Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
Forum rules
Please include all reference link used on the topic.
Please include all reference link used on the topic.
-
- Full Member of Junior Mechanic
- Posts: 81
- Joined: Thu Feb 26, 2009 3:43
- Location: Jakarta
Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
Membaca forum uji emisi yang wajib katanya mulai bulan ini tapi kayaknya gak jalan juga....
Bagaimana pendapat bro....semua ....kalo Motor 2 Tak dibatasi di Ibukota dan Kota Penyangganya tetapi tidak untuk kabupaten
Alasan :
1. Jakarta sudah menjadi kota dengan tingkat Polusi tertinggi ketiga di Dunia otomatis kota penyangga juga gak jauh beda tingkat polusinya
2. Motor 2 Tak penyumbang polusi 20 X lipat dari mobil (CMIIW)
3. Jakarta Macet kalo kita (yang bikers) pasti terganggu dibelakang motor 2 tak , asepnya ngebul + baunya juga sangit, walopun ada yang pake CC kayak ninja ama King Baru
Caranya :
1. Motor 2 Tak di bebani Pajak yang tinggi (kayak rokok) gitu
2. Ato Gak boleh diperpanjang lagi STNK-nya , hanya boleh dimutasi ke luar daerah/kabupaten
3. Diberi kompenasi tukar guling kayak kompor minyak ke elpiji
4. Di Mall motor 2 Tak Gak boleh masuk, diluar aja ato parkir di jalanan (kan basement ventilasi Kurang)
Maafkan jika mengganggu pemakai 2 Tak , tetapi memang Asep kalian cukup mengganggu
Bagaimana pendapat bro....semua ....kalo Motor 2 Tak dibatasi di Ibukota dan Kota Penyangganya tetapi tidak untuk kabupaten
Alasan :
1. Jakarta sudah menjadi kota dengan tingkat Polusi tertinggi ketiga di Dunia otomatis kota penyangga juga gak jauh beda tingkat polusinya
2. Motor 2 Tak penyumbang polusi 20 X lipat dari mobil (CMIIW)
3. Jakarta Macet kalo kita (yang bikers) pasti terganggu dibelakang motor 2 tak , asepnya ngebul + baunya juga sangit, walopun ada yang pake CC kayak ninja ama King Baru
Caranya :
1. Motor 2 Tak di bebani Pajak yang tinggi (kayak rokok) gitu
2. Ato Gak boleh diperpanjang lagi STNK-nya , hanya boleh dimutasi ke luar daerah/kabupaten
3. Diberi kompenasi tukar guling kayak kompor minyak ke elpiji
4. Di Mall motor 2 Tak Gak boleh masuk, diluar aja ato parkir di jalanan (kan basement ventilasi Kurang)
Maafkan jika mengganggu pemakai 2 Tak , tetapi memang Asep kalian cukup mengganggu
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
klo d liat volume motor 2 tak d jkt sdh jauh berkurang d banding bbrp thn lalu, semenjak para produsen menghentikan produksi sebagian besar motor 2 tak nya....
so imho seh pembatasan motor 2 tak sdh terjadi dg sendirinya d jkt
sy malah sebenernya kangen sm motor tornado yg sering sy pk jaman sma dulu.....
kangen sm tenaganya 2 tak itu
so imho seh pembatasan motor 2 tak sdh terjadi dg sendirinya d jkt


sy malah sebenernya kangen sm motor tornado yg sering sy pk jaman sma dulu.....


-
- Member of Mechanic Master
- Posts: 14444
- Joined: Thu Nov 06, 2008 9:28
- Location: in your heart
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
2 tak mah kenceng di jalan datar.. kalo udah tanjakan?? 

