Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Ingin membahas hal-hal umum mengenai mobil dan otomotif, silakan bahas disini...

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit

User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Turboman »

Dear all

Sharing ini dapat membantu bagi para pemilik mobil Diesel common rail / calon pembeli mobil Diesel CRD yang sering dihantui kekhawatiran oleh berbagai isyu isyu di publik mengenai kualitas solar dan resiko kerusakan sistem injeksi.

Sedang di sisi lain, dengan naik turunnya harga minyak bumi tentu cukup memberatkan sebagian user apabila harus menggunakan BBM Diesel non subsidi, serta tidak semua user juga mau mencampur additive solar setiap kali mengisi solar full tank.

Maka di sini saya mencoba memberikan panduan bagi para pemilik kendaraan Diesel bermesin CRD sesuai dengan budget & pertimbangan akan keawetan sistem injeksi mesin itu sendiri serta menghindari pengeluaran berlebih yang sebetulnya tidak perlu.

Untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya serta wilayah lain dimana terdapat BBM Diesel non subsidi (berlaku utk mesin Diesel Common Rail Euro II & pra Euro II):

Yang paling basic :

Menggunakan BBM solar / biosolar yang setiap 2 – 3X isi solar / biosolar full tank dicampur dengan solar non subsidi (Shell / Petronas / Total / DEX) sebanyak minimal 20 - 30% dari volume tangki full tank

Frekuensi purging :
Lakukan purging setiap 15.000 Km sekali.

Frekuensi penggantian filter solar :
Setiap 10 - 15.000 Km sekali

Buang endapan di sedimenter / rumah filter (dgn membuka keran & memompa pada rumah filter) :
Tiap 5000 Km sekali


Pilihan menengah :

Menggunakan BBM solar / biosolar yang setiap kali isi solar / biosolar full tank dicampur dengan solar non subsidi (Shell / Petronas / Total / DEX) sebanyak minimal 20 - 30% dari volume tangki full tank.

Frekuensi purging :
Lakukan purging setiap 15.000 Km sekali.

Frekuensi penggantian filter solar :
Setiap 15.000 Km sekali

Buang endapan di sedimenter / rumah filter (dgn membuka keran & memompa pada rumah filter)
Tiap 5000 Km sekali


Pilihan yang lebih baik :

Menggunakan BBM solar / biosolar yang setiap kali isi solar / biosolar full tank dicampur dengan solar non subsidi (Shell / Petronas / Total / DEX) sebanyak minimal 20 - 30% dari volume tangki full tank serta dicampur additive solar yang berkualitas (mengandung Cetane Booster properties / lubricity agent / anti rust / water remover) atau setidaknya mencampur additive solar setiap 2 – 3X isi solar full tank. (Gunakan dosis utk maintenance saja)
Bisa ditambah juga zat pelumas solar (lihat thread Membuat suara mesin Diesel menjadi lebih halus dgn cara mudah)

Frekuensi purging :
Lakukan purging setiap 20.000 – 25.000 Km sekali.

Frekuensi penggantian filter solar :
Setiap 15.000 – 20.000 Km sekali


Selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/ - Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatannya)
* Bukan ajakan Beli *
sinned
Member of Junior Mechanic
Member of Junior Mechanic
Posts: 34
Joined: Tue Aug 18, 2009 13:09

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by sinned »

terima kasih infonya.. :)
User avatar
Hansen
Member of Mechanic Master
Member of Mechanic Master
Posts: 16497
Joined: Tue Apr 03, 2007 14:24

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Hansen »

Nice info........:off_good_job:


:thanks:
Image
User avatar
m4rio
Full Member of Mechanic Engineer
Full Member of Mechanic Engineer
Posts: 3112
Joined: Thu May 21, 2009 12:38

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by m4rio »

kalo buat teknologi diesel yang konvensional, pengaruh dimana broo???? tenaga, irit to apa???
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by zweifellos »

1. kalo tidak ada solar non subsidi gimana om turboman?
2. kira2 biaya (secara umum) menambah additive pada pilihan nomor 3 untuk setiap kali pengisian berapa om?
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by roadtrain99 »

