Saya lagi mau beli mobil yang berkemampuan naik turun ke puncak (cipanas) dengan menarik beban kurang lebih 1 ton
Apakah CJ 7 4.0 l cukup kuat atau ada saran kendaraan yang lain?
mohon bantuannya
terima kasih

Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
IMHO,cokino wrote:Gw denger chasis dan Axle CJ7 kurang baik untuk beban. Plat Chasisnya tidak cukup tebal untuk menahan beban berat dan Axlenya rawan rontok kalo salah perlakuan.
Itu cuma denger2 sih om, soalnya ga pernah melihara CJ7.
Enginenya Isuzu C240, beda dengan Chevy trooper atau isuzu panther. Panther dan trooper pake C223 NA 9non turbo) kecuali versi luar yg C223T (turbo). nginenya sama dgn Isuzu Bison 2.3, klo ga salah 2380cc. Klo untuk santai dalam kota enak krn irit, keluar kota apalagi. Pernah dari Palembang ke Solok sekitar 750 km cuma habis 53 liter. Top speed 120 kmh jalan datar, tapi harus diurut ngegasnya. Akselerasi agak bolot, imbang2an dgn trooper. Enaknya klo jalan dlm kota bisa main speed 3 dan 4 kec 40 kmh, hanya ga bisa disentak ngegasnya. Klo disentak langsung ngebul kayak cumi2.gmx wrote:kebetulan, mau nanya nih om, kebetula gw tertarik sama CJ7 diesel karena iritnya, buat harian di jakarta yg macet.. mesinnya kalo ga salah sama dengan trooper diesel dan panther lama 2300cc ya.. banyak yang bilang tenaga trooper kurang, kalo di CJ gimana, cukup ga tenaganya, baik torsi maupun power
OOT pisan..gmx wrote:@ om firawan,
makasih om infonya, belum pernah nyoba bawa CJ atau trooper diesel sih, jadi belum punya bayangan.. di rumah ada taft diesel juga sih, mantep tenaganya
Wah Om, sayang sekali belum sempat terwujud mimpi engine swapnya. karena dulu mobil ortu. Pas enginenya minta Overhaul dijual. CMIIW, pengamatan sy dimensi Bell Housing (kepala babi) sama dgn trooper/panther. Kemungkinan langsung plek klo pake 4JA1 atau 4JB1.reinhard_harley wrote:om firawan,
dulu ngebengkel jeep CJ7 dieslnya dimana ya?
dulu apakah sdh sempat engine swap pake bighorn? brp ya baiayanya?
thanx
Pengalaman pake Taft GT 95, Rocky 92, Taft GT Independent 2001 dan Hiline Pick Up 2001 di pertambangan sebenarnya cukup enak untuk dibawa. Klo rem mnrt saya cukupan utk mobil kategori 4WD dan konfigurasi sistem remnya. Memang kalah klo dibanding Dcab sekarang. Akselerasi kalah jauh, konsumsi BBM juga kalah.jalu wrote:OOT pisan..gmx wrote:@ om firawan,
makasih om infonya, belum pernah nyoba bawa CJ atau trooper diesel sih, jadi belum punya bayangan.. di rumah ada taft diesel juga sih, mantep tenaganya
ngomong2 taft...saya gak pernah punya tapi sering pake punya proyek (taft atau hiline), entah apakah krn kondisi mbl yg krg sehat krn dipake kerja, kesan yg saya dapat itu tenaganya cepet memble dan remnya kurang pakem. Itu gak cuma di beberapa unit tapi ya rata2 seperti itu. Sebenernya taft/hiline dlm kondisi sehatnya itu bagus gak sih tenaga & rem nya ?
Sama Bro..punya saya juga diesel asli thn 83. Blm ada power steering dan belum pake booster rem. Selama pake master rem dan kopling pernah ganti group masing2 satu kali karena silindernya kemakan oleh piston. Tapi diganti dgn yg asli tahan tahunan.diesel mania wrote:Saya pernah pakai cj 7 diesel produksi tahun 1983 waktu kuliah dulu. emang tampangnya keren,mesin irit pokoknya cocok dengan kantong mahasiswa plus buat mejeng..dia pake mesin isuzu C240 dengan sistem injector yang inline bokan rotary kaya panther c223. pas overhaul ketauan dia pake pistonnya sama plek dengan panther cuma silinder linernya lebih panjang kata toko yg jual ini punyanya forklift ato metromini,buset dah.. dengan langkah piston yg lebih panjang mustinya torsi yg didapat lebih besar dibandingin panther c223 yg lebih pendek,tapi kenyataannya lebih letoi mungkin karena boschpomnya masi inline bukan rotary sama transmisinya kurang cocok karena pake punya yg bensin. dipakein ban 31 buat nanjak di pandaan ke arah malang ga kuat pake gigi 4 musti kadang oper 3 kalo keabisan nafas. Chasisnya lentur abis jd sepertinya kurang kuat,keliatan klo setirnya digoyangin chasisnya ikut menari2. hati2 sama as kopel karena baut pengikatnya cros joint cuma pake 4 baut kecil2. pusing2 kuganti dengan punya elsape yg tanpa baut lgs kuat deh ga perna copot lg. oya,master rem kuganti punya hadrtop n master kopling atas pake punya kijang. gara2 ganti aslinya baru 3 bulan pake jebol lagi, kapok deh pake sparepart aslinya yg made in india. kemudian saya lulus kuliah ganti taft GT 1992, ban 31nya kupindah ga pernah ada masalah dengan power. Buat nanjak ke pandaan bisa lho gigi 5. Cuma memang suspensinya kurang nyaman. Lalu saya menikah dan punya momongan ganti dengan panther hi sporty th 1999 yang lebih nyaman buat si kecil. masi bisa dipakein ban 30,lho.