TumisKeris wrote:Rupanya dukun kebo Blazer masih worthed mojok disini juga bersama Balon rayon NAD....
Pantes pasiennya di blazer masih worthed di cuekin.
BTW,
Bro LGP sang dedegkot Suzuki Jip Indonesia,
Saya bukan dedengkot Blazer Indonesia Club (kesannya tua banget kalau dengar kata dedengkot...

, padahal saya masih imut amit begini)
Salam kenal buat teman teman disini.....numpang intermezzo
kok jadi OOT gini yah...?? hehehehehe.....
siapa tuh orang NAD yang masih suka main balon? pasti masih sangat ingusan ya....?
btw, akselerasi kebo udh dari sononya gak bisa diapa2in ya om? pasang Turbo Cyclone hanya membantu sedikit, menurut para pemakainya membantu mendongkrak akselerasi awal....tapi menurut om uch malahan akselerasi atas juga yg terdongkrak.....menurut om tumis sebagai pemakai Turbo Cyclone (sampe 2 biji malahan) mana yang benar?
sekedar sharing, aku pernah ngobrol2 dengan salah satu dukun kebo (gak sengaja bahas akselerasi, awalnya minta jampi2 buat beresin kebo jarak jauh), kira2 isinya gini (copas pembicaraan via YM) :
teunget: barusan aku email ke email om d***ie, mau konsul dikit om....boleh?
salah satu dukun kebo: Ok, saya udah baca emailnya
salah satu dukun kebo: Coba amati kumpulan relay yg di belakang mesin
salah satu dukun kebo: Ada empat relay
teunget: relay yang berupa kotak2 itu ya om?
salah satu dukun kebo: Ya betul, ada empat
teunget: apa yang harus diamati dari keempat relay itu om?
salah satu dukun kebo: Ok dari empat relay itu ada komponen ke lima yang bentuknya lain sendiri
teunget: yg lbh lebar, klo kita menghadap mesin posisinya paling kanan kan om?
salah satu dukun kebo: Betul sekali..
salah satu dukun kebo: Namanya MAP sensor
salah satu dukun kebo: Di balik komponen itu ada selang karet
teunget: selang hitam yg polos atau yg kayak selang air (bergelombang)?
salah satu dukun kebo: Yang polos, yang bergelombang itu kabel
salah satu dukun kebo: Urutkan yang polos, cari ujung satunya
teunget: ujung yang dimaksud ini yang menjauh dari MAP ya om?
salah satu dukun kebo: Ya betul..
teunget: jadi jika selang itu dianggap jembatan, maka ujung yang dimaksud adalah diseberang MAP?
salah satu dukun kebo: Yup..
salah satu dukun kebo: Udah ketemu ujungnya?
teunget: belum om, soalnya sdg di dalam rumah nih, klo aku ke blazer....gak bisa chat, maklum gak punya BB
teunget:

salah satu dukun kebo: Oohhh..
teunget: aku ke blazer sbntr, ntar ku kabari apa yg ada di ujung tsb
salah satu dukun kebo: Siiippp..
teunget: siiip om, selangnya lepas diujung
teunget: hanya itu aja om kira2 masalahnya?
salah satu dukun kebo: Nah di sekitar selang yang lepas pasti ada tempat selang itu sebetulnya nancep
salah satu dukun kebo: Itu aja masalahnya
teunget: selang tersebut ujungnya udh agak kayak pecah2 gitu, apa sebaiknya diganti saja?
salah satu dukun kebo: Potong aja ujung yg rusak
teunget: oke om, aku tadinya khawatir karena menurut pedoman manual yg ada indikator itu klo nyala saat motor jalan....segera periksa kebengkel
teunget: tapi karena sdh menjelang maghrib, ku paksa pulang pelan2
teunget: sambil terus melirik ke indikator
salah satu dukun kebo: Ya betul..
salah satu dukun kebo: Sebetulnya kalau dibiarin nggak pa pa, cuman bensin jadi boros banget
salah satu dukun kebo: Tapi
larinya mobil jadi
enak
salah satu dukun kebo: Saya kalo lagi pingin
kebut2an, sengaja saya lepas selang itu
salah satu dukun kebo: :d
teunget: ya om, biasanya dari kantor ke rumah gak turun satu strip, tadi turun hampir 2 strip....

)
teunget: bener om, aku juga gak sengaja sempat ngegas sampe 90-an
salah satu dukun kebo: Ya bener, kapan2 kalo mau ngebut, lepas aja selang itu
teunget: lbh enak tapi segera angkat lagi, karena gak tau...jdnya takut
salah satu dukun kebo: Manteb di putaran
mesin menengah sampai
tinggi
salah satu dukun kebo:
Akselerasi juga
enteng banget
teunget: di putaran bawah agak pincang tapinya, apa memang begitu
teunget: saat idle lebih terasa pincangnya
salah satu dukun kebo: Iya bener, karena pasokan bahan bakar kebanyakan dan gak semua dibakar
salah satu dukun kebo: Itu critanya gini,
teunget: ooo...begitu, jadi masuk akal secara teknis sekarang, karena aku kan pake alat pak suharta, jadi saat ku gunakan (idle) malahan gak pincang
salah satu dukun kebo: Kalo selang lepas, ECU menganggap pedal gas sedang terbuka penuh
salah satu dukun kebo: Sehingga injektor menyemprot bahan bakar lebih banyak
teunget: bypass (normal) malah pincang
salah satu dukun kebo: Nah engine controle nyala karena ECU membaca adanya tidak sinkronnya antara pedal gas dan kevakuman MAP itu tadi
teunget: menarik juga si blazer ini, unik dan mendebarkan...

)
salah satu dukun kebo: Ntar kapan kapan aku critain sistem kerja menyeluruh engine management blazer
teunget: heheheheh....tapi jadi nambah tau nih, ma kasih om, udh mau membagi pengetahuannya....
salah satu dukun kebo: Mobil jepang baru menerapkan sistem seperti ini di kendaraan kisaran produksi 2004-an
teunget: semoga om d***ie bertambah ilmunya berlipat ganda....amiiin
salah satu dukun kebo: Amiiinnnn..
teunget: hehehehe...pantes aja mekanik kita pada ngeluh saat blazer terbit, gak kualified
salah satu dukun kebo: Prinsip saya, "berbagi ilmu berarti tambah ilmu"
salah satu dukun kebo:

teunget: setuju om....salam buat keluarga ya om, ntar kapan2 ke jakarta aku singgah ke BD
salah satu dukun kebo: Ok Insya Allah aku sampaikan
salah satu dukun kebo: Aku mandi dulu ya..
salah satu dukun kebo: See you then..

teunget: ya om, ma kasih banyak
isi sudah diedit (nama dukun kebo dan namaku disamarkan, heheheheh), mudah2an berguna....