Bantuin dikit

Zwei
1. Klo ga ada dex atau bio, bantu pake additive aja. Trus minta bengkel kuras tangki tiap 10rbkm, cek solar filter.
Kalo dealer jauh, sprpart susah, additive ga ada yg jual, mending jgn beli diesel crdi hehehe*joke*

2. Additive ada yg 60rb-150rb, ada yg per botol, ada jg yg dpt 4botol spt marvel mysteri oil

Mohon ditambah silahkan...
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by roadtrain99 »

Turboman

Mo tanya
1. Opsi yg lebih baik, kok interval purgingnya malah lebih jauh?
2. Jika tanpa dicampur dex, namun tiap isi selalu di mix dgn additive apakah cukup membantu?
Krn nyari dex agak sulit yg lsg dr pump, yg jual botolan jg kurang praktis. Sebab konon solar dari shell total petron masih di bawah dex jg.
User avatar
zweifellos
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2647
Joined: Sun Jul 19, 2009 13:23

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by zweifellos »

om roadtrain, trus porsi additivenya gimana tuh om buat yang ga ada solar non subsidi?

buat yang pake campuran solar non subsidi dan pake additive, secara umum biaya buat additive nya berapa rupiah om (buat full tank)?
trus kalo misalnya tanpa campuran solar non subsidi, penambahan additive nya memakan biaya berapa (secara umum) kalo setiap kali ngisi full tank dikasih additive?

gambaran kasar aja kira2 berapa ribu kenanya buat additive kalo ngisi full tank.

thanks.
No one’s opinion is more correct than anyone else’s - All have a right to voice their opinions.
If you want to be respected, you need to show respect for others.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by roadtrain99 »

^
wih, coba dijawab ya..

biasanya tergantung petunjuk additive nya.
kalo pake redline, ada yg lsg 1 botol utk pemakaian pertama, lalu utk maintenance nya ada takaran di botolnya. yg ini sekitar 100rban per botol, lupa.
dgn marvel mysteri oil MMO, lsg 1 botol utk 1 tanki. package nya 4botol kalo ga salah 120 atau 150ribu.
ada merk lain, kayak prestone dll, hrg nya dibawah 100rb.

gw itung kasar aja ya...
bio tanpa campuran dex, ngisi biasanya 250ribu, plus kalo mmo kasarnya 30rb lah, total 285rb per isi.
bio+dex gw blm pernah. kalo full dex/shell pernah tanpa + additive, sekitar 500rban.

gw rasa kalo bio+dex+additive mungkin skitar tengahnya kali ya..

hasil fc/acceleration, ga terlalu terasa beda...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Turboman »

zweifellos wrote:1. kalo tidak ada solar non subsidi gimana om turboman?
2. kira2 biaya (secara umum) menambah additive pada pilihan nomor 3 untuk setiap kali pengisian berapa om?
Selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/ - Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatannya)
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Turboman »

roadtrain99 wrote: 1. Opsi yg lebih baik, kok interval purgingnya malah lebih jauh?
2. Jika tanpa dicampur dex, namun tiap isi selalu di mix dgn additive apakah cukup membantu?
Krn nyari dex agak sulit yg lsg dr pump, yg jual botolan jg kurang praktis. Sebab konon solar dari shell total petron masih di bawah dex jg.
1. Yup, solar non subsidi atau additive solar berkualitas mengandung zat detergent, proses terbentuknya deposit juga lebih lambat, makanya Interval purging bisa kita perpanjang.

2. DEX memang memilik kadar sulphur yang lebih rendah drpd solar non subsidi SPBU2 asing, tetapi hasil akhir dari kinerja suatu Diesel fuel nggak hanya persoalan kadar sulphur semata, additive2 yg terkandung di dalamnya juga berperan amat sgt penting. :mrgreen:
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by cuple »

Turboman wrote:
roadtrain99 wrote: 1. Opsi yg lebih baik, kok interval purgingnya malah lebih jauh?
2. Jika tanpa dicampur dex, namun tiap isi selalu di mix dgn additive apakah cukup membantu?
Krn nyari dex agak sulit yg lsg dr pump, yg jual botolan jg kurang praktis. Sebab konon solar dari shell total petron masih di bawah dex jg.
1. Yup, solar non subsidi atau additive solar berkualitas mengandung zat detergent, proses terbentuknya deposit juga lebih lambat, makanya Interval purging bisa kita perpanjang.