Dark Brownies with Cappuccino
Red and Gold
Lime Green
Red and Gold
Lime Green
-
- New Member of Junior Mechanic
- Posts: 17
- Joined: Mon Jun 09, 2008 6:18
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
Selamat Malam saudara saudara...
Saya sebagai pengguna motor 2 tak ingin membela diri
Motor 2 tak memang mengeluarkan asap, tapi kalau dirawat dengan baik, asap tersebut tidak lebih berbahaya dari motor 4 tak yang mengeluarkan asap putih (alias uda mao turun mesin)
Asap 2 tak masih mengeluarkan bau wangi dari masing masing merk oli samping, sedangkan motor 4 tak mao turun mesin, baunya sangit tak tertahankan, silakan saudara hirup diblakangnya jika tak percaya
Sebelum menyingkirkan motor 2 tak dari muka kota Jakarta ini, lebih baik benahi dulu bus bus yang mengeluarkan asap cumi dan tidak layak pakai lagi. Itulah yang akan mengurangi penyumbang polusi terbesar di kota Jakarta.
Terima kasih.
Saya sebagai pengguna motor 2 tak ingin membela diri

Motor 2 tak memang mengeluarkan asap, tapi kalau dirawat dengan baik, asap tersebut tidak lebih berbahaya dari motor 4 tak yang mengeluarkan asap putih (alias uda mao turun mesin)
Asap 2 tak masih mengeluarkan bau wangi dari masing masing merk oli samping, sedangkan motor 4 tak mao turun mesin, baunya sangit tak tertahankan, silakan saudara hirup diblakangnya jika tak percaya

Sebelum menyingkirkan motor 2 tak dari muka kota Jakarta ini, lebih baik benahi dulu bus bus yang mengeluarkan asap cumi dan tidak layak pakai lagi. Itulah yang akan mengurangi penyumbang polusi terbesar di kota Jakarta.
Terima kasih.

-
- New Member of Senior Mechanic
- Posts: 141
- Joined: Fri Dec 07, 2007 8:17
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
mungkin sebaiknya kendaraan yang menggunakan mesin 2 langkah, ngga hanya motor, tapi juga bajaj, jetsky dlsb yang tidak perlu diproduksi, sehingga dengan sendirinya akan punah...
Asapnya jelas sangat mengganggu, walaupun seluruh mesin juga akan mengganggu dan merupakan polutan.
Sebenarnya, saya pikir kendaraan bermotor knalpotnya harus didepan, jadi yg punya kendaraan bisa tau kondisinya kayak gimana... jangan suruh orang lain yang kesiksa he..he...
Asapnya jelas sangat mengganggu, walaupun seluruh mesin juga akan mengganggu dan merupakan polutan.
Sebenarnya, saya pikir kendaraan bermotor knalpotnya harus didepan, jadi yg punya kendaraan bisa tau kondisinya kayak gimana... jangan suruh orang lain yang kesiksa he..he...

-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
ahhhh......tornado ane asik2 aja dulu d tekuk2 d daerah puncakmaskopat wrote:2 tak mah kenceng di jalan datar.. kalo udah tanjakan??



cm yaaaaa itu........bensinnya bo'





-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 9498
- Joined: Sat May 10, 2008 12:09
- Location: jkt-bdg-jkt-bdg definitely
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
yah.....mau g mau dg sendirinya teknologi 2tak bakalan punah dg sendirinya, terutama krn banyaknya produsen yg menghentikan produksi..........
yg msh tersisa pun sdh mulai menambahkan macam2 teknologi ramah lingkungan d produksi mrk(ninja 2tak, rx king, KTM dll)
yg msh tersisa pun sdh mulai menambahkan macam2 teknologi ramah lingkungan d produksi mrk(ninja 2tak, rx king, KTM dll)
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3512
- Joined: Tue Nov 29, 2005 5:44
- Daily Vehicle: Ipin - Ipah
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
MotoGP kelas 125cc dan 250cc aja sampe sekarang masih pake mesin 2-tak. Baru tahun depan beralih ke mesin 4-tak 600cc, itupun jadi OMR-nya Honda.mtony wrote:Membaca forum uji emisi yang wajib katanya mulai bulan ini tapi kayaknya gak jalan juga....
Bagaimana pendapat bro....semua ....kalo Motor 2 Tak dibatasi di Ibukota dan Kota Penyangganya tetapi tidak untuk kabupaten
Alasan :
1. Jakarta sudah menjadi kota dengan tingkat Polusi tertinggi ketiga di Dunia otomatis kota penyangga juga gak jauh beda tingkat polusinya
2. Motor 2 Tak penyumbang polusi 20 X lipat dari mobil (CMIIW)
3. Jakarta Macet kalo kita (yang bikers) pasti terganggu dibelakang motor 2 tak , asepnya ngebul + baunya juga sangit, walopun ada yang pake CC kayak ninja ama King Baru
Caranya :
1. Motor 2 Tak di bebani Pajak yang tinggi (kayak rokok) gitu
2. Ato Gak boleh diperpanjang lagi STNK-nya , hanya boleh dimutasi ke luar daerah/kabupaten
3. Diberi kompenasi tukar guling kayak kompor minyak ke elpiji
4. Di Mall motor 2 Tak Gak boleh masuk, diluar aja ato parkir di jalanan (kan basement ventilasi Kurang)
Maafkan jika mengganggu pemakai 2 Tak , tetapi memang Asep kalian cukup mengganggu
So, gak melulu mesin 2-tak itu polutan.
Kalo mengikuti saran2 di atas, keknya terlalu ekstrim. Karena masyarakat butuh alat transportasi murah dan cepat. Dan jawaban bagi sebagian masyarakat tsb adalah motor dengan mesin 2-tak.
Selama transportasi umum belum dibenahi, motor bermesin 2-tak akan tetap ada.
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1292
- Joined: Sat Aug 04, 2007 11:06
- Location: mtg, jakarta
- Daily Vehicle: toyota fans boys
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
kalo motor 2 tak terawat ane si oke-oke aja. cuman kalo asapnya udah ngebul kemana-mana dan baunya bikin kepala senut-senut dan ngelebihin fogging, mending dibesituakan aja. kalo motogp, kan beda. itu aja...soale ane juga speedlovers 2 tak....cuman terawat 


