Forum Spare parts

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

mandala1
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 7559
Joined: Tue Feb 17, 2009 4:44

Re: Forum Spare parts

Post by mandala1 »

m4rio wrote:
broo. laher ama metal jalan atau duduk kan itu beda??? kan emang ada metal jalan atau duduk kalo bro liat di antara connecting rod dengan crank shaft. itu kan emang bener2 bantalan metal loh broo, bukan laher.
nah kalau biasa yang buat ngukur celah oli itu kan di bantalan metal jalan atau duduk kan??? bukan bearing loh setau ane.
jadi kalo menurut ane bearing ama metal duduk atau jalan itu 2 komponen yang berbeda.
kalo menurut broo gmna?
Jeee....emang beda :P kan diatas ane juga bilang istilah bearing di mesin itu bukan diartikan sbg laher...melainkan 'metal',, tapi kalo bahasa mekaniknya itu disebut bearing (bearing crankshaft or bearing conrod) bukannya begitu yah tadi maksud penjelasan ane...hehehe.... :mrgreen:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

m4rio wrote:coba ya saja jawab sebisa saya.
kalo di mesin mobil bantalan metal jalan atau duduk itu tetep ada, biasanya terletak di bagian crankshaft tapi di tengah2NYA yang mengikat ke blok mesin, jumlahnya tergantung berapa silinder mesin tersebut. nah kalau bearing itu biasanya di pasang di bagian ujung dari masing2 posisi pulley, ya itu di depan dan belakang. nah karena bearing itu masih bersifat bolong dan posisi bearing itu berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin, makanya di kasihlah yang namanya seal supaya oli mesin pada gk keluar waktu mesin di jalankan. nah seal ini bisanya letaknya setelah bearing, jadi kalau mau mengganti seal ya gk usah ampe turun mesin segala.

nah kalo menurut saya kenapa di pakai ini bearing, bearing di pakai untuk membantu menstabilkan putaran saja, ketika crankshaft berputar kalau bagian ujung ke dua sisi tidak si tahan kan maka akan dapat menimbulkan getaran, nah maka dari itu di bantu dengan penggunaan bearing broo....

ini yang ane tau loh ya..

ini menurut saya nih......dan yang saya ketahui.
nah...skrg yg kedua ...monggo dicerahkan kembali pernyataan yg saya bold itu.....sebenernya apakah yg dimaksud "bearingnya" itu ada ujung2 crankshaft ?? :roll: lantas bearing yg dimaksud itu apakah bearing journal (metal) atau roller (laher)...?? :ungg:

sorry saya bolak balik nanya....krn penasaran....andaikan ada fotonya tentu langsung terjawab....... :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

DOHC wrote:bentar2... ane ora mudeng nehh.... metal jalan = metal yg bergerak (piston, noken as, rantai keteng, bearing2 dalem mesin).... metal duduk = metal yg statis, kaga bergerak, fixed posisinya (blok mesin, oil pan, yg buat megang rantai keteng agar muter di jalurnya)..... nah kira2 yg ane maksud itu bener ga tuh ??

kalo menurut ane metal jalan atau duduk itu, kyk semacam buat pelindung gitu broo di antara 2 metal atau 2 komponen.coba broo liat diantara crankshaft ama conecting rod. di situ ada semacam bantalan metal yang dapat di ganti2, nah di situ juga terdapat jalur oli.

hmm. menurut ane sih ya kyk gini... ada yang lebih paham gk ya???
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

mandala1 wrote:
m4rio wrote:
broo. laher ama metal jalan atau duduk kan itu beda??? kan emang ada metal jalan atau duduk kalo bro liat di antara connecting rod dengan crank shaft. itu kan emang bener2 bantalan metal loh broo, bukan laher.
nah kalau biasa yang buat ngukur celah oli itu kan di bantalan metal jalan atau duduk kan??? bukan bearing loh setau ane.
jadi kalo menurut ane bearing ama metal duduk atau jalan itu 2 komponen yang berbeda.
kalo menurut broo gmna?
Jeee....emang beda :P kan diatas ane juga bilang istilah bearing di mesin itu bukan diartikan sbg laher...melainkan 'metal',, tapi kalo bahasa mekaniknya itu disebut bearing (bearing crankshaft or bearing conrod) bukannya begitu yah tadi maksud penjelasan ane...hehehe.... :mrgreen:

ooo kalo gitu tadi ane salah nagkep donk ya broo??
maap maap
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

jalu wrote:
m4rio wrote:coba ya saja jawab sebisa saya.
kalo di mesin mobil bantalan metal jalan atau duduk itu tetep ada, biasanya terletak di bagian crankshaft tapi di tengah2NYA yang mengikat ke blok mesin, jumlahnya tergantung berapa silinder mesin tersebut. nah kalau bearing itu biasanya di pasang di bagian ujung dari masing2 posisi pulley, ya itu di depan dan belakang. nah karena bearing itu masih bersifat bolong dan posisi bearing itu berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin, makanya di kasihlah yang namanya seal supaya oli mesin pada gk keluar waktu mesin di jalankan. nah seal ini bisanya letaknya setelah bearing, jadi kalau mau mengganti seal ya gk usah ampe turun mesin segala.

nah kalo menurut saya kenapa di pakai ini bearing, bearing di pakai untuk membantu menstabilkan putaran saja, ketika crankshaft berputar kalau bagian ujung ke dua sisi tidak si tahan kan maka akan dapat menimbulkan getaran, nah maka dari itu di bantu dengan penggunaan bearing broo....

ini yang ane tau loh ya..

ini menurut saya nih......dan yang saya ketahui.
nah...skrg yg kedua ...monggo dicerahkan kembali pernyataan yg saya bold itu.....sebenernya apakah yg dimaksud "bearingnya" itu ada ujung2 crankshaft ?? :roll: lantas bearing yg dimaksud itu apakah bearing journal (metal) atau roller (laher)...?? :ungg:

sorry saya bolak balik nanya....krn penasaran....andaikan ada fotonya tentu langsung terjawab....... :big_peace:

kalo yang pernah ane liat sih bearing roller gitu broo.. tapi kan tiap mesin kan beda2. jadi susah juga kalo mau mastiinNYA.
kyk pilot bearing juga ada yang pake ada juga yang kgk........
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ini nih menurut yang ane tau ya broo semua. kalo salah ya jangan di ambil hati, juga jangan di marahin.. :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:

ane juga masih belajar sih, belom jadi sang master mesin.
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

mesin yg pake bantalan bearing (laher) untuk crankshfat yg pernah saya temui itu mesin 2 tak motor yamaha (entah motor 2 tak lain gimana yah :roll: )....tetapi mesin mobil yg umumnya saya temui itu bantalan crankshaftnya pake bantalan journal (metal duduk, jalan dan bulan) dan saya belum pernah ketemu yang pake laher...

makanya begitu bro mario kasi info mesin panther pake bantalan "bearing"...asumsi saya itu adalah "laher"...kebetulan krn saya belum pernah liat mesin panther lbh detail...makanya saya bolak balik tanya terus krn penasaran :big_peace:

nah..ada baiknya om mandala menjelaskan lbh lanjut ttg seluk beluk metal duduk,jalan dan bulan disini...sekalian komplit dengan bahasa teknik dan gambar tekniknya....... :big_smoking:

(kalo bisa sekalian dng harganya baik untuk yg ukuran std atau undersize :mrgreen: )
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ooo broo kyknya kita ini salah persepsi dh broo.
kalo bantalan yang di tengah yang antara crank shaft dengan conencting rod itu emang pake bantalan metal jalan atau duduk.
yang saya nangkep broo itu tanya yang di ujungnya crankshaft.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

ya udah, lebih jelasnya kita tunggu broo mandala, biar jelas..
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

brb, mo ke supermarket bentar, beli ikan sekilo, biar om meong dateng... :mrgreen: :mrgreen:
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir:
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

m4rio wrote:ooo broo kyknya kita ini salah persepsi dh broo.
kalo bantalan yang di tengah yang antara crank shaft dengan conencting rod itu emang pake bantalan metal jalan atau duduk.
yang saya nangkep broo itu tanya yang di ujungnya crankshaft.
nah...justru yg diujung crankshaft itu yg jadi perhatian saya juga...krn saya jg blm pernah liat mesin mobil yg diujung2 crankshaftnya pake bantalan bearing (laher).......(*masih salah persepsi gak ? :ungg: )
nah..ini ad foto crankshaft..keterangan di fotonya itu punya 4JA1..coba bro mario kasi pencerahan dimana posisi "bearing" yang dimaksud...supaya kita tidak salah persepsi lagi... :big_peace:

Image
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

jalu wrote:
m4rio wrote:ooo broo kyknya kita ini salah persepsi dh broo.
kalo bantalan yang di tengah yang antara crank shaft dengan conencting rod itu emang pake bantalan metal jalan atau duduk.
yang saya nangkep broo itu tanya yang di ujungnya crankshaft.
nah...justru yg diujung crankshaft itu yg jadi perhatian saya juga...krn saya jg blm pernah liat mesin mobil yg diujung2 crankshaftnya pake bantalan bearing (laher).......(*masih salah persepsi gak ? :ungg: )
nah..ini ad foto crankshaft..keterangan di fotonya itu punya 4JA1..coba bro mario kasi pencerahan dimana posisi "bearing" yang dimaksud...supaya kita tidak salah persepsi lagi... :big_peace:

Image

wuahh.. ane gk tau deh broo dimana letaknya itu laher.
ane belom pernah liat yang mesinNYA panther sih soalnya, tapi ane pernah liat mesin yang pake laher broo, ane gk tau itu mesin apaan.
:big_peace: :big_peace: :big_peace:

ada yang tau???????
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

meoong.....badaakk.......kesini dooong...................... :e-pray: :e-pray:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

DOHC wrote:bentar2... ane ora mudeng nehh.... metal jalan = metal yg bergerak (piston, noken as, rantai keteng, bearing2 dalem mesin).... metal duduk = metal yg statis, kaga bergerak, fixed posisinya (blok mesin, oil pan, yg buat megang rantai keteng agar muter di jalurnya)..... nah kira2 yg ane maksud itu bener ga tuh ??
Sorry bro, gw abis nyeruduk2 kijang di hutan :mrgreen:
Saya bantu yg saya tahu dulu yah bro, mengingat saya jg baru sedikit mengerti dunia otomotif.
Yg dimaksud metal disini bukan metal=besi broo. Metal disini pengucapannya seperti kata "mencubit", bukan seperti "merauke".
Metal disini berarti bantalan pada stang piston dengan crackshaft. Ukuran dari metal ini bervariasi, tergantung dari tingkat keausan crankshaft. Untuk yg normal menggunakan ukuran std dan semakin tinggi tingkat keausan maka menggunakan ukuran 0,25, 0,50, 0,75, dan 100. Seperti yg dijelaskan om mandala, metal ini fungsinya seperti bearing dan memiliki beberapa nama seperti metal jalan, metal duduk, metal noken as, metal setengah bulan, dll.
Untuk jelasnya ada pada gambar di bawah ini. Sedangkan bearing yg dimaksud bro m4rio ini saya kurang paham, mungkin bro m4rio bisa menunjukkan letak nya? :e-think:
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

nahh metal yang saya maksud ya yang itu broo. yang di hitamkan itu gambarnya.

nah kalao bearing yang saya maksud itu yang orang sering sebut, dengan pilot bearing kalo di bagian belakang itu loh broo, kalau yang di depan pake bearing juga kan? kalau yang di piston ya yang sesuai dengan gambar itu bantalan yang ane mksud.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

tadi ane gk punya gambarnya sih, jadi tadi juga sempet rada salah persepsi, jadinya malah tambah bingung dah. hehehehe :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace: :big_peace:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

m4rio wrote:
DOHC wrote:yakin tabung nya atau tutup nya bro ?? .... kalo tutup ane jg perna soalnya..... ane sigh pake glue gun buat nambel bocornya... lumayan tuh... tapi kalo tabung nya ane ga perna bocor sehh

yakin kok bro. itu yang bocor tabungnya, ane kmrn iseng2 check, di isi full terus diliat bocornya, ternyata bocornya itu deket motornya itu loh broo.. wuihhhh mangkanya ane bingung kok di sana bisa kena bocor juga sih.padahal kan gk perneh dis entuh ya daerah situ. :shrug: :shrug: :e-think: :e-think:
Kalo tabung reservoir bocor tinggal beli yg baru ori aja bro, murah aja koq. Kalo bisa yg ori aja, karena material plastiknya lbh kuat. Yah namanya jg material plastilk bro, kena air, panas mesin, cuaca dingin, goncangan, lama2 plastiknya khan jadi getas dan mudah jebol.
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