2. DEX memang memilik kadar sulphur yang lebih rendah drpd solar non subsidi SPBU2 asing, tetapi hasil akhir dari kinerja suatu Diesel fuel nggak hanya persoalan kadar sulphur semata, additive2 yg terkandung di dalamnya juga berperan amat sgt penting. :mrgreen:
Jadi paling bagus isi mana bos? Dex, Shell or Petronas?
Debiyarto
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 208
Joined: Mon Nov 09, 2009 4:27
Location: Jakarta
Daily Vehicle: Innova 2015

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Debiyarto »

Berdasarkan pengalaman gua pribadi, Kalau gua boleh tambahin:
1. Buatlah List SPBU yang baik yang ada disekitar tempat tinggal kita. Lalu Setialah pada SPBU terdekat tsb.
2. Perhatikan dan tandai pula SPBU tertentu yang ramai dikunjungi orang dan biasanya kualitasnya baik. Apalagi saat ini PT. Pertamina sudah membantu kita dengan pemasangan logo "Pasti Pas" di SPBU tertentu.
3. Pastikan kita tidak Jajan solar disembarang tempat. Lokasi SPBU yang kotor dan kumuh bisa menunjukan ketidak beresan management SPBU tsb. Mohon berpikir 2 kali sebelum isi disini.
4. Kalau terpaksa mengisi di SPBU tidak jelas, isikan saja tangki solar kita seperlunya; 5 liter atau maximal 10 lt. Lalu isi segera dengan Solar pada kesempatan pertama berjumpa SPBU yang sudah terkenal baik atau SPBU yang baik dalam list kita.
5. Tuangkan Injector cleaner secara rutin setiap 5000 km kedalam tangki dalam keadaan full tank.

Demikian tambahan info dari saya, semoga bermanfaat. :frm_salut:
User avatar
mtony
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Feb 26, 2009 3:43
Location: Jakarta

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by mtony »

Gw gak yakin spec Bio solar beda dengan HSD non subsidi, lha wong Bio solar yang industri juga gak subsidi, malahan lebih mahal dari Import.
kalo HSD di SPBU non subsidi sama dengan HSD untuik Industri berarti spec sama saja dunk..di Bio Solar dengan HSD Non Subsidi beda tambahan bio diesel doang.....Bio Solar SPBU Juga sama untuk Industrinya.
Klo Dex memang beda loh...
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Turboman »

mtony wrote:Gw gak yakin spec Bio solar beda dengan HSD non subsidi, lha wong Bio solar yang industri juga gak subsidi, malahan lebih mahal dari Import.
kalo HSD di SPBU non subsidi sama dengan HSD untuik Industri berarti spec sama saja dunk..di Bio Solar dengan HSD Non Subsidi beda tambahan bio diesel doang.....Bio Solar SPBU Juga sama untuk Industrinya.
Klo Dex memang beda loh...
Batasan kadar sulphur solar dr ESDM memang masih 3500 ppm Max

Jadi memang sepertinya solar non subsidi versi SPBU & industri sama ajah.....heheheeheheh

Harusnya ESDM membuat peraturan kalo solar non subsidi utk versi SPBU sulphur Max 500 ppm

CMIIW
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
Turboman
SM Specialist
SM Specialist
Posts: 22072
Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Turboman »

cuple wrote: Jadi paling bagus isi mana bos? Dex, Shell or Petronas?
Kalo utk saat ini byk report yg mengatakan Total Performance Diesel sgt enak, tapi sayang SPBU nya terbatas.