-
- Full Member of Senior Mechanic
- Posts: 303
- Joined: Mon Aug 10, 2009 9:02
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
maaf sy ga pernah sk motor 2 tak.
teknologi udah mentog. berisik bau berasap dan boros.
tp klo urusan berisik berasap bau bkn tgg jwb motor 2 tak saja.
smua kendaraan bertgg jwb pribadi ato angkutan umum.
byk angkutan umum asapnya bs bikin mobil blkgnya bs ganti warna jd item.
motor 4 tak yg ga dirawat jg sama berasap putih n bau.
soal berisik jg byk mobil motor 4 tak ganti knalpot berisik minta ampun pdhl larinya segitu2 aja.
byk jg mobil motor 4 tak knalpot standar tp dibobok suaranya jg edan.
ngomong gini bkn bela motor 2 tak lho krn sbagian besar motor 2 tak byk yg kelewatan.
berisik dan berasapnya itu lho bs alih fungsi jd alat fogging basmi nyamuk.
sama jg knalpot angkutan umum biasanya bis yg item banget.
utk penyuka 2 tak krn power sy ngerti tp jalan raya bukan tempat trek utk menguji hal demikian.
setiap 1km/jam yg anda gas di jalan raya...anda hrs tggjwb misal sampai terjadi kecelakaan.
siapkah anda tggjwb?
jd balik lg ke pribadi msg2 n mohon dipelihara kendaraan msg2.

teknologi udah mentog. berisik bau berasap dan boros.
tp klo urusan berisik berasap bau bkn tgg jwb motor 2 tak saja.
smua kendaraan bertgg jwb pribadi ato angkutan umum.
byk angkutan umum asapnya bs bikin mobil blkgnya bs ganti warna jd item.
motor 4 tak yg ga dirawat jg sama berasap putih n bau.
soal berisik jg byk mobil motor 4 tak ganti knalpot berisik minta ampun pdhl larinya segitu2 aja.
byk jg mobil motor 4 tak knalpot standar tp dibobok suaranya jg edan.
ngomong gini bkn bela motor 2 tak lho krn sbagian besar motor 2 tak byk yg kelewatan.
berisik dan berasapnya itu lho bs alih fungsi jd alat fogging basmi nyamuk.
sama jg knalpot angkutan umum biasanya bis yg item banget.
utk penyuka 2 tak krn power sy ngerti tp jalan raya bukan tempat trek utk menguji hal demikian.
setiap 1km/jam yg anda gas di jalan raya...anda hrs tggjwb misal sampai terjadi kecelakaan.
siapkah anda tggjwb?
jd balik lg ke pribadi msg2 n mohon dipelihara kendaraan msg2.

