siap boss, pelajaran seperti ini tak akan ane lupakan. hehehehesjamsul wrote:coba diperhatikan ya mar........ dipelajari juga baik2.... jangan ampe lupa tuhhh.........m4rio wrote: mantap nih info broo... kalo untuk diesel terus terang ane masih pusing soal specNYA, beda ama bensin yang lebih gampang di pahami.
coba ah tar habis ini panther ane, ane coba oli yang CI-4 / CI-4 plus........
additiv oli
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: additiv oli
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: additiv oli
ada baiknya dikonsultasikan dulu dengan bengkel atau yg lebih ahli meneer...m4rio wrote:mantap nih info broo... kalo untuk diesel terus terang ane masih pusing soal specNYA, beda ama bensin yang lebih gampang di pahami.imsus2c wrote:ini yg diesel
1. CA --> teknologi thn 1954, sdh tdk produksi lg
2. CB --> sama dgn diatas tapi cocok utk bbm bersulfur lbh tinggi
3. CC --> teknologi thn 1964, sdh tdk produksi lg
4. CD --> sama dengan diatas
5. CD-II --> sama dgn diatas tpi dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
6. CE --> teknologi thn 1983 dgn tambahan turbo, sdh tdk diproduksi lg
7. CF --> sama dgn diatas, dengan tambahan sulfur di bbm-nya dan bisa untuk sistem indirect injection
8. CF-2 --> sama dgn diatas, dirancang untuk mesin diesel 2 strokes
9. CF-4 --> teknologi thn 1988, mesin diesel 4 strokes dan bisa diterapkan di mesin diesel yg pakai turbo
10. CG-4 --> teknologi thn 1995, mulai adanya pengurangan sulfur di bbm
11. CH-4 --> teknologi 1998, dimana putaran optimum/rpm mesin diesel sudah mulai lebih tinggi dibanding generasi sebelumnya
12. CI-4/CI-4 Plus --> teknologi 2002, dimana kontrol emisi mulai diterapkan dgn adanya converter dan EGR
13. CJ-4 --> teknologi 2007, untuk mesin diesel yg advance, dimana power sudah lebih besar tapi emisi jauh lebih rendah. contohnya untuk mesin crdi yg sdh advance
semoga membantu....jika ada yg kurang, mohon dikoreksi
coba ah tar habis ini panther ane, ane coba oli yang CI-4 / CI-4 plus.
paling baik memang memakai material sesuai spesifikasinya
ada beberapa kasus, yg justru kadang tidak cocok menggunakan material diatas spesifikasi yang diminta, atau setidaknya bersifat sia-sia (maksudnya beli barangnya lebih mahal tetapi hasilnya sama, yang beda mungkin hanya kepuasannya karena pakai barang overspek

contohnya untuk mesin bensin (saya tulis konteks kekentalan menurut SAE bukan di API service),
beberapa mesin teknologi lama justru tidak cocok dikasih oli teknologi baru, misalnya cuman minta 20-50 trus dikasi 5-30, sudah belinya lebih mahal, hasilnya pun malah lebih jelek
contoh lain, ada beberapa karakter mesin bensin yg justru lebih cocok dikasih oli mineral dibanding semi sintetis apalagi yg full sintetis
opini aja nih, cmiiw

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: additiv oli
bro mar, panther ngapain dikasi ampe sgitu tinggi nya.... lah wong spek standard nya aja cuman diminta API CC atau CD gt....



numpang lewat aja....