Kualitas BBM juga tergantung lama si BBM tersimpan di tangki di SPBU tsb.
* Bukan ajakan Beli *
User avatar
mtony
Full Member of Junior Mechanic
Full Member of Junior Mechanic
Posts: 81
Joined: Thu Feb 26, 2009 3:43
Location: Jakarta

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by mtony »

Turboman wrote:
mtony wrote:Gw gak yakin spec Bio solar beda dengan HSD non subsidi, lha wong Bio solar yang industri juga gak subsidi, malahan lebih mahal dari Import.
kalo HSD di SPBU non subsidi sama dengan HSD untuik Industri berarti spec sama saja dunk..di Bio Solar dengan HSD Non Subsidi beda tambahan bio diesel doang.....Bio Solar SPBU Juga sama untuk Industrinya.
Klo Dex memang beda loh...
Batasan kadar sulphur solar dr ESDM memang masih 3500 ppm Max

Jadi memang sepertinya solar non subsidi versi SPBU & industri sama ajah.....heheheeheheh

Harusnya ESDM membuat peraturan kalo solar non subsidi utk versi SPBU sulphur Max 500 ppm

CMIIW
Bagaimana mo 500 ppm, mereka jg melayani industri yang masih banyak mesin diesel versi lama yang butuh 'pelumasan' extra dari kandungan sulphur BBM, maupuin boiler yang butuh kalori lebih tinggi jika BD lebih tinggi. jika pake yang 500 ppm gimana..... di lebih bersih tapi 'pelumasan alami' kurang BD juga rendah .... Berat Jenis Kurang, kalori juga kurang boss ... selain harganya akan selangit.... Market mereka eh kami kan kebanyakan industri, Perkapalan dan Pertambangan
dkj
Newbie
Newbie
Posts: 14
Joined: Wed Oct 21, 2009 11:23

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by dkj »

Maaf, bener2 awam soal bahan bakar solar nih. Kira2 apa perbedaan pakai biosolar, shell dll?
Kalau mesin bensin sederhananya rasio kompresi makin tinggi maka hrs pakai bahan bakar dgn RON lbh tinggi kan?
Sy br pertama kl pakai mobil CRD dan dr baru pakai shell diesel krn asumsi sy lbh bgs dr biosolar. Tp bbrp waktu lalu ngobrol dgn kepala bengkenya, dan dia bilang kalo pakai shell suka sisa ada endapan di saluran bhn bakarnya pd waktu servis.
Kira2 yg benernya gimana yaa..? Berhub saya kok agak males campur2 bahan bakar :e-doh:
Makin bingung deh... :e-think:
Tks.
User avatar
roadtrain99
Member of Mechanic Engineer
Member of Mechanic Engineer
Posts: 2595
Joined: Wed May 07, 2008 14:47

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by roadtrain99 »

solar nya total bagus ya...hm..
station nya gw baru tau dua, 1 pancoran tebet, 1 bsd. hrg mirip shell diesel.

nyari solar biasa, udah sulit.

paling ngakalin nya cuma bio+additive (redline/mmo)... :shrug:
User avatar
cuple
Member of Senior Mechanic
Member of Senior Mechanic
Posts: 221
Joined: Sat Jun 20, 2009 7:48

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by cuple »

roadtrain99 wrote:solar nya total bagus ya...hm..
station nya gw baru tau dua, 1 pancoran tebet, 1 bsd. hrg mirip shell diesel.

nyari solar biasa, udah sulit.

paling ngakalin nya cuma bio+additive (redline/mmo)... :shrug:
Kata mbaknya kalo ga salah ada satu lagi om di Daan Mogot.. Ane si skrng biasa mampir yg di Pancoran. Sepi banget tapi.. apa ga keburu 'busuk' yah.. Kan muternya lama..
Prive
Full Member of Senior Mechanic
Full Member of Senior Mechanic
Posts: 378
Joined: Thu Jun 12, 2008 10:46

Re: Panduan memilih BBM utk Diesel Common rail (serta perawatann

Post by Prive »

total juga punya cetane booster & cleaner buat solar, biasa dapet di TODA, lumayan bagus dan hemat buat yang pake biosolar, kalo gak salah cuma 20 ribuan utk satu botol yang bisa dipake utk 120 liter solar