-
- Visitor
- Posts: 9
- Joined: Fri Nov 20, 2009 3:56
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
Klo gw sih setuju motor baik itu 2 tak atau 4 tak yang tak memenugi standar emisi harus mulai di kurangi. Kalau pas PKB tahunan harus ada uji emisi, kalau tidak lulus harus di beri PKB yang tinggi tuh. Kita contoh negri luar biar gak ada emisi yang terlalu besar.
Save our planet
Save our planet

-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
Sebelumnya tanpa bermaksud membela & mendiskreditkan, ini ada hasil penelitian bisa utk bahan bacaan
http://www.cleanairnet.org/lac/1471/art ... urce_1.pdf
Di negara2 dgn standard emisi Euro III ke atas juga masih digunakan mesin-mesin 2 stroke & umumnya utk wastercraft & Snowmobile
http://motorcycles.about.com/b/2008/02/ ... ealous.htm
http://www.ski-doo.com/brphtml/skidooen ... /Index.htm
http://www.maxsled.com/absolutenm/templ ... 8&zoneid=4
Mesin-mesin 2 stroke modern ini ber ECU & menggunakan sistem GDI aka Gasoline Direct Injection serta kontrol supply oli samping secara elektronik.
Utk mengetahui bagaimana emisi mesin 2 Tak yg kita gunakan maka tinggal bawa ke bengkel uji emisi dan test saja emisi CO / HC nya serta uji opasitas dgn smoke meter yg biasa digunakan utk uji emisi Diesel.
- Yg juga pake mesin 2 Tak utk potong rumput-
http://www.cleanairnet.org/lac/1471/art ... urce_1.pdf
Di negara2 dgn standard emisi Euro III ke atas juga masih digunakan mesin-mesin 2 stroke & umumnya utk wastercraft & Snowmobile
http://motorcycles.about.com/b/2008/02/ ... ealous.htm
http://www.ski-doo.com/brphtml/skidooen ... /Index.htm
http://www.maxsled.com/absolutenm/templ ... 8&zoneid=4
Mesin-mesin 2 stroke modern ini ber ECU & menggunakan sistem GDI aka Gasoline Direct Injection serta kontrol supply oli samping secara elektronik.
Utk mengetahui bagaimana emisi mesin 2 Tak yg kita gunakan maka tinggal bawa ke bengkel uji emisi dan test saja emisi CO / HC nya serta uji opasitas dgn smoke meter yg biasa digunakan utk uji emisi Diesel.
- Yg juga pake mesin 2 Tak utk potong rumput-
* Bukan ajakan Beli *
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 949
- Joined: Sat May 24, 2008 11:07
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
kenapa batas emisi motor sama mobil jauh banget ya di indo? jadinya satu motor (biarpun 4 tak) malah jadi penghasil emisi lebih besar dibanding 4 buah mobil...
-
- Visitor
- Posts: 1
- Joined: Tue Dec 15, 2009 15:03
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
@mtony
ente bener2 peduli lingkungan atau emang keki liat motor 2 tak?koq ga nyebutin metromini,kopaja,bajaj,mobil solar?yang jelas2 punya asep item pekat plus bau lagi.jumlah motor 2 tak dah bisa diitung pake jari jumlahnya.pernah mikir ga si kalo 4 tak yang jumlahnya dah bejibun itu sumber polusi juga?bukan berarti ga ada asep bebas racun.racun2 yang mematikan jusru ga berwarna.jangan kaya pemerintah yang cuma ngoceh tanpa bener2 peduli alias demi kepentingan pribadi.lo voting aje berapa banyak orang yang keki ama 2 tak atau metromini!
ente bener2 peduli lingkungan atau emang keki liat motor 2 tak?koq ga nyebutin metromini,kopaja,bajaj,mobil solar?yang jelas2 punya asep item pekat plus bau lagi.jumlah motor 2 tak dah bisa diitung pake jari jumlahnya.pernah mikir ga si kalo 4 tak yang jumlahnya dah bejibun itu sumber polusi juga?bukan berarti ga ada asep bebas racun.racun2 yang mematikan jusru ga berwarna.jangan kaya pemerintah yang cuma ngoceh tanpa bener2 peduli alias demi kepentingan pribadi.lo voting aje berapa banyak orang yang keki ama 2 tak atau metromini!
-
- Member of Senior Mechanic
- Posts: 202
- Joined: Fri Jan 23, 2009 6:14
Re: Perlukah Pembatasan Motor 2 Tak
tembaaaaaaaaaaakkkkkkkkkkkkkkkkkkkkk




