas, berarti ya head gasketnya yg jadi masalah.
thx atas infonya,
berarti pressure dari blok mesin sudah "Bocor" ke saluran Air Radiator ya?