Salahsatu mobil 28 tahun di jalur produksi, yah 28 tahun dengan model yg sama, one of the most beautiful Giugiaro design, exotic Esprit.
Layout MR buat low center gravity, mobil dibikin rendah bahkan lebih rendah dari mobil super ceper Lambo Countach & Diablo ! bisa2 ini production car paling rendah sepanjang sejarah.
esprit_original.jpg
Tidak seperti Lotus sekarang, mesin Esprit (s1) masih in-house built. 2000cc 16v awal termasuk salahsatu mesin 4valve diadopsi roadcar. Biarpun outputnya efisien di jaman itu: 160hp/140lb-ft, masih dianggap underpower (& kekecilan kapasitas) buat supercar. Porsche 911 = 6cyl 190hp, Ferrari 308GT = v8 255hp.
4 cyl juga bikin image Esprit ga bagus buat konsumen supercar.
Secara kekurangan budget buat develop mesin yg “ideal†buat menarik real drivers; khas Lotus way, dia pilih tuning chassis.
1978, S2 Esprit, roda lebih besar, radiator besar. topspeed 135mph, 0-60 @8.0sec, lumayan di jamannya.
Beberapa tahun kemudian, mesin naik ke 2.2L, torque naik 20lb-ft.
1981, S3 Esprit. Kali ini ada modifikasi besar2an, turbocharged Esprit!
210hp, Esprit bener2 kenceng kali ini. Biarpun Cuma modal 4cyl, 0-60mph bisa 6.1sec, beats Porsche – Ferrari.
Chassis juga direkonstruksi; tuning suspensi & engine mounting buat reduce vibration, increased torsional rigidity & 50% noise reduction.
1986, power up to 215 hp.
1987, penampilan body dibikin modis drastis, sudut2 membulat lebih up to date.
esprit_1988.jpg
1989, Esprit SE, pake intercooler, power langsung jadi 264hp !!! 0-60mph Cuma 4.9sec.
1995, Esprit 300 Limited Edition . Limited 300units only. Mesin dikuras habis ke 300hp (mentok di versi 4cyl), diet bobot 35kg via pangkas fitur, peredam suara, dan aluminium body panels.
Walaupun Ferrari 348 & Porsche 911 turbo udah kalah dalam akselerasi pendek, sektor chassis yg udah berusia 20 tahun perlu dibenahi. Makanya versi ini juga dikenal best handling Esprit dari pembenahan suspensi yang diperkeras lagi, steering feel, chassis responsif.
Tetep, asal masalah dari persepsi daripada engineering ability, Lotus sadar ga banyak konsumen bayar mahal buat 4 cyl.
esprit_300.jpg
esprit_300_bk.jpg
1996, Esprit V8.
akhirnya mesin 4cyl pensiun, ganti ke v8 tapi kompak : 3500cc twinturbo walopun powernya biasa aja "cuma" 350hp, ga dikuras habis, konon karena masalah budget. Performa ga jauh improve dari versi 4cyl, juga ga bisa jauh karena usia chassis.

Versi murah muncul lagi, GT3 Esprit, 4cyl 240hp.
esprit_gt3.jpg
1999, Sport 350. Fastest Ultimate Esprit, cuma 42unit. Suspensi lebih stiff (lagi), AP brakes & roda lebih besar. Diet 50kg lewat carbon fiber rear wing & interior.
esprit_S350.jpg
2000an produksi Esprit terus menyusut drastis sampe akhirnya stop di 2004, dgn total built 10,675 unit.
You do not have the required permissions to view the files attached to this post.