Nyumbang pendapat dikit ya hehe:D :
Sy pk X-Trail sudah bertahun2 dan overall sih lumayan puas dengan mobil ini. Bantingan empuk, mesin lumayan bertenaga, tapi cuma ribetnya daerah di belakang bagasi situ berisik saja kalau lewat jalanan bergelombang. Saya sudah 6 taun lebih pakai mobil ini and so far sih not bad, problem sih ada tapi kemungkinan dari wear and tear aja.
Punya saya sih tipe ST. Kalau XT jaman model sebelum yg baru sih bedanya sepertinya roof rack + roof light, leather seats, wood panel, exhaust chrome finisher sama audio ya ? Kalau Stt sepertinya ada tambahan roof rack + plastic cladding + bullbar gitu ya? CMIIW...
SUV bekas 200 juta
Moderators: Ryan Steele, sh00t, r12qiSonH4ji, avantgardebronze, akbarfit
-
- New Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1023
- Joined: Wed Dec 01, 2004 10:17
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 2595
- Joined: Wed May 07, 2008 14:47
Re: SUV bekas 200 juta
sy suka suara tutup pintu nya xtrail, ringan dan "bleb".
fender depan samping kanan kiri pake bahan plastik *cmiiw*. kalo dulu pas nissan pulsar thn 99 kalo ga salah, ada bagian yg berbhn plastik, kalo bengkok dikit, cuma disiram air panas lalu kembali ke bentuk semula.
ga tau d, kalo xtrail spt itu juga.
fender depan samping kanan kiri pake bahan plastik *cmiiw*. kalo dulu pas nissan pulsar thn 99 kalo ga salah, ada bagian yg berbhn plastik, kalo bengkok dikit, cuma disiram air panas lalu kembali ke bentuk semula.
ga tau d, kalo xtrail spt itu juga.
-
- Member of Junior Mechanic
- Posts: 48
- Joined: Thu Aug 06, 2009 8:21
Re: SUV bekas 200 juta
Gua udah beberapa kali lewat banjir pake Panther, setinggi ban panther. Kebetulan Panther gua itu matic. Yang gua lakukan:
1) Matikan AC biar kipasnya nggak berat kena air
2) Matic di turunin ke gigi terendah (panther gua di "2")
3) Jalan pelan2, kalau bisa ikut dibelakang mobil orang biar yang depan buka jalan. Jadi pas kita lewat airnya udah lebih rendah karena udah dikibas ke kiri-kanan sama mobil depan
4) Kalau ketemu mobil dari lawan arah, miringin mobil ke kiri dikit biar depan mobil nggak dihantam ombak langsung - itu bisa tinggi lho
5) Hati2 rem, karena bakalan nggak pakem di dalam air.
Selama tingginya nggak nyampe ke lubang udara, masih aman. Menurut gua sih dan juga dengar dari orang lain, kalau Panther Matic itu nggak akan mati mesin sendiri karena dorongan keluar exhaust di knalpot itu lumayan kenceng. Jadi knalpot sih nggak bakalan kemasukan air selama mesin hidup. Tapi selama ini sih gua pasang selang u/ jaga2. Biasanya selangnya yang nggak tahan kena panas exhaust.
Nah habis lewat banjir itu, langsung dibawa ke bengkel untuk disiram bersih. Pernah masuk sampe ke dalam, udah deh bongkar semua karpetnya. Di bagian mesin, cek saringan udara apakah sempat basah. Trus, cek terminal alternator sama motor2 lainnya - dikasih gemuk. Kaki2 juga digemukin lagi biar nggak karat.
Intinya menghindar deh kalau bisa. Jangan sekali-kali lewat banjir air laut pasang. Kalau air hujan, masih ok. Kalau udah kena air laut, bahaya di karatnya bisa dimana2. Susah bersihin.
PS: Kalau mobil yang bensin, udah deh menghindar. Jangan coba2. Ini karena Panther diesel, jadi nggak ada pengapian.
1) Matikan AC biar kipasnya nggak berat kena air
2) Matic di turunin ke gigi terendah (panther gua di "2")
3) Jalan pelan2, kalau bisa ikut dibelakang mobil orang biar yang depan buka jalan. Jadi pas kita lewat airnya udah lebih rendah karena udah dikibas ke kiri-kanan sama mobil depan
4) Kalau ketemu mobil dari lawan arah, miringin mobil ke kiri dikit biar depan mobil nggak dihantam ombak langsung - itu bisa tinggi lho
5) Hati2 rem, karena bakalan nggak pakem di dalam air.
Selama tingginya nggak nyampe ke lubang udara, masih aman. Menurut gua sih dan juga dengar dari orang lain, kalau Panther Matic itu nggak akan mati mesin sendiri karena dorongan keluar exhaust di knalpot itu lumayan kenceng. Jadi knalpot sih nggak bakalan kemasukan air selama mesin hidup. Tapi selama ini sih gua pasang selang u/ jaga2. Biasanya selangnya yang nggak tahan kena panas exhaust.
Nah habis lewat banjir itu, langsung dibawa ke bengkel untuk disiram bersih. Pernah masuk sampe ke dalam, udah deh bongkar semua karpetnya. Di bagian mesin, cek saringan udara apakah sempat basah. Trus, cek terminal alternator sama motor2 lainnya - dikasih gemuk. Kaki2 juga digemukin lagi biar nggak karat.
Intinya menghindar deh kalau bisa. Jangan sekali-kali lewat banjir air laut pasang. Kalau air hujan, masih ok. Kalau udah kena air laut, bahaya di karatnya bisa dimana2. Susah bersihin.
PS: Kalau mobil yang bensin, udah deh menghindar. Jangan coba2. Ini karena Panther diesel, jadi nggak ada pengapian.
-
- Full Member of Mechanic Engineer
- Posts: 5168
- Joined: Thu Nov 22, 2007 10:26
Re: SUV bekas 200 juta
selain resiko usia bearing roda, ini dia yang paling males..
yoshi wrote: Nah habis lewat banjir itu, langsung dibawa ke bengkel untuk disiram bersih. Pernah masuk sampe ke dalam, udah deh bongkar semua karpetnya. Di bagian mesin, cek saringan udara apakah sempat basah. Trus, cek terminal alternator sama motor2 lainnya - dikasih gemuk. Kaki2 juga digemukin lagi biar nggak karat.
Intinya menghindar deh kalau bisa. Jangan sekali-kali lewat banjir air laut pasang. Kalau air hujan, masih ok. Kalau udah kena air laut, bahaya di karatnya bisa dimana2. Susah bersihin.
-
- Member of Mechanic Engineer
- Posts: 1746
- Joined: Tue May 30, 2006 7:02
Re: SUV bekas 200 juta
Selain yg "ini" dan "itu..."
, yg bahaya jg kalo air masuk transmisi. Biasanya mobil2 non jip, lobang pernafasan transmisi nggak dipasang pipa (pernafasan). Masalahnya kalo air masuk transmisi, pertama2 nggak terasa di tarikan mesin. Nunggu "berantakan" dulu baru terasa ada problem.... he..he..