-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: additiv oli
Pasti biar panther nya lari kyk macan tutul 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Re: additiv oli
Meramu additive yg tepat utk suatu oli bukanlah pekerjaan mudah, krn additive2 tsb memiliki tugas2 yg berbeda, salah meramu bisa2 malah menurunkan kinerja si oli tsb.
Misal sebuah oli yg daya lumasnya baik, kandungan detergentnya juga cukup, kita tambah lagi additive yg mengandung detergent sgt tinggi ke oli tsb., maka yg ada saat oli membentuk lapisan film segera dibilas lagi oleh si detergent dari additive.......
So hati2 utk menambah additive tambahan utk oli
Misal sebuah oli yg daya lumasnya baik, kandungan detergentnya juga cukup, kita tambah lagi additive yg mengandung detergent sgt tinggi ke oli tsb., maka yg ada saat oli membentuk lapisan film segera dibilas lagi oleh si detergent dari additive.......
So hati2 utk menambah additive tambahan utk oli
* Bukan ajakan Beli *
-
- SM Specialist
- Posts: 22072
- Joined: Mon Dec 12, 2005 5:14
Mengenai standard API Service oli Diesel
Mengenai standard baku mutu oli Diesel saat ini nggak hanya ditentukan oleh API Service
Produsen2 kendaraan dr Eropa hampir semua berpatokan pada ACEA standard
Produsen2 mobil / truk besar malah biasanya punya benchmark tersendiri & nggak ngeliat ke API Service lagi
Selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/
See : All about Lubricants
Thread : Standard pelumas Diesel dari produsen kendaraan bermotor & mesin Diesel
Juga ada ttg ACEA & API Service di sana
Semoga membantu
Produsen2 kendaraan dr Eropa hampir semua berpatokan pada ACEA standard
Produsen2 mobil / truk besar malah biasanya punya benchmark tersendiri & nggak ngeliat ke API Service lagi
Selengkapnya :
http://mesin-diesel.dinogroups.com/
See : All about Lubricants
Thread : Standard pelumas Diesel dari produsen kendaraan bermotor & mesin Diesel
Juga ada ttg ACEA & API Service di sana
Semoga membantu
* Bukan ajakan Beli *
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6697
- Joined: Tue Jul 31, 2007 14:11
- Location: almost there...
Re: additiv oli
^^^
nah tuh...pakarnya mesin diesel sudah angkat bicara
harap diperhatikan dan disimak baik-baik ya....
nah tuh...pakarnya mesin diesel sudah angkat bicara


harap diperhatikan dan disimak baik-baik ya....

si vis pacem para bellum - si vis bellum para pacem - si vis pacem para pactum
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
de gustibus et coloribus non est disputandum
listening before talking - reading before writing - doing before asking
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: additiv oli
Sssss.....pakar diesel tuh.. 

Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: additiv oli
gini broo. ya biar awet aja itu mesin ama jeroannya segala macamnya. kan ane sering telat tuh ganti oliNYA bisa telat 500 km. ya kalo oli yang bagus kan bisa perpanjang sedikit tuh umur pakenya.DOHC wrote:bro mar, panther ngapain dikasi ampe sgitu tinggi nya.... lah wong spek standard nya aja cuman diminta API CC atau CD gt....![]()
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: additiv oli
kalo panther ane mah jarang di bawa kebut bro. paling banter juga 90 - 100 km/jam. yang paling sering tuh ane bawa di 70 km/jam, pokoknya RPM pas di 2000. buat ngejar efisiensi bahan bakar ama kehalusan suara mesin broo.....BADAK wrote:Pasti biar panther nya lari kyk macan tutul
kecuali kalo ane lagi buru2 banget dah, bisa nembus 110 - 120 km/jam tuh.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 6020
- Joined: Fri Dec 21, 2007 4:45
Re: additiv oli
Oiya pak turboman, saya mo tanya nih.
Apakah purging memiliki efek yg signifikan thd performa mobil?
Sampai sebatas apa pembersihan yg mampu dilakukan purging?
Soalnya saya tanya bengkel langganan saya koq katanya purging hanya mampu membersihkan kerak2 skala ringan saja. Trz apakah hanya mobil diesel saja yg memerlukan purging?
thx infonya..
Apakah purging memiliki efek yg signifikan thd performa mobil?
Sampai sebatas apa pembersihan yg mampu dilakukan purging?
Soalnya saya tanya bengkel langganan saya koq katanya purging hanya mampu membersihkan kerak2 skala ringan saja. Trz apakah hanya mobil diesel saja yg memerlukan purging?
thx infonya..
Dream as if you'll live forever
Live as if you'll die today
Live as if you'll die today
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 3112
- Joined: Thu May 21, 2009 12:38
Re: additiv oli
iya tuh, kan katanya purging ada yang lewat jalur pipa bahan bakar ama yang di semprot, bagus yang mana tuh????
-
- New Member of Mechanic Master
- Posts: 8856
- Joined: Fri Feb 14, 2003 9:05
- Location: Jakarta - Tangerang
Re: additiv oli
Kalu additip semacam metal conditioner gimana tuh? Yg klaimnya mesin bisa dijalankan tanpa oli
Accurate V5 Accounting System Consultant
-
- Full Member of Mechanic Master
- Posts: 27640
- Joined: Sat Jan 31, 2009 17:48
- Location: in engine bay with carbonfibre as roof
Re: additiv oli
purging bukanya lewat jalur bahan bkar doank yahh... lagian yg disemprot gt kalo di mesin diesel mo darimana disemprot nya jg gt... scara ga ada lobang busi nya...m4rio wrote:iya tuh, kan katanya purging ada yang lewat jalur pipa bahan bakar ama yang di semprot, bagus yang mana tuh????



numpang lewat aja....

