tidak sepenuhnya benar, karena pabrikan sudah menghitung berapa besar amper accu agar dinamo stater cukup daya nya. so standar accu dari pabrikan itu sudah lebih dari cukup.. dengan catatan accu tersebut kondisinya prima. dan ini ditunjang dengan maintenance yg baik (kecuali accu MF dan dry cell, ini minim perawatan).m4rio wrote:broo, kalo normalnya sih emang gitu, kalao mesin diesel butuh amper yang lebih besar buat ngegerakin dinamo starter karena tekanan kompresinya yang jauh lebih tinggi dibandingkan dengan mesin bensin. sehingga dibutuhkan tenaga putaran yang tentunya lebih besar.
menjawab pertanyaan bro badak, yg utama bukan berapa besar amper yg sebaiknya digunakan, tapi seberapa besar daya maksimal altenator dapat mensupply ke accu. jika altenator mampu utk mengisi accu 100amper, silahkan diganti dengan accu 100amper atau dibawahnya. tapi sebaliknya jika maksimal altenator hanya 80amper, tentu accu yg dipilih dibawah atau maksimal 80amper. silahkan dipilih sesuai dengan kebutuhan.
utk mengecek seberapa besar altenator tsb, bisa ke tukang accu (misal sjamsul) atau toko/dealer yg menjual khusus accu. mereka punya alat utk mengecek nya atau dilihat jenis altenatornya, atau mereka sudah ada list dari jenis mobil.
toko atau dealer accu yg baik dan profesional, selalu merekomendasikan accu sesuai dengan pabrikan.. jika ada penggantian amper lebih besar mereka dapat langsung menyarankan sesuai dengan kebutuhan, dan tidak lupa ukuran besar accu, jenis accu basah/kalsium/kering/MF, posisi kutub, serta besar kepala aki.
nanti mungkin sjamsul akan mengoreksi tulisan saya.