m4rio wrote:nah kalau bearing itu biasanya di pasang di bagian ujung dari masing2 posisi pulley, ya itu di depan dan belakang. nah karena bearing itu masih bersifat bolong dan posisi bearing itu berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin, makanya di kasihlah yang namanya seal supaya oli mesin pada gk keluar waktu mesin di jalankan. nah seal ini bisanya letaknya setelah bearing, jadi kalau mau mengganti seal ya gk usah ampe turun mesin segala.
nah lalu maksudnya bearing berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin dan harus dikasi seal itu gmn bro mario....?? :ungg:
kalo misalkan itu adalah pilot bearing...setau saya pilot bearing itu tidak memerlukan oil seal..bahkan posisinya telanjang. CMIIW.

monggo di cerahkan supaya sy gak salah persepsi lagi :big_peace:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

jalu wrote:
m4rio wrote:nah kalau bearing itu biasanya di pasang di bagian ujung dari masing2 posisi pulley, ya itu di depan dan belakang. nah karena bearing itu masih bersifat bolong dan posisi bearing itu berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin, makanya di kasihlah yang namanya seal supaya oli mesin pada gk keluar waktu mesin di jalankan. nah seal ini bisanya letaknya setelah bearing, jadi kalau mau mengganti seal ya gk usah ampe turun mesin segala.
nah lalu maksudnya bearing berhubungan langsung dengan bagian dalam mesin dan harus dikasi seal itu gmn bro mario....?? :ungg:
kalo misalkan itu adalah pilot bearing...setau saya pilot bearing itu tidak memerlukan oil seal..bahkan posisinya telanjang. CMIIW.

monggo di cerahkan supaya sy gak salah persepsi lagi :big_peace:

gimana ya, ane susah ngejelasinnya broo. bingung. tar malah salah lagi tambah parah deh.
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

kita minta penjelasan yang lebih lengkap dan akurat dari broo BADAK deh ya broo...
User avatar
jalu
New Member of Mechanic Master
New Member of Mechanic Master
Posts: 8009
Joined: Tue Jun 16, 2009 8:17

Re: Forum Spare parts

Post by jalu »

gak apa2 bro mario....tambah pencerahan kan tambah wawasan buat saya yang awam..... sebab saya udah gugel gambar sana sini blm ketemu juga foto bearing di ujung crankshaft dan terlindung oleh seal seperti pada penjelasan bro mario sendiri... :ungg:
"It took Japan 40 years to become a great automotive nation. It took South Korea 20 years. I think it will take China as little as
10 to 15 years." ~ Giorgetto Giugiaro


"HP sells cars, Torque wins races." ~ Carroll Shelby
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Forum Spare parts

Post by m4rio »

bisa aja broo.. maap ya broo. kalo penjelasan ane susah di mengerti..
User avatar
nescafe
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 14333
Joined: Fri Apr 11, 2008 3:18
Location: jakarta

Re: Forum Spare parts

Post by nescafe »

jalu wrote:meoong.....badaakk.......kesini dooong...................... :e-pray: :e-pray:
pak meong lg bertapa bang... Image
Permisii :ungg: ............................. :ngacir:
User avatar
BADAK
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 6020
Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45

Re: Forum Spare parts

Post by BADAK »

Jangan takut menjelaskannya bro, bukankah bro sendiri pernah berkata kita disini semua sedang belajar.
Bukan kah memang itu fungsi dari suatu forum, saling share pengalaman, saling memberikan solusi bagi yg memiliki problem, untuk berbagi ilmu, dll.
Walopun saya masih newbie dan pengetahuan saya di bidang otomotif sangat minim, saya selalu berusaha membantu semampu saya. Mungkin info yg saya bagikan belum tentu benar, tapi bukankah itu lebih berharga daripada seorang pakar otomotif dengan pengalaman mumpuni tetapi tidak mau berbagi ilmunya sedikitpun :big_peace:
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
DOHC
Full Member of Mechanic Master
Full Member of Mechanic Master
Posts: 27640
Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
Location: in engine bay with carbonfibre as roof

Re: Forum Spare parts

Post by DOHC »

ohh gt toh, jadi misalnya kalo yg di gambar nya om badak itu, metal stengah bulan mungkin yg dikasi tanda item itu kali yah....
numpang lewat aja.... :ngacir: :ngacir: